06 December 2009

Bagian 2

II. EKSTREM: LEBAY
Jika hidup manusia Kristen yang normal adalah hidup untuk memuliakan Allah, maka apa yang menjadi hambatannya? Salah satu hambatannya adalah sikap lebay. Apa itu lebay? Apa penyebabnya? Apa ruang lingkupnya? Siapa sajakah yang termasuk orang-orang lebay itu? Apa akibatnya? Mari kita mengertinya.
A. Definisi Lebay
Apa itu lebay? Jangan mencari kata ini di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena dijamin tidak akan ada! Hehehe:) So, apakah lebay itu? Lebay adalah suatu sikap berlebih-lebihan yang ditunjukkan oleh orang-orang tertentu. Artinya, sikap lebay adalah sikap yang melebihi batas normal seorang manusia. Jika diekstremkan dan dibesar-besarkan (di-lebay-kan), seorang lebay bisa dikategorikan sebagai orang gila yang cocok dimasukkan ke rumah sakit jiwa.


B. Penyebab Lebay
Nah, pertanyaannya adalah mengapa seseorang bisa lebay? Apa yang menyebabkannya? Saya menyoroti ada tiga penyebab:
1. Pendidikan dan Tradisi Orangtua
Tindakan seorang anak tidak bisa dilepaskan dari pengajaran orangtuanya. Pdt. Sutjipto Subeno, M.Div. menyebutnya sebagai first decree (dekrit pertama) dari orangtua kepada anak. Jika anaknya seorang lebay, maka mungkin bisa diduga (salah satu atau semua) orangtuanya adalah seorang lebay. Mungkin penyebab ini sangat jarang dijumpai di dunia kita, tetapi bukan berarti hal ini tidak ada. Jika seorang anak dari kecil sudah dibiasakan oleh gaya hidup lebay dari salah satu orangtuanya, maka jangan heran, anak tersebut ketika tumbuh dewasa, mungkin sekali ia akan menjadi seorang lebay. Meskipun hal ini tidak 100% benar, namun kecenderungannya masih mungkin terjadi.
Di dalam hal pendidikan orangtua, ada orangtua yang mendisiplin anaknya secara ekstrem, sehingga anak-anaknya ikut tertular penyakit lebay tersebut dan ketika menjadi orangtua lagi, orang ini ikut lebay di dalam mendisiplin anaknya. Misalnya, pendidikan orangtua mendisiplin anaknya untuk tidak makan apa pun menjelang makan siang. Alhasil anaknya yang sudah diindoktrinasi oleh pendidikan seperti ini memiliki kebiasaan untuk memutlakkan pendidikan tersebut sampai anak ini menikah dan memiliki anak, meskipun untungnya konsep ini tidak diindoktrinasikan kepada anaknya. Memiliki prinsip tidaklah salah, tetapi kita mesti membedakan manakah prinsip yang sangat penting/primer dengan yang sekunder. Prinsip yang penting/primer HARUS dipertahankan, namun prinsip sekunder TIDAK perlu dipertahankan. Belajarlah bijaksana untuk bersikap paradoks dan jangan menjadi orang-orang freak!
Di dalam hal tradisi, biasanya hal ini terjadi pada tradisi Tionghoa yang sarat dengan pemberhalaan tradisi. Meskipun TIDAK semua orang keturunan Tionghoa memberhalakan tradisi, namun tetap ada orang-orang Tionghoa (bahkan “Kristen”) yang memberhalakan tradisi meskipun mereka tidak mengakuinya secara eksplisit. Tradisi keluarga inilah yang mengakibatkan tindakan lebay seorang anak ketika ia bertumbuh dewasa kelak. Contoh: tradisi Tionghoa (entah dari sebelah mana) mengajarkan bahwa angka 4 (si) itu berarti mati, maka ada satu pemilik mal di Surabaya yang lebay dan menerapkan konsep yang sudah diindoktrinasikan oleh tradisi lalu tidak meletakkan angka 4 di lantai mal yang dibangunnya. Juga ada orang tua yang biasanya berasal dari Tiongkok asli yang memercayai mati-matian (tanpa menggunakan rasio) tentang beruntungnya warna merah, sehingga konsep ini diindoktrinasikan mati-matian kepada anaknya. Jangan heran, anaknya ini, meskipun ada yang sudah menjadi “Kristen”, masih percaya pada warna merah sebagai warna keberuntungan, maka ia akan mencari seprei warna merah kalau ia menikah. Tindakan lebay seperti ini jelas tidak masuk akal. Secara akal, mana ada hubungannya antara angka dengan kematian, warna dengan keberuntungan, dll? Tetapi semuanya dihubung-hubungkan. Harap maklum, agama mistik tetap saja mistik, heheheJ

2. Karakter Perfeksionis-Otoriter
Penyebab kedua dari tindakan lebay adalah masalah karakter. Karakter perfeksionis-otoriter dari seseorang yang menyebabkan orang tersebut menjadi lebay. Seorang yang berkarakter perfeksionis adalah orang yang menginginkan segala sesuatu harus sempurna dalam segala sesuatu, bahkan hal-hal terkecil sekalipun. Mungkin konsep ini diimpor dari konsep Kekristenan yang disalahtafsirkan. Kekristenan memang mengajarkan kesempurnaan, tetapi ingatlah, kesempurnaan itu terjadi di Sorga (bukan di dunia)! Di dunia ini, anak-anak Tuhan mengalami apa yang disebut sebagai proses menuju kesempurnaan yang dikerjakan oleh Roh Kudus. Orang bahkan orang Kristen yang mati-matian menekankan dan mementingkan kesempurnaan bahkan untuk hal-hal tidak penting itulah yang mengakibatkan orang lebay. Orang ini tidak akan mau orang lain berbeda dari dirinya, karena bagi orang lebay ini, orang lain itu salah dan dirinya sendiri yang paling benar (meskipun hal ini tidak ditekankannya secara eksplisit). Selain perfeksionis, tindakan lebay ini disebabkan oleh karakter otoriter dalam diri orang itu. Orang yang otoriter berarti orang ini mau agar orang lain menuruti semua permintaannya, seperti orang lain itu pembantunya dan dia adalah raja/ratunya! Jika boleh disamakan, seorang otoriter bisa disebut orang egois! Yang lebih parah lagi, jika kedua karakter ini digabungkan: perfeksionis dan otoriter, plus mengaku diri “Kristen.” Jika kedua karakter ini digabungkan, maka keluarlah tindakan lebay. Jangan harap orang ini akan menolerir segala kesalahan sekunder dari orang lain, karena itu tidak ada di dalam kamus seorang lebay!

3. Paranoid
Penyebab terakhir seorang lebay adalah paranoid. Trauma akan masa lalu dan ketakutan yang berlebihan mengakibatkan seseorang menjadi seorang lebay. Misalnya, seseorang trauma dengan pengalamannya masa lalu yang mengalami kecelakaan, maka biasanya ia akan bersikap lebay di dalam segala sesuatu, karena takut kejadian kecelakaan yang dialaminya dahulu terulang kembali. Tindakan lebay yang saya maksud di sini BERBEDA dari sikap berhati-hati. Kita memang perlu berhati-hati di dalam segala sesuatu, namun jangan menjadi lebay. Lebay bukan solusi dari trauma dan paranoid, tetapi hanya menambah masalah saja, heheheJ


C. Ruang Lingkup Lebay
Setelah mengerti penyebab lebay, maka kita akan mencoba mengerti ruang lingkup/wilayah di mana seseorang bisa bersikap lebay:
1. Prinsip dan Iman
Ruang lingkup pertama yang saya akan soroti adalah masalah prinsip dan iman. Meskipun sangat jarang orang yang lebay dalam masalah prinsip dan iman, karena dunia kita adalah dunia postmodern yang merayakan pluralitas. Namun bukan berarti tidak ada orang yang lebay dalam masalah prinsip dan iman. Yang lebih parah adalah jika orang lebay ini adalah orang Kristen (mengaku Reformed pula) dan pendeta/hamba Tuhan. Biasanya orang ini memutlakkan suatu iman dan prinsip tertentu yang sebenarnya bukan hal-hal esensial yang Alkitab ajarkan. Saya akan memberikan contoh riilnya. Pertama, tentang prinsip. Orang Kristen tertentu ada yang terlalu melebaykan prinsip hidupnya. Misalnya, ada seorang yang mengatakan prinsip hidupnya bahwa ia tidak akan makan apa pun (makanan ringan) menjelang makan siang. Mungkin prinsip ini ada sisi benarnya, karena kalau kita sudah nyemil, maka kita akan kekenyangan menjelang makan siang. Namun tidak berarti prinsip ini 100% benar. Prinsip ini sedikit mengandung unsur kebenaran, namun TIDAK perlu dimutlakkan seperti kita memutlakkan prinsip Kristen bahwa Kristus satu-satunya Juruselamat.

Contoh kedua, ada pendeta Reformed yang mengajar di atas mimbar bahwa gereja yang tidak menjalankan baptisan anak/bayi itu sesat. Waktu saya mendengar pernyataan itu, saya tertawa, karena pengajaran tersebut jelas kurang dapat dipertanggungjawabkan. Tidak ada satu ayat Alkitab yang memutlakkan maupun melarang praktek baptisan anak. Namun dengan otoritas siapakah si pendeta ini berani mengajar demikian?

Contoh ketiga, pendeta yang sama yang sering kali mengerti theologi Reformed secara sepihak dan subyektif ini memiliki prinsip-prinsip yang aneh. Di gereja di tempat dia menggembalakan, tidak ada satu hamba Tuhan dari gereja lain (meskipun bertheologi sama) yang diundangnya. Mengapa? Alasannya, hal tersebut adalah aturan dari gereja pusat. Namun, fakta menunjukkan gereja tersebut yang memiliki cabang di Singapore pernah mengundang pengkhotbah dari luar. Ini membuktikan ketidakkonsistenan prinsipnya sendiri. Saya berani menyimpulkan, biasanya orang lebay kalau membangun paradigma selalu berkontradiksi dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu, berhentilah menjadi orang lebay.

2. Perkataan
Wilayah kedua yang dikuasai oleh seorang lebay adalah perkataan. Biasanya orang lebay kalau berbicara selalu dibesar-besarkan dari faktanya. Pdt. Dr. Stephen Tong sangat kesal terhadap orang seperti ini. Beliau memberi contoh praktisnya. Pada waktu itu, ada seorang yang berkata kepada beliau bahwa banyak pastor/romo yang berzinah. Pdt. Stephen Tong langsung membantah dan menanya balik kepada orang itu, jika banyak pastor/romo yang berzinah, berapa persen pastor/romo yang berzinah tersebut? Ternyata orang itu hanya bisa menyebutkan sedikit. Berarti, orang lebay ini hendak mengeneralisasi segala sesuatu. Saya juga menjumpai realitas akan hal ini di dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya orang lebay ini kurang memperhatikan kata-kata, seperti: “mayoritas”, “banyak”, “beberapa”, “mungkin”, dll yang mengindikasikan sesuatu yang spesifik. Di dalam kamus orang lebay, yang ada hanyalah “semua” atau/dan “banyak.” Orang Kristen yang normal berhentilah lebay di dalam berkata-kata. Bertanggungjawablah ketika kita menggunakan kata-kata, karena setiap kata (yang sia-sia) harus kita pertanggung jawabkan di hadapan Tuhan! (Mat. 12:36) Ingatlah, bertanggungjawab (bahkan dalam hal berkata-kata, dll) TIDAK sama dengan tindakan lebay. Bertanggungjawab adalah pengajaran dan tuntutan Alkitab, sedangkan lebay adalah tindakan dunia berdosa.

3. Gaya Hidup dan Tindakan
Ruang lingkup ketiga dari orang lebay adalah gaya hidup dan tindakannya. Kelebayan gaya hidup ditandai dengan gaya dan sikap nyentrik yang ditunjukkan oleh mayoritas kaum muda zaman sekarang. Mereka berkata bahwa hal tersebut gaul. Misalnya, rambut disemir warna yang beraneka ragam, celana jeans yang disobek-sobek sedikit, dll. Lama-kelamaan, jika benar-benar di-lebay-kan, sepatu mereka juga sengaja disobek-sobek sedikit biar gaul.

Bagaimana pandangan Kekristenan? Bolehkah orang Kristen gaul? Mengenai gaya hidup, ada dua ekstrem yang terjadi yang saya perhatikan khusus di dalam kubu Kekristenan (lebih spesifik: Reformed). Di satu sisi, ada orang Kristen yang hidup semaunya sendiri (semau gue), hang-out sampai malam, dll, tetapi sayang tidak memerhatikan iman dan kerohaniannya. Akibatnya, orang ini bisa dikatakan kurang memiliki prinsip hidup yang beres. Namun sayangnya ekstrem lain adalah ada orang Kristen (khususnya beberapa orang Reformed yang doyan baca buku) menjadi orang kaku dan statis. Relasi sosialnya bisa dikatakan parah. Jadul (jaman dulu) puol, kata anak muda zaman sekarang. Di antara dua ekstrem, saya menawarkan alternatif ketiga dan paradoks yaitu orang Kristen yang beres harus beriman beres, namun tidak berarti kita anti terhadap budaya dunia. Pdt. Thomy Job Matakupan, M.Div. di dalam khotbahnya tanggal 29 November 2009 sempat mengatakan bahwa orang Kristen yang berbeda dari dunia bukan berarti orang Kristen menjadi aneh, namun yang harus berbeda itu konsep berpikirnya. Itu benar. Prinsip hidup kita tetap harus berbeda dari prinsip hidup dunia, karena kita adalah orang Kristen yang percaya kepada Allah yang benar. Prinsip hidup ini sendiri pun harus kita bedakan, mana yang primer dan mana yang sekunder. Prinsip hidup ini harus kita aplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari. Prinsip hidup yang primer harus kita pertahankan, sedangkan prinsip hidup yang sekunder TIDAK perlu terlalu kaku dipertahankan. Sekali lagi saya tekankan, belajarlah menjadi orang Kristen yang NORMAL! Dengan demikian, bolehkah orang Kristen gaul? Mengutip perkataan Ev. Ivan Kristiono, M.Div. di dalam Seminar: Panggilan, Waktu Luang, dan Gaya Hidup di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Ngagel, Surabaya, orang Kristen harus gaul. Mengapa? Karena kita harus berelasi sosial dengan orang lain sebagai pengikut Kristus. Ingatlah, Kristus sendiri berdoa kepada Bapa tentang para murid-Nya dan kita sebagai anak-anak-Nya, “Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.” (Yoh. 17:18-19) Perhatikan kedua ayat ini. Kristus mengutus kita ke dalam dunia dengan diperlengkapi satu sarana yang luar biasa dahsyat, yaitu Kebenaran Allah. Kita yang diutus Kristus ke dunia tentu harus berelasi dengan dunia kita. Jika tidak mau berelasi dengan dunia, bagaimana mau menginjili mereka? Namun ketika berelasi dengan dunia kita, kita TIDAK boleh terseret dan mengikuti pola pikir dan kebiasaan dunia, sebaliknya, kita tetap berpegang teguh pada Kebenaran. Baca kembali Roma 12:2. Ini yang saya sebut sebagai paradoxical Christian life-style (gaya hidup Kristen yang paradoks).

4. Penafsiran
Ruang lingkup terakhir dari orang lebay adalah penafsiran. Mengingat dunia yang kita hidupi sekarang sarat dengan ide postmodernisme yang merayakan pluralitas, maka di bidang penafsiran pun, pluralitas ditekankan. Pluralitas ini di“baptis” dalam nama “yesus” dengan ide lebay oleh orang lebay, kloplah sudah, heheheJ Saya terus memerhatikan gejala penafsiran orang-orang lebay di zaman postmodern dan realitas yang terjadi benar-benar mengerikan. Apa yang dikatakan seseorang sering kali ditafsirkan hampir secara tidak bertanggungjawab. Misalnya, ada orang yang berkata X dengan maksud X (meskipun mungkin maksud perkataannya itu bisa diimplisitkan: Y, Z, dll), namun secara tidak bertanggungjawab, beberapa (atau mungkin banyak?) orang lebay dengan berani langsung menafsirkan perkataan orang ini bermakna Y, tanpa mengklarifikasi kepada orang yang berkata tersebut. Saya pribadi juga bisa salah dalam hal ini, namun saya terus-menerus berusaha untuk tidak sembarangan menafsirkan. Kesalahan penafsiran mungkin bisa disebabkan oleh kesalahan (atau lebih tepatnya, kekurangtelitian) perkataan dari seseorang yang bisa bermakna ganda (ambigu). Nah, itu susahnya hidup di zaman postmodern. Meskipun TIDAK semua ide postmodernisme itu salah, namun banyak aspek dan pengajaran postmodernisme itu salah dan berbahaya. Salah satu pengajarannya yang berbahayanya adalah masalah penafsiran ini. Orang bisa berkata sembarangan sesuka hatinya dengan maksud ganda dan orang lain yang menangkap perkataan orang ini juga bisa menangkapnya dengan maksud ganda. Saya terus-menerus berusaha untuk berkata dan menulis dengan hati-hati dan teliti, sehingga orang lain tidak salah menangkapnya. Namun meskipun demikian, masih ada juga orang lain yang menyalahartikan perkataan dan tulisan saya. Ya, susah juga sih hidup di era postmodern, heheheJ


D. Macam-macam Orang Lebay
Setelah mengerti 4 ruang lingkup orang lebay, maka mari kita melihat dua macam orang lebay.
1. Orang Lebay yang Biasa
Macam pertama adalah orang lebay yang biasa. Biasanya ciri orang lebay biasa ini tidak terlalu mencolok dan lebih bersifat introvert. Artinya, sikap lebay-nya ini tidak mau ditonjolkan keluar (sehingga orang lain tahu) atau/dan sikapnya ini tidak terlalu memaksa. Orang seperti ini masih memiliki tingkat toleransi yang cukup baik. Saya masih menghargai orang lebay seperti ini.

2. Orang Lebay yang Otoriter dan Memaksa
Namun, di sisi lain, ada orang lebay yang otoriter dan memaksa. Nah, kalau ada orang lebay seperti ini biasanya tingkat toleransinya hampir tidak ada. Orang lebay macam ini biasanya sangat kelihatan jelas dan lebih bersifat extrovert. Orang lain dengan mudahnya menyebut orang ini sebagai orang lebay karena tingkah laku, perkataan, dan hal-hal di dalam dirinya menunjukkan sebagai orang lebay. Bukan hanya itu saja, sikap lebay-nya ditunjukkannya dengan memaksa orang lain untuk menuruti perkataan dan kemauannya (bahkan untuk hal-hal yang sangat tidak penting). Misalnya, untuk urusan memilih arah jalan pun, orang lebay macam ini benar-benar menjengkelkan, karena ia bukan hanya menyuruh orang lain untuk menuruti kemauannya, namun juga memerintah bahkan marah-marah jika kemauannya tidak dituruti. Kalau orang lain berbeda karakter dari orang lebay ini, biasanya orang lebay ini langsung menghina, tanpa mau mengerti orang lain yang berbeda. Bagi orang lebay ini, dirinya sendiri yang paling hebat, pandai, bijaksana, dll. Bukankah orang seperti ini benar-benar menjengkelkan dan menjijikkan? Selain narsis, orang ini jelas bukan orang Kristen yang beres, karena ia tidak benar-benar mengakui ketergantungannya kepada Allah saja dan tentunya tidak menghargai orang lain sebagai sesama peta dan teladan Allah.


E. Akibat Tindakan Lebay
Setelah mengerti lebay-isme, maka kita perlu memikirkan, apa yang menjadi akibat dari tindakan lebay ini? Hanya satu akibat, yaitu: orang lebay biasanya TIDAK mengenal istilah kompromi dan toleransi. Biasanya (tentu tidak semua) orang lebay tidak mau menghormati orang lain dalam hal-hal sekunder (bahkan tersier) dalam prinsip dan tindakan. Di dalam kamus orang lebay, yang ada adalah kehebatan diri lebih daripada orang lain. Akibatnya, meskipun hampir tidak ada orang lain yang memuji dirinya, biasanya orang lebay macam ini dengan bangganya memuji dirinya sendiri yang hebat. Lama-kelamaan, bukan nama Tuhan yang harus dipuji dan dipermuliakan, tetapi nama dia sendiri yang diagungkan. Sungguh mengasihankan orang lebay macam ini. Selain harus diinjili, orang lebay macam ini harus benar-benar diajar untuk berserah total kepada Allah, karena konsep berserah total kepada Allah ini sangat sulit dilakukan oleh orang lebay macam ini.

1 comment:

Pin Cantik said...

Ok mas tulisannya...menambah wawasan
Mampir ke situsku dong!!