05 January 2008

Buku-buku untuk memperingati HUT Pelayanan ke-50 Pdt. Dr. Stephen Tong

…Dapatkan segera…



Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pelayanan ke-50 dari hamba-Nya yang setia, Pdt. Dr. Stephen Tong, maka diterbitkanlah dua buku dan 1 album khusus untuk Pdt. Dr. Stephen Tong :

Buku 1 :
50 Years of Preaching The Word of God :
GOD’S FIERY CHALLENGER OF OUR TIME
(Festschrift in honor of Stephen Tong, The Founder and The Master Planner of Reformed Evangelical Movement)


Penerbit :
Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI)
bekerja sama dengan :
Reformed Center for Religion and Society

Editor :
Pdt. Ir. Benyamin F. Intan, M.A.T.S., M.A.R., Ph.D.

Buku ini berisi sumbangan artikel-artikel baik dalam bidang theologia sistematika, theologia historika, penginjilan, mandat budaya, dll dari tokoh-tokoh dan theolog-theolog terkemuka di Indonesia maupun di luar negeri, seperti :
Tokoh-tokoh dari Indonesia (selain dari GRII) :
1. Ev. Paul Santoso Hidayat, Th.M. (Direktur Persekutuan Pembaca Alkitab—PPA)
2. Pdt. Daniel Lukas Lukito, Th.D. (Rektor Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang),
3. Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. (Rektor Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII, Jakarta),
4. Pdt. Dr. S. A. E. Nababan, LL.D. (Huria Kristen Batak Protestan—HKBP),
5. Pdt. Peterus Pamudji, Ph.D. (Gereja Kristus Tuhan—GKT),
6. Dorothy Irene Marx, D.Theol. (Sekolah Tinggi Theologia Bandung),
7. Pdt. Petrus Octavianus, D.D., Ph.D. (Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia—YPPII),
8. Pdt. Dr. Nus Reimas (Persekutuan Injili Indonesia—PII),
9. Pdt. Dr. Bambang Ruseno Utomo, M.A. (dosen Islamologi),
10. Prof. Dr. J. E. Sahetapy, S.H., M.A. (dosen politik dan hukum),
11. Mari Elka Pangestu, Ph.D. (Menteri),
12. Drs. Christianto Wibisono,
13. Sabam Sirait (tokoh politik/anggota DPR RI),
14. Dr. James T. Riady, M.A. (Cand.) (pendiri Universitas Pelita Harapan, Jakarta),
15. Ir. Jonathan L. Parapak, M.Eng. (Rektor Universitas Pelita Harapan, Jakarta),
16. Prof. W. Stanley Heath, Ph.D., Th.D., D.D. (Rektor Institut Alkitab Tiranus—IAT, Bandung),
17. Rachmiaty Tanudjaja, D.Miss. (dosen di SAAT Malang),
18. Yohanes Surya, Ph.D. (fisikawan),
19. K. H. Abdurrachman Wahid (Gus Dur, mantan Presiden RI),
20. M. A. S. Hikam, Ph.D. (mantan Menteri di Era Gus Dur)
21. dll.

Tokoh-tokoh dari luar negeri yang menyumbang artikel dalam buku ini :
1. Prof. Richard L. Pratt, Jr., Th.D. (USA),
2. Prof. Samuel T. Logan, Jr., Ph.D. (USA),
3. Rev. Prof. Lee Ken Ang, Ph.D. (Malaysia),
4. Prof. Simon Kistemaker, Th.D. (USA),
5. Prof. Stephen T. Chan, Ph.D.,
6. Rev. Prof. Jason H. K. Yeung, Ph.D. (Hong Kong)
7. Rev. Andrew McCafferty, Ph.D. (Taipei),
8. Prof. Peter Jones, Ph.D. (USA),
9. Rev. Prof. Eugene Hong, Ph.D.,
10. dll.






Buku 2:

Reflections of the Founder of the Reformed Evangelical Movement :
Stephen Tong : The Man Who Squeezes His Life
(50 Years of Preaching the Word of God)

Penerbit :
Stephen Tong Evangelistic Ministries International (STEMI)
bekerja sama dengan
Momentum Christian Literature, Surabaya

Buku ini berisi refleksi dari orang-orang terdekat Pdt. Dr. Stephen Tong, yaitu istri Pdt. Stephen Tong (Alice Tong), anak sulung Pdt. Stephen Tong (Elizabeth Yen Tong), dan hamba-hamba Tuhan yang melayani di GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia), antara lain dari : Pdt. Sutjipto Subeno, M.Div. ; Pdt. Effendi Susanto, S.Th. ; Pdt. Nico Ong, M.Div. ; Pdt. Rudie Gunawan, S.Th. ; Pdt. Liem Kok Han, S.Th. ; Ev. Alwi Sjaaf, M.Div. ; Ev. Maria Mazo, M.Div. ; Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th. ; maupun di STEMI.





Semua buku ini hanya bisa Anda dapatkan di Toko Buku MOMENTUM di kota-kota : Surabaya, Jakarta, Malang, Denpasar, dll (http://www.momentum.or.id)

Seri Pengajaran Calvinisme-1 : KERUSAKAN TOTAL MANUSIA BERDOSA

Seri Pengajaran Calvinisme-1
KERUSAKAN TOTAL MANUSIA BERDOSA

oleh : Ev. Antonius Steven Un, S.Kom., M.Div.



Pendahuluan
Konsep Kerusakan Total orang Berdosa atau yang dikenal dengan Total Depravity of Sinners merupakan konsep pertama dari “Lima Pokok Calvinisme”, yang dirumuskan di Dortrecht, Belanda tahun 1600-an, untuk melawan pengajaran sesat dari Jacobus Arminius dan pengikutnya. Salah satu ajaran mereka adalah bahwa manusia pada dasarnya baik, tidak bersalah.

Selain kelompok ini, ada banyak kelompok dalam masyarakat yang menyatakan bahwa manusia itu baik, seperti tablet putih, tinggal penulisnya menuliskan warna apa. Ada yang berkata, tidak ada yang namanya dosa, yang ada adalah penyakit, dan seterusnya. Tetapi konsep Kerusakan Total jelas mengajar bahwa manusia sudah jatuh dalam dosa.


Arti Positif: ”Seluruh Aspek Hidup Manusia Tercemar Dosa”
Secara positif, konsep ini berarti bahwa seluruh aspek hidup manusia telah tercemar oleh dosa, tanpa kecuali. Bahwa semua manusia sudah jatuh dalam dosa tanpa kecuali, merupakan suatu konsep yang namanya Universalitas Dosa. Memang antara konsep ini dengan konsep Kerusakan Total tidak bisa dipisahkan, namun yang terakhir ini membicarakan tentang segala aspek hidup manusia telah tercemar.

Secara vertikal, pencemaran itu masuk hingga ke akar hati manusia (radical = radix = root = akar). Itu sebabnya Kejadian 6:5 menegaskan bahwa dalam dosa, kecenderungan hati manusia selalu membuahkan kejahatan semata-mata. Hal ini justru mengerikan karena hati manusia merupakan pusat kehidupan manusia, yang sangat dekat dalam hidup manusia, tersembunyi dan terus bekerja. Kalau begitu, hidup manusia sudah begitu dalamnya jatuh dalam dosa. Secara horisontal, pencemaran dosa merasuk masuk ke dalam segala aspek manusia, baik kemampuan agama (sense of divine), kemampuan bahasa, kemampuan seni, rasionalitas, kreativitas, moralitas, relasional, dan sebagainya.

Pencemaran ini menyebabkan kerusakan. Kata ”rusak” berarti tidak lagi berfungsi sebagaimana seharusnya. Itu sebabnya, segala aspek hidup manusia sebenarnya masih ada, tidak hilang, sebagaimana yang ditegaskan oleh John Calvin bahwa gambar Allah tidak hilang melainkan rusak alias tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Kemampuan akal dan agama misalnya, masih ada tetapi tidak lagi membawa akal dan agama kembali kepada Tuhan sejati tetapi kepada berhala dan allah palsu. Hal ini dapat diumpamakan dengan mobil dimana semua onderdilnya masih ada tetapi tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, tidak dapat bekerja seharusnya.

Jika seluruh aspek se dalam-dalamnya dan seluas-luasnya telah tercemar oleh dosa maka kita sekarang harus memikirkan kalau begitu apakah dosa itu, yang telah mencemari hidup manusia. Dosa secara esensi adalah perlawanan kepada Tuhan sebagaimana yang ditegaskan Daud dalam Mazmur 51:6: “Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kau anggap jahat.

Hal ini tidak berarti bahwa dalam dosa Daud, ia tidak sama sekali merugikan orang lain. Jelas Daud merugikan Batsyeba dan Uria. Lihat saja, setelah Batsyeba hamil, Daud begitu jahatnya ingin menutupi dosa dengan berbuat licik kepada Uria. Ia memanggil Uria, memberi hadiah dan memabukkannya dengan maksud supaya Uria pergi dan tidur dengan Batsyeba, dengan demikian janin itu adalah benih dari Uria. Tetapi Uria begitu setia kepada Raja, mengingat pasukan kerajaan yang sedang berperang, ia merasa diri tidak layak untuk beristirahat dan enak-enakkan. Uria begitu setia kepada Daud tetapi Daud begitu jahat kepadanya. Tetapi, dalam refleksi akan dosa-dosanya, Daud menegaskan bahwa dosa itu sesungguhnya adalah melakukan apa yang Tuhan anggap jahat.

Di sini, dosa tidak berarti sekedar perasaan tidak enak saja, sekedar mengganggu perasaan orang lain, sekedar kelemahan dan ketidaksempurnaan, sekedar kerugian secara materi. Dosa banyak kali mengenakkan perasaan, didukung banyak orang dan mendatangkan keutungan secara materi. Tetapi jangan lupa bahwa dosa adalah melakukan apa yang jahat di mata Tuhan.

Kerusakan total ini memimpin kepada ketidakmampuan total. Ketidakmampuan total mencakup tiga aspek: tidak mampu memahami kebenaran sejati, tidak mampu menginginkan kebenaran sejati, tidak mampu melakukan kebaikan sejati. Ketidakmampuan mengenal kebaikan sejati tercermin dalam ungkapan “tidak ada yang berakal budi” (Mz.53). Di sini bukan soal ada tidaknya akal budi tetapi dalam bahasa Inggris jelas: no one who understand (tidak ada yang mengerti). Hal ini bahwa segala kebenaran itu bukan saja melampaui akal manusia tetapi bahwa tanpa pertolongan Roh Kudus, akal berdosa tidak bisa memahami kebenaran sejati. Itu sebabnya, penginjilan begitu sulit membuat orang memahami semua kebenaran ini.

Aspek kedua adalah tidak mampu menginginkan kebenaran sejati. Hal ini karena dosa adalah perlawanan kepada Allah sehingga semakin berdosa, semakin jauh dari Tuhan, berjalan bertolak belakang dengan Tuhan. Celakanya, semakin beragama, seperti dikatakan John Stott, semakin membawa manusia jauh dari Tuhan. Semakin beragama, semakin merasa diri benar, dan semakin tidak menginginkan Injil dan kebenaran sejati. Celaka!

Aspek ketiga adalah ketidakmampuan melakukan kebaikan sejati. Karena yang sejati hanyalah Allah Tritunggal maka kebaikan sejati haruslah memenuhi tiga standar: dalam iman kepada Tritunggal, menurut hukum Tritunggal dan bermotivasi memuliakan Tritunggal. Kalau begini maka tidak ada orang yang sanggup memenuhi apa yang seharusnya dan kebaikan yang dilakukan hanyalah kebaikan semu.

Hal ini yang tergambar jelas dalam perikop Lukas 18:18-27. Seorang pemimpin datang dan bertanya, “Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”. Terkandung beberapa kelemahan dalam pertanyaan ini. Pertama, ia memahami Tuhan Yesus sekedar sebagai guru yang baik. Kedua, ia merasa perbuatan baik manusia dapat diandalkan untuk mencapai keselamatan. Ketiga, ia merasa bahwa ia sanggup berbuat baik agar diselamatkan. Tuhan Yesus menjawab kelemahan-kelemahan ini dengan lugas dan tuntas.

Tuhan Yesus mengkritisi pengenalan sang pemimpin akan diri Tuhan Yesus, sekedar guru yang baik. Jika demikian, Tuhan Yesus berkata, tidak ada yang baik kecuali Allah. Kalau ia mengenal Yesus sebagai Allah, jelas baik. Sebab yang ditegaskan Tuhan Yesus adalah bahwa di antara manusai tidak ada yang baik. Tuhan Yesus juga menguji moralitas dengan memberikan lima hukum dari bagian kedua 10 hukum Taurat. Ia menjawab, “semuanya telah kuturuti sejak masa mudaku” (21). Kemudian Tuhan Yesus menguji moralitasnya: apakah sejati mencapai esensi atau tidak yaitu dengan menyuruhnya menjual segala harta dan memberi kepada orang miskin kemudian mengikuti Yesus.

Ada dua esensi dari 10 hukum: mengasihi Allah dan mengasihi manusia. Tuhan Yesus sedang menguji benarkah ia mengasihi Allah lebih dari harta? Ternyata tidak. Tuhan Yesus juga sedang menguji benarkah ia mengasihi manusia? Ternyata tidak. Jadi, apa yang dia lakukan Cuma fenomena, tidak mencapai esensi. Karena itu, sulit bagi manusia dengan perbuatan baik bisa diselamatkan, ibaratnya seekor unta masuk lubang jarum.


Arti Negatif: “Bukan Kerusakan Mutlak”
Kerusakan total bukan berarti kerusakan mutlak. Kerusakan mutlak berarti manusia berbuat serusak-rusaknya sesuai dengan potensi kemungkinan ia bisa berbuat dosa. Tidak! Di antara manusia yang jahat, banyak contoh kalau ada kebaikan semu yang bisa ia lakukan.

Lagipula, kerusakan total tidak berarti manusai tdiak dapat mengenal Allah sama sekali karena manusia diberi Wahyu Umum melalui alam, sejarah dan hati nurani.

Sumber : www.grii-singapore.org



Profil Ev. Antonius S. Un :
Ev. Antonius Steven Un, S.Kom., M.Div. adalah gembala sidang Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Malang yang menyelesaikan studi Sarjana Komputer (S.Kom.) di Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Master of Divinity (M.Div.) di Institut Reformed, Jakarta. Beliau aktif melayani dalam Gerakan Reformed Injili di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Kupang, Yogyakarta dll. Beliau juga aktif menulis di koran seperti Kompas Jawa Timur dan SINDO (Seputar Indonesia) Sore Jabotabek.

Sekolah Theologia Reformed Injili Jakarta (STRIJ)

SEKOLAH THEOLOGIA REFORMED INJILI JAKARTA (STRIJ)

Pembinaan iman dan pelatihan pelayanan bagi orang Kristen awam

Pendiri : Pdt. Stephen Tong, B.Th., D.L.C.E., D.D.
(Pendiri dan Ketua Sinode Gereja Reformed Injili Indonesia—GRII, Rektor Institut Reformed di Jakarta, Pendiri Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII di Jakarta, Pendiri dan Ketua : Stephen Tong Evangelistic Ministries International—STEMI, Jakarta Oratorio Society—JOS, Reformed Center for Religion and Society—Reformed CRS serta Pendiri Pusat Literatur Kristen MOMEMTUM ; Bachelor of Theology—B.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang, Honorary : Doctor of Leadership in Christian Evangelism—D.L.C.E. dari La Madrid International Academy of Leadership, Filipina dan Doctor of Divinity—D.D. dari Westminster Theological Seminary, USA)

Ketua/Pimpinan : Pdt. Rudie Gunawan, S.Th.



Program yang ditawarkan : Sertifikat, Diploma dan Lanjutan



Dalam anugerah Tuhan, ketekunan STRIJ tiada henti selama dua puluh tahun ini menanti dengan sangat terbuka, siapa saja yang terpanggil untuk belajar iman dan pengharapan Kristennya. Jadilah bagian dari orang-orang rajin dan bahagia menikmati kelimpahan pikiran Tuhan di STRIJ yang telah dipercayakan dalam pelayanan hamba-Nya yang setia, bersama mereka di berbagai kota, lebih dari empat puluh denominasi dan bersama para pengajar yang disediakan Tuhan.

Doa kami, persembahan ini makin memperkenan Dia.




PROGRAM STUDI
* Sertifikat : menyelesaikan 27 SKS.
* Diploma 2 : menyelesaikan 48 SKS, 3 buah tulisan akhir dan presentasi kelas.
* Program Lanjutan (D-3) : khusus untuk yang telah menyelesaikan Diploma 2 atau sekurang-kurangnya 80% mata kuliah dari tuntutan Diploma 2.




PERSYARATAN
· Minimal lulusan SMU/sederajat.
· Mengisi formulir pendaftaran dan mata kuliah.
· Melampirkan kesaksian pertobatan pribadi, fotokopi surat baptisan, dan pas foto 3x4 (1 lembar) dan 2x3 (1 lembar).
· Mengikuti percakapan masuk.
· Biaya pendaftaran : Rp 100.000, 00.
· Mengikuti minimal 2 mata kuliah per termal.
· Biaya kuliah : Rp 50.000, 00/SKS.




TUJUAN
Terpanggil untuk ikut mempersiapkan orang Kristen dalam memiliki pemahaman theologis dan hidup keKristenannya, sebagaimana Alkitab mengajak dan mengajarkannya.




FASILITAS
Perpustakaan :
STRIJ menyediakan buku-buku, kaset, VCD, dan DVD bagi para mahasiswa untuk studi lebih lanjut.

Ruang Kuliah :
Penataan ruang kuliah yang disertai dengan AC, projektor sangat menunjang proses belajar mengajar, dan memacu semangat serta meningkatkan daya setiap mahasiswa.




DAFTAR MATA KULIAH
TERMAL I :
DA 2 : Doktrin Allah
DB 2 : Bibliologi
DMD 2 : Doktrin Manusia dan Dosa
EK 2 : Etika Kristen
HH2 : Hermeneutika dan Homiletika
SP2 : Surat Paulus

TERMAL II :
BID 3 : Bahasa Ibrani Dasar
DK2 : Kristologi
DS2 : Soteriologi
NB2 : Kitab Nabi-nabi
PF2 : Pengantar Filsafat
SPL3 : Sejarah Perjanjian Lama

TERMAL III :
BYD3 : Bahasa Yunani Dasar
DA2 : Doktrin Allah
DB2 : Bibliologi
DEK2 : Ekklesiologi dan Bidat
PN3 : Pentateukh
SPB3 : Sejarah Perjanjian Baru dan Intertestamental

TERMAL IV :
BIT2 : Bahasa Inggris Theologia
DP2 : Pneumatologi
DES2 : Eskatologi dan Wahyu
IK3 : Injil dan Kisah Para Rasul
ISU2 : Ibrani dan Surat Umum
KS2 : Kitab Syair




PENGAJAR
1. Pdt. Aiter, S.Kom., M.Div. (Master of Divinity—M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
2. Pdt. Liem Kok Han, S.Th. (Sarjana Theologia—S.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang)
3. Pdt. Rudie Gunawan, S.Th. (S.Th. dari SAAT Malang)
4. Pdt. Tumpal Hutahaean, S.Th., M.A.E. (S.Th. dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII, Jakarta ; Master of Arts in Evangelism—M.A.E. dari Institut Injili Indonesia)
5. Ev. Ir. Agus Marjanto Santoso, M.Div. (M.Div. dari STTRII, Jakarta)
6. Ev. Dipl.Ing. Alwi Sjaaf, M.Div. (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
7. Ev. Amin Khouw, M.Div. (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
8. Ev. Diana Ruth, S.Sn., M.Div. (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
9. Ev. Hetty S., Dip.Th., S.Pd.
10. Ev. Ivan Kristiono, S.Sn., M.Div. (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
11. Ev. Jimmy Miharja, S.Th.
12. Ev. Yadi S. Lima, M.Div. (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)


Dari luar Jakarta :
Ø Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th. (Surabaya) (Sarjana Theologia—S.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang)
Ø Pdt. Dipl.Mus. Billy Kristanto, M.C.S. (Jerman) (Master of Christian Studies—M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)
Ø Pdt. Budy Setiawan, S.Th. (Melbourne) (S.Th. dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII, Jakarta)
Ø Pdt. Effendi Susanto, S.Th. (Sydney) (S.Th. dari SAAT Malang)
Ø Pdt. Nico Ong, B.A., M.C.S., M.Div. (Taiwan) (Bachelor of Arts—B.A. dari Tao Sheng Theological Seminary ; M.C.S. dari China Reformed Theological Seminary ; dan M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
Ø Pdt. Romeo Q. Mazo, B.S.B.A., M.Div. (Batam) (B.S.B.A. dari Divine World College ; dan M.Div. dari Asian Theological Seminary)
Ø Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div. (Surabaya) (S.Th. dan M.Div. dari STTRII, Jakarta)
Ø Ev. Christian Budiman, M.Div. (Malaysia) (M.Div. dari Institut Reformed, Jakarta)
Ø Ev. Hendra Widjaja, M.C.S. (Jerman) (M.C.S. dari Institut Reformed, Jakarta)
Ø Ev. Maria W. Mazo, M.Div. (Singapura) (M.Div. dari Asian Theological Seminary)





TEMPAT PENYELENGGARAAN KULIAH
STRIJ di Jakarta dan sekitarnya :
Tanah Abang, Karawaci, Kelapa Gading, Pondok Indah, Bintaro, Matraman, Kuningan, Depok, Grogol, Tangerang, Ciputat, Cikarang, Bekasi.

STRIJ di luar kota :
Medan, Bandung, Pontianak, Cirebon, Bogor, Makasar, Balige, Kabanjahe, Kupang, Solo, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda.

STRI di luar negeri :
Singapura, Malaysia, Taiwan, China, Australia dan Jerman.




DESKRIPSI MATA KULIAH

Program Doktrin :
DA2 : Doktrin Allah
Pengenalan dan pembenahan pengetahuan tentang Allah.
DB2 : Bibliologi
Pemahaman sejarah dan catatan Kitab Suci.
DEK2 : Ekklesiologi dan Bidat
Pemetaan Gereja, sejarah dan problematikanya.
DES2 : Eskatologi dan Wahyu
Bahasan mengenai akhir segala sesuatu dan surat terakhir Kitab Suci.
DK2 : Kristologi
Penggambaran konsep tentang Yesus Kristus yang lebih lengkap dan menyeluruh.
DMD2 : Doktrin Manusia dan Dosa
Pengertian akan diri dan konsep dosa.
DP2 : Pneumatologi
Bahasan mengenai Roh Kudus dan berbagai penyimpangan tentang-Nya.
DS2 : Soteriologi
Pemahaman terhadap prinsip, pekerjaan dan pengalaman keselamatan.

Program Biblika :
IK3 : Injil dan Kisah Para Rasul
Pengenalan keempat Injil dan kisah keKristenan periode para rasul.
ISU2 : Ibrani dan Surat Umum
Penelaahan surat Perjanjian Baru mulai dari Ibrani hingga Yudas.
KS2 : Kitab Syair
Penelaahan lima kitab Syair dalam Perjanjian Lama.
NB2 : Kitab Nabi-nabi
Penelaahan kitab-kitab nabi, dari Yesaya sampai Maleakhi.
PN3 : Pentateukh
Penelaahan lima kitab pertama Perjanjian Lama, dari kitab Kejadian hingga Ulangan.
SP2 : Surat Paulus
Penelusuran pikiran dan pelayanan gereja di dalam Surat-surat Paulus.

Program Pengantar, Bahasa dan Terapan :
BID3 : Bahasa Ibrani Dasar
Pembacaan arti dan fungsi bahasa asli Perjanjian Lama.
BIT2 : Bahasa Inggris Theologia
Pembahasan bahasa Inggris pada tulisan-tulisan Alkitab dan theologia berbahasa Inggris.
BYD3 : Bahasa Yunani Dasar
Pembacaan arti dan fungsi bahasa asli Perjanjian Baru.
EK2 : Etika Kristen
Pembahasan pemikiran-pemikiran tata krama dan perilaku Kristiani.
HH2 : Hermeneutika dan Homiletika
Pelajaran menggali dan menyampaikan berita Kitab Suci.
SPL3 : Sejarah Perjanjian Lama
Penelusuran pengantar Perjanjian Lama.
PF2 : Pengantar Filsafat
Pengarahan minat pada dunia berpikir bijaksana.
SPB3 : Sejarah Perjanjian Baru dan Intertestamental
Penelusuran sejarah dan periode antara PL—PB.


PROGRAM LANJUTAN (Diploma 3) :
AP2 : Apologetika
BIL3 : Bahasa Ibrani dan Gali Arti
BYL3 : Bahasa Yunani dan Gali Arti
GP2 : Gereja dan Penginjilan
KF2 : KeKristenan dan Filsafat
MI2 : Musik Ibadah
PTM2 : Pengantar Theologia Modern
SG2 : Sejarah Gereja
SPK2 : Sejarah Pemikiran Kristen
THK2 : Transformasi Hidup Kristen
TP2 : Theologia Pastoral
TRI2 : Theologia Reformed Injili



SEKRETARIAT PENDAFTARAN DAN INFORMASI :
Senin-Jumat
Ibu Ella Gabriel (17.00-20.00)
Jln. Tanah Abang III/1, Jakarta Pusat 10160
Telp : (021) 381-0912 ; Fax : (021) 3811021
e-mail : strij@cbn.net.id ; strij@grii.org

Kebaktian Umum GRII Pusat, Jakarta (tempat baru)

…Hadirilah…



Kebaktian Umum
Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Pusat




Setiap Minggu :
Pkl. 07.00 WIB (Indonesia) ; Pkl. 09.30 WIB (Mandarin/Indonesia)

di :
Aula Johannes Calvin, Graha Reformed Millenium
Kompleks Kemayoran, Blok B 14, No. 1, Kemayoran, Jakarta
(tempat kebaktian baru)



Tanggal 6 Januari 2008 akan dilayani oleh :
Pdt. DR. STEPHEN TONG

Liturgis : Ev. Amin Khouw, M.Div.

Persekutuan Doa Pagi : Minggu, Pkl. 06.30 WIB
(6 Januari 2008 : Sdri. Claudia Satyaloka)

Pemahaman Alkitab (PA) akan dimulai : Jumat, 18 Januari 2008

Sekolah Theologia Reformed Injili Surabaya (STRIS) Andhika, Kertajaya dan Sidoarjo Term 028/I/2007

Sekolah Theologia Reformed Injili Surabaya (STRIS) :
Andhika, Kertajaya dan Sidoarjo

di bawah naungan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Andhika, Surabaya, Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII) Kertajaya, Surabaya dan MRII Sidoarjo

terbuka untuk umum (semua orang Kristen dari berbagai denominasi gereja)


Pembinaan Iman dan Pelatihan Pelayanan Bagi Orang Kristen Awam

TERM 028/I/2008 (21 Januari - 18 April 2007)


Pendiri STRIS : Pdt. DR. STEPHEN TONG

Direktur STRIS Andhika : Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div.




Who Needs Theology ?
(Siapa yang membutuhkan theologia ?)

Sejarah membuktikan bahwa di setiap zaman manusia diperhadapkan dengan berbagai kesulitan, tantangan dan cobaan di berbagai bidang kehidupan. Dan sementara itu banyak orang Kristen yang kurang atau bahkan tidak diperlengkapi untuk memahami isi Alkitab dengan baik dan menyeluruh.
STRIS-ANDHIKA dirancang untuk memperlengkapi orang Kristen dengan pemahaman iman Kristen yang mendalam, akurat, menyeluruh dan bertanggung- jawab. Didasarkan pada tekad menegakkan kemurnian Injil Yesus Kristus, di dalam semangat Reformasi, berupaya mengintegrasikan iman Kristen dalam setiap aspek kehidupan manusia.



Deskripsi Matakuliah :

PL-204—KITAB NABI-NABI KECIL

Dosen : Ev. Linawaty Tjandra, S.Th.
(istri Ev. Warsoma Kanta dan hamba Tuhan di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dari Sekolah Tinggi Theologia IMAN—STT IMAN, Jakarta)

Senin, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Kertajaya

Deskripsi :
Pada masa-masa pembuangan bangsa Israel, muncul banyak nabi di mana mereka menjadi mediator antara Allah dan umat-Nya. Mengapa Allah membangkitkan para nabi bagi umat pilihan-Nya ? Mengapa disebut nabi-nabi kecil ? Bagaimana kondisi dari umat Allah pada masa para nabi hidup ? Apakah nubuatan para nabi memiliki unsur messianic ? Bagaimana relevansinya bagi kita saat ini dari mata kuliah ini ?
Adapun pembahasan dari mata kuliah ini adalah :
· Pendahuluan
· Nabi Yoel
· Nabi Yunus
· Nabi Amos
· Nabi Hosea
· Nabi Nahum
· Nabi Obaja
· Nabi Mikha
· Nabi Zefanya
· Nabi Habakuk
· Nabi Hagai
· Nabi Zakharia




TS 500—SOLA SCRIPTURA : DOKTRIN ALKITAB

Dosen : Ev. Solomon Yo, S.Th., M.Div.
(hamba Tuhan di GRII Andhika, Surabaya dan Manajer Produksi Toko Buku Momentum yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Senin, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Sola Scriptura, Alkitab adalah landasan satu-satunya dan yang tertinggi bagi iman dan kehidupan Kristen ; karena itu, seyogyanya setiap orang Kristen berusaha mengenal baik-baik Kitab Suci yang menjadi patokan bagi hidupnya. Melalui studi ini, kita akan mempelajari tentang wahyu ilahi, inspirasi ilahi, otoritas Alkitab dan kanonisasi Alkitab.

Materi Perkuliahan :
1. Wahyu Ilahi
2. Inspirasi Ilahi dan Alkitab
3. Otoritas Alkitab
4. Ineransi dan Infalibilitas
5. Kanonisasi Alkitab




TS 507—DOKTRIN GEREJA (EKKLESIOLOGI)

Dosen : Ev. Ir. Baju Widjotomo

(gembala sidang MRII Sidoarjo yang sedang menempuh pendidikan Master of Arts—M.A. in theology di Sekolah Tinggi Theologia Injili Abdi Allah—STTIAA, Pacet)

Selasa, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRI Sidoarjo

Deskripsi :
Gereja telah menghadapi tantangan di sepanjang zaman, baik dari dalam maupun dari luar. Dan gereja sejati pasti menang dan dijamin kemenangan-Nya sampai akhir zaman oleh Kristus sendiri sebagai kepala gereja. Pada abad XVI, Johannes Calvin dengan teliti menegakkan dan menegaskan Doktrin Gereja kembali sesuai dengan Kitab Suci setelah diselewengkan oleh Katolik. Maka warisan Doktrin Gereja dipandang dari sudut theologia Reformed harus dipelajari oleh setiap orang Kristen, sehingga dengan memiliki pemahaman yang tepat tentang gereja, maka kita dapat menjalankan panggilan kita untuk melayani Tuhan dengan cara yang tepat dan mulia di dalam gereja-Nya.

Melalui mata kuliah ini, kita akan mempelajari :
1. Definisi Gereja dan Posisi Ekklesiologi dalam Doktrin Kristen
2. Natur Gereja : Esensi Gereja dan Karakteristik Gereja
3. Teori-teori Pemerintahan Gereja
4. Jabatan Gereja
5. Kuasa Gereja
6. Sarana Anugerah : Firman dan Sakramen
7. Sakramen Baptisan
8. Perjamuan Kudus
9. Gereja dan Misi




TS 508—HERMENEUTIKA

Dosen : Ev. Ir. Baju Widjotomo

(gembala sidang MRII Sidoarjo yang sedang menempuh pendidikan Master of Arts—M.A. in theology di Sekolah Tinggi Theologia Injili Abdi Allah—STTIAA, Pacet)

Rabu, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Pada waktu kita membaca Alkitab maka pastilah kita menafsir. Masalahnya adalah, pertama, apakah tafsiran itu benar ? Kedua, bagaimana saya tahu bahwa tafsiran saya benar ? Mata kuliah ini akan mempelajari prinsip-prinsip hermeneutika (penafsiran Alkitab) dari sudut pandang theologia Reformed untuk menolong kita dalam mempelajari kebenaran-kebenaran Alkitab dan menafsirkannya dengan tepat sehingga kita tidak jatuh dalam kesesatan ajaran dan mampu mempertahankan doktrin yang benar.

Materi Kuliah :
1. Signifikansi Hermeneutika
2. Lectio Divina (Pembacaan Alkitab)
3. Analisa Isi Alkitab
4. Analisa Sejarah dan Latar Belakang
5. Analisa Bentuk Sastra (genre)
6. Analisa Teks
7. Analisa Konteks
8. Analisa Studi Arti Kata
9. Analisa Tata Bahasa
10. Integrasi




PL 706—KITAB HAKIM-HAKIM

Dosen : Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div.
(Pendeta di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Rabu, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Kitab ini mengisahkan kehidupan bangsa Israel setelah Kanaan ditaklukkan. Inilah masa yang paling gelap bangsa ini. “Pada jaman itu tidak ada raja di antara orang Israel ; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pemandangannya ssendiri” (21:25), nampaknya menjadi jiwa konteks saat itu. Dosa begitu merajalela dan menyebabkan kerusakan moral yang sangat parah. Memang bangsa ini menunjukkan penyesalan dan Allah membangkitkan para hakim untuk memerintah dan membawa mereka keluar dari situasi. Tetapi kisah kejahatan itu terjadi berulang kali.
Kitab ini mencatat campur tangan Allah untuk mencegah sesuatu yang sudah buruk menjadi lebih buruk ; bahwa keistimewaan atau kebebasan bukanlah keleluasaan untuk berbuat dosa. Allah tetap pada prinsip yang ditetapkan-Nya.
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari kitab ini, misalnya bagaimana sikap Allah terhadap bangsa pilihan-Nya ini ketika mereka berdosa. Bagaimana memahami penderitaan dan hukuman Allah bagi anak-anak-Nya. Apakah artinya tunduk kepada Allah dan pemerintahan-Nya ? Janji Allah dan kaitannya dengan penghukuman Allah, dsb. Dengan kata lain, kitab ini mengajarkan dinamika hidup orang percaya itu seharusnya seperti apa.




PP 301—PENDIDIKAN ANAK

Dosen : Ev. Tjwa Ie Mee Sieny, S.Th.
(Pengurus Remaja dan Tim Penginjilan di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia—S.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT, Malang)

Kamis, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Masa anak-anak adalah masa yang paling penting dalam diri seorang manusia dalam penanaman nilai-nilai dan pembentukan karakter. Kita harus ingat bahwa seorang anak berbeda dari orang dewasa, karena itu pendidikan kepada anak-anak tidak dapat disamakan dengan pendidikan bagi orang dewasa. Kelas ini akan mempelajari bagaimana pendidikan terbaik bagi anak-anak bersumber dan berlandaskan pada Firman Tuhan dapat dilakukan.
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi para orangtua, pendidik anak, guru sekolah minggu, dan pihak-pihak yang memiliki perhatian terhadap perkembangan dan pendidikan anak.

Materi Kuliah :
1. Tantangan dan Kebutuhan Anak
2. Mengenal Dunia Anak : Bermain dan Belajar
3. Hal-hal Khusus yang Perlu Diperhatikan Dalam Pendidikan Anak : Mendisiplin Anak, Multiple Intelligences, Character Building, Mengenali dan Menangani Stres Pada Anak




KK 800—CALVIN : INSTITUTE OF THE CHRISTIAN RELIGION 2


Dosen : Ev. Warsoma Kanta, S.Psi., S.Th., M.Div.
(Pembina Kelompok Tumbuh Bersama—KTB di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Kamis, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Kertajaya

Deskripsi :
Tidak dapat dipungkiri bahwa Institute of the Christian Religion yang dibuat John Calvin merupakan 1 dari 10 buku yang mempengaruhi dunia. Karya Calvin yang terus menerus dikembangkan sehingga menjadi 4 buku (dikumpulkan oleh John T. McNeill menjadi dua volume) ini perlu dipelajari oleh setiap penganut theologia Reformed agar kita memahami tulang punggung theologi yang telah teruji berabad-abad ini. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari Buku II yang berisi Pengenalan akan Allah sebagai Penebus yang terdiri dari 17 Bab.

Materi Kuliah :
Kejatuhan Manusia Dalam Dosa
Karya Allah dan Kehendak Bebas
Karya Penebusan Kristus dan Hukum Taurat
Eksposisi 10 Hukum Allah
Persamaan dan Perbedaan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
Kristus : Sebagai Mediator dan Manusia
Dwi Natur Kristus Dalam Rencana Keselamatan Allah
Jabatan Kristus : Imam, Raja dan Nabi
Karya Penebusan yang Digenapi Kristus
Anugerah Allah dan Keselamatan Umat Pilihan






Tempat Kuliah :
STRIS Andhika : Andhika Plaza C/5-7, Simpang Dukuh 38-40, Surabaya (Telp. 031-5472422)
STRIS Kertajaya : Kertajaya Indah II/3 (F-628), Surabaya (Telp. 031-5924466)
STRIS Sidoarjo : Ruko Taman Tiara Regency 11-12, Pagerwojo, Sidoarjo (Telp. 031-8067259)



Biaya :
PROGRAM REGULER :
1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000,-
2. Biaya Pendaftaran : Rp 60.000,-
3. Biaya tiap Matakuliah : Rp 55.000,-
4. Biaya Perpustakaan : Rp 15.000,- / tahun

PROGRAM PENDENGAR :
1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000,-
2. Biaya tiap Matakuliah : Rp 75.000,-



Sekretariat :
Andhika Plaza C/5-7, Jln. Simpang Dukuh 38-40, Surabaya 60275
Telp. : (031) 5472422 ; Fax. : (031) 5459275
E-mail : strisa@grii-andhika.org
Situs : http://www.grii-andhika.org/strisa.htm
Pendaftaran setiap hari kerja Pkl. 09.00-17.00 WIB (Senin s/d Jumat)




NB :
Yang menjadi mahasiswa/i STRIS Andhika berasal dari berbagai denominasi gereja, misalnya : Katolik, Karismatik (GBI), Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Kristen Abdiel (GKA) Gloria, dll. Apakah Anda juga ingin diperlengkapi dan dikuatkan imannya melalui studi theologia dan Alkitab secara ketat di STRIS Andhika ini ?