24 April 2011

Resensi Buku-118: TENTU SAJA SAYA PERCAYA, ... LALU BAGAIMANA?: Belajar dari Kitab Yakobus (Rev. James Montgomery Boice, D.Theol., D.D.)

...Dapatkan segera...



Buku
TENTU SAJA SAYA PERCAYA, … LALU BAGAIMANA?:
Belajar dari Kitab Yakobus


oleh: Rev. James Montgomery Boice, D.Theol., D.D.

Penerbit: Yayasan ANDI, 2004

Penerjemah: T. Wahyuni





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Kitab Yakobus merupakan satu-satunya kitab dalam Alkitab yang kurang mendapat perhatian di kalangan Kekristenan. Dr. Martin Luther menyebutnya sebagai surat jerami. Diikuti oleh beberapa orang Kristen yang mengaku menyukai hal-hal praktis, namun enggan membaca Kitab Yakobus. Mengapa demikian? Bagi Rev. Dr. James M. Boice, penyebabnya adalah Kitab Yakobus berisi hal-hal yang menyentuh aspek kehidupan praktis secara personal dari orang Kristen di mana banyak orang Kristen enggan untuk dikritik. Aspek kehidupan praktis secara personal tersebut meliputi: menggunakan kekayaan Anda, mengendalikan lidah Anda, meretas kekhawatiran, dan membangun persahabatan. Hal-hal inilah yang dibahas oleh Rev. Dr. James M. Boice dalam bukunya Tentu Saja Saya Percaya, … Lalu Bagaimana? Dalam bukunya tentang studi Kitab Yakobus ini, Dr. James M. Boice menguraikan secara praktis seluruh pasal dalam Kitab Yakobus dengan bahasa yang sederhana dan “mendarat” (aplikatif), sehingga orang Kristen dapat memahami Kitab Yakobus dengan lebih baik. Setelah menguraikan seluruh pasal dalam Kitab Yakobus dalam 10 bab, beliau menambahkan 10 bab lagi sebagai pertanyaan untuk direnungkan. Biarlah buku ringan ini boleh menyadarkan dan mengoreksi kerohanian kita di dalam bertumbuh dalam pengenalan akan firman-Nya.





Rekomendasi:
“Almarhum mentor dan rekan kerja saya, James Montgomery Boice, memiliki talenta yang tak ada duanya dalam mengajarkan Alkitab. Tafsirnya terhadap Surat Yakobus merupakan bukunya yang sangat praktis dan memiliki relevansi yang abadi bagi para pria dan wanita Kristen masa kini. Para pembaca akan memperoleh pemahaman yang semakin kaya tentang makna memiliki iman yang benar-benar bekerja.”
Rev. Philip Graham Ryken, D.Phil.
(Pendeta Senior di Tenth Presbyterian Church, Philadelphia, U.S.A. yang menyelesaikan studi Bachelor of Arts—B.A. di Wheaton College, Illinois, U.S.A.; Master of Divinity—M.Div. di Westminster Theological Seminary, Philadelphia, U.S.A.; dan Doctor of Philosophy—D.Phil. di Oxford University, U.K.)

“James Boice adalah salah satu guru Alkitab terbesar di abad kedua puluh. Tafsirannya terhadap Surat Yakobus merupakan suatu tuntunan yang luar biasa, menunjukkan pemikiran Boice yang tajam dalam gaya penulisan yang mudah dibaca. Dengan senang hati saya merekomendasikan buku ini bagi para pendeta dan para mahasiswa theologi lainnya.”
Rev. Eric J. Alexander, M.A., B.D.
(Pendeta yang melayani di Church of Scotland yang menyelesaikan studi Master of Arts—M.A. dan Bachelor of Divinity–B.D. di University of Glasgow)





Profil Rev. Dr. James Montgomery Boice:
Rev. James Montgomery Boice, D.Theol., D.D. (7 Juli 1938–15 Juni 2000) adalah pendeta di Tenth Presbyterian Church, Philadelphia, U.S.A. sejak tahun 1968. Beliau juga pernah menjadi ketua International Council on Biblical Inerrancy selama lebih dari 10 tahun dan anggota pendiri dari the Alliance of Confessing Evangelicals. Beliau menyelesaikan studi Diploma di The Stony Brook School (1956); Bachelor of Arts (A.B.) di Harvard University (1960); Bachelor of Divinity (B.D.) di Princeton Theological Seminary, U.S.A. (1963); Doctor of Theologie (D.Theol.) di the University of Basel di Switzerland (1966); dan Doctor of Divinity (D.D.) di the Theological Seminary of the Reformed Episcopal Church (1982).

No comments: