19 March 2010

Resensi Buku-94: PEMULIHAN CIPTAAN (Prof. Albert M. Wolters, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
PEMULIHAN CIPTAAN
(Creation Regained)


oleh: Prof. Albert M. Wolters, Ph.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature, 2009

Penerjemah: Pdt. Dr. Ichwei Gusti Indra





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Secara sadar maupun tidak sadar, setiap manusia memiliki cara pandang terhadap sesuatu hal. Cara pandang itu bisa beraneka ragam. Ada yang berpusat kepada Allah dan ada yang berpusat kepada manusia. Perbedaan di antara keduanya bertolak belakang. Jika cara pandang yang berpusat kepada manusia memusatkan segala sesuatunya pada diri manusia dan kehebatannya, maka cara pandang yang berpusat kepada Allah memusatkan segala sesuatu pada kedaulatan Allah. Lalu, sebagai orang Kristen, mana yang harus kita pilih? Dengan bahasa yang mudah dimengerti dan analisis yang cukup tajam, Prof. Albert M. Wolters, Ph.D. membawa kita ke dalam pengertian menyeluruh tentang cara pandang Kristen yang berpusat pada Allah. Cara pandang ini adalah cara pandang reformasional yang didasarkan pada theologi Reformed yang percaya pada kedaulatan Allah. Pada bab awal dalam buku ini, Dr. Wolters menjelaskan terlebih dahulu apa itu wawasan dunia. Kemudian, 3 bab selanjutnya, beliau membawa kita untuk melihat segala sesuatu pada tiga tingkatan: Penciptaan, Kejatuhan (Dosa), dan Penebusan. Dr. Wolters menyebut tingkatan pertama sebagai struktur ciptaan dan tingkatan kedua dan ketiga sebagai arah ciptaan. Tiga bab penjelasan ini diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari yaitu: reformasi/pembaruan sosial. Pembaruan sosial berarti wawasan dunia reformasional ini memperbaharui tatatan sosial yang kacau akibat dosa. Pembaruan pribadi berarti aspek-aspek pribadi diperbarui, misalnya menyangkut: agresi, karunia-karunia Roh, seksualitas, dan tari-tarian. Di dalam buku yang baru dicetak ulang pada tahun 2005 (edisi aslinya), diselipkan catatan tambahan yang berjudul Wawasan Dunia Antara Kisah dan Misi yang ditulis oleh Prof. Michael W. Goheen, Ph.D. dan Dr. Albert M. Wolters sebagai suatu penjelasan bahwa wawasan dunia bukan hanya sekadar segudang teori abstrak, namun juga sebagai panggilan misi untuk memberitakan Firman Tuhan di tengah zaman yang rusak dan kacau ini. Biarlah buku ini menjadi berkat dan mencerahkan hati dan pikiran kita tentang pentingnya memiliki cara pandang Kristen yang berpusat kepada Allah di dalam melihat segala sesuatu, sehingga kita tidak mudah ditipu dan diterpa oleh arus krisis zaman.




Rekomendasi:
“Pernyataan terbaik yang saya ketahui tentang wawasan dunia Kristen ‘reformasional.’ Ditulis dengan jelas, menggunakan berbagai analogi dan ilustrasi yang membantu pemahaman dan dengan nada yang bersahabat.”
Prof. Nicholas Wolterstorff, Ph.D.
(Professor of Church History and the History of Christian Thought dan Direktur dari the Carl F. H. Henry Center for Theological Understanding di Trinity Evangelical Divinity School; Bachelor of Arts—B.A. dalam bidang Sejarah dari Wheaton College, U.S.A.; Master of Arts—M.A. dalam bidang the History of Christian Thought dari Trinity Evangelical Divinity School; Master of Arts in Religion—M.A.R. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Vanderbilt University)

“Menerjemahkan pemahaman-pemahaman dan kategori-kategori inti tradisi neo-Calvinis ke dalam bahasa yang segar dan nonteknis, dan menjelaskannya dengan ilustrasi dan gambaran yang membantu…. Sangat direkomendasikan bagi semua orang yang menginginkan pengantar yang renyah pada wawasan dunia Kristen secara umum, atau tradisi neo-Calvinis secara khusus.”
Christian Scholar’s Review

“Istimewa…. Layak mendapatkan pembacaan yang luas bukan hanya dalam konteks akademis di antara pengajar, pengkhotbah, dan mahasiswa, tetapi juga di antara kelompok orang-orang percaya yang lebih luas, yang tertarik dengan isu-isu seputar wawasan dunia, theologi, dan filsafat Kristen.”
Calvin Theological Journal






Profil Dr. Albert M. Wolters:
Prof. Albert M. Wolters, Ph.D. yang lahir di Belanda tahun 1942 adalah Profesor Agama dan Theologi, dan Studi Naskah Kuno di
Redeemer University College, Ancaster, Ontario, Kanada. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) di Calvin College, U.S.A. dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) di Free University, Amsterdam, Belanda. Beliau pernah menjadi Anggota Senior dalam bidang Sejarah Filsafat di the Institute for Christian Studies, Toronto, Kanada.

Prof. Michael W. Goheen, Ph.D. adalah Profesor dalam bidang Worldview dan Religious Studies di Trinity Western University, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi B.A. di Florida Atlantic University, Boca Raton, Florida, U.S.A.; Master of Arts (M.A.) di Westminster Theological Seminary, Philadelphia, U.S.A.; dan Ph.D. di University of Utrecht, Belanda.

No comments: