21 August 2011

Resensi Buku-131: ANTARA KETAT DAN LONGGAR (Bp. Heman Elia, S.Psi., M.Psi.)

Anak adalah anugerah Allah yang dititipkan kepada setiap orangtua. Adalah suatu kewajiban orangtua untuk membesarkan anak di dalam takut akan Tuhan. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mendidik anak di dalam Tuhan? Beberapa orangtua mengambil jalur ekstrem, misalnya ada yang terlalu melindungi anaknya (over-protective), di sisi lain ada yang terlalu melepaskan anaknya. Benarkah kedua ekstrem demikian?


Temukan jawabannya dalam:
Buku
ANTARA KETAT DAN LONGGAR

oleh: Bp. Heman Elia, S.Psi., M.Psi.

Penerbit:
Literatur Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang dan Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK)



Melalui bijaksana dari firman Tuhan, Bp. Herman Elia, M.Psi. menyadarkan kita pentingnya keseimbangan di dalam mendidik anak: memberikan pendidikan dan pelajaran yang ketat kepada anak dan mulai melepas mereka secara perlahan ketika mereka sudah bertumbuh dewasa. Ketika orangtua mencoba melepas anak secara perlahan, di saat itulah, orangtua sedang memberi kepercayaan kepada si anak untuk memikul tanggung jawab. Sehingga ketika si anak menyalahgunakan kepercayaan tersebut, maka orangtua wajib menghukum, namun TIDAK perlu sampai memprotect anak secara berlebihan. Tujuan keseimbangan tersebut adalah untuk mendewasakan si anak sehingga nantinya si anak bisa memikul tanggung jawab. Biarlah buklet kecil ini dapat menjadi pelajaran bagi orangtua Kristen untuk mendidik anak secara bertanggungjawab.



Profil Heman Elia, M.Psi.:
Heman Elia, S.Psi., M.Psi. adalah dosen Psikologi dan Konseling di Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Psikologi (S.Psi.) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta dan Magister Psikologi (M.Psi.) di Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

No comments: