27 September 2007

Resensi Buku-23 : ALKITAB DAN AKHIR ZAMAN (Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
THE BIBLE AND THE FUTURE
(Alkitab dan Akhir Zaman)

oleh : Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2004

Penerjemah : Ev. Kalvin S. Budiman.





Buku ini merupakan suatu studi mengenai eskatologi Alkitab, yaitu pengajaran Alkitab mengenai akhir zaman. Berdasarkan tesis bahwa eskatologi adalah realitas yang meliputi baik masa kini maupun masa yang akan datang, penulis membagi buku ini menjadi dua bagian besar.

Bagian Pertama. Eskatologi yang telah ditegakkan (Inaugurated Eschatology), berkenaan dengan berkat-berkat eskatologis yang sekarang telah dinikmati oleh komunitas umat tebusan. Bagian Kedua. Eskatologi yang akan datang (Future Eschatology), membahas topik-topik seperti keberadaan orang percaya di masa antara kematian dan kebangkitan, tanda-tanda zaman, kedatangan Kristus yang kedua kalinya, milenium (kerajaan seribu tahun), kebangkitan tubuh, penghakiman terakhir dan bumi yang baru.

Dalam buku ini, penulis menguraikan keempat pandangan utama konsep milenium : pandangan postmilenialisme, premilenialisme historis, premilenialisme dispensasi, dan amilenialisme. Ayat-ayat Alkitab yang berkaitan dieksegesis oleh penulis secara teliti. Ini merupakan suatu studi yang mendalam mengenai akhir zaman. Buku ini akan menghidupkan kembali pengharapan Kristen dalam diri umat Allah.

Buku ini mendapat rekomendasi dari Dr. Herman N. Ridderbos.





Profil Dr. Anthony A. Hoekema :
Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D. (1913-1988) adalah seorang theolog Kristen yang melayani sebagai profesor Theologia Sistematika di Calvin Theological Seminary selama 21 tahun.
Hoekema lahir di Belanda tetapi berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1923. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Calvin College, Master of Arts (M.A.) dari University of Michigan, Bachelor of Theology (Th.B.) dari Calvin Theological Seminary dan Doctor of Theology (Th.D.) dari Princeton Theological Seminary pada tahun 1953. Setelah menggembalakan beberapa gereja-gereja Kristen Reformed (1944-1956), beliau menjadi Associate Professor of Bible di Calvin College (1956-58). Dari tahun 1958 sampai dengan 1979, ketika pensiun, beliau adalah Profesor Theologia Sistematika di Calvin Theological Seminary di Grand Rapids, Michigan.

Beliau menulis beberapa buku yang terkenal, antara lain :
· The Four Major Cults: Christian Science, Jehovah's Witnesses, Mormonism, Seventh-Day Adventism (1963)
· What about Tongue-Speaking? (1966)
· Holy Spirit Baptism (1972)
· The Bible and the Future (1979)

Di Indonesia, buku dari Dr. Hoekema yang telah diterjemahkan, antara lain : Alkitab dan Akhir Zaman ; Manusia : Ciptaan Menurut Gambar Allah (diterjemahkan dari Created in God’s Image) ; dan Diselamatkan Oleh Anugerah (diterjemahkan dari Saved by Grace)

8 comments:

troublemaker be said...

yang agama palsu itu justru agama non-kristen. Buktinya, kitab suci agama kristen tidak bisa menunjukkan dengan jelas arahan tentang dunia masa lampau, kini dan mendatang.

beda dngan Al-Qur'an yang bisa mengungkapkan sisi dunia dalam berbagai pandangan, dari sudut terdahulu, sekarang ataupun besok.

Meskipun misalnya kita tidak tahu arti dari sebagian ayat Al-Qur'an, misalnya Yaa Sin (belum bisa diartikan), itu karena kalimat Yaa Sin bukanlah untuk dunia masa sekarang, tapi untuk masa mendatang.

Bukti bahwa Al-Qur'an adalah sumber dari segala sumber untuk dunia pada waktu saat ini adalah:

- AQ (Singkatan Al-Qur'an) meramalkan kalau masa mndatang ada barang yang orang bisa mengulang suaranya sendiri sama persis (tape recorder)

- AQ meramalkan kalau kiamat tidaklah dekat kalau blum ada orang yang bisa berbicara dengan gagang cambuknya (telepon)

- AQ meramalkan kalau belum akan ada kiamat sebelum kita bisa menempuh jarak jauh dengan waktu singkat (pesawat)

- AQ meramalkan kalau belum akan ada kiamat sebelum orang bisa berbicara dan terdengar di seluruh penjuru dunia (televisi)

dll.

padahal AQ diturunkan Allah, Tuhan Esa Semesta alam sudah skitar 17 abad lebih dan tidak akan ada perubahan didalmnya. Tidak akan mungkin ada orang yang mengubah Al-Qur'an. Allah akan menjaganya sampai kapanpun.

Lalu, mana ramalan-ramalan AlKitab anda, Al-Kitab bukanlah kita asli anda kan, dan Jessus tidak pernah disalib. Kenapa sewaktu dia disalib kok sedih, kok nggak bangga, padahal dia ditugaskan untuk menbus dosa. Sebetulnya dia harus tersenyum demi umatnya, tetapi mengapa dia ngeyel nangis terus? hah?

Denny Teguh Sutandio, S.S. said...

Dasar orang Islam selalu jadi "troublemaker", persis spt namanya, cucok banget gitu loch, he3...

BTW, apa di Qur'an juga ada "nubuatan" ttg HP, CDMA, HP 3G, Sony Ericsson, Nokia, Samsung, mobil Mercedez Benz, Yamaha Jupiter X, pesawat Boeing 747, dll ???

Mengapa Yesus disalib tdk bangga ? Itu membuktikan DIA juga bernatur manusia (selain bernatur Allah) yg juga bisa sedih. Problematika ini tdk bisa dibahas sesederhana ini, hanya bisa jika org tsb menerima Kristus (mjd Kristen). Karena org bukan Kristen MUSTAHIL mengerti problematika paradoks (apalagi org Islam yg gebleknya amit2). Paradoks TIDAK mungkin dimengerti oleh Islam, Budha, Hindu, dll, karena mereka tdk pernah mengerti realita ini, hanya di dalam keKristenan, istilah paradoks dapat dimengerti. Camkan hal ini. Jangan tulis komentar2 Anda yg tdk bertanggungjawab di blogspot saya, SANGAT AMAT MENGGANGGU dan TIDAK BERMUTU SEDIKIT PUN, malahan saya mau TERTAWA membaca komentar Anda yg goblok itu !

troublebreaker of the lies of Christ said...

kalau anda berkata seperti begitu. Ok, that is ok. Tetapi, jawab pertanyaan ini :

- Yesus tidak pernah sembahyang di Gereja, mereka sembahyang di rumah. Bagaimana bisa ada gereja ?

- Yesus tidak pernah merayakan natal

- Yesus disunat? untuk apa tuhan disunat? tuhan kok sunat

- Agama buatan Yesus adalah Nasrani, sedangkan kristen adalah buatan Paulus

- "Allah itu HUA, HUA itu Esa adanya" jelas mengatakan kalau ALLAH itu ESA

- "... dan tidaklah Aku diutus bagi yang lain kecuali untuk domba tersesat Bani Israel" jelas yesus itu diutus, masak tuhan mengutus tuhan. tuhan kok diutus? berarti yesus sama seperti kita, manusia. Lalu, jelas yesus mengatakan hanya untuk Bani Israel, tidak untuk seluruh dunia. Mengapa anda kok kristen?

- Yesus dilantik oleh kaisar Konstantin di Roma. Tuhan dilantik? hahaha, ngekek aku.

- Yesus pernah mengutuk sebuah pohon yang tak berbuah. Ngapain tuhan kok ngutuk, sebaiknya tuhan ya sebisanya malah membaguskan/mengindahkan pohon tersebut agar berbuah. Lagian, kenapa tuhan kok lapar?

- yesus tidak pernah makan babi

- yesus itu lemah, dia tidak bisa berbuat apa-apa di tiang salib. seakan-akan lebih kuat manusia dari pada tuhan.

- yesus diperanakkan oleh Maria. yesus dilahirkan oleh manusia? berarti penciptaannya dahulu manusia donk? seharusnya tuhan tidak bisa apa-apa dibanding manusia kalo gitu? kok gak sekalian kucing ngelahirin yesus?

itu bukti bahwa yesus manusia biasa. agama kristen adalah agama palsu, sesat. Allahuakbar, Allah maha ESA. Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah.

Sekarang coba anda cari kelemahan al-Qur'an. Dasar orang kristen petok, nggak tahu kepalsuan agamanya, agama bodoh, kelak islam-lah yang menang. keadaan seperti ini pernah dijelaskan alQur'an, pokoknya garis besarnya begini 'nanti itu setelah aku meninggal, islam akan berjaya, setelah itu islam tidak akan berjaya dan lama-lama Islam akan berjaya kembali'

bukti bahwa islam mulai berjaya adalah, umat Kristen Anglikan di Inggris lebih sedikit dari umat Islam di Inggris. dan banyaknya profesor2x yang dengan kesadaran sendiri masuk agama Islam. Puas? orang kristen bodoh?

"SELAMAT NATAL, YANG SESUNGGUHNYA PERAYAAN NATAL ITU ADALAH PERAYAAN YANG DIKARANG OLEH PAUS, AGAR ORANG ROMAWI BISA MENERIMA AGAMA KRISTEN"

troublebreaker of the lies of Christ said...

Kontradiksi ayat Kristen:

* Matius 1:11 Yosia memperanakkan Yekhonya pada waktu peristiwa Pembuangan ke Babylonia oleh Raja Nebukadnezar; kontradiksi dengan;

* 2 Raja-raja 23:29-37 s.d 24:1-14 Yosia tewas ditangan Fir'aun ketika 11,5 tahun sebelum Peristiwa Pembuangan ke Babylonia. Mayat Yosia akhirnya dikubur di Yerusalem.

Hitungan 11,5 tahun berasal dari penjumlahan masa pemerintahan raja-raja pengganti Yosia hingga peristiwa Pembuangan Babylonia yaitu : 3 bulan masa pemerintahan Yoahas bin Yosia (2 Raja-raja 23:31) ditambah 11 tahun masa pemerintahan Yoyakim/Elyakim bin Yosia (2 Raja-raja 23:36) ditambah 3 bulan masa pemerintahan Yoyakhin bin Yoyakim bin Yosia (2 Raja-raja 24:8). Yoyakhin, cucu dari Yosia, inilah yang mengalami masa pembuangan ke Babylonia. COBA ANDA PIKIRKAN SEKALI LAGI.

Jadi kontradiksi! Yosia tidak mungkin bisa memperanakkan Yekhonya di Babylonia, sebab ia sudah menjadi tengkorak selama 11,5 tahun lamanya di kuburan Yerusalem pada waktu bani Israel dibuang ke Babylonia.

Seandainya umat Kristen bersikeras tidak memandang hal ini sebagai kontradiksi, artinya Anda hendak menyatakan bahwa tengkorak Yosia bangkit dari kuburannya di Yerusalem lalu berjalan lebih dari 1700 kilometer ke Babylonia untuk mengawini perempuan di Babylonia sehingga beroleh anak di Babylonia Atau jika tengkorak Yosia melewati daerah subur, yaitu dari Yerusalem ke Babylobia via Haran lalu menyusuri Sungai Eufrat maka mayat (tengkorak) Yosia perlu menempuh perjalanan sepanjang lebih dari 2400 kilometer untuk mengawini perempuan sehingga beroleh anak?

SEHINGGA MEREKA LANGSUNG MENGUBAH AYAT SUCI MEREKA SENDIRI, ORANG KRISTEN GOBLOG :

Fakta Pendeta Kristen ngedit Injil
Ibarat tikus gereja yang lolos dari pengamatan kita, itulah perumpamaan yang pantas untuk Pendeta Kristen yang setelah mengetahui kebobrokan Injil Matius, mereka dengan secepat kilat mengedit Injil Matius, yang sebelumnya adalah..

"Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel." (Matius 7:11 Alkitab edisi TB online)

menjadi:

"...Yosia, Yekhonya dan saudara-saudaranya." (Matius 1:7-11 Alkitab edisi BIS online)

"...Josiah, and Jehoiachin and his brothers." (Matius 1:6-11 Alkitab edisi CEV online)

Perhatikan, mereka menghapus kalimat "pada waktu dibuang ke Babylonia/Babel". Untuk mengelabui jemaat Gereja dan kritikus Bible, pendeta Kristen menggabungkan ayat 7-11 menjadi ayat 7 untuk Alkitab edisi BIS dan menggabungkan ayat 6-11 menjadi ayat 6 untuk Alkitab edisi CEV).

Mungkin pendeta Kristen berharap dengan merger beberapa ayat menjadi 1 ayat, para pembaca akan lengah mengetahui bahwa ada kalimat yang telah dihapus oleh Gereja.

bagaimana mungkin tengkorak bangkit dari kuburnya lalu berjalan ribuan kilometer hanya untuk kawin Jika mereka percaya bahwa memang demikian adanya, lalu mengapa pendeta Kristen mengedit Injil Matius Apakah ini adalah perintah dari Roh Kudus untuk segera mengedit Injil?

Anonymous said...

* 1 Tawarikh 3:19-20 Zerubabel memperanakkan Mesulam, Hananya, Selomit, Hasuba, Ohel, Berekhya, Hasaja, Yusab-Hesed.
* Matius menyatakan Zerubabel memperanakkan Abihud, padahal tidak ada nama Abihud dalam daftar yang diperanakkan oleh Zerubabel di kitab 1 Tawarikh 3:19-20.
* Lukas menyatakan Resa anak Zerubabel, padahal tidak ada nama Resa dalam daftar anak maupun keturunan dari Zerubabel di kitab 1 Tawarikh 3:19-20.


Catatan:
Disini umat Kristen tidak bisa mengelak bahwa Matius dan Tawarikh saling menyangkal.

Matius mengatakan dalam bahasa Yunani: ζοροβαβελ (ZOROBABEL) δε (DE) εγεννησεν (GENNAO) τον (TOU) αβιουδ (ABIOUD)

Gennao artinya memperanakkan. Zerubabel memperanakkan Abihud artinya Zerubabel adalah ayah kandung dari Abihud. Pernyataan ini sama dengan Abraham memperanakkan Ishak artinya Abraham adalah ayah kandung dari Ishak, bukan Abraham nenek moyang dari Ishak.

Jadi, orang Kristen yang masih memiliki otak sehat, tidak bisa berkelit terhadap kata Yunani yang begitu jelas yaitu "GENNAO" (memperanakkan).

emboh said...

bisa nggak njawab pertanyaan gua kalau memang elo itu bisa. ayo tunjukkan. tadi cuman bisa mencela, eh sekarang kelabakan sendiri gak bisa menjawab.

klo lu bsa menjawab berbagai prtanyaan gw diatas, aku mau ikut agma elo.

suer dech

ayo, jawab p'tanyaan gw. cpetan, pertanyaan udah umur 1 blan g dijawab-jawab. tolol!

Denny Teguh Sutandio said...

Menjawab orang yg bertanya dgn motivasi yg tdk tulus adalah suatu pemborosan waktu yang tidak penting!

Yesus tdk merayakan Natal? Yesus beribadah di rumah, bkn di gereja? dll adalah pertanyaan tdk penting yg dipertanyakan oleh org yg suka buat masalah (trouble maker). Trouble maker tuh enaknya diserahin ke polisi, ditangkap, dipenjara, dan BERTOBAT!

Menjawab pertanyaan? Apa harus? Apa kalo sy menjawab pertanyaan Anda, berarti Anda mau ikut agama sy? Nothing. Kekristenan bukan urusan debat logika, ttp urusan iman. Seseorang jd Kristen/percaya kpd Kristus adalah ANUGERAH ALLAH, bkn karena jasa baik mns, dgn adu logika. So, sy tdk akan menjawab pertanyaan Anda. Coba cari sendiri buku2 Kristen yg bertanggung jawab. Bacalah semua buku tafsiran Alkitab yg beres kalau Anda ingin mengenal Kekristenan!

Denny Teguh Sutandio said...

Anda mencari kontradiksi di dlm Alkitab, silahkan cari sebanyak-banyaknya. Semakin Anda mencari, semakin membuktikan Anda sebenarnya tdk mengerti Alkitab. Jangan katakan kepada sy ttg bhs Yunani dan Ibrani, karena meskipun Alkitab ditulis dlm 2 bhs itu, ttp msh ada hal2 lain yg perlu diperhatikan di dlm menafsirkan Alkitab, misalnya memerhatikan latar belakang, perbandingan terjemahan, konteks, dll. Nah, Anda tdk mengerti konteks, latar belakang, dll, lalu Anda berani bercuap bhw Alkitab berkontradiksi, luar biasa sembrono! Memang Anda pernah studi theologi di Jerman atau Inggris atau di luar negeri?

Kedua, paling logis: agama non-Kristen? Justru yg gak logis tuh agama non-Kristen. Sy tdk akan membahas hal ini, terlalu panjang. Cek, pd kesempatan puasa ini saja, ada pengubahan moralitas dr org yg menjalankan puasa???? TIDAK! Justru tambah rusak! Ada trek-trekan, kebut-kebutan pd pagi hari di daerah Surabaya Barat (daerah Graha Famili) di wkt puasa ginian, kl kesempatan lain, TIDAK ADA! Lihat saja mrk yg berpuasa dan ciumlah bau mulutnya, BAU! (tdk sikat gigi, krn kalau sikat gigi, airnya masuk ke mulut, batal tuh puasanya). Padahal Tuhan Yesus yg Anda hina2 itu mengajar bhw kalau umat Tuhan berpuasa, org lain jangan melihat kita sedang berpuasa, bersihkan muka spy tdk kelihatan berpuasa. Tujuannya spy tdk dilihat org, ttp hny dilihat Tuhan. Ini masalah motivasi!