01 July 2012

Resensi Buku-174: MENGENAL AGAMA: HINDU, BUDHA, DAN KHONG HU CU (Pdp. Tony Tedjo, M.Th.)

Selain Kekristenan dan Islam, di dunia ada 3 agama besar lainnya, yaitu Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Apa yang diajarkan oleh tiga agama besar ini?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
MENGENAL AGAMA:
HINDU, BUDHA, DAN KHONG HU CU

(Edisi Revisi)

oleh: Pdp. Tony Tedjo, M.Th.

Penerbit: Pionir Jaya, Bandung, 2011



Di dalam buku ini, Bp. Tony Tedjo menguraikan secara detail sejarah berdirinya, sejarah pendirinya (lahir, mengajar, meninggal), kitab suci, tempat ibadah, pokok pengajaran, dan pengaruhnya di Indonesia dan dunia. Di dalam menjelaskan 3 agama besar ini, penulis bukan hanya studi literatur dari buku-buku sumber pertama (first source), namun juga melalui wawancara dengan beberapa pemuka agama Buddha (bisa dilihat di bagian Daftar Pustaka). Selain itu, di akhir setiap pembahasan akan 3 agama besar ini, penulis membandingkannya dengan iman Kristen. Biarlah buku sederhana namun detail dan jelas ini dapat menolong kita memahami 3 agama besar ini sebagai bahan lebih lanjut dalam kita memberitakan Injil kepada mereka.



Rekomendasi:
“Dalam masyarakat pluralis seperti di Indonesia, perlu bagi kita untuk memahami berbagai agama dan aliran kepercayaan yang ada, sehingga tercipta saling menghargai satu dengan yang lain. Dalam buku ini, penulis memaparkan intisari ajaran agama Hindu, Buddha, dan Khong Hu Cu bukan dari perkiraan, tetapi berdasarkan sumber-sumber internal agama tersebut. Di akhir setiap pembahasan, penulis membuat tabel perbandingan agama tersebut dengan pokok iman Kristen. Tujuannya bukan untuk saling menyalahkan, tapi untuk memperbandingkan agar pembaca memahami keunikan dan perbedaan yang ada.”
Pdt. Rubin Adi Abraham, M.Th., Ph.D.
(Gembala sidang GBI Bethel di Bandung dan Jakarta; Ketua Sekolah Tinggi Theologi—STT Kharisma, Bandung)

“Pluralitas merupakan ciri khas bangsa Indonesia, usaha anti pluralitas merupakan salah satu usaha untuk meniadakan kekhasan bangsa Indonesia, sehingga itu hampir tidak mungkin. Berani mengaku sebagai bangsa Indonesia, itu berarti harus berani hidup dalam kemajemukan; majemuk dalam suku, bahasa, budaya, dan agama. Untuk bisa menghargai kemajemukan – khususnya agama-agama – maka perlu pengenalan terhadap agama-agama tersebut. Buku ini sangat menolong kita untuk bisa mengenal agama-agama yang hidup di bumi Indonesia, khususnya agama Hindu, Buddha, dan Khong Hu Cu. Tidak terlalu berat, tetapi cukup baik, khususnya bagi para pemula yang ingin tahu agama-agama di luar agama yang dipeluknya sendiri.”
Amos Sukamto, M.Div., D.Th.
(Dosen Theologi Agama-agama di STT INTI, Bandung; Master of Divinity—M.Div. dari Asian Center for Theological Studies, Korea Selatan dan Doctor of Theology—D.Th. dari KPPK yang bekerja sama dengan Fuller Theological Seminary, U.S.A.)

“Kehadiran buku ini menambah khazanah literatur di Indonesia. Buku ini akan sangat berguna bagi para pembaca yang hendak mengenal agama Hindu, Buddha, dan Khong Hu Cu. Bagi para siswa, mahasiswa, maupun masyarakat luas, kiranya dapat memanfaatkan isi buku ini guna memperkaya wawasan mereka terhadap ketiga agama tersebut.”
Hali Daniel Lie, S.Th., M.A., M.Th.
(Penulis buku Agama-agama Dunia dan dosen Perjanjian Baru di STT Bandung; Sarjana Theologi—S.Th. dan Master of Arts—M.A. dari STT Bandung dan Master of Theology—M.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang)



Profil Tony Tedjo:
Pdp. Tony Tedjo, S.Th., M.Th., D.Th. (Cand.) yang lahir di Bandung, 24 Desember 1976 adalah dosen di Sekolah Tinggi Theologi Bethany, Surabaya, Pendiri dan direktur SOW (Sekolah Menulis Alkitabiah), Pendiri dan ketua KPR (Komunitas Penulis Rohani), dan Direktur Penerbit Agape. Saat ini, beliau sedang menyelesaikan studi Doctor of Theology (D.Th.) di Harvest International Theological Seminary, Jakarta. Beliau telah menulis 9 buku dan dapat dihubungi di: tonytedjo@gmail.com

No comments: