07 August 2011

Resensi Buku-129: MY NEW TESTAMENT (Yusak B. Hermawan, M.Th.)

Alkitab terdiri dari 39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru. Di dalam masing-masing kitab tersebut, kita menjumpai adanya perbedaan isi, genre, tujuan, dll yang tetap menunjuk kepada satu inti yaitu Allah dan karya-Nya dari sejak Penciptaan sampai Penyempurnaan. Khususnya di dalam Perjanjian Baru, kita melihat karya Allah khususnya dari Penebusan Kristus sampai Penyempurnaan. Keragaman kitab di dalam Perjanjian Baru membuat kita bersyukur bahwa Allah memakai banyak penulis PB untuk menuliskan wahyu-Nya dengan limpah. Apa saja isi kitab-kitab di dalam PB? Siapa penulisnya? Siapa penerimanya? Kapan kitab-kitab tersebut kira-kira ditulis? Apa maksud dan tujuan penulisan kitab-kitab tersebut?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
MY NEW TESTAMENT:
Menjelajah Dunia Perjanjian Baru Untuk Memahami dan Mendalami Kitab-kitab di Perjanjian Baru


oleh: Yusak B. Hermawan, M.Th.

Penerbit: Yayasan ANDI, 2010



Sebagai sebuah pengantar PB, Bp. Yusak B. Hermawan memaparkan kepada kita sebuah pengantar kitab-kitab PB yang cukup singkat namun jelas berkaitan dengan: penulis, penerima, waktu dan tempat penulisan, tujuan dan maksud penulisan. Sebelum membahas masing-masing kitab PB, beliau memaparkan seputar PB dan latar belakang PB (masa intertestamental: setelah PL dan sebelum PB) yang memimpin kita untuk mengerti dunia PB dengan lebih jelas. Kemudian setelah itu, beliau mulai menjelaskan pengantar keempat Injil, kemudian disusul dengan pengantar surat-surat Paulus, pengantar surat-surat umum, dan terakhir, pengantar kitab apokaliptik (Wahyu). Di dalam pengantar kitab ini, beliau sedikit memasukkan sanggahan para theolog liberal yang menyerang keabsahan penulisan kitab-kitab PB tersebut disusul dengan tanggapan balik Bp. Yusak terhadap tuduhan/sanggahan mereka.

Saya merekomendasikan buku ini sebagai buku pengantar PB yang bukan hanya sekadar akademis, namun begitu sederhana dan jelas serta dapat dipahami oleh orang Kristen awam maupun mahasiswa theologi yang menghantar kita memahami PB dengan lebih komprehensif.



Profil Yusak B. Hermawan, M.Th.:
Yusak B. Hermawan, M.Th. lahir di Pati, 3 Oktober 1968. Setelah pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi theologi, saat ini beliau bekerja sebagai kepala bagian editorial PBMR Andi, Yogyakarta dan Ketua Pembina Komunitas Kristen Indonesia, Semarang. Beliau menyelesaikan studi theologi di Institut Theologi Aletheia (ITA) Lawang, Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang, dan menyelesaikan studi Master of Theology (M.Th.) di Fakultas Theologi, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta.

No comments: