09 December 2012

Resensi Buku-197: KAUM PILIHAN ALLAH (Rev. R. C. Sproul, Ph.D.)

Topik predestinasi adalah topik yang sering mengundang perdebatan yang tidak habis-habis antara Calvinis Vs Arminian. Apa sebenarnya predestinasi? Apa yang Alkitab ajarkan tentang predestinasi?

Temukan jawabannya dalam:
Buku Seri Teologi Sistematika
KAUM PILIHAN ALLAH

oleh: Rev. R. C. Sproul, Ph.D.

Penerjemah: Pdt. Rahmiati Tanudjaja, D.Miss. dan Dr. Jenny Wongka

Penerbit: Literatur Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang, 2011 (cetakan keenam)



Di bagian awal bukunya ini, Rev. Dr. R. C. Sproul memaparkan pengalamannya dahulu yang pernah membenci doktrin predestinasi, kemudian disusul pergumulannya yang “terpaksa” menerima predestinasi setelah menyelidiki Alkitab, dan terakhir ia dengan rela menerima doktrin ini. Kerelaannya ini ditandai dengan semangat yang gigih menjelaskan doktrin predestinasi sebagaimana yang Alkitab ajarkan. Hal itu ditandai dengan penjelasannya yang teliti, jelas, namun sederhana tentang kaitan predestinasi dengan kedaulatan Allah dan predestinasi dengan kehendak bebas manusia. Bagi Dr. Sproul, orang Kristen dapat memahami predestinasi, jika ia sendiri memahami apa itu dosa, sehingga ia menguraikan tentang dosa asal di Bab 4 dan kemudian di Bab 5, ia memaparkan bagaimana kelahiran baru berpartisipasi menghidupkan kita yang mati secara rohani (berdosa). Bagaimana menjawab ajaran Arminian yang mengajarkan bahwa Allah memilih beberapa manusia setelah Ia tahu bahwa manusia itu memilih-Nya di kemudian hari? Di Bab 6, Dr. Sproul memaparkan bantahannya terhadap doktrin Arminian ditinjau dari pengajaran Alkitab dan logika Kristen. Banyak orang Kristen salah memapami predestinasi di dalam Calvinisme, lalu mengajarkan prinsip ultimasi yang seimbang yaitu Allah memilih beberapa manusia menjadi umat-Nya dan Ia mengeraskan hati sisanya agar menolak Allah. Benarkah demikian? Di Bab 7, Dr. Sproul membantah anggapan demikian dan mengajarkan bahwa Calvinisme mengajarkan predestinasi ganda dalam pengertian: Allah secara aktif memilih beberapa manusia menjadi umat-Nya dan secara pasif membiarkan sisanya (tidak berarti Allah aktif menolak kaum reprobat/tertolak). Jika segala sesuatu telah dipredestinasikan Allah, bagaimana kita tahu bahwa kita selamat? Di Bab 8, Dr. Sproul memaparkan bahwa kita bisa tahu bahwa kita selamat jika kita mengalami anugerah penebusan di dalam Kristus dan menghasilkan bukti eksternal yaitu buah-buah pertobatan. Dan di bab terakhir, Dr. Sproul mengemukakan beberapa pertanyaan seputar predestinasi, misalnya kaitan predestinasi dan penginjilan, dll, lalu Dr. Sproul membantah anggapan yang keliru tersebut dengan dasar Alkitab. Biarlah melalui buku ini, kita sebagai orang Kristen dapat mengerti ajaran predestinasi sebagaimana yang Alkitab ajarkan.



Profil Rev. Dr. R. C. Sproul:
Rev. Robert Charles Sproul, B.A., M.Div., Ph.D. lahir pada tahun 1939 di Pittsburgh, Pennsylvania, U.S.A. Beliau adalah Pendiri dan Ketua dari Ligonier Ministries dan pelayanan beliau dapat didengar sehari-hari melalui siaran radio Renewing Your Mind baik di Amerika Serikat maupun secara internasional. Selain itu beliau juga menjadi Pendeta Senior bidang Preaching and Teaching di Saint Andrews Chapel, Sanford, Florida dan anggota dewan dari the Alliance of Confessing Evangelicals. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Westminster College, Pennsylvania pada tahun 1961; Master of Divinity (M.Div.) dari Pittsburgh-Xenia Theological Seminary pada tahun 1964; Doktorandus (Drs.) dari the Free University of Amsterdam pada tahun 1969; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari Whitefield Theological Seminary pada tahun 2001. Beliau menikah dan dikaruniai 2 orang anak: seorang putri, Sherrie Sproul Dick dan putra, Rev. R. C. Sproul, Jr., D.Min.

No comments: