07 October 2012

Resensi Buku-188: PANDANGAN KONTEMPORER DALAM ESKATOLOGI (Prof. Millard J. Erickson, Ph.D.)

Doktrin akhir zaman adalah salah satu doktrin Kristen yang paling digemari oleh banyak orang Kristen dan pemimpin gereja saat ini. Berbagai pandangan akhir zaman ditawarkan oleh beberapa theolog bagi orang Kristen mengakibatkan banyak orang Kristen bingung dengan akhir zaman. Apa saja pandangan-pandangan tentang akhir zaman yang ditawarkan mereka? Siapa pencetus dan penganutnya? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing pandangan?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
PANDANGAN KONTEMPORER DALAM ESKATOLOGI:
Sebuah Studi tentang Milenium


oleh: Prof. Millard J. Erickson, Ph.D.

Penerbit:
Literatur Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang. 2009 (cetakan ketiga)

Penerjemah: Fenny Veronica



Sebelum membahas doktrin akhir zaman, di Bagian 1, Dr. Millard J. Erickson membahas pandangan-pandangan mengenai latar belakang perspektif terhadap akhir zaman, yaitu dari Albert Schweitzer dan Charles Dodd, kemudian disusul di bab 2: Rudolf Bultmann dan Jurgen Moltmann. Kemudian, di Bagian 2, di buku ini, Dr. Erickson memaparkan 3 pandangan utama tentang akhir zaman, yaitu: postmillenialisme, amillenialisme, dan premillenialisme. Kemudian, di Bagian 3, beliau khusus menjelaskan turunan dari Premillenialisme yaitu Tribulasional: Dispensasionalisme, Pretribulasionisme, Posttribulasionisme, dan Midtribulasionisme (posisi tengah). Ketujuh pandangan di atas dianalisa dengan cermat: tinjauan terhadap masing-masing pandangan, sejarah munculnya pandangan tersebut, ajaran-ajarannya, dan sisi positif dan negatif dari masing-masing pandangan dengan perspektif penelitian penafsiran Alkitab yang akurat. Di bagian Kesimpulan, meskipun Dr. Erickson sendiri mengambil pandangan Posttribulasionisme, beliau mengingatkan para pembaca akan berbagai perbedaan pendapat tentang akhir zaman dan biarlah perbedaan itu mengakibatkan kita saling menghormati bukan berdebat, karena kedatangan Kristus itu sendiri menurut Paulus seharusnya menjadi penghiburan bagi orang percaya (1Tes. 4:13-18), bukan perdebatan. Biarlah melalui buku ini dapat menjadi studi banding dalam mengenal doktrin akhir zaman yang berdasarkan eksegese teks Alkitab yang dapat dipertanggung jawabkan sambil tetap menghargai pandangan akhir zaman lainnya.



Profil Penulis:
Prof. Millard J. Erickson, B.A., B.D., M.A., Ph.D. yang lahir tahun 1932 adalah Distinguished Professor of Theology di Western Seminary, Portland, Oregon. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) di University of Minnesota; Bachelor of Divinity (B.D.) di Northern Baptist Theological Seminary; Master of Arts (M.A.) di The University of Chicago; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) di North Western University. Beliau telah menulis beberapa buku, antara lain: The Living God, Man’s Need and God’s Gift, The New Life, Christian Theology, God in Three Persons, dan The Word Became Flesh.

No comments: