28 December 2009

Renungan Menyambut Tahun Baru 2010: THE CHRISTIAN PARADIGM OF OLD AND NEW (Denny Teguh Sutandio)

Renungan Menyambut Tahun Baru 2010




THE CHRISTIAN PARADIGM OF OLD AND NEW
Paradigma Kristen Menyoroti Sesuatu yang Lama dan Baru


oleh: Denny Teguh Sutandio




“Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Adakah sesuatu yang dapat dikatakan: "Lihatlah, ini baru!"? Tetapi itu sudah ada dulu, lama sebelum kita ada.”
(Pkh. 1:9-10)

“Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”
(Ef. 4:20-24)





PENDAHULUAN
Tahun 2009 akan segera berakhir dan tahun 2010 akan datang. Dunia kita mengerti tahun baru sebagai sesuatu yang baru yang akan datang. Berbagai ramalan dan “nubuatan” dari beberapa aliran Kristen bermunculan menyatakan sesuatu yang terjadi di tahun baru 2010. Ada yang mengatakan hal-hal yang baik, sukses, dll, namun ada juga yang mengatakan hal-hal negatif, misalnya bencana, dll. Bagaimana sikap Kristen seharusnya memandang sesuatu yang baru? Bagaimana pula sikap Kristen terhadap sesuatu yang lama? Mana yang penting?




DUA KECENDERUNGAN EKSTREM: LAMA VS BARU DAN TINJAUAN KRITIS
Ketika orang Kristen berbicara mengenai sesuatu yang baru yang dibandingkan dengan sesuatu yang lama, ada dua kecenderungan ekstrem yang muncul:
1. Terlalu Mengagungkan Sesuatu yang Baru
Dunia di mana kita hidup dipenuhi dengan ide pragmatisme yang tidak lagi memperhatikan prinsip, kebenaran, iman, dll. Maka tidak heran, ketika hal-hal inti dibuang, hal-hal remeh yang ditekankan. Biasanya, orang-orang seperti ini dengan mudahnya tertipu oleh banyak gejala fenomena yang sesaat. Apa yang sedang tren selalu diikuti oleh banyak orang seperti ini. Dengan kata lain, orang ini boleh disebut orang yang selalu up-to-date, tidak pernah ketinggalan zaman. Baju yang dikenakannya selalu baju yang sesuai dengan tren zaman. Begitu juga halnya dengan hal-hal lainnya, seperti: rambut, sepatu, dll. Namun, sayangnya, jika ditanya mengenai prinsip, iman, dan kebenaran, banyak dari antara mereka menjadi bingung dan kacau. Baginya, yang penting hal-hal fenomenal, bukan hal-hal esensial.

Ternyata Kekristenan pun tidak luput diterpa oleh arus pragmatisme. Banyak orang Kristen menggandrungi sesuatu yang baru. Mereka ingin lepas dari ikatan tradisi liturgi dan menciptakan kebebasan selera ibadah di dalam gereja. Mereka menciptakan lagu rohani baru untuk menggantikan lagu rohani yang lama dengan dalih, “Tuhan memberikan nyanyian baru.” Gedung gereja tidak lagi hanya menjadi tempat untuk menyembah Allah, tetapi ditambah dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan gereja, misalnya: restoran, ATM, hotel, dll. Bahkan pendeta di sebuah gereja kontemporer di salah satu negara Asia Tenggara ketika berkhotbah menggunakan pakaian casual. Jangan kaget, jika suatu saat pendeta nanti tidak lagi memakai sepatu, tetapi sandal jepit, heheheJ

Sebenarnya apa paradigma dasar dari mereka yang menginginkan sesuatu yang baru? Sebenarnya presuposisi mereka adalah perubahan. Mereka bosan dengan tatanan dunia yang lama. Mereka ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang baru yang berbeda. Kebosanan adalah penyakit zaman kita. Mengapa seseorang menjadi bosan? Ada banyak penyebabnya. Ev. Ivan Kristiono, M.Div. di dalam salah satu khotbahnya yang berjudul Kasih Mengalahkan Kebosanan di National Reformed Evangelical Convention (NREC) 2007 memaparkan bahwa salah satu alasan orang bosan adalah karena adanya repetisi (pengulangan). Repetisi di dalam rutinitas aktivitas sehari-hari, misalnya: bangun pagi à mandi à gosok gigi à makan pagi à berangkat kerja/kuliah à pulang kerja/kuliah à makan à tidur, mengakibatkan seseorang menjadi bosan. Bukan hanya rutinitas aktivitas, repetisi perkataan orang lain pun membuat seseorang menjadi bosan. Saya sendiri mengalami apa yang namanya kebosanan ketika mendengar perkataan yang diulang-ulang. Memang ada manfaatnya jika perkataan seseorang diulang (untuk mengingatkan kita), namun TIDAK berarti hal itu terus-menerus diulang-ulang dan tidak ada yang baru.

Benarkah kita harus mengagungkan sesuatu yang baru? Jika ya, ada beberapa kelemahan konsep ini:
Pertama, konsep ini sendiri sedang melawan Alkitab. Alkitab memberi tahu kita di dalam Pengkhotbah 1:9, “Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.” Jika ada yang menyangka bahwa tindakan tertentu yang terjadi di zaman ini adalah sesuatu yang baru, sebenarnya orang itu sedang tidak mempelajari sejarah, karena kalau kita mempelajari sejarah, sebenarnya kesalahan yang dilakukan oleh orang zaman sekarang sudah dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu. Seorang filsuf bernama F. Hegel, seperti dikutip oleh Pdt. Dr. Stephen Tong, pernah berujar, “Pengajaran terbesar dari sejarah bagi manusia adalah manusia tidak menerima pelajaran sejarah.”1 Ya, manusia bukannya bertobat dari kesalahan masa lalu, malah membangkitkan kesalahan masa lalu. Sekarang, mari kita ambil contoh. Misalnya, homo dan lesbian. Apakah kedua hal ini hanya milik dunia modern saja? TIDAK. Di dalam Roma 1:27-28, kedua hal ini sudah dituliskan. Contoh lain, di bidang theologi. Di dalam gereja mula-mula, Arianisme dan Sabellianisme sudah dinyatakan sesat oleh gereja, karena paham mereka yang tidak mengakui Trinitas seperti yang diajarkan oleh gereja mula-mula/orthodoks. Namun, anehnya, kedua ajaran sesat ini dimunculkan kembali melalui paham Unitarianisme (=monotheisme “Kristen”) dan ajaran seorang pendeta tersohor yang dulunya berlatar belakang agama mayoritas yang menyatakan bahwa Tritunggal bukan keberapaan, tetapi kebagaimanaan.

Kedua, konsep ini sedang melawan dirinya sendiri. Jika ada orang yang mati-matian mengagungkan sesuatu yang baru dan menggembar-gemborkannya kepada orang lain, pengagung sesuatu yang baru itu sudah melawan diri dan konsepnya sendiri. Saya akan menjelaskan. Ambil contoh, X adalah seorang pengagung sesuatu yang baru. X ke mana-mana menggembar-gemborkan bahwa ia ingin sesuatu yang baru. “Perubahan,” begitu teriaknya. Kepada Y, X mengatakan, “Perubahan.” Setelah kepada Y, ia juga berteriak, “Perubahan” kepada Z, A, B, C, D, dll. Bukankah dengan teriakannya kepada Z, A, B, C, D, dll sebenarnya ia sedang meneriakkan hal lama yang sudah dikatakannya kepada Y tadi? Sesuatu yang diulang, apakah masih layak disebut sesuatu yang baru dan “perubahan”?

Ketiga, konsep ini tidak bisa diaplikasikan. Jika ada pengagung konsep sesuatu yang baru, tolong tanya kepada orang tersebut, apakah ia masih minum air putih/mineral (mineral water)? Jika orang itu berkata YA, maka orang itu sebenarnya tidak sadar sedang inkonsisten dengan teorinya sendiri yang mengagungkan sesuatu yang baru, karena air mineral bukan sesuatu yang baru, namun sesuatu yang lama. Jika penganut sesuatu yang baru diuji kekonsistenannya, maka dijamin jebol di titik pertama dan aplikasinya. Jika mereka mau konsisten dengan pengagungan konsep sesuatu yang baru, maka ia tidak perlu lagi makan roti, keju, dll dan minum susu, air mineral, kopi, teh, dll, karena itu semua produk sesuatu yang lama, kemudian orang tersebut seharusnya menggantinya dengan makan batu bata dan minum oli, huahahahaJ


2. Terlalu Mengagungkan Sesuatu yang Lama
Jika banyak orang zaman sekarang mengagungkan sesuatu yang baru, maka di zaman kita juga ada orang yang terlalu mengagungkan sesuatu yang lama. Biasanya mereka yang mengagungkan sesuatu yang lama adalah orang tua/orangtua. Mereka selalu menekankan pentingnya prinsip dan hal-hal esensial lainnya. Mereka selalu membandingkan zaman sekarang dengan zaman dahulu di mana mereka masih hidup. Mereka sering berujar, “Dulu, anak muda beretika. Sekarang, anak muda semakin tidak beretika.” Hal ini tentu tidak salah. Memang jika dibandingkan zaman sekarang, banyak anak muda zaman dahulu lebih beretika. Namun jangan diekstremkan. Contoh lain, biasanya mereka lebih suka memakai barang-barang yang sudah “kadaluwarsa”, misalnya kacamata yang lensanya besar, dasi yang out-of-date, dll, heheheJ Mereka sering berkata bahwa barang-barang tersebut awet dan tahan lama. Jangankan orangtua/orang tua, ada anak muda yang berpakaian juga seperti itu (bahasa gaulnya: jadul­—jaman dulu).

Konsep ini herannya juga diaplikasikan di dalam Kekristenan. Kebanyakan gereja Protestan arus utama yang sudah mapan dengan organisasi terstruktur susah sekali diubah. Para pendeta dan majelisnya yang notabene sudah berumur (tua) memiliki paradigma kolot di dalam mengatur gereja. Untuk memasukkan brosur acara rohani dari gereja lain, biasanya di banyak gereja Protestan arus utama, hal ini harus menunggu rapat majelis yang bisa diselenggarakan sekali sebulan. Setelah rapat selesai, baru ada keputusan. Saya tidak mengerti apa motivasi di balik tindakan kolot ini. Jika motivasinya beres dan murni agar jemaat gereja semakin bertumbuh di dalam iman yang beres itu bisa dipertanggungjawabkan (meskipun tidak harus mengimun jemaatnya), namun jika motivasinya hanya karena acara gereja lain itu bukan dari gerejanya, maka ditolak, maka mungkin sekali yang salah adalah struktur organasi dan doktrin yang dipegang oleh gereja tersebut. Bukan hanya masalah struktur organisasi, tata liturgi pun tidak lepas dari sorotan para penganut konsep lama ini. Baginya, tata liturgi yang tertib dan terstruktur itu yang paling “Alkitabiah.” Mereka akan memblame gereja-gereja yang kurang menekankan liturgi yang tertib dan terstruktur. Bahkan seorang hamba Tuhan yang bertheologi Reformed pernah berkata kepada saya bahwa hanya gara-gara gereja yang digembalakannya menggunakan alat musik modern dan lagu-lagu rohani kontemporer, dia dicap bertheologi Arminian.

Konsep ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh suatu konsep bahwa yang lama pasti 100% benar, sedangkan yang baru selalu salah. Meskipun konsep ini tidak dicetuskan secara eksplisit, namun konsep ini secara implisit selalu ditekankan. Yang lebih heran lagi, saya mengamati bahwa mayoritas pendidikan keluarga dari tradisi Timur (Asia Timur, secara khusus: Tionghoa) lah yang memberhalakan sesuatu yang lama. Saya adalah orang keturunan Tionghoa, namun saya harus dengan jujur dan terbuka mengakui kelemahan fatal tradisi Tionghoa yang diadopsi dari kebudayaan leluhur yang mengaburkan perbedaan antara menghormati orangtua vs menyembah orangtua. Meskipun secara perkataan, banyak orangtua/orang tua dari tradisi Tionghoa menolak konsep pemberhalaan sesuatu yang lama, secara sadar atau tidak sadar, mereka sudah diikat oleh setan sejak lama. Konsep apa yang mengikat mereka? Konsep dari banyak filsafat, agama, dan kebudayaan Tiongkok yang tidak mengenal Allah secara tuntas. Pimpinan dan kehendak Tuhan bagi setiap anak secara unik tidak lagi diakui dan diganti dengan pimpinan dan kehendak orangtua. Yang lebih celaka dan berdosa lagi, pimpinan dan kehendak orangtua (“Kristen”) diklaim mutlak berasal dari Allah. Penggunaan otoritas Allah secara tidak bertanggungjawab ini dimaksudkan agar anak-anaknya menuruti apa yang dikehendaki orangtua mereka. Bandingkan gejala tidak beres ini dengan ajaran firman Tuhan sendiri di dalam Ulangan 6:4-7, “Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.” Sejak kecil, anak-anak dari orangtua Israel dididik untuk mengenal dan mengasihi Allah mereka dengan tulus. Mengasihi Allah dengan tulus tentu berakibat pada mengasihi dan menghormati orangtua. Namun ordo/urutan tetap TIDAK boleh dibalik: pertama, Allah, baru, orangtua. Bandingkan hal ini dengan banyak orangtua (keturunan) Tionghoa yang mengajar anak-anak mereka dari kecil untuk mengasihi uang dan orangtua lebih daripada Tuhan Allah yang mencipta mereka.

Konsep ini meskipun ada hal positif yang bisa dipelajari, namun terlalu menekankan konsep ini secara ekstrem memiliki kebahayaan dan kelemahan yang mungkin disadari atau tidak disadari:
Pertama, konsep benar atau salah diukur dari waktu kurang bisa dipertanggungjawabkan. Biasanya para pengagung konsep yang lama mengatakan bahwa yang lama pasti 100% benar, sedangkan yang baru selalu salah. Benarkah kriteria benar atau tidaknya sesuatu diukur dari waktu? Jawabannya: YA dan TIDAK. Ya, karena mengutip perkataan Pdt. Dr. Stephen Tong, waktu adalah ujian yang paling kejam menyatakan bahwa sesuatu itu beres atau tidak. Ajaran yang bertahan lama biasanya beres, sedangkan yang tidak bertahan lama biasanya tidak beres. Alkitab sendiri mengajar hal ini melalui nasihat Gamaliel di dalam Kisah Para Rasul 5:34-39. Namun hal ini TIDAK berarti bahwa kriteria kebenaran hanya mutlak diukur dari sudut pandang waktu, karena bukan sesuatu yang mustahil jika ada ajaran yang bertahan lama juga termasuk ajaran yang tidak beres bahkan sesat. Tuhan Yesus sendiri di dalam Matius 13:24-30 berfirman bahwa lalang dan gandum dibiarkan Tuhan tumbuh bersama sampai suatu saat penuaian, lalang dipisahkan dari gandum. Dengan kata lain, kita tidak bisa mengambil kesimpulan mutlak bahwa sesuatu yang lama dan bertahan lama pasti 100% benar, karena di dalamnya mungkin saja Tuhan mengizinkan iblis beroperasi secara perlahan namun ganas.

Kedua, konsep ini mengakibatkan para pengagungnya TIDAK akan pernah maju dan menjadi aneh. Orang yang keras kepala memberhalakan konsep yang lama biasanya tidak akan pernah maju, mengapa? Karena ia hanya mau berhenti di dalam paradigma, tingkah laku, dan sikap yang lama. Ia tidak mau belajar lebih banyak untuk makin mengerti kondisi zaman, namun ia secara statis dikunci oleh konsep lamanya. Jangankan orang dunia, ada orang Kristen bahkan Reformed pun tidak terkecuali memiliki keanehan ini. Mayoritas dari mereka yang sudah terbiasa berkutat dengan hal-hal rohani dan filsafat, coba perhatikan tingkah laku mereka. Biasanya banyak dari antara mereka menjadi orang aneh. Di dalam “kamus” orang tersebut, hampir tidak ada senda gurau. Senda gurau dianggapnya serius. Hal ini bukan teori saja, saya sudah menemukan realitas orang yang aneh seperti ini. Senda gurau sedikit langsung dikritiknya dan tidak tanggung-tanggung ia menggunakan ayat Alkitab sekalian. Mereka seperti gudang theologi, Alkitab, dan filsafat, namun sayangnya mereka akhirnya menjadi sombong. Entah mengapa, orang yang makin belajar theologi dan hal-hal rohani, banyak dari mereka menjadi sombong dengan segudang argumentasi theologis dan filosofis yang “rasional” dan “Alkitabiah.”

Ketiga, konsep ini tidak bisa diaplikasikan. Jika para pengagung konsep sesuatu yang lama mau bersikap konsisten, maka seluruh hidupnya harus memberhalakan konsep yang lama, mulai dari cara berpakaian, pikiran, perkataan, tingkah laku, dan sikap harus bersumber dari tradisi lama. Yang perlu ditekankan adalah para pengagung konsep ini jangan dibiarkan bersentuhan dengan dunia teknologi, termasuk: komputer, HP, mobil, sepeda motor, dll. Biarkan para pengagung konsep sesuatu yang lama jika hendak bepergian jauh TIDAK usah menggunakan mobil atau sepeda motor atau pesawat terbang, suruhlah mereka berjalan kaki. Bisakah mereka konsisten dengan pola pikir mereka sendiri? Dijamin TIDAK MUNGKIN.




SIKAP KRISTEN YANG BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP SESUATU YANG LAMA DAN BARU
Jika dunia menawarkan konsep yang ekstrem tentang sesuatu yang lama dan baru, bagaimana sikap Kristen yang bertanggungjawab? Sebelum kita masuk ke dalam sikap Kristen menyoroti sesuatu yang lama dan sesuatu yang baru, kita harus mengerti dahulu presuposisi dasarnya, yaitu tentang status kita sebagai anak-anak Tuhan dan waktu.
1. Status Kita: Manusia Baru (Anak-anak Tuhan)
Di titik pertama, kita harus mengerti bahwa kita yang sungguh-sungguh di dalam Kristus adalah umat pilihan Allah yang telah Allah pilih sebelum dunia dijadikan dan dikuduskan oleh Roh Kudus untuk taat kepada Kristus dan menerima percikan darah-Nya (1Ptr. 1:2). Sebagai orang yang telah dipindahkan dari kerajaan gelap menuju kepada kerajaan terang, maka orang Kristen seharusnya menyadari statusnya bukan lagi anak gelap, namun anak terang yang harus memiliki kehidupan baru yang berbeda dari kehidupan lamanya sebagai manusia yang dikuasai oleh daging. Rasul Paulus mengajarkan konsep ini dengan tegas di dalam surat-suratnya, khususnya Galatia, Efesus, dan Kolose. Di dalam Galatia 5:16-26, ia mengajar perbedaan konsep hidup oleh Roh vs hidup menurut daging. Di dalam Efesus 4:17-6:9, ia mengajar bagaimana hidup Kristen adalah hidup baru menurut Roh, bukan menurut daging. Di dalam Kolose 2:6-4:6, ia juga mengajar bagaimana penebusan Kristus membawa dampak perubahan signifikan di dalam diri anak-anak Tuhan. Dengan kata lain, predestinasi Allah, penebusan Kristus, dan kelahiran baru yang Roh Kudus kerjakan mengakibatkan umat pilihan-Nya menjadi manusia baru yang terus-menerus bertumbuh seperti gambaran Kristus. Manusia baru tentu tidak akan terikat lagi dengan kehidupan lama yang diikat dosa, namun terus-menerus bertumbuh di dalam iman dan pengenalan akan Allah. Ia tentu makin lama makin rendah hati diajar oleh firman Tuhan. Namun herannya, ada orang Kristen yang mengaku sudah lahir baru, tetapi makin sombong dan merasa bahwa tanpa dirinya, dunia bakal hancur. Layakkah orang ini disebut orang Kristen lahir baru? Biarlah kita mengintrospeksi diri kita dan mendoakan mereka.


2. Waktu dan Kedaulatan Allah
Setelah kita mengerti status kita sebagai manusia baru di dalam Kristus, maka secara bertahap, kita akan mengerti bagaimana iman Kristen memandang waktu yang dikaitkan dengan kedaulatan Allah. Ia tidak akan menjadi seorang yang antipati terhadap zaman dulu atau pun zaman sekarang, namun ia melihat zaman dahulu dan sekarang dari perspektif kedaulatan Allah. Mengapa? Karena Allah yang berdaulat adalah Allah yang berkuasa atas sejarah dunia ini. Ia yang memakai orang-orang-Nya di zaman dahulu, Ia juga lah yang memakai orang-orang-Nya yang lain di zaman sekarang. Selain itu, Ia jugalah yang memelihara sejarah dunia ini demi maksud dan tujuan-Nya yang agung. Dunia yang tidak dicipta dan dipelihara oleh Allah akan menjadi dunia yang hancur. Begitu juga halnya dengan waktu dan sejarah dunia ini akan menjadi kacau jika tidak ada kendali Allah yang berdaulat. Oleh karena itu, menjadi orang Kristen yang normal dan bertanggungjawab adalah menjadi orang Kristen yang memusatkan hidupnya pada kedaulatan Allah di mana Ia yang memimpin seluruh kehidupan kita.


3. Paradigma Lama dan Baru: Tetap dan Berubah
Jika kita telah mengerti bahwa zaman dahulu dan sekarang ada di dalam kedaulatan Allah, maka kita tidak akan menjadi orang yang antipati terhadap salah satu dari dua zaman tersebut, namun menjadi orang yang menebus dua zaman tersebut bagi kemuliaan Allah. Orang yang menebus dua zaman bagi kemuliaan Allah adalah mereka yang menjalani hidupnya secara paradoks dan bukan secara either or (kalau tidak X, ya Y). Mereka tidak akan memberhalakan salah satu zaman, namun menundukkan kedua zaman di bawah kedaulatan Allah.

Dua paradigma zaman yaitu lama dan baru mempengaruhi respons manusia, yaitu apakah manusia harus tetap atau berubah di dalam segala sesuatu. Orang yang sudah terbiasa dengan pola pikir either or selalu mengambil salah satu opsi/pilihan, entah itu dia mau tetap pada pendiriannya yang kolot ataupun dia terus mau berubah namun tanpa arah. Kekristenan yang berdasarkan Alkitab mengajarkan suatu paradoksikal yang tidak mungkin bisa dimengerti oleh orang-orang di luar anugerah Allah. Di dalam theologi Reformed, kita belajar bahwa Allah adalah Pribadi yang tidak berubah dari dulu, sekarang, dan selama-lamanya, namun di dalam relasinya dengan manusia, Ia bisa berubah. Apakah ini suatu kontradiksi? TIDAK. Ini paradoks. Paradoks adalah sesuatu yang seolah-olah bertolak belakang, namun sebenarnya tidak/berkaitan. Keberadaan diri Allah yang tidak mungkin diubah oleh waktu, tempat, dll mengakibatkan Dia adalah Allah yang Kekal (transenden). Namun di sisi lain, kita mengenal Allah yang transenden bukanlah Allah yang nun jauh di sana, tetapi Allah yang dekat dengan umat-Nya (imanen). Transendensi dan imanensi Allah diungkapkan di dalam firman-Nya, Alkitab sehingga fondasi kebenaran kita di dalam memandang reaksi “tetap dan berubah” harus bersumber dari Alkitab dan konsep kita tentang Allah.

