22 June 2014

Resensi Buku-273: PELITA PERJANJIAN YANG TAK TERPADAMKAN (Pdt. Abraham Park, D.Min., D.D.)


Alkitab sebagai firman Allah merupakan satu-satunya kitab suci yang memiliki benang merah historis yang saling terkait. Perjanjian Lama menubuatkan Kristus dan karya keselamatan-Nya yang akan digenapi dalam Perjanjian Baru. Bagaimana kita mengerti benang merah tersebut?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
PELITA PERJANJIAN YANG TAK TERPADAMKAN:
Silsilah Yesus Kristus (I), Abraham-Daud

oleh: Pdt. Abraham Park, D.Min., D.D.

Penerbit:
Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Jakarta bekerja sama dengan
Yayasan Damai Sejahtera Utama, Jakarta, 2012

Penerjemah: Pdt. Youn Doo Hee



Dr. Abraham Park membagi buku yang ditulisnya menjadi 5 bagian. Di bagian 1, Dr. Park menjelaskan pentingnya kita mengenal Allah yang Mahakuasa dan Mahabesar itu mengikatkan kovenan dengan umat-Nya mulai dari Nuh hingga kovenan baru dengan Yeremia dan diakhiri dengan datangnya Yesus Kristus yang menggenapi kovenan kekal itu. Kemudian, di bagian 2, beliau menjelaskan tentang silsilah Yesus Kristus yang terdapat dalam Injil Matius dan Lukas yang merupakan rangkuman khusus silsilah dari Adam hingga lahirnya Kristus dalam 3 fase di mana masing-masing fase terdiri dari 14 generasi. Fase pertama dari 3 fase ini dijelaskan mulai dari bagian 3 s/d 5, di mana di bagian 3, Dr. Park menjelaskan garis besar tokoh-tokoh PL dari Abraham hingga Daud. Di bagian 4, Dr. Park menjelaskan tentang sejarah zaman hakim-hakim dengan menjelaskan latar belakang dan ciri-ciri khusus hakim-hakim yang muncul di Israel, kemudian sejarah para hakim, mulai dari Otniel hingga Simson. Setelah zaman hakim-hakim berakhir yaitu ketika nabi Samuel menjadi nabi, Israel beralih ke sistem pemerintahan kerajaan. Nah, di bagian 5, Dr. Park menjelaskan tentang silsilah 2 raja Israel yang paling berpengaruh yaitu Saul dan Daud. Khusus mulai bagian 3 s/d 5, Dr. Park mengaitkan seluruh sejarah PL kepada penggenapan penebusan dalam Tuhan Yesus Kristus. Fase 2 dan 3 silsilah Yesus Kristus akan dibahas Dr. Park di buku beliau edisi lain. Di bagian kesimpulan, dari seluruh penjelasannya di bagian 1 s/d 5, Dr. Park menyimpulkan bahwa Allah adalah Allah yang berdaulat yang mengikat kovenan dengan umat-Nya. Kovenan itu pasti digenapi dan tidak akan mungkin bisa diputuskan oleh siapa pun. Setelah melihat kaitan PL dan PB, kita melihat betapa dahsyatnya Allah kita yang merencanakan keselamatan dan menggenapinya di dalam Kristus. Tidak ada cacat cela di dalam kovenan-Nya. Biarlah buku best-seller ini dapat menginspirasi kita di dalam memahami karya penebusan Allah di dalam Kristus di dalam PL dan PB dan mendorong kita untuk makin bersyukur atas betapa agung dan dahsyat anugerah, kasih, dan kedaulatan-Nya bagi umat-Nya.



Rekomendasi:
“Buku “Pelita Perjanjian yang Tak Terpadamkan” menjelaskan bahwa penyelamatan umat manusia yang telah direncanakan oleh Allah yang Mahabesar sejak pada mulanya telah tampak di dalam silsilah Yesus Kristus. “Pelita Perjanjian yang Tak Terpadamkan” merupakan penelitian yang berharga yang menerangkan bahwa rencana penyelamatan dari Allah sekarang pun sedang digenapi tanpa berubah.”
Ki-Ho Sung
Mantan Presiden Sungkyul University

“Theologi Pendeta Abraham Park, dalam istilah sederhana, adalah perjanjian dan penebusan. Alkitab adalah sebuah buku perjanjian, dimulai dengan janji mengenai Benih perempuan setelah kejatuhan Adam dan Hawa dalam Kejadian 3:15 sampai pada pemenuhan perjanjian baru dalam Yesus Kristus. Penulis menjelaskan ini secara jelas dalam sejarah kehidupan (melalui silsilah) Yesus Kristus.”
Uskup Kwang-Young Jang
First President of the Bishops Association of the Methodist Church

“Sampai sekarang, tidak seorang ahli theologi maupun gembala-gembala yang pernah mencoba menelusuri ke belakang sejarah Perjanjian Lama melalui penyelenggaraan sejarah penebusan yang terkandung di dalam silsilah Yesus Kristus.”
Dr. Yeong-Su Ye
President of the International Council of Churches and Ministries



Profil Dr. Abraham Park:
Pdt. Abraham Park, D.Min., D.D. yang lahir tanggal 17 Mei 1928 di Sariwon, propinsi Hwang-he, Korea adalah mantan Ketua The General Assembly of the Presbyterian Church of Korea, Hap-dong  Conservative. Beliau menamatkan studi Bachelor of Arts (B.A.) in Biblical Studies di The Presbyterian Generasl Assembly Theological University; B.A. dalam bidang Bisnis dan Ekonomi di Kookmin University; Master of Divinity (M.Div.) di The Presbyterian General Assembly Theological Seminary; dan dianugerahi dua gelar: Doctor of Divinity (D.D.) dari Faith Theological Seminary dan Doctor of Ministry (D.Min.) dari Lael College and Graduate School.

No comments: