15 November 2009

Resensi Buku-83: KARIER: Panggilan atau Pilihan? (Prof. Lee Hardy, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
THE FABRIC OF THIS WORLD
(KARIER: Panggilan atau Pilihan?)


oleh: Prof. Lee Hardy, Ph.D.

Penerbit: Yayasan Pancar Pijar Alkitab, 2009

Penerjemah: Ev. Paul Santoso Hidayat, M.Th.





Deskripsi dari Denny Teguh Sutandio:
Dunia berdosa mengajar kita untuk memisahkan hal religius dengan hal “sekuler”. Hal religius berurusan dengan hal pribadi dan tidak boleh bersentuhan dengan hal-hal “sekuler.” Tidak heran muncul suatu pernyataan dari seorang dosen “Kristen” yaitu, “Agama dan sains tidak ada hubungannya.” Filsafat dualisme yang diimpor dari Plato ini sudah, sedang, dan terus akan meracuni Kekristenan. Dan akibatnya Kekristenan pelan namun pasti akan merosot menjadi salah satu agama yang tidak ada bedanya dengan agama lain yang humanis atheis. Benarkah hal religius dan “sekuler” tidak ada hubungannya? Jika “benar”, maka sungguh sangat disayangkan orang yang berkata demikian, karena orang ini meskipun beragama ternyata pada “Allah” yang terkotak pada urusan agama/rohani dan tidak pada urusan politik, pendidikan, dll. Konsep ini jelas DITENTANG oleh Alkitab, karena Alkitab TIDAK mengajar pemisahan dua hal tersebut. Tuhan Yesus mengajar kita untuk menjadi garam dan terang dunia (Mat. 5:13-16). Dengan kata lain, Ia mengajar kita untuk menjadi berkat dan pembawa terang kebenaran dan kasih Kristus ke tengah dunia berdosa. Bagaimana caranya? Dengan cara menjalankan mandat budaya, yaitu menebus budaya kita yang berdosa ini dan menaklukkannya di bawah Kristus sebagai Pusat Kebenaran.

Salah satu cara menjalankan mandat budaya ini adalah dengan mengintegrasikan Kekristenan dengan semua bidang kehidupan, termasuk pekerjaan/karier. Kekristenan yang beres yang bersumber dari Alkitab mengajar kita bahwa Allah memanggil kita bukan hanya menjadi umat pilihan-Nya, tetapi juga menjadi berkat bagi sesama melalui talenta yang Ia anugerahkan kepada kita. Oleh karena itulah, kita bisa menjadi berkat bagi sesama melalui talenta kita yaitu melalui karier kita. Melalui pekerjaan kita, Tuhan memanggil kita untuk memuliakan-Nya. Itulah tesis dari Prof. Lee Hardy, Ph.D. di dalam bukunya KARIER: Panggilan atau Pilihan? Melalui tesis ini, Dr. Hardy menguraikan tentang karier ini ke dalam dua hal: konsep dan aplikasi. Secara konsep, Dr. Hardy memaparkan sejarah dari orang-orang zaman dahulu memandang karier dan sejarah para reformator gereja memandang karier. Secara aplikasi, Dr. Hardy memaparkan bagaimana orang Kristen menggenapkan panggilan Allah di dalam kerja: memilih jenis pekerjaan, tempat kerja, dll. Kemudian di bab terakhir (Bab 4), Dr. Hardy memaparkan beragam teori manajemen dan tinjauan kritisnya. Di akhir buku ini, ditambahkan Diskusi untuk mereview buku ini dari Bab 1 s/d 4 sebagai bahan refleksi bagi kita. Biarlah buku ini boleh menyadarkan dan mencerahkan kita bahwa karier pun ada di dalam pemeliharaan dan panggilan Allah bagi kita sebagai umat-Nya.






Profil Dr. Lee Hardy:
Prof. Lee Hardy, Ph.D. adalah Adjunct Professor of Philosophical Theology di Calvin Theological Seminary, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) di Trinity Christian College pada tahun 1976; Master of Arts (M.A.) di Dusquesne University pada tahun 1979; M.A. di University of Pittsburgh pada tahun 1981; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) di Dusquesne University pada tahun 1987. Bukunya yang pertama ini (The Fabric of This World) diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan Mandarin. Beliau menikah dengan Judy dan mereka memiliki 4 anak. Lee dan keluarganya adalah anggota Eastern Avenue Christian Reformed Church di Grand Rapids, Michigan, U.S.A.

No comments: