06 January 2008

Bab 15 : MENGEMBANGKAN PERSAHABATAN ANDA DENGAN ALLAH ?? (Analisa Terhadap Bab 12 Buku Rick Warren)

Bab 15
Mengembangkan Persahabatan Anda dengan Allah ??




Pada bab 15 ini, kita akan mencoba menggali masing-masing pengajaran Rick Warren di dalam bab/hari keduabelas dalam renungan 40 harinya. Penggalian ini bisa bersifat positif maupun negatif dari kacamata kebenaran Firman Tuhan, Alkitab. Mari kita akan menelusurinya dengan teliti berdasarkan kebenaran Alkitab.
Sekilas, kita akan menjumpai terlalu banyak kata “saya” dimunculkan pada bab ini menunjukkan ajaran Warren ini self-centered ketimbang God-centered. Apakah saya terlalu menghakimi ? Mari kita akan menelusuri satu per satu.
Pada bagian awal bab ini, kembali, penyakit lama Warren kambuh, yaitu suka mengutip ayat Alkitab yang cocok dengan apa yang ingin ia ajarkan. Ia mengutip Amsal 3:32 versi New Living Translation (NLT), “Dia menawarkan persahabatan-Nya kepada orang yang saleh.” (Warren, 2005, p. 103).
Komentar saya :
Mari kita melihat ayat yang sama ini di dalam terjemahan lain, Terjemahan Baru Alkitab Bahasa Indonesia (TB-LAI), Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), King James Version (KJV) dan English Standard Version (ESV). Berikut terjemahannya : TB, “karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat.” BIS, “Sebab, TUHAN membenci orang yang berbuat jahat, tetapi Ia akrab dengan orang yang lurus hidupnya.” KJV, “For the froward is abomination to the LORD: but his secret is with the righteous.” ESV, “for the devious person is an abomination to the LORD, but the upright are in his confidence.” Meskipun BIS menerjemahkan bahwa Allah akrab dengan orang yang lurus hidupnya, artinya tetap tidak bisa dipersamakan dengan versi NLT yaitu Allah menawarkan persahabatan-Nya kepada orang yang saleh. Kalau versi NLT benar, bukankah dengan menawarkan persahabatan-Nya kepada orang yang saleh, berarti Allah membutuhkan manusia ? Ini bukan ajaran Alkitab, tetapi ajaran “theologia” Arminian yang menjadi fondasi doktrinal/ajaran dari Rick Warren ini. Alkitab yang dimengerti oleh theologia Reformed mengajarkan dengan bertanggungjawab bahwa manusia lah yang memerlukan Allah, bukan sebaliknya !

Kemudian, ia mengembangkan konsep bagaimana bersahabat dengan Allah sebagai berikut,
Kedekatan Anda dengan Allah bergantung pada pilihan Anda.
Seperti sebuah persahabatan, Anda harus berusaha mengembangkan persahabatan Anda dengan Allah. Persahabatan tersebut tidak akan terjadi secara kebetulan. Dibutuhkan kerinduan, waktu, dan tenaga. Jika Anda menginginkan hubungan yang lebih dalam dan lebih akrab dengan Allah, Anda harus belajar untuk dengan jujur menyampaikan perasaan-perasaan Anda kepada-Nya, mempercayai Dia ketika Dia meminta Anda melakukan sesuatu, belajar untuk peduli pada apa yang Dia peduli, dan merindukan persahabatan-Nya lebih dari apapun.
(Warren, 2005, p. 103)

Komentar saya :
Benarkah kedekatan kita kepada Allah bergantung pada pilihan kita ? Dari dasar ajaran yang tidak bertanggungjawab ini, Warren dengan jelas membangun presuposisi “theologia” Arminian yang anti-kedaulatan Allah ! Bagaimana theologia Reformed menyoroti masalah ini ? Theologia Reformed yang berbasiskan kedaulatan Allah tanpa menghilangkan unsur tanggung jawab manusia mengajarkan bahwa “sebelum” dunia diciptakan (“sejak” kekekalan), Allah memilih beberapa manusia untuk menerima anugerah keselamatan di dalam Kristus. Keselamatan ini dikerjakan melalui penebusan Kristus di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia pilihan-Nya tersebut dan proses penyempurnaannya dilakukan melalui tindakan Roh Kudus yang mengefektifkan karya penebusan Kristus tersebut ke dalam hati umat pilihan-Nya dengan melahirbarukan mereka sehingga mereka dapat taat dan percaya di dalam Kristus. Keselamatan dan predestinasi (pemilihan) Allah MUTLAK tidak bergantung pada pilihan kita, tetapi pilihan Allah ! Dari konsep ini, ketika kita memang benar-benar anak-anak Allah (umat pilihan Allah), maka secara proses, kita akan terus merindukan untuk dekat dengan Allah melalui pembelajaran Firman Allah dan mengalami-Nya setiap hari melalui apa yang Alkitab ajarkan. Jadi, kedekatan dengan Allah murni bukan pilihan manusia berdosa, tetapi akibat atau reaksi manusia pilihan-Nya dalam menanggapi anugerah-Nya ! Sedangkan orang-orang “Kristen” palsu yang tidak termasuk umat pilihan Allah mungkin juga memiliki hasrat ingin dekat dengan Allah, tetapi hasrat itu palsu, karena hasrat itu tidak murni digerakkan oleh Roh Kudus ! Buktinya ? Sudah terlalu banyak terjadi pada mayoritas orang “Kristen” yang selalu mengklaim bahwa dirinya sedang “melayani ‘tuhan’”, dll, tetapi MALAS belajar Alkitab/theologia, karena menurut mereka, itu hanya tugas pendeta/hamba Tuhan. Inikah orang “Kristen” ?! TIDAK ! Kalau sampai mati, mereka belum bertobat dari dosanya ini, maka dapat dipastikan mereka bukan anak Tuhan, tetapi anak setan yang masih indekos di dalam gereja. Berhati-hatilah terhadap orang “Kristen” macam ini, pura-pura memiliki hasrat dekat dengan Allah, tetapi sebenarnya kedekatan mereka hanya untuk “menadah” berkat-berkat-Nya untuk mereka nikmati. Itu slogan “theologia” sukses yang materialis, humanis dan Arminian.

Setelah itu, ia melanjutkan pengajarannya dengan mengemukakan masing-masing 4 prinsip mengembangkan persahabatan dengan Allah,
Saya harus memilih untuk jujur terhadap Allah. Landasan utama bagi persahabatan yang lebih dalam dengan Allah adalah kejujuran sepenuhnya, baik mengenai kesalahan-kesalahan Anda maupun mengenai perasaan-perasaan Anda...
Di dalam Alkitab, sahabat-sahabat Allah jujur mengenai perasaan mereka, dengan sering kali mengeluh, mengkritik, menuduh, dan berargumentasi dengan Pencipta mereka. Meskipun demikian, Allah tampaknya tidak terganggu oleh keterbukaan mereka ; sebetulnya Allah mendorong hal itu...
Untuk menjadi sahabat Allah, Anda harus jujur kepada Allah, dengan menyampaikan perasaan Anda yang sebenarnya, bukan apa yang Anda pikir seharusnya Anda rasakan atau katakan...
Kepahitan merupakan penghalang terbesar terhadap persahabatan dengan Allah : Untuk apa saya ingin menjadi sahabat Allah jika Dia mengizinkan hal ini terjadi ? Tentu saja, jawabannya adalah menyadari bahwa Allah selalu bertindak demi kepentingan Anda, sekalipun tindakan tersebut menyakitkan dan Anda tidak memahaminya. Tetapi melepaskan kemarahan Anda dan menyatakan perasaan Anda merupakan langkah pertama untuk penyembuhan...
Untuk mengajari kita tentang kejujuran yang tulus, Allah memberi kita Kitab Mazmur, yaitu buku panduan penyembahan, penuh dengan jeritan, kemarahan, kebimbangan, ketakutan, kepahitan, dan penderitaan yang dalam digabungkan dengan ucapan syukur, pujian, dan pernyataan-pernyataan iman... Ketika Anda membaca pengakuan yang emosional dari Daud dan orang lainnya, sadari bagaimana Allah ingin Anda menyembah Dia dengan cara ini, tidak menahan apapun yang Anda rasakan...
(Warren, 2005, p. 103-106)

Komentar saya :
Perhatikan kalimat-kalimat yang saya sengaja garis bawahi untuk menunjukkan kelemahan fatal ajaran Warren.
Pertama, di dalam Alkitab, menurut Warren, sahabat-sahabat Allah jujur mengungkapkan perasaan mereka kepada Allah, dan anehnya Warren mengatakan bahwa perasaan-perasaan itu diterima dan bahkan didorong oleh Allah. Benarkah ajaran ini ? Ini jelas adalah ajaran yang tidak bertanggungjawab ! Kalau benar, Warren berkata demikian, mengapa Petrus yang adalah rasul Kristus (tentu juga disebut sahabat Allah) ketika berkata, “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.” (Matius 16:22), Tuhan Yesus tidak senang dengan perkataan itu dan berkata, “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.” (Matius 16:23) disambung dengan pengajaran-Nya, “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku…” (Matius 16:24) ?! Kalau Petrus juga termasuk sahabat Allah, mengapa Kristus marah dengan Petrus pada waktu itu ? Bagaimana Warren menjawab hal ini ?! Mungkin sekali Allah seolah-olah mendengarkan perasaan-perasaan mereka yang bersoal jawab dengan-Nya, tetapi itu semua tidak mengajarkan bahwa Allah mendorong kita bertindak seperti itu ! Tafsiran itu terlalu dilebih-lebihkan dan tergolong sesat ! Allah mengizinkan para sahabat-Nya mengutarakan perasaan-perasaan mereka, tetapi tidak berarti Allah membenarkan mereka ! Berusahalah membedakan antara kata “mengizinkan” dan “membenarkan” pada diri Allah. Ketika Allah mengizinkan dosa masuk, pasti berarti bahwa Allah tidak pernah membenarkan tindakan dosa itu !
Kedua, Warren mengatakan bahwa kepahitan adalah penghalang bagi terciptanya persahabatan yang akrab dengan Allah. Cara menyembuhkannya, menurut Warren, adalah dengan, “melepaskan kemarahan Anda dan menyatakan perasaan Anda”. Bukankah ini adalah ajaran psikologi ?! Pada bab yang lalu, ia mengajarkan bahwa tujuan yang ia paparkan bukan berdasarkan psikologi (meskipun sebenarnya secara implisit, tujuan yang ia tetapkan tetap mengandung unsur psikologi), tetapi mengapa ia memasukkan unsur psikologi ini ?! Ini membuktikan ketidakkonsistenan Warren. Apakah dengan melepaskan kemarahan dan menyatakan perasaan kita, itu berarti kepahitan kita usai ? TIDAK ! Itu adalah ajaran inner healing (kesembuhan batin) yang sedang merajalela di dalam ke“Kristen”an padahal ini tidak diajarkan oleh Alkitab. Bagaimana cara mengatasi kepahitan ? Caranya bukan melampiaskan kemarahan kita, tetapi dengan memandang kepada Allah dan firman-Nya sebagai penghancur kepahitan kita. Lalu, mungkinkah seorang Kristen sejati (anak-anak Tuhan) mengalami kepahitan terhadap Allah?! TIDAK MUNGKIN ! Mengapa ? Apakah berarti mereka sudah sempurna dan tahu 100% kehendak Allah sehingga mereka tidak mungkin mengalami kepahitan terhadap Allah ?! TIDAK ! Meskipun tidak 100% mengerti kehendak-Nya, mereka tetap beriman di dalam-Nya, karena mereka adalah umat pilihan-Nya yang telah Ia tetapkan. Tidak berarti karena mereka tidak pernah mengalami kepahitan terhadap Allah, itu berarti mereka hidup sukses, lancar, tanpa penderitaan. Meskipun mengalami penderitaan yang berat, mereka tetap tidak pernah mengalami kepahitan terhadap Allah, karena ada janji pemeliharaan-Nya.
Ketiga, kitab Mazmur memang berisi puji-pujian, tetapi penulisan kitab ini tidak bermaksud bahwa Allah ingin mengajar kita untuk menyembah-Nya dengan cara demikian ! Inti kitab ini adalah memuji Tuhan dan Tuhan saja yang layak ditinggikan, oleh karena itu kita sebagai anak-anak-Nya harus memuji-Nya selama-lamanya. Itu prinsipnya !

Lalu, ia juga melanjutkan pengajarannya pada poin kedua, sebagai berikut,
Saya harus memilih untuk menaati Allah di dalam iman. Setiap kali Anda mempercayai hikmat Allah dan melakukan apapun yang Dia firmankan, meskipun Anda tidak memahaminya, Anda memperdalam persahabatan Anda dengan Allah...
Kita menaati Allah, bukan karena kewajiban atau ketakutan atau paksaan, tetapi karena kita mengasihi Dia dan percaya bahwa Dia mengetahui apa yang terbaik bagi kita...
Sebenarnya, Allah lebih senang bila kita melakukan hal-hal yang kecil bagi Dia karena ketaatan yang didasari oleh kasih...
Kesempatan-kesempatan besar mungkin datang sekali seumur hidup, tetapi kesempatan-kesempatan kecil mengelilingi kita setiap hari. Bahkan dengan tindakan-tindakan sederhana seperti berkata yang benar, berbuat kebaikan, dan membesarkan hati orang lain, kita mendatangkan senyuman pada wajah Allah.
(Warren, 2005, pp. 106-108)

Komentar saya :
Kita menaati Allah, memang bukan karena keterpaksaan, tetapi karena kita mengasihi Dia, tetapi sekali lagi, kita dapat mengasihi-Nya karena Allah telah terlebih dahulu mengasihi kita dengan memilih kita “sebelum dunia dijadikan” (kekekalan). Ketaatan hanya dapat terjadi jika Allah menggenapkan kehendak untuk taat ke dalam hati setiap umat pilihan-Nya. Paulus mengajarkan hal ini, “Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir, karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.” (Filipi 2:12-13) Seringkali orang-orang yang ber“theologia” Arminian dan Katolik menggemari ayat 12 di dalam Filipi 2 untuk menolak kedaulatan Allah dan sengaja menghilangkan atau tidak mengutip ayat 13 sebagai penjelasan dari ayat 12. Padahal kedua ayat ini saling berkaitan satu sama lain. Kita dituntut Paulus untuk mengerjakan keselamatan (tidak berarti keselamatan bisa hilang!), dan kita dapat mengerjakan apa yang Tuhan tuntut melalui Paulus ini karena ada kuasa Allah yang memampukan kita bisa memiliki kehendak yang sesuai dengan kehendak-Nya. Ini tidak berarti kita tinggal menunggu gerakan Roh Kudus. Ini juga tidak benar. Kita memang tetap perlu mengerjakan apa yang baik menurut Allah, tetapi ingatlah satu hal : bukan karena kehendak kita sendiri yang mengingininya, tetapi Allah lah yang mendorong kita.

Kemudian, ia melanjutkan pengajarannya pada poin ketiga,
Saya harus memilih untuk menghargai apa yang Allah hargai. Semakin akrab Anda sebagai sahabat Allah, Anda akan semakin peduli terhadap hal-hal yang Allah peduli, bersedih atas hal-hal yang membuat Allah bersedih, dan bersukacita atas hal-hal yang mendatangkan kesenangan bagi Dia.
Paulus merupakan teladan terbaik dalam hal ini. Program Allah merupakan programnya, dan keinginan Allah merupakan keinginannya : “Hal yang membuatku begitu terganggu adalah karena aku begitu mempedulikan kamu, inilah kerinduan Allah yang membakar hatiku !” (2 Korintus 11:2 ; The Message).
Apa yang paling Allah pedulikan ? Penebusan umat-Nya... Hal yang paling berharga bagi Allah adalah kematian anak-Nya. Hal kedua yang paling berharga adalah ketika anak-anak-Nya memberitakan kabar tersebut kepada orang lain.
(Warren, 2005, pp. 108)

Komentar saya :
Memang benar bahwa sebagai sahabat-Nya, apapun yang ada di dalam diri kita harus sinkron dengan Allah (tidak berarti kita di dalam Allah, Allah di dalam kita secara harafiah) ! Kehendak, emosi dan rasio kita harus sesuai dengan kehendak, emosi dan rasio Allah. Itulah yang Pdt. Dr. Stephen Tong sebut sebagai menyangkal diri. Ketika hati Allah bersukacita, maka demikian pula dengan hati kita. Jika Allah marah, maka kita pun wajib marah sesuai dengan kemarahan-Nya. Jangan dibalik.
Paulus yang dicontohkan oleh Warren merupakan terbaik dalam menghargai apa yang Allah hargai. Tetapi Warren lagi-lagi gemar mengutip Alkitab versi terjemahan The Message yang kurang tepat dan kurang sinkron dengan bahasa aslinya. 2 Korintus 11:2 versi King James Version (KJV) berkata, “For I am jealous over you with godly jealousy: for I have espoused you to one husband, that I may present you as a chaste virgin to Christ.” Lalu, Terjemahan Baru (TB) mengartikannya, “Sebab aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi. Karena aku telah mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus.” Paulus memang mempedulikan jemaat di Korintus, tetapi kepedulian ini bukan kepedulian yang biasa, tetapi kepedulian yang urgent, karena jemaat di Korintus bersikap tenang dan acuh tak acuh terhadap setiap ajaran yang tidak beres yang muncul di antara mereka. Berikut ucapan Paulus pada pasal 11 ayat 4, “Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.” Kepedulian Paulus bukan kepedulian biasa yang hanya menanyakan kabar atau lainnya, tetapi kepedulian Paulus adalah kepedulian yang menegur, menyadarkan, memperingatkan jemaat di Korintus akan bahaya kesesatan yang terjadi di kalangan jemaat Korintus. Seorang yang menghargai apa yang Allah hargai adalah orang yang juga bertindak tegas dan bijaksana dalam menghadapi para pemalsu Injil Kristus.

Setelah itu, ia melanjutkan pengajarannya pada poin keempat,
Saya harus merindukan persahabatan dengan Allah lebih dari segala yang lain...
Kerinduan Yakub untuk memperoleh berkat Allah atas kehidupannya begitu besar sehingga dia bergumul di lumpur sepanjang malam dengan Allah,... Allah tidak tersinggung bila kita “bergumul” dengan-Nya, karena bergumul memerlukan hubungan pribadi dan membawa kita dekat kepada-Nya !...
Paulus adalah contoh lain dari orang yang sangat menginginkan persahabatan dengan Allah. Tidak ada hal yang lebih penting ; persahabatan dengan Allah merupakan prioritas utama, fokus mutlak, dan tujuan akhir hidupnya. Inilah sebabnya Allah memakai Paulus secara demikian hebat. Alkitab versi Amplified menunjukkan kekuatan penuh dari kerinduan Paulus : “Tujuan utamaku ialah agar aku dapat mengenal Dia, agar aku secara bertahap bisa bergaul semakin dalam dan akrab dengan Dia, merasakan dan mengenali serta memahami keajaiban Pribadi-Nya dengan lebih kuat dan lebih jelas.” (Filipi 3:10)
(Warren, 2005, pp. 108-109)

Komentar saya :
Pertama, Warren terlalu berani mengatakan bahwa Allah tidak tersinggung bila kita “bergumul dengan-Nya” sebagai refleksi dari kisah Yakub yang bergumul dengan Allah dan Allah membiarkannya menang. Refleksi dan tafsiran ini terlalu dilebih-lebihkan ! Perikop ini bukan mengajarkan demikian. Geneva Bible Translation Notes memberikan penjelasan sedikit mengenai perikop Kejadian 32:28, “God gave Jacob both power to overcome, and also the praise of the victory.” (=Allah memberikan Yakub kekuatan untuk mengalahkan-Nya, dan juga pujian akan kemenangan.).
Kedua, versi Amplified dari Filipi 3:10 untuk menunjukkan bahwa Paulus sangat menginginkan persahabatan dengan Allah menjadi prioritas utama dan tujuan akhir hidupnya adalah terlalu dicocok-cocokkan. Filipi 3:10 versi Terjemahan Baru (TB) berkata, “Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,”, Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) mengartikannya, “Satu-satunya yang saya inginkan ialah supaya saya mengenal Kristus, dan mengalami kuasa yang menghidupkan Dia dari kematian. Saya ingin turut menderita dengan Dia dan menjadi sama seperti Dia dalam hal kematian-Nya.” Terjemahan King James Version (KJV) menerjemahkan, “That I may know him, and the power of his resurrection, and the fellowship of his sufferings, being made conformable unto his death;” Versi Amplified di atas tidak mengandung kata “persekutuan dalam penderitaan-Nya” di mana pernyataan ini ada di dalam TB, BIS, dan KJV dan justru pernyataan yang penting ini sengaja dihilangkan oleh versi Amplified. Mengapa penting ? Karena ayat selanjutnya, yaitu ayat 11 menjelaskannya, “supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati.” Pdt. Dr. Stephen Tong mengatakan : KeKristenan adalah Kristus (Christianity is Christ). Tanpa salib/penderitaan, tak ada kemuliaan. Maka orang-orang Kristen sejati harus memikul salib dan menderita bagi-Nya, supaya mereka beroleh kemuliaan yaitu kebangkitan.

Bab 14 : MENJADI SAHABAT-SAHABAT KARIB ALLAH ?? (Analisa Terhadap Bab 11 Buku Rick Warren)

Bab 14
Menjadi Sahabat-sahabat Karib Allah ??




Pada bab 14 ini, kita akan mencoba menggali masing-masing pengajaran Rick Warren di dalam bab/hari kesebelas dalam renungan 40 harinya. Penggalian ini bisa bersifat positif maupun negatif dari kacamata kebenaran Firman Tuhan, Alkitab. Mari kita akan menelusurinya dengan teliti berdasarkan kebenaran Alkitab.
Sekilas, kalau kita membaca uraian Warren pada bab ini, seolah-olah ia mengajarkan apa yang Alkitab ajarkan, tetapi benarkah demikian ? Mari kita selidiki.
Lagi-lagi, penyakit lama Warren kambuh, ia mengutip Roma 5:10 dalam versi New Living Translation yang berbunyi, “Karena kita dipulihkan ke dalam persahabatan dengan Allah melalui kematian Anak-Nya sementara kita masih menjadi musuh-musuh-Nya, kita pasti akan dibebaskan dari hukuman kekal melalui kehidupan-Nya.”.

Komentar saya :
Di dalam versi Terjemahan Baru (TB) LAI, Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS), King James Version (KJV), English Standard Version (ESV), International Standard Version (ISV), New Revised Standard Version (NRSV), New International Version (NIV) bahkan bahasa aslinya tidak pernah sedikitpun mengindikasikan istilah “persahabatan dengan Allah”. Berikut saya akan menyajikan kutipan ayat ini dari versi TB LAI, BIS, dan KJV sebagai tiga contoh saja. TB LAI, “Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!” BIS mengartikannya, “Kalau pada masa kita bermusuhan dengan Allah, kita didamaikan dengan-Nya melalui kematian Anak-Nya, apalagi sekarang sesudah hubungan kita dengan Allah baik kembali, tentu kita akan diselamatkan juga melalui hidup Kristus.” KJV menerjemahkannya, “For if, when we were enemies, we were reconciled to God by the death of his Son, much more, being reconciled, we shall be saved by his life.” Kata “diperdamaikan” atau reconciled atau bahasa Yunaninya katallassō berarti changed mutually atau bisa juga berarti direkonsiliasi. Meskipun Albert Barnes dalam Albert Barnes’ Notes on the Bible mengungkapkan bahwa diperdamaikan identik dengan dijadikan sahabat, tetapi jangan menggunakan ayat ini untuk mengajarkan, “Allah ingin menjadi Sahabat baik Anda.” (Warren, 2005, p. 95). Tafsiran lain tidak mengindikasikan bahwa “diperdamaikan” itu identik dengan dijadikan sahabat. Dr. John Gill dalam John Gill’s Exposition of the Entire Bible menafsirkan,
we were reconciled to God; not God to us; and this reconciliation is for their sins, an atonement for them, rather than of their persons; which being done, their persons are reconciled, not to the love, grace, and mercy of God, or to his affections, in which they always had a share, but to the justice of God injured and offended by their sins; and so both justice and holiness on one side, and love, grace, and mercy on the other, are reconciled together, in the business of their salvation;… (=kita diperdamaikan dengan Allah ; bukan Allah kepada kita ; dan rekonsiliasi/pendamaian ini bagi dosa-dosa kita, ssebuah penebusan bagi mereka, lebih daripada pada pribadi-pribadi mereka ; yang mana itu telah dilakukan, pribadi-pribadi mereka diperdamaikan, bukan pada kasih, anugerah, dan belas kasihan Allah, atau terhadap kasih sayang-Nya, di mana mereka selalu memilikinya bersama, tetapi terhadap keadilan Allah yang dicemari oleh dosa-dosa mereka ; dan juga keadilan dan kekudusan di satu sisi, dan kasih, anugerah, dan belas kasihan di sisi lain, diperdamaikan bersama, di dalam hal keselamatan mereka;…)
Dari penjelasan Dr. John Gill ini, kita mendapatkan kesimpulan bahwa kata “diperdamaikan” menunjuk kepada pendamaian atas dosa-dosa kita oleh pengorbanan Kristus (lihat seluruh perikop dan konteks Roma 5 untuk mendapatkan gambaran seluruhnya), dan bukan berarti ajaran Warren, “Allah ingin menjadi Sahabat baik Anda.”

Kemudian, Warren mengajarkan,
Allah ingin menjadi Sahabat baik Anda... Tetapi kebenaran yang paling mengejutkan adalah ini : Allah yang Mahakuasa ingin menjadi Sahabat Anda ! (Warren, 2005, p. 95)

Komentar saya :
Saya tidak menyalahkan pandangan ini 100%. Status kita memang dipulihkan dari musuh-Nya, menjadi sahabat-Nya. Tetapi kembali, Warren memunculkan kata “ingin” di dalam pengajarannya, “Allah ingin menjadi Sahabat baik Anda.” Pengajaran ini agak mengganggu pikiran saya, karena seolah-olah kata “ingin” berarti ada suatu hasrat atau kerinduan yang “perlu” dari Allah untuk menjadi kawan baik manusia, benarkah ajaran ini ? TIDAK. Sekali lagi, Alkitab menegaskan : ALLAH TIDAK MEMERLUKAN MANUSIA. Allah mencipta manusia, tidak berarti Allah memerlukan mereka. Allah mengasihi mereka bukan karena Allah memerlukan mereka. TIDAK ! Itu ajaran sesat ! Allah mengasihi manusia karena memang manusia yang Ia ciptakan tetapi sudah berdosa, tetapi itu tidak mengindikasikan seperti ajaran Warren (secara implisit) bahwa Allah benar-benar memerlukan manusia.

Setelah itu, mulai halaman 95, ia menjelaskan bahwa sejak Adam dan Hawa, mereka menikmati hubungan yang mesra dengan Allah, tetapi akibat dosa, maka hubungan ini menjadi lenyap. Hanya beberapa orang saja yang memiliki hak istimewa untuk berhubungan dengan Allah. Tetapi Kristus dengan pengorbanan-Nya di kayu salib menjadikan kita sebagai sahabat-sahabat Allah. Lalu, ia mengemukakan 2 dari 6 hal yang menjadi rahasia persahabatan dengan Allah pada bab ini.
Pertama, menjadi sahabat karib Allah berarti melalui percakapan yang terus-menerus. Warren mengatakan, “Persahabatan dengan Allah dibangun dengan berbagi semua pengalaman hidup Anda dengan-Nya.” (Warren, 2005, p. 97). Ini dilakukan dengan tetap berdoa, dan melalui segala sesuatu yang kita kerjakan. Lebih lanjut, ia mengungkapkan, “Segala sesuatu yang Anda lakukan bisa merupakan tindakan ‘menggunakan waktu bersama Allah’ jika Allah diajak untuk mengambil bagian di dalamnya dan Anda tetap sadar akan kehadiran-Nya.” (Warren, 2005, p. 99). Untuk itulah, ia mengutip gagasan dari Brother Lawrence yang menurutnya bermanfaat dengan, “menaikkan doa-doa berbentuk percakapan yang lebih singkat secara terus-menerus sepanjang hari dan bukannya berupaya menaikkan doa-doa yang memakan waktu lama dan kompleks.” (Warren, 2005, p. 98) Dengan dalih ajaran Alkitab, ia mengajarkan caranya yaitu menggunakan “doa nafas” sepanjang hari dan cara ini katanya sudah dilakukan oleh banyak orang Kristen selama berabad-abad. Caranya ? “Anda memilih satu kalimat pendek atau frasa sederhana yang bisa diulangi kepada Yesus dalam satu nafas : ‘Engkau menyertaiku.’, ‘Aku menerima anugerah-Mu.’, ‘Aku bergantung pada-Mu.’, ‘Aku ingin mengenal-Mu.’, ‘Aku milik-Mu.’, ‘Tolong aku percaya pada-Mu.’...Pastikan bahwa tujuan Anda adalah untuk menghormati Allah, bukan untuk mengendalikan Dia.” Dengan cara ini, Warren berkata, “Mempraktikkan kehadiran Allah merupakan suatu keterampilan, sebuah kebiasaan yang bisa Anda kembangkan...

Komentar saya :
Menjadi sahabat karib dengan Allah tidaklah salah, karena Alkitab memang menyebut status kita bukan lagi hamba, tetapi sahabat. Yang dimaksud “hamba” di sini bukan berarti kita tidak perlu mengabdi lagi, lalu kita semua menjadi bos yang bisa akrab dengan Tuhan. Itu tafsiran dan ajaran sesat ! Status kita sebagai anak Allah memang paradoks. Di satu sisi kita adalah sahabat Allah dan di sisi lain, status sahabat tidak mengajarkan bahwa kita seenaknya terhadap Allah, oleh karena itu kita masih disebut Hamba, tetapi bukan hamba dosa, melainkan Hamba Kebenaran yaitu orang yang mengabdi dan setia hanya kepada kebenaran Allah di dalam Kristus. 1 Korintus 7:22 mengajarkan prinsip ini, “Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya.” Tuhan menyebut kita tetap sebagai hamba, tetapi bukan hamba yang terikat, melainkan hamba yang bebas (bahasa Yunaninya apeleutheros berarti dibebaskan), milik Tuhan. Ini adalah pengertian yang paradoks. Di dalam Roma 6:22, Paulus juga mengajarkan, “Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.” Status kita selain disebut Sahabat, adalah hamba Allah. Rasul Paulus yang tersohor di dalam keKristenan di dalam setiap suratnya tidak berani menggunakan kalimat pembuka, “dari Paulus, Sahabat Allah”. Ini membuktikan dia tahu diri. Di dalam Roma 1:1, Paulus menyebut diri, “hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.” Paulus yang tersohor sekalipun selalu menggunakan status bahwa dirinya adalah tetap hamba yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil. Di sini, dia tahu benar bahwa hamba Tuhan itu adalah tetap hamba yang dulunya rusak akibat dosa, tetapi sudah dipanggil dan dikuduskan. Mengapa konsep ini tidak diajarkan oleh Warren dan sebaliknya, malahan Warren menekankan pengajaran pada menjadi sahabat Allah, bukan menjadi hamba Allah ?! Apakah Warren lebih hebat daripada Paulus ?!
Lalu, problematika dalam mengerti menjadi sahabat Allah menjadi problematika Warren selanjutnya. Ia mendefinisikan menjadi sahabat Allah bukan merenungkan firman Allah terlebih dahulu, tetapi bercakap-cakap dengan-Nya terus-menerus. Bahkan ia mengutip pengajaran “doa nafas” dari Brother Lawrence. Berikut penuturan Richard M. Bennett dalam kritiknya terhadap ajaran Warren ini,
For centuries Catholic mystics have practiced “breath prayers” such as these. They are simply the Catholic form of old Greek mysticism and akin to the mantras of Hindus. In this same book, Warren cites approvingly the famous Catholic mystic Madame Guyon (p. 193). He approves also of St. John of the Cross (p. 108) and the Catholic priest mystic, psychologist and ecumenist Henri Nouwen (pp. 269-270). He warmly agrees with Mother Teresa (pp. 125, 231). These misleading techniques are thus propagated and lead further into the whole mystic plague that presently is threatening believers. This plague is the imagination that there is a unity consciousness with God apart from the Person, unique life and sacrifice of Christ Jesus. [See our article on The Mystic Plague on our WebPage: www.bereanbeacon.org] Warren presents a mystical agenda, which the world loves and accepts, but which is an abomination before the Lord God. (=Selama 100 tahun, para penganut mistik Katolik telah mempraktekkan “doa-doa pernapasan” seperti ini. Mereka semata-mata merupakan bentuk Katolik dari mistisisme Yunani kuno dan mirip dengan mantra-mantra dari orang-orang Hindu. Di dalam buku yang sama, Warren dengan penuh keyakinan mengutip penganut mistik Katolik Madame Guyon pada halaman 193. Dia juga menyetujui akan St. John of the Cross (halaman 108) dan imam Katolik mistik, psikolog dan ecumenist, Henri Nouwen (halaman 269-270). Dengan hangat dia setuju dengan Ibu Teresa (halaman 125, 231). Teknik-teknik yang menyesatkan ini disebarluaskan dan dipimpin lebih jauh kepada keseluruhan bahaya mistik yang sekarang sedang mengancam orang-orang percaya. Bahaya ini adalah imajinasi bahwa ada sebuah kesadaran yang menyatu dengan Allah terlepas dari Pribadi, kehidupan yang unik dan pengorbanan dari Kristus Yesus [lihat artikel Richard M. Bennett tentang Bahaya Mistik di www.bereanbacon.org]. Warren menawarkan sebuah agenda mistik, yang dunia cintai dan terima, tetapi yang adalah sebuah kebencian yang dalam di hadapan Tuhan Allah.) (http://www.bereanbeacon.org/articles/rick_warren_purpose_driven_2.htm)

Apa yang sudah saya duga sebelumnya adalah benar. Boleh dikatakan hampir semua buku yang berstandart best-seller bukan buku yang baik dan God-centered, tetapi berdasarkan semangat zaman (Zeitgeist/spirit of the age), yaitu humanisme dan pantheisme (Gerakan Zaman Baru). Dan dugaan saya ini ternyata dibuktikan dengan teliti oleh Richard M. Bennett bahwa kutipan dari Brother Lawrence sengaja dilakukan oleh Warren agar bukunya laris di pasaran dunia yang memang sedang menggandrungi Gerakan Zaman Baru dengan ide mistiknya (market and profit oriented). Ini problematika dan krisis zaman ! Apa yang Warren paparkan lebih ke arah pengalaman pribadi (experience-oriented), dan bukan pengajaran Alkitab. Bolehkah kita mengalami hadirat Allah ? Boleh saja, tetapi yang menjadi dasar dan sumber utama adalah firman Allah, yaitu Alkitab. Kita boleh mengalami hadirat-Nya hanya sebagai respon kita mengerti dan mengenal-Nya melalui Alkitab ! Jika pengalaman kita menyimpang dari Alkitab, seperti pengalaman yang tidak bertanggungjawab dari Pariadji, yang harus kita lakukan hanya satu : buanglah pengalaman itu dan kembalilah hanya kepada Alkitab !

Kedua, cara menjadi sahabat karib Allah menurut Warren adalah dengan melalui meditasi yang terus-menerus, yaitu dengan merenungkan Firman-Nya sepanjang hari. Lalu, ia mengungkapkan, “Mustahil menjadi sahabat Allah tanpa mengetahui apa yang Dia firmankan.” (Warren, 2005, p. 100). Untuk apa kita melakukan ini ? Ia mengajarkan, “Sahabat saling berbagi rahasia, dan Allah akan berbagai rahasia-rahasia-Nya dengan Anda jika Anda mengembangkan kebiasaan merenungkan Firman-Nya sepanjang hari. Allah memberi tahu Abraham rahasia-rahasia-Nya, dan Dia melakukan hal yang sama terhadap Daniel, Paulus, para murid, dan sahabat-sahabat lainnya.” (Warren, 2005, p. 101).

Komentar saya :
Menjadi sahabat karib dengan Allah dengan merenungkan firman-Nya itu tidak salah dan bahkan harus dilakukan karena kita adalah anak-anak Allah. Tetapi yang menjadi masalah selanjutnya adalah motivasi orang Kristen dalam merenungkan firman-Nya menurut Warren adalah agar rencana Allah dinyatakan kepada kita. Ini bukan motivasi yang beres. Kita merenungkan firman-Nya, supaya firman-Nya itu menuntun, mengajar, mendidik dan menegur kita yang salah. Perhatikan, Paulus mengajar, “Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.” (2 Timotius 3:16-17). Kita mempelajari firman-Nya agar diri kita dalam seluruh keberadaan kita dapat sesuai dengan apa yang Ia kehendaki, bukan sebaliknya agar Allah bisa dimanipulasi oleh kita dengan menyatakan semua rencana-Nya seperti layaknya seorang sahabat. Analogi yang Warren pakai yaitu tentang sahabat yang saling berbagi rahasia untuk menggambarkan hubungan Allah dengan anak-anak-Nya, itu TIDAK TEPAT dan bahkan salah ! Seorang sahabat menurut pikiran saya, memang bisa berbagi rahasia, tetapi sahabat yang otaknya agak beres, pasti tidak semua membagikan rahasia kepada orang lain. Maksud saya, sahabat yang otaknya masih beres hampir jarang mengungkapkan rahasia yang sangat pribadi entah tentang dirinya atau orang lain kepada temannya yang lain. Allah pun demikian. Di dalam Alkitab dari kaca mata theologia Reformed, Allah itu adalah Allah yang berdaulat yang memiliki dua macam atribut yaitu atribut yang dikomunikasikan (communicable attribute), misalnya adil, kasih, jujur, dll, dan kedua, atribut yang tidak dikomunikasikan (incommunicable attribute), misalnya kekal, melampaui ruang dan waktu, tidak terbatas, dll. Rahasia-Nya yang dinyatakan kepada anak-anak-Nya pun dibagi menjadi dua, dan ada rahasia-rahasia tertentu hanya dapat diketahui oleh Allah saja, dan tidak boleh diketahui oleh manusia, contohnya kapan Kristus datang kedua kalinya, alasan Allah memilih sebagian orang untuk diselamatkan (Efesus 1), dll. Ketika ktia mulai mengotak-atik rahasia-Nya yang tidak disingkapkan-Nya, itu akan menjadi cikal bakal timbulnya bidat/ajaran sesat ! Ketika kita tidak mengerti rahasia-Nya yang tidak disingkapkan-Nya, kita diperintahkan hanya TAAT ! Itu sikap seorang hamba ! Kalau sikap seorang sahabat, ingin tahu (lebih tepatnya, memaksa ingin tahu) apa yang sahabat lainnya ingin tahu meskipun temannya tidak mau membukakan rahasianya. Itulah Rick Warren dengan ajian saktinya The Purpose Driven Life !

Martir Kristus-9 : KOREA UTARA : Pengingkaran Hak Asasi Manusia

Martir Kristus-9



KOREA UTARA :
Pengingkaran Hak Asasi Manusia


Hyun Joo yang berusia 10 tahun mempunyai getaran, iman di dalam Kristus. Adalah beresiko bagi para orang tua di Korea Utara menyingkapkan Injil kepada anak-anak mereka. Bagaimanapun, orang tua Hyun Joo ingin ia tahu mengenai Yesus. Suatu hari mereka berdoa agar Allah akan memakai Hyun Joo untuk mengubah negara mereka.

Nopember tahun lalu, keluarga ini pergi ke sebuah rumah singgah di luar Korea Utara di mana mereka menghabiskan waktu dua minggu mempelajari Alkitab dan menerima pelatihan.

Suatu hari di bulan Maret, Hyun Joo sangat senang ketika ia baru pulang dari sekolah. Ia mengatakan kepada ibunya bahwa ia telah mendapatkan nilai yang bagus. Ketika ibunya menanyakan kepadanya bagaimana ia melakukannya, ia mengatakan kepada ibunya bahwa ia sedikit berdoa “di dalam hati.” Ibunya sangat kagum bahwa anak perempuannya dapat berdoa kepada Allah seperti itu. Ibunya membagikan cerita ini kepada saudarinya, Nyonya Kim, dan memintanya untuk berdoa bagi Hyun Joo.

Keesokan harinya, ketika Nyonya Kim pergi untuk mengunjungi Hee Sook (ibu dari Hyun Joo), rumah mereka kosong. Keluarga tersebut hilang ditelan bumi. Nyonya Kim mengetahui apa yang terjadi dari seorang teman.

Di sekolah, guru Hyun Joo telah bertanya kepada Hyun Joo bagaimana ia mendapatkan nilai bagus seperti itu. Hyun Joo menjawab, “oleh karena kemurahan Allah.” Guru tersebut menjadi sangat marah. Mengatakan sesuatu mengenai Tuhan selain pemimpin Korea Utara adalah suatu pelanggaran yang sangat serius. Sang guru menyeret gadis kecil ini keluar. Keluarga Hyun Joo juga menghilang di hari yang sama. Tidak ada yang mendengar kabar tentang mereka sejak saat itu. Mereka mungkin sudah dieksekusi atau dipenjara seumur hidup, hukuman bagi yang mengikuti Kristus di Korea Utara.

Korea Utara adalah salah satu rejim yang paling represif dan terisolasi di dunia, mengingkari setiap hak asasi manusia warga negaranya. Adalah kediktatoran satu orang ; semua agama dianggap tidak sah. Orang-orang Kristen harus menjalankan iman mereka secara tersembunyi dan terancam bahaya.

Son Jong Nam adalah contoh lain dari perlakuan keras negara ini. Son melarikan diri ke China pada tahun 1998 di mana ia menjadi Kristen di sana. Ia merasa terpanggil untuk menjadi seorang penginjil di Korea Utara. Sebelum ia dapat melakukan panggilannya, Son ditahan oleh polisi China pada tahun 2001 dan dipulangkan ke Korea Utara. Ia didakwa karena mengirimkan para misionari masuk ke Korea Utara, lalu ia dipenjarakan dan dianiaya dengan brutal selama tiga tahun. Ketika ia dibebaskan, kesehatannya begitu buruk, ia tidak mampu berjalan. Ia ditahan lagi pada Januari 2006, tuduhan menjadi seorang “pengkhianat negara” dan “menerima keKristenan.”

Selama lebih dari setahun, ia telah dikurung di dalam sebuah tempat yang gelap, penjara kematian bawah tanah di kota Pyongyang. Walaupun Son dijadwalkan untuk dihukum mati pada bulan Maret yang lalu, ia telah dipindahkan ke penjara Komando Keamanan Militer.

Di samping keadaan yang sulit dihadapi oleh orang-orang Kristen di Korea Utara, Tuhan sedang menambahkan jumlah mereka setiap hari.





Sumber :
Buletin Kasih Dalam Perbuatan (KDP) November-Desember 2007 halaman 11.


Diketik ulang oleh : Denny Teguh Sutandio.