Lalu, apa saja yang termasuk kategori tetap dan bisa berubah/diubah di dalam Kekristenan? Kekristenan mempunyai dasar pikir yang kokoh yaitu Alkitab. Alkitab adalah satu-satunya firman Allah yang tidak mungkin bersalah dalam naskah aslinya, sehingga Alkitab adalah satu-satunya fondasi kebenaran yang sah. Konsep ini harus kita pegang teguh. Inilah wilayah di mana kita harus berpendirian tetap dan teguh. Jika konsep ini kita biarkan lemah dan berkompromi dengan semua arus filsafat dunia, maka percayalah, hidup Anda akan kacau dan hancur. Pendirian dan iman yang beres mengakibatkan seluruh unsur hidup kita beres. Namun, di dalam aplikasi praktis dari iman/pendirian yang beres, hendaklah kita bijaksana memilah mana yang patut dipertahankan secara tetap dan mana yang perlu diubah. Kecenderungan Kekristenan khususnya aliran Reformed tertentu mendiskreditkan semua filsafat dunia sebagai ajaran salah. Hal ini memang benar, tetapi tidak berarti kita tidak bisa belajar sedikitpun dari filsafat dunia. Jangan lupa, theologi Reformed percaya bahwa segala kebenaran adalah kebenaran Allah (all truth is God’s truth). Adalah tidak bijaksana jika karena suatu (tidak semua) ajaran dunia itu salah, lalu kita memblacklist semua ajaran dunia. Jangan menjadi orang lebay! Bersikaplah bijaksana. Jangan suka mengeneralisasi segala sesuatu tanpa mengertinya secara tuntas dan teliti! Kembali, Kekristenan harus dewasa dan bijaksana. Apa yang mutlak secara prinsip/iman, misalnya Allah Trinitas, finalitas Kristus, keberdosaan manusia, jangan berzinah, jangan berdusta, dll itu memang harus dipegang teguh. Namun, sesuatu yang tidak mutlak di dalam prinsip jangan terlalu dipegang teguh secara membabi buta. Jika kita membabi buta menjalankan satu prinsip yang tidak mutlak, bukan tidak mungkin kita nantinya menjadi orang aneh dan tidak menutup kemungkinan kita bisa menjadi orang yang dibenci Tuhan. Anda tahu orang Farisi? Siapa mereka? Mereka adalah para rohaniwan yang belajar Taurat, namun sayangnya mereka tidak mengerti inti Taurat. Yang mereka ajarkan tetap bersumber dari Perjanjian Lama, namun dengan tambahan peraturan yang mereka buat sendiri agar mereka dan orang-orang Israel makin saleh. Melanggar satu peraturan yang para ahli Taurat buat sendiri itu dicap berdosa. Dan tahukah bahwa Kristus menegur orang-orang seperti ini. Ia mengatakan bahwa mereka munafik. Mereka seolah-olah bersih dari luar, namun busuk di dalam hatinya. Itulah citra orang Kristen tertentu yang gemar mengurusi hal-hal sekunder lebih daripada hal-hal primer. Biarlah kita menjadi orang Kristen yang makin lama makin bijaksana yang mempertahankan apa yang perlu tetap dipertahankan dan menghargai hal-hal yang patut dihargai (dan tidak perlu terlalu ketat dipertahankan).

Hal selanjutnya yang perlu kita mengerti adalah mengenai perubahan di dalam Kekristenan. Bolehkah ada sesuatu yang berubah/baru di dalam Kekristenan? Apakah dengan adanya perubahan/hal-hal baru membuat Kekristenan menjadi tidak unik, karena dunia pun menghendaki yang sama? Ke arah manakah perubahan di dalam Kekristenan? Sampai batas manakah perubahan itu? Di dalam Kekristenan, kita tentu mengenal istilah perubahan dan hal-hal baru. Di titik pertama tadi, kita sudah mengerti presuposisi bahwa status kita adalah anak-anak Tuhan/manusia baru yang hidup bagi Kristus. Berarti di dalam Kekristenan kita mengenal istilah baru/perubahan. Jika Kekristenan mengenal istilah perubahan/hal-hal baru, dunia pun mengenal istilah yang sama. Jika demikian, apa beda kedua konsep perubahan/hal-hal baru antara Kekristenan dengan konsep dunia? Dunia kita mengenal konsep perubahan/hal-hal baru sering kali tanpa dasar dan arah tujuan yang jelas. Ambil contoh, pada masa kampanye, Presiden U.S.A. Barack Husein Obama meneriakkan “perubahan” untuk memenuhi selera masyarakat Amerika Serikat. Namun, fakta membuktikan, perubahan seperti apa yang dia buat? Benarkah perubahan itu benar-benar beres? Fakta membuktikan tidak. Perubahan yang dibuatnya justru malah negatif. Etika, perdamaian dunia, dll dilanggar. Dengan kata lain, dunia yang meneriakkan perubahan, kebanyakan dari mereka tidak mengerti perubahan yang dimaksud dan tujuan yang hendak dicapai dari perubahan tersebut. Namun, Kekristenan mengenal dan mengerti konsep perubahan/hal-hal baru dengan dasar dan arah tujuan yang jelas yaitu firman Allah dan kemuliaan-Nya. Mereka mau berubah bukan karena dunia menginginkannya atau karena ambisi masyarakat, namun karena Allah menginginkan mereka berubah. Berarti mereka berubah karena kehendak Allah. Kedaulatan Allah mengakibatkan orang Kristen mau berubah, tentu berubah makin bertumbuh di dalam iman, kerohanian, karakter Kristen yang beres sesuai dengan gambar dan rupa Kristus, Kakak Sulung kita. Dengan kata lain, Kekristenan mengenal perubahan bukan tanpa batas, tetapi dengan batas yaitu kedaulatan Allah di dalam firman-Nya.

Bagaimana kita mengaplikasikannya? Perubahan yang dibatasi oleh kedaulatan Allah mengakibatkan kita hati-hati di dalam menjalani hidup sesuai dengan standar Allah dan firman-Nya. Dengan mengatakan hal ini, saya tidak bermaksud menyuruh orang Kristen menjadi orang paranoid yang ketakutan terhadap semua budaya dunia. Ingatlah, sebagai orang Kristen, kita hidup di dalam dunia dan kita diutus ke dalam dunia oleh Allah, namun kita bukan dari dunia. Sebuah istilah yang bagus sekali di dalam judul konferensi yang digagas oleh Rev. C. J. Mahaney, Rev. Joshua E. Harris, dkk: “In the World but not of the World” (Di dalam dunia, namun bukan dari dunia). Status kita bukan dari dunia, namun panggilan kita ke dalam dunia. Dengan kata lain, ada pembeda yang harus kita buat antara anak-anak Tuhan dengan orang dunia, namun tidak berarti kita menjadi aneh di mata dunia melalui sikap hidup kita. Saya menyebut hal ini sebagai paradoxical Christian life-style (gaya hidup Kristen yang paradoks). Sebagai orang Kristen, secara prinsip, kita adalah anak-anak Allah yang memiliki prinsip dan aturan Kerajaan Allah/Sorga, namun secara aplikasi, kita dituntut untuk menjadi berkat bagi dunia. Ketika kita menjadi berkat bagi dunia, Kekristenan selalu mengambil dua jalan ekstrem, yaitu: kompromi dengan dunia atau tidak mau bergaul dengan dunia. Kekristenan yang beres adalah Kekristenan yang paradoks di dalam pikiran dan gaya hidupnya. Kekristenan yang beres selalu berprinsip tegas, namun tidak kaku di dalam implementasinya ke dalam dunia. Tegas tidak selalu identik dengan kaku dan kolot. Tegas identik dengan prinsip dan kasih. Sebagai aplikasinya, kita boleh berubah mengikuti dunia. Kalau di zaman dahulu, dasi yang laris di kalangan para pria adalah dasi kupu-kupu, maka di zaman sekarang, dasi yang laris adalah dasi panjang. Begitu juga dengan model rambut, baju, dll. Tidak ada salahnya kita mengikuti mode. Namun ada hal yang harus kita perhatikan, sampai batas manakah kita mengikuti mode dan tren zaman? Kita harus menempatkan standar kebenaran Allah di atas mode dan tren zaman. Kita boleh mengikuti mode baju zaman sekarang, namun jangan sampai baju yang kita pakai yang sesuai dengan mode tersebut tidak lagi memperhatikan etika. Di dalam kita bersikap dan bertingkah laku sehari-hari pun, kita harus menampilkan ciri khas Kekristenan kita, namun tidak berarti kita menjadi orang sok religius. Menyeimbangkan dan memparadokskan gaya hidup Kristen memang tidak mudah. Kadang gaya hidup kita (orang Kristen) terlalu duniawi/sekular, di sisi lain, gaya hidup kita terkadang terlalu religius, sampai-sampai teman-teman kita enggan berteman dengan kita. Kekristenan harus mendobrak kedua ekstrem ini dan menjadi berkat bagi dunia kita dengan prinsip yang jelas dan dengan aplikasi yang tidak kolot/kaku. Belajarlah menjadi orang Kristen yang gaul, jangan jadul dan freak, heheheJ


Bagaimana dengan kita? Ketika kita hendak menyambut pergantian tahun dan menuju ke tahun yang baru, sudahkah kita mempersiapkan hati kita untuk memilah apa yang patut diubah dan apa yang patut dipertahankan secara tetap? Biarlah hati kita terus diubah dan dimurnikan oleh Roh Kudus untuk makin taat dan setia kepada firman-Nya yang tak akan pernah berubah selama-lamanya. Amin. Soli Deo Gloria.



Catatan kaki:
1 Louis Berkhof, Teologi Sistematika: Doktrin Allah (Surabaya: Momentum/LRII, 1993), viii.