16 September 2010

HARTA DUNIAWI ATAU SORGAWI? (Denny Teguh Sutandio)

HARTA DUNIAWI ATAU SORGAWI?

oleh: Denny Teguh Sutandio



“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
(Mat. 6:33)




Ketika pertama kali kita mendengar istilah harta, apa yang ada di benak Anda? Kekayaan melimpah? Mobil mewah? Rumah megah? Sering kali kita mengidentikkan harta dengan harta yang kasat mata. Benarkah itu harta yang sesungguhnya? Bolehkah sebagai orang Kristen, kita mengumpulkan harta duniawi? Apa kata Alkitab?


Nats Alkitab kita saat ini adalah Matius 6:33 yang mengajar kita pentingnya mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya (lebih tepat diterjemahkan: keadilannya). Mari kita menyelidikinya. Injil Matius 5-7 merupakan catatan khotbah Tuhan Yesus di bukit. Setelah menguraikan tentang Ucapan Bahagia (Beatitudes) di Matius 5:1-12 dan tafsiran Tuhan Yesus tentang Hukum Taurat di Matius 5:17-48, maka mulai pasal 6, Ia mengaplikasikan pokok pengajaran di pasal 5 ke dalam setiap aspek kehidupan orang percaya: iman dan praktik hidup sehari-hari. Pasal 6 ini dimulai dengan aplikasi dalam hal memberi sedekah (6:1-4), berdoa (6:5-15), berpuasa (6:16-18), dan terakhir mengumpulkan harta (6:19-34). Saya menempatkan ayat 25-34 bukan di dalam subtema kekuatiran seperti yang dilakukan oleh Alkitab Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), tetapi dalam subtema mengumpulkan harta, karena subtema kekuatiran di ayat 25-34 berkaitan erat dengan ayat sebelumnya (19-24). Seorang yang hidupnya kuatir adalah seorang yang hidupnya terlalu banyak mengumpulkan harta di dunia (ay. 19) dan yang pada akhirnya mengilahkan Mamon (ay. 24). Dengan kata lain, seorang yang kuatir adalah seorang yang hidupnya tidak mencari Allah dan kebenaran-Nya, karena ia terlalu sibuk mencari harta duniawi yang diklaimnya sebagai berkat “Allah”.


Kepada orang yang terlalu mengumpulkan harta duniawi yang mengakibatkan dia menjadi kuatir dalam hidupnya, Tuhan Yesus mengajar dan menegur:
Pertama, kumpulkan harta di Sorga (ay. 20). Apa arti harta di Sorga? Kata “harta” dalam bahasa Yunaninya thēsaurous berarti harta-harta, gudang, kotak harta, tempat menyimpan. Kata ini muncul di dalam Perjanjian Baru sebanyak 17x dan diterjemahkan: tempat harta benda, harta, dan perbendaharaan. (Hasan Sutanto, Konkordansi Perjanjian Baru, hlm. 374) Jika kita membandingkan ayat 20 dengan ayat 19, maka kita akan menjumpai bahwa makna harta di sini adalah sesuatu yang berharga/bernilai di dalam hidup seseorang. Maka jika harta di bumi diartikan sebagai sesuatu yang bernilai/berharga di bumi, maka harta di Sorga berarti sesuatu yang berharga di Sorga. Dengan kata lain, harta di Sorga bisa diartikan sebagai kekekalan. Harta di Sorga ini diperintahkan oleh Tuhan Yesus untuk dikumpulkan atau disimpan. Berarti kekekalan bukan hanya menjadi ide orang Kristen, tetapi juga menjadi pengalaman sehari-hari orang Kristen di dalam imannya yang harus disimpan dan dipelihara. Mengapa orang Kristen harus menyimpan harta Sorgawi? Lebih lanjut, Ia menjelaskan alasannya: karena harga Sorgawi tidak bisa dirusak oleh ngengat dan karat dan juga tidak mungkin bisa dibongkar dan dicuri oleh para pencuri.


Kedua, ubahlah arah pandang kita (ay. 21-24). Bagaimana menyimpan dan memelihara harta Sorgawi kita? Kristus memerintahkan kita untuk mengubah perspektif kita. Perspektif yang dimaksud adalah cara pandang kita terhadap segala sesuatu. Kalau orang dunia memiliki perspektif dunia terhadap harta duniawi, maka sebagai pewaris harta Sorgawi, kita harus memiliki perspektif Allah. Hal ini ditandai dengan mengubah perspektif hati dan mata kita (ay. 21-23), lalu mengarahkannya kepada Allah. Wah, menjadi orang Kristen susah ya? Beberapa (atau mungkin banyak?) orang Kristen mencoba berpikir: Apakah kita tidak bisa berada di dalam posisi netral: separuh Allah dan separuh setan? Inilah yang kerapkali disukai oleh banyak orang Kristen bunglon atau ½ Kristen: Allah mau, setan pun mau. Tidak heran, hari Minggu, waktu di dalam kebaktian, banyak orang Kristen seperti malaikat, selalu memikirkan tentang Tuhan, tetapi begitu pulang dari kebaktian, pikirannya sudah dikuasai iblis. Tidak ada posisi netral! Tuhan Yesus mengajar prinsip ini di ayat 24, posisi kita harus jelas, jangan ambigu.


Ketiga, memiliki cara pandang Allah (ay. 25-34). Setelah mengubah arah/cara pandang kita, lalu mengarahkannya kepada Allah, maka pertanyaan selanjutnya, apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang yang memiliki cara pandang Allah di dalam hidupnya? Pertama, tidak perlu kuatir. Mulai ayat 25-32, Tuhan Yesus mengajar agar kita yang sudah memiliki cara pandang Allah TIDAK perlu kuatir akan hidup kita: makan, minum, dan pakaian. Mengapa kita tidak perlu kuatir? Karena Allah yang kita percaya adalah Allah yang bukan hanya mencipta dan menebus kita, Ia juga memelihara kehidupan anak-anak-Nya. Kristus mengajarkan hal ini dengan 5 cara: memandang pentingnya hidup dan tubuh ketimbang hal-hal lahiriah (ay. 25), membandingkan manusia dengan burung-burung yang tidak kuatir akan makanannya (ay. 26), menyadarkan bahwa kekuatiran tidak dapat memperpanjang umur seseorang (ay. 27), membandingkan manusia dengan bunga bakung di ladang (ay. 28), dan ditutup dengan kesimpulan di ayat 30. Pengertian kita akan providensia (pemeliharaan) Allah di dalam kehidupan anak-anak Tuhan mengakibatkan kita TIDAK perlu kuatir lagi akan hidup (ay. 31), karena makanan, minuman, dan pakaian itu dicari oleh orang yang tidak mengenal Allah (ay. 32) atau menggunakan bahasa InterVarsity Press Bible Background: New Testament: The pagan (bangsa kafir). Dengan kata lain, seorang yang masih kuatir akan persoalan hidup: makan, minum, dan pakaian disamakan dengan orang yang tidak mengenal Allah, karena orang tersebut lebih mementingkan urusan duniawi ketimbang Allah.


Oleh karena itu, sebagai orang Kristen yang telah ditebus Kristus dan memiliki cara pandang Allah yang tentunya harus berbeda dari orang-orang dunia, maka sikap orang Kristen yang benar yang kedua adalah: mencari Kerajaan Allah dan keadilan-Nya (ay. 33). Kata “mencari” dalam bahasa Yunaninya zēteite yang akar katanya zēteō yang bisa berarti: mencari, menyelidiki, dll. Kata zēteite (zēteō + ete) di dalam bahasa Yunani menunjukkan bahwa kata ini dikenakan pada orang kedua jamak (misalnya: kamu sekalian; konteks ayat ini adalah khotbah Yesus di atas bukit kepada banyak orang). Setelah mencari, maka disusul perkataan, “terlebih dahulu” yang dalam terjemahan Inggrisnya: first (pertama/terlebih dahulu). Ini berarti mencari harta duniawi itu bukan yang terpenting/terdahulu, lalu apa yang harus dicari terlebih dahulu? Kerajaan Allah dan kebenarannya. Tema Kerajaan Allah adalah tema sentral Injil Matius, di mana melalui Injil ini, Matius hendak memproklamasikan Kristus sebagai Raja yang mendirikan Kerajaan-Nya di bumi ini. Lalu, kerajaan Allah ini disusul dengan kebenarannya. Kata “kebenaran” dalam teks Alkitab LAI kurang tepat terjemahannya. Kata yang dipakai dalam bahasa Yunaninya dikaiosunen yang berarti kebenaran-keadilan (sedangkan kebenaran yang dalam bahasa Inggris truth diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani: alētheia). Pdt. Hasan Sutanto, D.Th. di dalam Perjanjian Baru Interlinear Yunani-Indonesia (2006) menerjemahkannya: keadilan-Nya (hlm. 30) Lalu, apa arti mencari kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya? NIV Spirit of the Reformation Study Bible menafsirkannya, “This means making God’s sovereign rule and our right relationship with him the highest priorities in life.” (hlm. 155) (=Ini berarti menjadikan peraturan Allah yang berdaulat dan hubungan kita yang benar dengan-Nya menjadi prioritas tertinggi dalam hidup.) Dengan kata lain, ketika kita berkomitmen hendak mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya, maka di saat yang sama, kita berkomitmen menjadikan Allah, Kerajaan-Nya, dan peraturan Kerajaan-Nya sebagai satu-satunya fondasi, sumber, dan tujuan hidup kita di dalam Kristus.


Lalu, setelah kita mencari kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya, apa sikap kita selanjutnya? Sikap kita yang ketiga adalah: menerima pemeliharaan Allah (ay. 33b). Seorang yang telah mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya adalah orang yang telah siap menerima pemeliharaan Allah di dalam hidupnya. Tentu hal ini TIDAK berarti kita tidak usah bekerja keras dan terus menantikan berkat Allah saja. Hal ini berarti kita tetap bekerja keras seperti untuk Tuhan, namun kita juga mempercayakan proses dan hasilnya kepada Allah yang memelihara hidup kita setiap hari. Kembali, orang yang siap menerima pemeliharaan Allah adalah orang yang siap menerima berkat-berkat Allah secara dasar di dalam hidupnya. Di ayat 33b, Ia berfirman, “maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Pertanyaan selanjutnya, apa makna semuanya itu? Apakah ini berarti Tuhan akan memberikan kekayaan, kelancaran, keberhasilan, dll seperti yang ditafsirkan oleh banyak pemimpin gereja yang menganut “theologi” kemakmuran? Tafsiran ngaco ini sayangnya TIDAK dibicarakan Tuhan Yesus dalam konteks ini. Kalau kita membaca ulang dengan teliti dari ayat 25-32, maka kita dapat mengerti arti “semuanya itu” (all these things; di dalam bahasa Inggris, kata these berarti itu secara jamak dan merujuk pada ayat-ayat sebelumnya), yaitu: makanan, minuman, dan pakaian. Matthew Henry di dalam tafsirannya Matthew Henry’s Commentary on the Whole Bible menafsirkan “semuanya itu” sebagai the necessary supports of life (pendukung hidup yang diperlukan). Lebih tajam lagi, Dr. John Gill menafsirkannya sebagai, “meat, drink, clothing, or whatsoever worldly sustenance else is necessary for you” (daging, minuman, pakaian, atau kebutuhan dunia apa pun yang penting bagimu). Dengan kata lain, “semuanya itu” berarti segala kebutuhan dasar kita yang penting: sandang, pangan, dan papan. Ketika kita telah mencari Kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya, maka kebutuhan dasar kita akan ditambahkan/diberikan (Pdt. Hasan Sutanto, D.Th. lebih memilih untuk menerjemahkannya: “diberikan”) kepada kita. Setelah kita mencari kerajaan Allah dan kebenaran-keadilan-Nya lalu menerima berkat-berkat-Nya, maka kita dituntut-Nya untuk tidak perlu kuatir lagi akan hari esok, karena hari esok memiliki kesusahannya sendiri yang ada di dalam pemeliharaan-Nya yang sempurna (ay. 34).


Dengan kata lain, setelah kita mencari dan mengejar harta Sorgawi, yaitu kekekalan, maka Allah yang adalah Pemelihara akan memelihara kehidupan kita hari lepas hari dengan memberikan berkat-berkat jasmani kepada kita sesuai dengan kebutuhan kita (bukan sesuai dengan keinginan kita).


Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita mencari harta Sorgawi kita, lalu setelah itu percaya pada pemeliharaan-Nya yang akan mencukupkan kebutuhan kita sesuai kehendak-Nya yang berdaulat? Amin. Soli Deo Gloria.