09 April 2009

Refleksi Jumat Agung 2009: PENEBUSAN KRISTUS DAN RENCANA ALLAH (Denny Teguh Sutandio)

Refleksi Jumat Agung 2009

PENEBUSAN KRISTUS DAN RENCANA ALLAH

oleh: Denny Teguh Sutandio




Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah. … Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.
(Rm. 5:6, 8)




Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang diciptakan segambar dan serupa dengan-Nya. Sebagai peta dan teladan-Nya, manusia seharusnya menurunkan sifat-sifat Allah yang terkomunikasikan, yaitu: bijak, adil, benar, dll. Namun, akibat ketidaktaatan dan ketidaksetiaan mereka kepada Allah dan perintah-Nya, manusia jatuh ke dalam dosa. Dosa mengakibatkan manusia tidak mampu melakukan apa yang benar dan baik di mata-Nya (Rm. 3:10-11). Dengan kata lain, dosa diibaratkan seperti orang yang mati tenggelam di air laut. Seorang yang mati tenggelam tidak mungkin bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Lalu, bagaimana supaya orang yang mati itu bisa selamat? Bisakah ia berupaya sendiri menyelamatkan diri? TIDAK MUNGKIN! Itulah yang sebenarnya terjadi pada diri manusia. Mereka sudah mati rohani yang berarti hubungan mereka yang dahulu erat dengan Allah, namun sekarang terpisah dari Allah. Mereka membenci apa yang disukai Allah dan menyukai apa yang dibenci Allah. Kematian rohani ini tidak bisa diselesaikan dengan cara manusia itu sendiri. Lalu, bagaimana cara menyelesaikannya? Tidak ada jalan lain. Satu-satunya cara menyelesaikan dosa manusia adalah cara Allah. Cara Allah bukanlah (bahkan melampaui) cara manusia! Cara Allah adalah dengan mengutus Putra Tunggal-Nya, Tuhan Yesus Kristus yang adalah 100% Allah dan 100% manusia untuk menebus dosa umat-Nya. Kemudian, apa uniknya penebusan Kristus? Memperingati hari Jumat Agung ini, kita akan merenungkan sebuah poin penting penebusan dan kematian Kristus bagi umat-Nya yaitu bahwa penebusan Kristus ini direncanakan oleh Allah.

Rasul Paulus mengajarkan bahwa ketika kita masih berdosa, Kristus telah mati bagi kita (Rm. 5:6, 8). Khususnya di ayat 8, di dalam teks Yunani, pernyataan “ketika kita masih berdosa” menggunakan bentuk present (sekarang). Berarti penebusan Kristus sudah direncanakan Allah bahkan pada saat manusia masih/sedang berdosa. Lalu, apa pentingnya kita mengerti hal ini? Kita mengerti hal ini agar kita melihat seluruh proses penebusan Kristus adalah proses yang direncanakan Allah, TIDAK ada satu inci pun jasa manusia yang diperhitungkan. Hal ini penting, karena saya pernah mendengar ada orang yang non-Kristen mengatakan bahwa orang Kristen seharusnya berterima kasih kepada Yudas Iskariot yang mengkhianati Kristus, sehingga Ia bisa disalibkan dan mati bagi dosa-dosa manusia. Jika dilihat dari perspektif manusia berdosa, hal ini seolah-olah “benar.” Tetapi dilihat dari perspektif kedaulatan Allah, hal ini sangat tidak benar. Mengapa? Karena seluruh tindakan Allah TIDAK perlu dibantu sedikit pun oleh jasa manusia berdosa! Pertanyaan selanjutnya muncul, bukankah di dalam Perjanjian Lama ada anggapan bahwa Allah memakai (mengizinkan) bangsa-bangsa kafir untuk menghukum Israel? Hal itu benar, tetapi peristiwa itu terjadi karena inisiatif Allah, bukan manusia! Kasus ini jelas berbeda dengan kasus Yudas Iskariot yang dilihat oleh perspektif manusia berdosa sebagai “pahlawan” yang berinisiatif sendiri “membantu” rencana Allah.

Kedua, jika Yudas Iskariot yang difokuskan menjadi “pahlawan” yang membantu Kristus disalibkan, maka anggapan ini sangat konyol. Mengapa? Karena orang yang mengatakan hal ini TIDAK melihat esensi/inti di balik fenomena yang terjadi. Jika orang ini mengatakan tanpa Yudas Iskariot, Kristus tidak mungkin disalib, saya mengajukan dua keberatan utama. Keberatan pertama berkaitan dengan pribadi Yudas Iskariot. Pertama, jika tidak ada Kristus yang dijual Yudas, siapa yang bisa Yudas jual? Kedua, jika Kristus tidak memilih Yudas Iskariot sebagai salah satu murid-Nya, bagaimana Yudas bisa tahu tentang Kristus, kebiasaan, dan seluruh aktivitas-Nya? Ketiga, lebih tajam lagi, jika Allah tidak menciptakan dan menempatkan Yudas Iskariot di zaman Kristus, bisakah ia menjual Kristus? Keberatan kedua berkaitan dengan rencana Allah. Apakah tanpa Yudas Iskariot, Allah tidak bisa memakai pribadi lain untuk menggenapkan rencana-Nya? Siapakah seorang Yudas Iskariot, sehingga seolah-olah Allah harus “mengandalkannya” untuk mengkhianati dengan menjual-Nya?


Dari konsep di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa melihat jasa manusia siapa pun di dalam mengerti rencana Allah (khususnya rencana Allah di dalam keselamatan umat-Nya) tidaklah sah. Lalu, bagaimana kita mengerti penebusan Kristus yang berkaitan dengan rencana Allah? Sebelumnya, kita perlu memahami keagungan rencana Allah jika dibandingkan rencana (dan konsep) manusia yang terbatas dan berdosa. Alkitab mengajarkan bahwa Allah adalah Allah yang berdaulat. Meminjam istilah dari Pdt. Dr. Stephen Tong, Allah yang berdaulat adalah Allah yang berada pada diri-Nya sendiri (self-existence of God), kekal (self-eternal of God), memelihara segala sesuatu, dll. Di dalam kedaulatan-Nya, Ia merencanakan segala sesuatu dan percayalah:
1. Rencana-Nya adalah Rencana yang Teragung yang Jauh Melampaui Rencana dan Konsep dari Manusia Berdosa
Karena Dia adalah Allah yang Berdaulat, Mahaagung, Mahabijaksana, Mahakuasa, Mahakudus, Mahaadil, dan Mahakasih, maka tidak ada satu rencana-Nya yang bodoh, meskipun manusia dunia sering menganggapnya sebagai kebodohan (bdk. 1Kor. 1:18-31). Sebaliknya, manusia dunia meskipun menganggap diri pintar dan bahkan merasa diri “layak” menjadi “penasehat”-Nya, sebenarnya mereka tidak ada apa-apanya dibandingkan Allah. Mari kita mencoba mengerti dan merenungkan rencana-Nya yang teragung ini di dalam kerangka penebusan Kristus yang menyelamatkan. Semua manusia tanpa kecuali pada hakekatnya rusak total dan mati karena dosa (Rm. 3:23). Lalu, jika ada yang mengklaim bahwa manusia tertentu diutus oleh Allah untuk menyelamatkan manusia, tolong tanya, manusia yang diutus tersebut apakah tidak berdosa? TIDAK MUNGKIN! Berarti, konsep ini gagal. Tidak heran, mereka yang menekankan konsep ini mendapatkan ketidakpastian hidup dan keselamatan. Tidak cukup sampai di sini, ada konsep lain yang pernah dikatakan oleh seorang non-Kristen kepada saya yang hampir mirip dengan konsep pertama, namun dengan sedikit penjelasan yang seolah-olah masuk akal.

Konsep kedua muncul itu saya dengar dari seorang non-Kristen yang mengatakan bahwa dosa adalah pelarian (hati nurani) dari Allah. Manusia bisa diselamatkan ketika mereka menyadari bahwa mereka sudah melarikan diri dari Allah. Bagaimana caranya? Caranya adalah Allah mengutus nabi-Nya untuk menyadarkan itu dan membuat mereka berbalik lagi kepada Allah. Saya bertanya kepada orang itu, apakah nabi itu tidak berdosa? Dia bilang berdosa, namun ia menyadari sendiri dosanya lalu kembali kepada Allah dan menyadarkan orang lain juga. Seluruh konsepnya dari awal sampai akhir berpusat kepada manusia, meskipun disisipi istilah Allah di dalamnya. Ada kejanggalan di dalam konsep ini. Konsep ini di bagian awal agak benar yaitu dosa adalah pelarian dari Allah (bukan sekadar pelarian hati nurani). Sebenarnya jika mau dipertajam, dosa bukan hanya pelarian dari Allah, tetapi sengaja tidak taat kepada (bahkan menolak) Allah dan perintah-Nya. Ketidaktaatan ini mengakibatkan manusia berada di dalam ikatan dosa. Dengan kata lain, dosa benar-benar membelenggu semua manusia tanpa kecuali. Jika kita mengerti arti “belenggu”, berarti kita mengerti bahwa manusia tidak bisa lagi lepas dari dosa. Jika demikian, apa gunanya Allah mengutus seorang nabi yang juga seorang manusia berdosa (manusia yang juga dibelenggu dosa) untuk menyelamatkan manusia dengan menyadarkan mereka untuk kembali kepada Allah? Bukankah suatu kekonyolan? Sang nabi sendiri yang dibelenggu dosa tidak mampu sadar diri dan kembali kepada Allah, bagaimana dia bisa menyadarkan manusia lainnya? Di sini letak kekonyolan manusia berdosa dengan konsepnya yang benar-benar tidak bertanggungjawab.

Konsep ketiga muncul dari seorang non-Kristen yang pernah mengatakan kepada saya melalui milis bahwa kalau hanya ingin menyelamatkan manusia, bukankah Allah cukup mengajari manusia untuk berlaku sesuai yang dikehendaki-Nya, lalu diselamatkan dan masuk Sorga? Konsep ini sebenarnya sedang mengagungkan kehebatan, kepandaian, kebijaksanaan manusia di dalam segala hal bahkan di dalam memahami kehendak-Nya. Dan yang lebih parah lagi, orang yang mengajar konsep ini hendak menjadi penasehat-Nya. Padahal mereka tidak pernah menyadari bahwa keberdosaan manusia mengakibatkan seluruh aspek kehidupan manusia rusak total dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya yaitu untuk memuliakan Allah. Inti dosa bukan pada masalah pikiran, tetapi kepada hati yang merupakan inti dari pikiran. Percuma saja, manusia diajari kehendak Allah, kalau hatinya tidak dimurnikan dan dilahirbarukan oleh Roh Kudus.

Dari ketiga konsep ini, kita mendapati kelemahan-kelemahan dari konsep manusia berdosa. Dan hal ini membawa kita kepada konsep teragung yaitu cara yang Allah pergunakan dengan mengutus Putra Tunggal-Nya, Tuhan Yesus Kristus yang adalah 100% Allah dan 100% manusia. Mengapa harus 100% Allah dan 100% manusia? Perhatikan cara Allah yang teragung ini. Manusia yang dibelenggu dosa tidak mampu menyelamatkan dirinya, oleh karena itu, hanya Allah saja yang mampu dan layak menyelamatkan manusia berdosa. Berarti, tidak bisa dipungkiri bahwa Pribadi Allah sajalah yang menyelamatkan manusia berdosa. Namun, kita perlu menyadari bahwa upah dosa adalah maut/kematian (Rm. 6:23). Berarti dosa manusia berakibat kematian (jasmani dan rohani). Dengan kata lain, Allah yang menyelamatkan manusia berdosa harus menyelamatkan manusia secara inti (inti dosa: ketidaktaatan) dan akibatnya (kematian). Namun, faktanya, Allah tidak bisa mati. Otomatis, jalan satu-satunya adalah Allah yang tidak bisa mati harus menjelma menjadi manusia (tanpa meninggalkan natur/sifat Ilahinya) untuk menebus dosa manusia. Itulah inkarnasi, yaitu Allah menjadi manusia. Apakah konsep ini logis? Jelas, logis, karena Allah adalah Pribadi yang jauh melampaui manusia berdosa karena Ia adalah Mahakuasa dan Berdaulat. Inkarnasi Kristus memecahkan semua persoalan keselamatan bagi umat-Nya yang berdosa. Jika Kristus hanya bernatur Ilahi dan bukan manusia, maka Ia tak mungkin bisa menyelamatkan manusia berdosa, karena Allah tidak mungkin mati. Jika Kristus hanya bernatur manusia dan bukan Ilahi, maka Ia tidak layak menyelamatkan manusia berdosa, karena tidak ada seorang manusia pun yang layak menebus dosa orang lain, karena dia sendiri berdosa! Inilah keagungan terdahsyat dari cara Allah menyelamatkan manusia. Maukah kita hari ini bersyukur atas cara-Nya yang begitu agung ini?


2. Rencana-Nya PASTI Berhasil
Karena Dia adalah Allah yang Berdaulat dan Kekal, maka tidak ada satu rencana Allah pun yang gagal. Ayub menyadari akan hal ini di dalam Ayub 42:2, “"Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.” Ketika Allah merencanakan hendak mengutus Kristus untuk menebus dosa manusia, apa yang Ia telah rencanakan tidak mungkin gagal, sehingga menurut waktu-Nya, Ia mengutus Kristus. Kehadiran Kristus di dalam sejarah membuktikan keterandalan rencana-Nya. Allah yang berencana dan berjanji adalah Allah yang dapat dipercayai! Bukan hanya kehadiran Kristus, penebusan yang Ia lakukan pun membuktikan bahwa rencana-Nya yang berdaulat itu tidak mungkin gagal. Meskipun ada sedikit usaha untuk menggagalkan rencana Allah di dalam keselamatan, di mana Kristus harus mati disalib (seperti apa yang dilakukan oleh Petrus di dalam Mat. 16:21-22 yang berusaha menjauhkan Kristus dari salib), Allah tidak akan pernah mengubah rencana-Nya. Dan Kristus mengerti dengan jelas akan hal ini (Mat. 16:23). Dari sini, kita belajar poin penting yaitu: JANGAN mempermainkan rencana Allah dengan berusaha menggagalkannya, karena itu tidak akan pernah berhasil!




Setelah kita mengerti 2 sifat rencana Allah, maka apa yang harus kita lakukan?
1. Mengagumi dan Bersyukur atas Rencana-Nya
Penebusan Kristus sering kali hanya menjadi sebuah bahan studi theologi. Para theolog dan penafsir Alkitab menguraikan aspek-aspek penebusan Kristus. Hal tersebut tidak salah. Tetapi penebusan Kristus apalagi yang dikaitkan dengan rencana Allah hendaknya bukan hanya dipelajari di dalam theologi, tetapi juga dialami dalam kehidupan kita sehari-hari. Seorang yang terus mengerti dan mengalami penebusan Kristus di dalam rencana Allah mengakibatkan orang tersebut makin lama makin kagum dan bersyukur atas rencana-Nya di dalam penebusan Kristus.

Namun sayangnya beberapa (atau mungkin banyak) orang Kristen zaman sekarang cuek terhadap makna penebusan Kristus. Jumat Agung bagi mereka hanya sekadar hari raya Kristen selain Natal. Tidak ada pesan khusus bagi mereka. Mengapa? Saya menyoroti ada dua alasan inti, yaitu:
Pertama, alasan dari pelayanan gerejawi. Rutinitas gerejawi membuat mereka tidak mengerti pentingnya penebusan Kristus. Bagi gereja tertentu, kebaktian/misa Jumat Agung yang dipenuhi dengan tata liturgi lebih penting daripada pemberitaan Firman Tuhan yang mengajar tentang arti penting penebusan Kristus! Gereja ini sedang menggantikan pentingnya pemberitaan Firman dengan liturgi dan hari raya. Oleh karena itu, jangan heran, beberapa (atau mungkin banyak) orang Kristen dan beberapa pelayan Tuhan masih meragukan (bahkan ada yang tidak percaya) kematian Kristus disalib dan finalitas karya Kristus sebagai Juruselamat. Selain rutinitas gerejawi, pemberitaan Firman Tuhan di dalam kebaktian Jumat Agung pun mulai bergeser ke konsep yang berpusat kepada manusia. Misalnya, di beberapa gereja, Injil TIDAK lagi diberitakan dengan serius dan bertanggungjawab, tetapi dengan bermain-main. Ada yang memberitakan Injil disisipi dengan berita kemakmuran bahwa siapa yang percaya kepada Kristus pasti sukses, berhasil, sembuh, dll, bahkan tidak pernah digigit nyamuk. Di sisi lain ada gereja yang memberitakan Injil dengan penekanan pada aspek-aspek sosial. Kematian Kristus tidak dilihat sebagai penebusan bagi manusia berdosa, tetapi sebagai teladan bagi pengorbanan kita kepada korban bencana alam, dll. Jangan heran, jemaat gereja yang diajar konsep ini lebih mementingkan pelayanan sosial dan pemuasan diri ketimbang pemberitaan Injil.
Kedua, alasan dari diri orang Kristen sendiri. Ada beberapa (atau mungkin banyak) orang Kristen sudah mulai bosan dengan pentingnya penebusan Kristus. Mereka berpikir bahwa berita itu sudah mereka ketahui sejak kecil di sekolah minggu. Orang yang mengatakan hal ini sebenarnya adalah orang Kristen yang mengimani penebusan Kristus secara theologis tanpa mengalaminya. Apakah itu termasuk kita di dalamnya? Jika ya, akuilah itu, minta ampun kepada Allah, dan mintalah agar Allah terus menyegarkan hati kita ketika memikirkan dan mengalami penebusan Kristus.

Sudah saatnya orang Kristen dan pemimpin gereja BANGKIT dan BERTOBAT! Bagi para pemimpin gereja: Berhentilah dari mengkhotbahkan hal-hal yang menyenangkan telinga manusia! Beritakan Firman dengan bertanggungjawab (2Tim. 4:2). Beritakan Firman Tuhan dengan kuasa Roh Kudus, sehingga banyak jemaat Tuhan dicelikkan mata rohaninya, bertobat, mengalami penebusan Kristus, dan akhirnya: mengagumi dan bersyukur atas rencana-Nya di dalam penebusan Kristus. Bagi orang Kristen: Berhentilah dari sikap kecuekan kita dan kembalilah mengerti dan mengalami arti penting penebusan Kristus itu, sehingga kita makin lama makin mengagumi dan bersyukur karena-Nya. Semua itu bisa kita lakukan karena adanya karya Roh Kudus yang menginsyafkan dan terus-menerus menguduskan kita.


2. Mengaplikasikan Rencana-Nya dalam Kehidupan Kita
Rencana-Nya bukan hanya diresponi oleh manusia dengan mengagumi dan bersyukur atas rencana-Nya, tetapi juga dengan mengaplikasikan rencana-Nya itu di dalam kehidupan kita sehari-hari. Berarti, rasa kagum dan syukur harus disertai dengan ketaatan mengaplikasikan rencana-Nya. Apa wujud mengaplikasikan rencana-Nya? Kita mengaplikasikan rencana-Nya dengan menyebarluaskan berita penebusan Kristus ini kepada orang lain yang belum mendengarnya. Pemberitaan Injil adalah wujud nyata kita benar-benar mengaplikasikan rencana-Nya yang teragung itu. Bagaimana dengan kita? Sudahkah hati kita dibakar oleh api kuasa Roh Kudus untuk memberitakan Injil? Lihatlah ladang di depan kita yang sudah menguning dan siap dituai, adakah kita siap dipakai-Nya sebagai penuai jiwa-jiwa bagi kemuliaan-Nya?


Biarlah renungan Jumat Agung ini mencerahkan hati dan pikiran kita serta membakar hati dan semangat kita di dalam memberitakan Injil-Nya agar banyak jiwa yang telah dipilih-Nya dapat bertobat dan kembali kepada Kristus. Maukah kita melakukannya? Amin. Soli Deo Gloria.