02 February 2014

SEKOLAH THEOLOGI AWAM REFORMED (STAR) Periode: Februari-Juni 2014


SEKOLAH THEOLOGI AWAM REFORMED (STAR)
(untuk orang Kristen awam yang berhasrat ingin mendalami kebenaran firman Tuhan yang bertanggung jawab)

Pendiri: Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.

Alamat:
Jln. Nginden Intan Timur II/5, Surabaya
Telp.: (031) 5998458
Website: www.star-exodus.org
E-mail: star_exodus@yahoo.com

Biaya kuliah bersifat sukarela sesuai kemampuan finansial dan komitmen masing-masing mahasiswa.
Pembayaran dapat dilakukan setiap bulan atau sekali dalam satu semester, bisa tunai maupun melalui bank (BCA Cab. Veteran No. 0101827827 a/n Irwan Lesmana)



Jadwal Kuliah Februari-Juni 2014

Pembukaan Semester dan Ceramah
(Untuk Umum):
“HUMOR DI DALAM ALKITAB”

Sebagian orang memandang Alkitab sebagai sebuah buku yang sangat serius, tanpa humor di dalamnya sama sekali. Kesalahpahaman populer ini mengaburkan keindahan sastra dan dinamika Alkitab. Walaupun topik yang dikupas Alkitab adalah serius (tentang kehidupan dan kematian), hal itu bukan berarti bahwa cara penyampaiannya juga kering dan monoton. Mari bersukacita bersama, bukan hanya karena isi Alkitab yang indah, melainkan juga cara komunikasinya yang kreatif.

oleh: Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.

Selasa, 11 Februari 2014; Pkl. 19.00-21.15 WIB



Kuliah Reguler:
“DOKTRIN KESELAMATAN: T.U.L.I.P”
Dosen: Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.
Setiap Selasa, Pkl. 18.30-21.30 WIB
18 Februari, 4 Maret, 18 Maret, 8 April, 22 April, 6 Mei, 20 Mei, 10 Juni 2014

Hampir semua orang Kristen mungkin mengetahui bahwa keselamatan adalah anugerah. Persoalannya, tidak semua orang memahami cakupan dari anugerah ini. Mata kuliah Doktrin Keselamatan (TULIP) menganalisa lima pilar keselamatan berdasarkan anugerah:
Keberdosaan semua manusia, pilihan kekal Allah yang tanpa syarat, penebusan Kristus yang efektif bagi orang-orang pilihan, kekuatan anugerah Roh Kudus yang tak tertolakkan, dan kesetiaan Allah dalam memampukan orang percaya untuk bertahan dalam keselamatan.
Argumen filosofis dan biblical, pro dan kontra, akan dipaparkan dan dikritisi secara mendalam dalam kelas ini.

Pdt. Yakub Tri Handoko, S.Th., M.A., Th.M. adalah gembala sidang Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Exodus, Surabaya dan dosen di Sekolah Tinggi Theologi Injili Abdi Allah (STT IAA). Beliau menyelesaikan studi Sarjana Theologi (S.Th.) di Sekolah Tinggi Alkitab Surabaya (STAS); Master of Arts (M.A.) in Theological Studies di International Center for Theological Studies (ICTS), Pacet; dan Master of Theology (Th.M.) di International Theological Seminary, Los Angeles, U.S.A. Sejak tahun 2007, beliau sedang menyelesaikan studi Doctor of Philosophy (Ph.D.) secara paruh waktu di Evangelische Theologische Faculteit (ETF), Leuven, Belgia.



EKSPOSISI 1 KORINTUS 1-5
Dosen: Pdt. Yakub Tri Handoko, Th.M.
Setiap Selasa, Pkl. 18.30-21.30 WIB
25 Februari, 11 Maret, 1 April, 15 April, 29 April, 13 Mei, 3 Juni, dan 17 Juni 2014

Salah satu keunikan surat 1 Korintus terletak pada keragaman isu pastoral yang dibahas oleh Paulus. Apa yang terjadi pada jemaat Korintus adalah cerminan dari sebagian besar situasi gereja modern sekarang.
Bagaimana Paulus menyikapi persoalan seputar perselisihan horizontal antar jemaat, konflik vertikal antara jemaat dan pemimpin mereka, dan dosa seksual yang begitu memprihatinkan dalam jemaat Korintus? Apakah artinya “selamat tetapi seperti dari dalam api” (3:15), “menjadi tontonan bagi dunia, malaikat-malaikat, dan manusia” (4:9), dan “diserahkan kepada iblis sebagai bentuk disiplin gereja” (5:5)?
Mata kuliah Eksposisi 1 Korintus 1-5 bukan hanya memberikan jawaban atas isu-isu ini, tetapi sekaligus membimbing mahasiswa untuk mengaplikasikan prinsip hermeneutika secara detail dan mendalam.



Kuliah Intensif:
“PENGANTAR PERJANJIAN BARU I”

Slogan “Sola Scriptura” (hanya Alkitab saja) tidak meniadakan nilai penting dari pengetahuan seputar latar belakang Alkitab. Penafsir tetap perlu memahami situasi politis, kultural, sosial, dan religius di sekitar Alkitab, karena Alkitab tidak ditulis dalam kevakuman. Semua ini akan diuraikan secara komprehensif dalam kelas ini. Di samping itu, kelas ini juga akan membahas tujuan penulisan, karakteristik sastra, struktur kitab, dan theologi dari lima kitab pertama dalam Perjanjian Baru (Injil Matius s/d Kisah Para Rasul) sehingga mahasiswa mengalami keunikan masing-masing kitab sesuai dengan maksud Roh Kudus dalam pengilhaman.

oleh: Pdt. Hendry Ongkowidjojo, Th.M.

Senin-Jumat, 24-28 Maret 2014; Pkl. 18.30-21.15 WIB

Profil Pembicara:
Pdt. Hendry Ongkowidjojo, S.E., M.Div., Th.M. lahir di Surabaya pada tahun 1975. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi (S.E.) di Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya; Master of Divinity (M.Div.) di Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Internasional (d/h Institut Reformed), Jakarta; dan Master of Theology (Th.M.) bidang Perjanjian Baru di Trinity Evangelical Divinity School, Deerfield, Illinois, U.S.A. Saat ini beliau melayani sebagai pendeta di Gereja Kristen Abdiel (GKA) Elyon Pregolan, Surabaya. Beliau menikah dengan Shirley Liz M. T. M. dan telah dikaruniai seorang putra yang bernama Lincoln Abraham.

No comments: