17 March 2008

Misi dan Visi KKR Siswa Regional (Timur)

Stephen Tong Evangelistic Ministries International
Jakarta Office: Jl. Tanah Abang III no.1, Jakarta 10160 Phone: (021) 3810912 Fax: (021) 3811021
Singapore Office: 420 Northbridge Road # 05-11, Northbridge Centre Singapore 188727 Phone (65) 63330511 Fax: (65) 63330522
USA Office: 1458 Woodglen Terrace, Bonita, CA. 91902 Phone (619) 9411260 Fax (619) 9411259


KEBAKTIAN KEBANGUNAN ROHANI
SISWA REGIONAL TIMUR



I. Nama & Pengertian Program
Nama Program : Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Siswa Regional Timur.

Adalah program pelayanan yang dikhususkan melayani para siswa agar mereka mengenal dapat Tuhan dalam kehidupan mereka, bertumbuh di dalam kerohanian dan bertanggung jawab di dalam kehidupan iman.



II. Latar Belakang

1. Kondisi Remaja
a. Psikologis.
Kritis Identitas dan Krisis Nilai. Masa-masa usia remaja yang menginjak pada masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa kerap ditandai dengan munculnya krisis identitas dan krisis nilai. Pada masa semacam ini terjadi perubahan demi perubahan mendasar di dalam kehidupan mereka. Salah satu di antaranya adalah perubahan sisitim nilai. Jikalau pada masa anak-anak seluruh sisitem nilai yang mereka miliki ditetapkandan diatur oleh orang tuanya, maka ketika menginjak dewasa, mereka ditunutut untuk mampu melakukan penilaian sendiri. Mereka harus dapat mengambil keputusan sendiri dengan mempertimbangkan berbagai faktor secara tepat sendiri. Itulah sebabnya, pada masa transisi ini setiap remaja harus diperlengkapi dengan dasar-dasar pemikiran yang dapat membangun konsep nilai yang kokoh dan benar, tetapi darimanakah mereka mendapatkannya?

Krisis Spiritual. Krisis lain yang timbul di dalam kehidupan remaja adalah krisis spiritual. Krisis ini perlu mendapatkan perhatian secara serius oleh karena sangat mempengaruhi perkembangan psikologi remaja. Maraknya berbagai isme di dalam pentas dunia juga telah menyodorkan berbagai cara hidup (life style) dan jalan keluar terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Misalnya saja pengaruh dari Humanisme dan Materialisme yang sedang berkembang dan mengakibatkan para remaja mulai mempertanyakan keberadaan Tuhan dan nilai-nilai agamawi.

b. Pengaruh Jaman
Salah satu ciri kehidupan remaja adalah pengakomodasian secara bebas segala perkembangan jaman yang bersifat pluralistik dan dengan dinamika yang tinggi. Hal ini menjadikan tatanan nilai moral menjadi turun. Perilaku moral yang baik yang ditunjukkan di rumah segera akan berubah sama sekali ketika berada di luar rumah. Lingkungan yang bersifat pluralistik ini akan menumbuhkan pola hidup remaja yang permisive terhadap nilai-nilai moral dan kebenaran.

Hal ini diperparah dengan semakin lemahnya kontrol sosial masyarakat bagi remaja yang masih dalam keadaan bimbang dan mencari identitas diri. Hal ini membahayakan karena mereka akan kehilangan “pengawasan” dari masyarakat sehingga mereka bebas memilih nilai-nilai yang dianggap benar ditambah dengan tidak ditemukannya teladan yang baik dari masyarakat.

Kehidupan remaja adalah kehidupan yang mudah dipengaruhi – bahkan kerap mereka terlihat tidak berdaya dan memiliki kekuatan menolak jika lingkungan mempengaruhi mereka dengan hal-hal yang buruk – maka kelak akan menghasilkan orang-orang dewasa yang berperilaku buruk pula.

2. Mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II pasal 3 - Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sadar akan kondisi dan keadaan sedemikian, dirasakan sangat perlu memikirkan sebuah momen kerohanian tertentu yang diharapkan dapat menjadi pengalaman titik balik di dalam kehidupan setiap remaja, yaitu mengenal Tuhan sedini mungkin di dalam kehidupan mereka.



III. Mengapa Siswa?
1. Banyak Kebaktian Kebangunan Rohani yang dikerjakan dan ditujukan untuk umum dan sangat sedikit bahkan tidak pernah dikerjakan khusus untuk Siswa.
2. Memenangkan para siswa bagi Kristus akan menghasilkan Kebangunan Moral dan pengharapan akan kehidupan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang.
3. Para remaja yang menjawab tantangan menjadi Pendeta, penginjil akan menjadi penerus generasi Kristen masa depan.



IV. Dasar Alkitab
1. Matius 28:18-20
2. Mazmur 119:9
3. Amsal 22:6



V. Tujuan & Sasaran
1. KKR Siswa Regional Timur ini akan dilaksanakan di beberapa kota yang ada di wilayah Timur Indonesia.
2. KKR Siswa Regional Timur ini bertujuan murni mengabarkan berita Injil Keselamatan – seperti yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus kepada semua kalangan, termasuk anak-anak, siswa, pemuda sampai kepada orang tua.



VI. Target Peserta
1. Sekolah Dasar – Kelas 3 s/d 6.
2. Sekolah Menengah Pertama.
3. Sekolah Menengah Atas.



VIII. Bentuk Acara:
1. Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) untuk para pelajar.
2. Seminar/ceramah Pembinaan Iman untuk para guru.



VIII. Waktu Pelaksanaan
Jam pelaksanaan akan ditentukan kemudian dan disesuaikan dengan kondisi setempat.



IX. Penyelenggara
Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI)
STEMI akan membentuk panitia lokal.
Kepanitiaan bersifat sementara.



Panitia KKR Siswa Regional Timur ini terdiri dari:
1. Panitia Pusat – terdiri dari orang-orang yang memiliki beban mengabarkan Injil Tuhan Yesus Kristus.
2. Panitia Lokal – adalah orang-orang yang berada atau berdomisili di tempat penyelenggaraan yang memiliki beban yang sama. Panitia Lokal akan membentuk tim kerja untuk kelancaran persiapan acara dengan persetujuan Panitia Pusat.



Sekretariat Panitia
· Panitia Pusat: Jl. Simpang Dukuh 38-40, Andhika Plaza Blok C/5-7 Surabaya 60275.
Telp. (031) 5472422.
· Panitia Lokal: Sekretariat Panitia Lokal akan ditentukan kemudian.



X. Lingkup Tugas
Panitia Pusat
1. Menetapkan strategi pelaksanaan pelayanan.
2. Menetapkan Pembicara/Pengkhotbah, penatalayan (Liturgis, pemain musik).

Panitia Lokal
Membantu mengkoordinir dan mempublikasikan acara-acara KKR Siswa Regional Timur ini ke sekolah-sekolah, persekutuan-persekutuan, gereja atau badan-badan misi. Adapun lingkup tugasnya:
1. Menyediakan semua sarana publikasi yang perlu seperti brosur, spanduk, traktat, kartu keputusan.
2. Menyediakan sarana yang diperlukan dalam pelaksanaan.



XI. Tempat Pelaksanaan
Acara ini dilaksanakan di tempat-tempat seperti:
1. Aula Sekolah
2. Gedung Olah Raga
3. Gedung Pertemuan
4. Tempat-tempat lain yang memadai untuk penyelenggaraan.



XII. Strategi Pelaksanaan
Persiapan
1. Panitia Pusat KKR Siswa Regional Timur akan mengadakan survey ke tempat-tempat penyelenggaraan KKR dan membentuk Panitia Lokal.
2. Menghubungi tempat target untuk membagi visi.
3. Menetapkan momen pelaksanaan acara seperti: Permulaan Tahun Ajaran, Natal, Paskah, dsb.
4. Menetapkan tanggal dan tempat pelaksanaan acara.

Pelaksanaan
Pelaksanaan KKR Siswa Regional Timur sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan.

Tindak Lanjut
Pelayanan ini diharapkan dapat diteruskan oleh setiap institusi yang bekerja sama dengan panitia di dalam pembinaan iman setiap orang yang mengambil keputusan di dalam KKR ini. Panitia akan mengirimkan setiap data asli dari mereka untuk ditindak lanjuti.



XIII. Pembiayaan
Semua kebutuhan dana KKR Siswa Regional Timur ini hanya bersandar pada Tuhan yang mempunyai ladang pelayanan dan tuaian. Panitia tidak akan mencari sponsor atau mengirimkan permintaan dana ke pribadi, yayasan, badan misi ataupun gereja-gereja. Kebutuhan pembiayaan bersumber dari: Janji iman Panitia Inti dan Panitia Lokal.



XIV. Penutup
Kiranya Allah Tritunggal yang Empunya pelayanan ini akan memberkati dan memanggil banyak siswa kepada pengenalan yang sejati akan Dia dan meneruskan pekerjaan-Nya melalui mereka di masa mendatang.