09 February 2014

Resensi Buku-254: MEMAHAMI INJIL-INJIL DAN KISAH PARA RASUL (Prof. Joel B. Green, Ph.D.)


Pada zaman sekarang, beberapa orang Kristen mulai bingung ketika mereka membaca halaman-halaman dalam keempat Injil. Kebingungan mereka disebabkan karena ketidakmengertian mereka yang disebabkan oleh perbedaan budaya antara budaya mereka dengan budaya masyarakat di sekitar Tuhan Yesus dan di zaman para penulis Injil. Bagaimana kita dapat mengerti Injil dan Kisah Para Rasul?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
MEMAHAMI INJIL-INJIL DAN KISAH PARA RASUL

oleh: Prof. Joel B. Green, Ph.D.

Penerbit: Persekutuan Pembaca Alkitab, Jakarta, 2005

Penerjemah: James C. Pantou



Di bagian awal bukunya, Dr. Joel B. Green menjelaskan beberapa problematika dalam memahami Injil dan Kisah Para Rasul, salah satunya karena adanya perbedaan budaya antara budaya pembaca modern dengan budaya sekitar Tuhan Yesus dan budaya di sekitar para penulis Injil. Problematika itu dapat diatasi dengan pertama, mengerti Injil sebagai satu berita Injil yaitu pribadi, perkataan, dan tindakan Tuhan Yesus di dalam 4 cara penceritaan dan kedua, mengerti sejarah di mana Tuhan Yesus hidup waktu itu, yaitu konteks sejarah Israel pada waktu Kristus hidup, 4 macam golongan Yahudi, dll. Dari pengantar ini, Dr. Green membawa kita untuk mengerti hakikat dari Injil, yaitu: Injil sebagai Kabar Baik, Sejarah, dan Theologi. Dari ketiga bagian ini, beliau menggabungkan jenis literatur dan isi dari keempat Injil sebagai berita, sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan, dan theologi yang berpusat pada Kristus. Hakikat Injil mengarahkan kita untuk memahami berita Injil di mana Injil sebagai suatu cerita. Bagaimana memahami Injil sebagai cerita? Di bab 8, Dr. Green menjelaskan beberapa prinsip memahami cerita dalam Injil, salah satunya dengan memperlakukannya sebagai narasi dan jangan dialegorikan. Selain cerita, Injil juga berisi perkataan-perkataan Kristus berupa perumpamaan, hiperbola, ironi, dll. Khusus tentang perumpamaan, di bab 10, Dr. Green menjelaskan tentang perumpamaan-perumpamaan dalam pengajaran Kristus dan cara kita menafsirkan perumpamaan tersebut bagi pembaca modern. Akhirnya, Dr. Green menutup pembahasan seluruhnya dengan menghadirkan inti berita Injil yaitu Kerajaan Allah yang dimengerti suatu kondisi di mana Allah bertakhta dan itu diwujudkan melalui umat-Nya yaitu gereja-Nya. Biarlah buku ini dapat menolong kita mengerti Injil dan Kisah Para Rasul, lalu menafsirkannya dengan tepat.



Profil Prof. Dr. Joel B. Green:
Prof. Joel B. Green, Ph.D. adalah Associate Dean for the Center for Advanced Theological Studies dan Profesor Tafsir Perjanjian Baru di Fuller Theological Seminary, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Science (B.S.) di Texas Tech University; Master of Theology (M.Th.) di Perkins School of Theology; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) di University of Aberdeen, U.K.

No comments: