10 May 2009

Resensi Buku-71: CORNELIUS VAN TIL: Suatu Analisis Terhadap Pemikirannya (Prof. John M. Frame, D.D.)

…Dapatkan segera…




Buku
CORNELIUS VAN TIL:
Suatu Analisis Terhadap Pemikirannya


oleh: Prof. John M. Frame, D.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature, 2002

Penerjemah: Irwan Tjulianto





Deskripsi dari Denny Teguh Sutandio:
Rev. Prof. Cornelius Van Til, Ph.D. (3 Mei 1895 – 17 April 1987) adalah seorang theolog sekaligus apologet Reformed terkenal. Beliau sering diidentikkan dengan tokoh presuposisionalis di dalam metode apologetika. Siapa beliau dan apa saja yang beliau ajarkan di dalam theologi dan apologetika? Banyak buku yang ditulis untuk membahas ajaran-ajaran Dr. Van Til, baik buku yang mengapresiasi ajaran beliau secara berlebihan maupun buku yang mengkritik ajaran beliau juga secara berlebihan. Semuanya belum cukup merepresentasikan ajaran Van Til dengan tuntas, karena mereka menafsirkan ajaran Van Til hanya dari buku dan karya tulisnya saja tanpa berhubungan dengan Van Til di dalam kelas, dll. Lalu, bagaimana kita mendalami theologi dan apologetika Van Til? Tidak ada jalan lain, kita harus belajar dari seorang muridnya, yaitu Prof. John M. Frame, D.D. yang belajar langsung di bawah Dr. Van Til. Dr. John M. Frame memaparkan analisa yang mendalam, jelas, mendetail, dan cukup rumit berkenaan dengan Van Til dan ajaran-ajarannya.

Pertama-tama, Dr. Frame yang adalah seorang Van Tillian (pengikut Van Til) memaparkan bahwa analisa yang dilakukannya adalah analisa yang tuntas (bukan sepotong-potong) dan analisa yang fair, yaitu mengapresiasi ajaran Van Til yang memang perlu diapresiasi dan mengkritik ajaran Van Til yang memang perlu dikritik berdasarkan Alkitab dan logika Kristen. Hal ini dilakukannya secara konsisten di dalam setiap babnya. Kemudian, beliau membahas Dr. Van Til dari profil dan karakternya sehari-hari baik di dalam kelas tempat Dr. Van Til mengajar maupun di luar kelas. Setelah itu, Dr. Frame baru menguraikan semua theologi Dr. Van Til di dalam dua aspek, yaitu: Metafisika Pengetahuan (yang meliputi pembahasan: Pribadi Allah, Allah Trinitas, kedaulatan Allah, epistemologi, wahyu—umum dan khusus, presuposisi, dan hal-hal yang berkaitan dengan rasio/logika) dan Etika Pengetahuan (yang meliputi pembahasan: antitesis dan anugerah umum).

Kemudian, Dr. Frame beralih ke apologetika. Di dalam apologetika, Dr. Frame memaparkan kritikan Dr. Van Til terhadap 4 metode apologetika tradisional dari para bapa Gereja (Clement, Justin, Athenagoras, Irenaeus, Tertullian, dan Agustinus), Thomas Aquinas, Joseph Butler, dan Edward J. Carnell. Selain menyajikan kritikan tersebut, Dr. Frame juga menganalisa kelebihan dan kelemahan kritikan Dr. Van Til tersebut disesuaikan dengan maksud asli dari tokoh apologetika tradisional tersebut. Setelah itu, Dr. Frame baru memaparkan metode dan aplikasi apologetika Dr. Van Til melalui pamflet Dr. Van Til, “Mengapa Saya Beriman Kepada Allah.”

Dari apologetika, Dr. Frame beralih kepada kritik Dr. Van Til sebagai kritikus terhadap filsafat dan theologi yang bertentangan dengan Alkitab. Ajaran yang Dr. Van Til kritik adalah ajaran dari: filsafat Yunani, Skolastisisme, Immanuel Kant, Karl Barth, dan Herman Dooyeweerd. Selain memaparkan kritikan Van Til, Dr. Frame juga memaparkan analisanya sendiri terhadap kritikan Van Til yang disesuaikan dengan maksud asli dari ajaran para tokoh yang dikritik Van Til.

Sebagai kesimpulan, Dr. Frame memaparkan para penerus Van Til dan mendorong pembaca Kristen untuk meneladani Van Til (di dalam ajaran-ajaran yang benar) di dalam babnya, “Van Til dan Masa Depan Kita.” Kemudian, Dr. Frame memaparkan bagaimana tanggapan theolog Reformed modern terhadap theologi dan metode apologetika Van Til. Hal ini dipaparkannya melalui Apendiks di mana Dr. Frame memaparkan tafsiran para penulis dari Ligonier Ministries terhadap Van Til dan analisa Dr. Frame. Dan kemudian, sebagai penutup, Dr. Frame memasukkan artikel dan ulasan dari Rev. Prof. Edmund P. Clowney, D.D. yang adalah mantan Presiden dari Westminster Theological Seminary, U.S.A. tentang Dr. Van Til sebagai pengkhotbah Firman Tuhan. Di dalam artikel Dr. Clowney ini, Dr. Clowney memaparkan kaitan theologi dan apologetika Van Til terhadap pelayanan khotbah yang Dr. Van Til lakukan. Dari artikel ini, saya belajar bahwa Van Til bukan hanya sosok theolog yang berkutat dengan buku-buku akademis, namun juga sebagai pemberita Firman di sebuah lapangan terbuka di Wall Street, New York, U.S.A. Ini juga menjadi pelajaran bagi para theolog, profesor theologi, dan pendeta agar mereka bukan hanya gemar berkutat dengan buku-buku theologi akademis, namun juga memiliki api dan semangat pemberitaan Injil dengan kuasa Roh Kudus.

Biarlah melalui buku yang tebal ini, kita boleh dimengertikan tentang theologi, apologetika, dan pelayanan khotbah dari Dr. Van Til dan mengaplikasikannya sesuai dengan Alkitab.






Profil Dr. John M. Frame:
Prof. John M. Frame, M.A., M.Phil., D.D. adalah Profesor Theologi Sistematika dan Filsafat di Reformed Theological Seminary, U.S.A. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (A.B.) dari Princeton University, U.S.A.; Bachelor of Divinity (B.D.) dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.; Master of Arts (M.A.) dan Master of Philosophy (M.Phil.) dari Yale University, U.S.A.; dan gelar Doctor of Divinity (D.D.) dari Belhaven College. Beliau menulis beberapa buku, di antaranya:
· Van Til, the Theologian (1976)
· The Doctrine of the Knowledge of God (1987) (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia: Doktrin Pengetahuan tentang Allah oleh Literatur SAAT Malang)
· Medical Ethics (1988)
· Perspectives on the Word of God (1990)
· Evangelical Reunion (1991)
· Apologetics to the Glory of God (1994) (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia: Apologetika bagi Kemuliaan Allah oleh Penerbit Momentum)
· Cornelius Van Til: An Analysis of his Thought (1995) (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia: Cornelius Van Til: Suatu Analisis Terhadap Pemikirannya oleh Penerbit Momentum)
· Worship in Spirit and Truth (1996)
· Contemporary Music: a Biblical Defense (1997)

No comments: