03 November 2013

Resensi Buku-242: IS A GOD A MORAL MONSTER? (Prof. Paul Copan, Ph.D.)


Beberapa orang non-Kristen yang tergabung dalam kelompok Atheisme Baru menyerang Kekristenan khususnya berkenaan dengan Perjanjian Lama, misalnya: Allah PL haus akan pujian karena Ia minta dipuji, Allah terlihat sadis karena membunuh manusia melalui perang, dll. Benarkah tuduhan mereka itu?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
IS GOD A MORAL MONSTER?:
Memahami Allah Perjanjian Lama

oleh: Prof. Paul Copan, Ph.D.

Penerbit: Literatur SAAT, Malang, 2012

Penerjemah: Pdt. Timotius Fu, M.Th.



Di bagian awal bukunya, Prof. Paul Copan, Ph.D. menjelaskan siapakah kelompok Atheisme Baru dan apa fitnahan mereka terhadap Allah Perjanjian Lama. Dr. Copan sendiri menyadari bahwa serangan para Atheis Baru ini adalah serangan yang sangat tidak masuk akal dikarenakan keengganan mereka meneliti Alkitab PL, lalu secara gegabah mengambil kesimpulan yang tidak logis. Kemudian, mulai bab 3, dengan bahasa yang mudah dimengerti disertai penyelidikan yang teliti akan kebudayaan Timur Dekat Kuno, Dr. Copan memberi jawaban kepada orang Kristen dan orang-orang yang gemar menyerang Kekristenan bahwa Allah dan hukum-hukum-Nya tidak seperti yang dikarikaturkan oleh para kelompok Atheisme Baru. Isi utama dari buku ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian 1 menjawab pertanyaan: apakah Allah disebut Tuan yang penuh rahmat atau monster moral? Bagian ini membahas pertanyaan, benarkah Allah itu sombong karena haus akan pujian? Bagaimana dengan kekerasan fisik dan cara Allah yang menyuruh Abraham yang menyerahkan Ishak untuk dikorbankan? Kemudian di bagian 2, Dr. Copan membahas seluk-beluk kehidupan di dunia Timur Dekat Kuno dan Israel mulai dari cara mengerti PL di zaman sekarang, prinsip hukum halal vs haram, prinsip tentang hukuman, misoginistik (kebencian kepada kaum perempuan)—kebudayaan Israel yang patriarkhal seolah-olah merendahkan kaum perempuan, uang mahar, poligami, perbudakan, dan pembunuhan massal (perang yang diperintahkan Allah). Bagian ini diakhiri dengan penjelasan Dr. Copan terhadap pertanyaan: benarkah agama yang menciptakan kekerasan? Bagian terakhir dari isi utama buku ini membahas apologetika terhadap prinsip moralitas. Banyak kaum atheis menyatakan bahwa moralitas itu bisa ada tanpa Allah, lalu mereka menuduh Kekristenan sebagai pencipta kekerasan karena mereka menganggap perang di PL sebagai legitimasi bagi Perang Salib dan beberapa pertikaian di dalam Kekristenan. Dengan nada apologetika dan tantangan, Dr. Copan menjawab tantangan tersebut dengan menjawab pernyataan tersebut sambil menunjukkan bahwa banyak kaum atheis yang tidak jujur mengakui bahwa di dalam sejarah, Kekristenan telah banyak bersumbangsih baik dalam dunia moral, musik, kesehatan, politik (demokrasi), dll. Biarlah melalui buku ini, kita sebagai orang Kristen lebih mengerti studi PL secara mendalam dan aplikasinya sebagai bahan apologetika bagi kaum Atheisme Baru yang menyerang Kekristenan.



Endorsement:
“Buku seperti inilah yang ingin saya tulis. Buku ini langsung menjadi buu terbaik yang pernah saya baca yang menyinggung banyak kesulitan yang ditemukan dalam PL bagi orang-orang Kristen yang bijak dan peka serta memberikan jawaban yang begitu rupa terhadap para penentang dari semua agama dan kepercayaan. Paul Copan menulis dengna cara yang begitu sederhana dan langsung menyentuh permasalahan, namun mencakup begitu banyak isu secara luas dengan didukung oleh detail-detail alkitabiah dan riset yang ilmiah. Pakailah buku ini untuk mengisi pikiran Anda dengan jawaban-jawaban yang mudah dimengerti namun faktual, guna menghadapi percakapan-percakapan yang memojokkan. Lebih baik lagi, berikan buku ini kepada mereka yang terombang-ambing oleh prasangka dangkal yang lahir dari atheisme populer tanpa membaca Alkitab bagi diri sendiri. Saya sungguh merekomendasikan buku ini. Kita sudah menunggu dan membutuhkan buku ini untuk waktu yang lama.”
Rev. Christopher J. H. Wright, Ph.D.
Direktur internasional dari Langham Partnership International dan penulis buku “Old Testament Ethics for the People of God” yang menyelesaikan studi Doctor of Philosophy (Ph.D.) di Cambridge University, U.K.

“Kaum Atheisme Baru telah menyerang balik moralitas dari PL dengan sekuat tenaga. Sejujurnya, banyak orang Kristen mengaku bahwa mereka bergumul dengan apa yang kelihatannya seperti suatu etika yang primitif dan biadab. Paul Copan sangat membantu kita untuk mengerti dunia PL dan bagaimana menghubungkannya dengan dunia kita hari ini. Saya merekomendasikan buku ini bagi semua orang yang ingin mengerti PL.”
Prof. Tremper Longman III, Ph.D.
Robert H. Gundry Professor of Biblical Studies di Westmont College yang menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) di Ohio Wesleyan University; Master of Divinity (M.Div.) di Westminster Theological Seminary; Master of Philosophy (M.Phil.) dan Ph.D. di Yale University, U.S.A.

“Jelas, hidup, dan sangat kaya informasi, buku ini adalah pembelaan terbaik atas etika PL yang pernah saya baca. Sebuah buku yang harus dibaca oleh semua pengkhotbah dan pemimpin PA.”
Prof. Gordon J. Wenham, Ph.D.
Tutor in Old Testament di Trinity College, Bristol yang menyelesaikan studi Ph.D. dalam bidang Kitab Ulangan di Cambridge University, U.K.

“Paul Copan adalah apologis yang terpandang secara nasional dalam bidang masalah-masalah dalam teks Alkitab, dan “Is God a Moral Monster?” adalah karya Copan yang bernilai tinggi. Ia menghadapi Kaum Atheisme Baru yang menyerang Alkitab dengan menjawab setiap kritik yang mereka ajukan. Saya tidak pernah menemukan buku sebaik ini, dan buku ini harus dijadikan bacaan wajib mata kuliah pengantar Alkitab di STT atau seminari.”
Prof. James Porter (J. P.) Moreland, Ph.D.
Distinguished Professor of Philosophy di Talbot School of Theology dan penulis buku “The God Question” yang menyelesaikan studi Bachelor of Science (B.S.) dalam bidang Kimia (with honors) di University of Missouri; Master of Theology (Th.M.) (with honors) di Dallas Theological Seminary; Master of Arts (M.A.) Filsafat (with highest honors) di University of California, Riverside; dan Ph.D. di University of Southern California.

“Pertanyaan-pertanyaan paling sulit yang dapat diajukan tentang Alktiab mencakup sebuah daftar yang mempertanyakan nilai etika dari beberapa teks dan pengajaran di PL. Isu-isu tersebut akhir-akhir ini muncul ke permukaan karena meningkatnya popularitas kaum atheis dan skeptis yang radikal. Saya tidak menemukan sarjana dalam pokok bahasan ini yang lebih baik dibanding Paul Copan. Dengan mengandalkan hasil risetnya yang terdahulu, Paul menampilkan jawaban-jawaban atas sebuah daftar tantangan yang disusun dengan detail, termasuk di dalamnya apa yang disebut sebagai pembantaian massal dalam penaklukan Kanaan. Buku pegangan yang memberikan respons-respons kepada semua tantangan serta isu-isu etika sulit lainnya dapat mengurangi baik kadar serangan para pengkritik maupun kekhawatiran orang percaya. Saya sepenuh hati merekomendasi buku ini.”
Prof. Gary Robert Habermas, Ph.D.
Distinguished Professor of Apologetics and Philosophy dan Ketua Departemen Filsafat dan Theologi di Liberty University, Lynchburg, Virginia yang menyelesaikan studi M.A. dalam Philosophical Theology di University of Detroit dan Ph.D. dalam bidang Sejarah dan Filsafat Agama di Michigan State University.

“Dengan sikap yang sopan dan penuh pertimbangan, Paul Copan membimbing kita melewati belantara yang penuh dengan tantangan kepada Allah dan pengajaran dari PL. Dengan mengumpulkan dan mengungkapkan secara jelas semua argumentasi yang mempertimbangkan konteks budaya Timur Dekat kuno dan teks bahasa Ibrani dari Alkitab, penulis mempresentasikan sebuah jawaban yang menyeluruh atas isu-isu utama. Buku ini akan menjadi bacaan yang sangat penting dan menakjubkan bagi setiap orang yang terlibat dalam perdebatan ‘Kaum Atheisme Baru’.”
Prof. Richard S. Hess, Ph.D.
Earl S. Kalland Professor of Old Testament and Semitic Languages di Denver (Conservative Baptist) Seminary dan editor the Denver Journal yang menyelesaikan studi B.A. di Wheaton College; M.Div. and Th.M. di Trinity Evangelical Divinity School; Ph.D. di Hebrew Union College; dan menyelesaikan riset post-doktoral di universitas-universitas di Chicago, Jerusalem, Cambridge, Sheffield, dan M√ľnster.



Profil Dr. Paul Copan:
Prof. Paul Copan, B.A., M.A., M.Div., Ph.D. (www.paulcopan.com) adalah Professor and Pledger Family Chair of Philosophy and Ethics di Palm Beach Atlantic University, West Palm Beach, Florida, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) dalam bidang Studi Biblika di Columbia International University, Columbia, South Carolina; Master of Arts (M.A.) bidang Filsafat Agama dan Master of Divinity (M.Div.) di Trinity International University, Deerfield, Illinois, U.S.A.; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) bidang Filsafat Agama di Marquette University, Milwaukee, Wisconsin dengan disertasi berjudul, “The Moral Dimensions of Michael Martin’s Atheology: A Critical Assessment.” Beliau menikah dengan Jacqueline (van Tol) dan dikaruniai 6 orang anak. Beliau menulis beberapa buku lain selain buku ini:
•  “True for You, But Not for Me”: Deflating the Slogans That Leave Christians Speechless. Minneapolis: Bethany House, 1998.
•  Is Everything Really Relative? Norcross, GA: RZIM, 1999.
•  “That’s Just Your Interpretation”: Responding to Skeptics Who Challenge Your Faith. Grand Rapids: Baker, 2001.
•  (With William Lane Craig), Creation Out of Nothing: A Biblical, Philosophical, and Scientific Exploration. Grand Rapids/Leicester, U.K: Baker/Apollos, 2004.
•  “How Do You Know You're Not Wrong?”: Responding to Objections that Leave Christians Speechless. Grand Rapids: Baker, 2005.
•  (With Mark Linville) What Is Truth? Series edited by Danielle DuRant. Downers Grove, IL: InterVarsity Press, 2007.
•  Loving Wisdom: Christian Philosophy of Religion. St. Louis: Chalice Press, 2007.
•  When God Goes to Starbucks: A Guide to Everyday Apologetics. Grand Rapids: Baker, 2008. 
•  “True For You, But Not for Me”: Overcoming Common Objections to Christian Faith. Direvisi dan diperluas di edisi kedua: Minneapolis: Bethany House, 2009.

No comments: