05 November 2009

Roma 16:14-15: SALAM KEPADA SAUDARA SEIMAN-7

Seri Eksposisi Surat Roma:
Penutup-13


Salam Kepada Saudara Seiman-7

oleh: Denny Teguh Sutandio



Nats: Roma 16:14-15



Setelah kita membahas sosok Rufus, maka Paulus memberikan salam kepada orang lain di ayat 14-15. Beberapa tafsiran tidak membahas detail sosok orang-orang di dalam dua ayat tersebut. Tetapi beberapa tafsiran membahasnya. Siapa saja mereka itu?

Pertama, Asinkritus (Asunkriton). Menurut Dr. John Gill di dalam tafsirannya John Gill’s Exposition of the Entire Bible, nama ini adalah nama Yunani. Menurut Robertson’s Word Pictures (RWP), dia adalah budak Kaisar Augustus yang telah dibebaskan. Setelah dibebaskan, Dr. Gill memaparkan bahwa dia menjadi salah satu dari ke-70 murid Kristus (Luk. 10:1) dan menjadi bishop (uskup) di Hyrcania.

Kedua, Flegon (Phlegonta). Dr. John Gill juga menyebut Flegon sebagai salah satu dari ke-70 murid Kristus di Lukas 10:1 dan menjadi Uskup di Marathon.

Ketiga, Hermes (Hermēn). King James Version (KJV) menerjemahkannya Hermas. New International Version (NIV) menerjemahkannya Hermes. RWP menafsirkan bahwa Hermes adalah nama umum dari seorang budak pada zaman itu. Menurut Dr. Gill, nama ini adalah nama salah satu dewa Yunani di Listra (Kis. 14:12). Dr. Gill juga menjelaskan bahwa Hermes juga salah seorang dari ke-70 murid Kristus tersebut dan menjadi Uskup di Dalmatia.

Keempat, Patrobas (Patroban). RWP menafsirkan bahwa Patrobas adalah singkatan dari Patrobius dan budak Kaisar Nero yang dilepaskan. Patrobas, menurut Dr. John Gill, juga termasuk salah satu dari ke-70 murid Kristus. Dr. John Gill menafsirkan bahwa nama ini adalah nama Roma yang disusun dari dua kata: πατηρ (Yunani) atau Pater (Latin) dan kata Syria אבא (Abba). Dr. Gill mengatakan bahwa mungkin Patrobas adalah seorang Yahudi yang kemudian menjadi Uskup di Puteoli.

Kelima, Hermas (Hermān). KJV menerjemahkannya Hermes. NIV menerjemahkannya Hermas. Nama Hermes dan Hermas dalam terjemahan Indonesia dan NIV terbalik dengan terjemahan KJV dan yang paling benar adalah terjemahan Indonesia dan NIV karena hal tersebut sesuai dengan teks Yunaninya. RWP menafsirkan bahwa Hermas juga adalah nama umum seorang budak pada waktu itu dan nama ini kepanjangan dari Hermagoras, Hermogenes, dll. Dr. Gill menafsirkan bahwa mungkin sekali Hermas ini adalah Uskup di Philippi atau Aquileia, saudara Paus Pius Pertama, dan penulis buku Pastor atau Shepherd (The People’s New Testament: “The Shepherd of Hermas”), yang dikutip oleh banyak orang kuno.

Keenam, saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Saudara-saudara di sini, menurut Dr. Gill, bukan dimengerti secara jasmaniah, tetapi secara rohaniah/spiritual. RWP menafsirkan bahwa mungkin sekali ini menunjuk kepada gereja kecil di sana.

Ketujuh, Filologus (Philologon). RWP menafsirkan bahwa Filologus adalah nama budak yang umum. Dr. Gill menjelaskan bahwa nama ini adalah nama Yunani yang berarti a lover of learning (=pecinta pengetahuan). Filologus juga dianggap sebagai salah satu dari ke-70 murid Kristen dan menjadi Uskup di Sinope.

Kedelapan, Yulia (Ioulian). RWP menafsirkan bahwa Yulia adalah nama budak perempuan yang paling umum yang mengurusi rumah tangga kekaisaran pada zaman Julius Caesar. Baik RWP dan Dr. Gill sama-sama menafsirkan bahwa kemungkinan Yulia (atau Yunia) adalah istri dari Filologus.

Kesembilan, Nereus (Nērea) dan saudara perempuannya. Dr. Gill menafsirkannya bahwa nama ini artinya kekuatan (strength).

Kesepuluh, “Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.” Olimpas (Olumpān) adalah singkatan dari Olympiodorus. Dr. Gill menafsirkan bahwa Olimpas sama dengan Olimpus yang adalah salah satu dari ke-70 murid Kristus dan menjadi seorang martir di Roma. Semua orang kudus di sini sama dengan yang dimaksud Paulus dengan “saudara-saudara” di ayat 14. Berarti saudara-saudara rohani di dalam Kristus juga adalah orang-orang kudus (bdk. 1Ptr. 1:2)


Dari salam kepada 10 orang ini, kita mendapatkan penjelasan bahwa Paulus adalah sosok rasul Kristus yang mengenal semua murid Kristus termasuk pekerjaan mereka yang dahulu, dan tidak lupa memberikan salam kepada mereka semua. Ada kasih yang hangat di dalam diri Paulus bagi mereka semua, entah itu pria maupun wanita. Mereka disebut sebagai orang-orang kudus.


Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita sebagai pengikut Kristus juga mengenal saudara seiman kita dan bersekutu dengan mereka serta saling bertumbuh di dalam pengenalan akan Kristus? Biarlah dua ayat ini memberikan informasi sekaligus teladan bagi kita dari Paulus. Amin. Soli Deo Gloria.

2 comments:

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonymous said...

Sale brand cialis Online zofran Now maxolon Order eurax Drug coumadin 10mg lexapro