08 June 2014

Resensi Buku-271: KINGDOM OF GOD (Pdt. Rainer Scheunemann, Th.D.)


Di dalam keempat Injil dalam Alkitab kita, kita menjumpai berbagai jenis sastra di dalamnya, yaitu: narasi umum, narasi mukjizat, perumpamaan, dll. Salah satu jenis sastra yang sulit kita mengerti dalam Injil adalah perumpamaan, karena perumpamaan-perumpamaan yang Yesus beritakan itu berkaitan dengan konteks dan latar belakang Yahudi pada waktu itu. Bagaimana kita dapat mengerti arti perumpamaan itu sesuai dengan konteks dan latar belakangnya? Apa aplikasinya bagi kita di zaman sekarang?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
KINGDOM OF GOD:
TAFSIRAN PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TUHAN YESUS:
Membangun Karakter Kehidupan Anak-anak Kerajaan Allah

oleh: Pdt. Rainer Scheunemann, Th.D.

Penerbit: Yayasan ANDI, Yogyakarta, 2012 



Sebelum membahas isi dari perumpamaan Tuhan Yesus, Pdt. Rainer Scheunemann, Th.D. menjelaskan metode penafsiran perumpamaan Tuhan Yesus. Di bab 1 ini, Dr. Scheunemann menjelaskan beberapa metode penafsiran perumpamaan Yesus yang keliru yaitu metode alegoris dari para bapa gereja, lalu menjelaskan prinsip penafsiran perumpamaan yang tepat dengan membagi klasifikasi (arti) perumpamaan Tuhan Yesus dan konteks mula-mula (dan konteks Injil) ketika perumpamaan ditulis. Setelah menjelaskan pendahuluan ini, Dr. Scheunemann baru menjelaskan tentang hal Kerajaan Allah, mulai dari realitas kerajaan Allah (hakikat, awal, perkembangan, dan penggenapannya) hingga terakhir yaitu panggilan untuk mengambil keputusan. Sembilan bab ini berisi segala hal berkaitan dengan Kerajaan Allah mulai dari fakta tentang Kerajaan Allah, kasih dan anugerah bagi orang yang terhilang, norma Kerajaan Allah, doa, ketaatan, sikap dalam menyongsong kedatangan Allah yang kedua kali nantinya, dan panggilan untuk mengambil keputusan. Masing-masing bab berisi tafsiran perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus dalam keempat Injil lengkap dengan analisa konteks dan latar belakangnya beserta aplikasi praktisnya bagi orang Kristen di zaman ini. Biarlah buku ini dapat menjadi berkat bagi kita dalam studi Alkitab tentang perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus.



Profil Dr. Rainer Scheunemann:
Pdt. Drs. Rainer Scheunemann, M.Div., Th.D. meraih gelar Master of Divinity (M.Div.) dari German Theological Seminary, Giessen, Jerman dan gelar Doktorandus Theologie (Drs. Theol.) dan Doctor of Theology (Th.D.) dari Evangelical Theological Seminary, Leuven, Belgia. Sejak tahun 1995, beliau telah mengajar di Sekolah  Tinggi Theologi (STT) GKI I. S. Kijne, Jayapura dalam bidang Biblika, Misiologi, Pertumbuhan Jemaat, dan Sejarah Filsafat Barat. Selain itu, beliau juga melayani sebagai pendeta dan mendirikan Sekolah Alkitab Malam GKI di Papua.

No comments: