06 February 2011

Resensi Buku-112: GARAM DAN TERANG FOR YOUTH: ROAD TO TRANSFORMATION (Ev. Chang Khui Fa, M.Div.)

...Dapatkan segera...
Buku
GARAM DAN TERANG FOR YOUTH
ROAD TO TRANSFORMATION


oleh: Ev. Chang Khui Fa, S.E., M.Div.

Penerbit: Pionir Jaya, Mei 2010





Deskripsi dari Denny Teguh Sutandio:
Usia muda adalah usia yang paling rawan. Mengapa? Karena di usia inilah, banyak pemuda/i yang telah diracuni oleh konsep dan tingkah laku dunia. Makin mereka meniru arus dunia, makin mereka tak menemukan makna hidup sejati. Tidak ada jalan lain, mereka harus kembali kepada Kristus. Ketika mereka kembali kepada Kristus, mereka akan memiliki hidup sejati bahkan hidup yang berkemenangan mengalahkan kuasa dosa, iblis, dan maut. Hidup di dalam Kristus mengakibatkan hati, cara pikir, perkataan, sikap, dan seluruh aspek kehidupan kita menTuhankan Kristus, sehingga apa pun yang keluar dari diri kita (entah itu hati, motivasi, cara berpikir, perkataan, dll) berpusat pada Allah dan memuliakan-Nya saja. Khususnya bagi pemuda/i, hidup di dalam Kristus mencakup beragam aspek: romantika cinta, pekerjaan, uang, waktu, hubungan dengan keluarga, depresi, masalah, dan kepemimpinan. Kesemua aspek ini dibahas tuntas oleh Ev. Chang Khui Fa, M.Div. di dalam bukunya yang kedua yaitu Garam dan Terang for Youth: Road to Transformation. Kesemua aspek ini didahului dengan dua bab pembuka yang menguraikan konsep mengenal Allah dan mengetahui kehendak-Nya. Dua prinsip ini menjadi prinsip dasar untuk nantinya diaplikasikan ke dalam 9 aspek dalam dunia muda. Yang lebih unik, buku ini ditulis oleh Ev. Chang Khui Fa yang bagi saya adalah sosok hamba Tuhan yang menulis dengan cukup sistematis, mudah dicerna, dan cocok bagi kaum muda, karena gaya bahasanya yang gaul. Meskipun dalam beberapa hal saya kurang menyetujui beberapa poin, namun secara keseluruhan, buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh para muda/i Kristen dari berbagai denominasi gereja agar para muda/i Kristen dimenangkan untuk hidup bagi Kristus.





Rekomendasi:
“Di tengah realitas ‘ketidakjelasan identitas’ pemuda-pemudi Kristen dewasa ini, Chang Khui Fa menyadari betapa perlunya sebuah BUKU PEGANGAN yang dapat MELENGKAPI pelayanan yang sudah ada di gereja melalui berbagai kegiatannya.
Buku ini disusun dengan kesadaran dan kepekaan yang cukup baik atas keadaan dan kebutuhan pemuda-pemudi Kristen zaman ini. Sebagai mantan guru besar dari penulis, saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dapat dibaca oleh setiap pemuda-pemudi Kristen dari denominasi gereja mana pun juga.”
Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D.
(Rektor Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta; Sarjana Theologi—dari STT Jakarta; Master of Christian Education—M.C.E. dari Reformed Theological Seminary, Jackson, Mississippi, U.S.A.; Master of Theology—M.Th. dalam Psychology dan Counseling dari Trinity Evangelical Divinity School, Illinois, U.S.A.; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Biola University, U.S.A.)


“Kalau Anda seorang remaja atau pemuda yang sedang membutuhkan kebenaran rohani untuk menemani perjalanan kehidupan ini, maka buku ini TEPAT untuk dibaca. Di tangan Chang Khui Fa, kebenaran yang bersifat Alkitabiah dapat disampaikannya sesuai dengan konteks anak muda, dengan cara komunikatif, segar, dan TIDAK MEMBOSANKAN.
Kiranya akan banyak anak muda yang mengalami pembaharuan sikap dan tingkah laku melalui buku ini sehingga nama Tuhan Yesus dimuliakan.”
Drs. Paulus Hariyanto
(Kepala Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia—LPMI)

“Dua perkara yang tidak boleh tidak ada jika mau menyampaikan pesan kepada generasi muda pada masa kini adalah: Pertama, bersumber kepada sumber segala hikmat: Firman Tuhan; Kedua, disampaikan dengan ekspresi yang ‘nyambung’ dengan budaya mereka. Kombinasi keduanya mengalir di dalam buku ini.
Bagi para pemuda dan remaja, saya sarankan membaca buku ini. Wawasan kalian akan bertambah dan percayalah, kalian akan TERINSPIRASI untuk mengejar kehidupan yang lebih berkualitas dan berkenan kepada Allah. Bahasanya SEGAR dan PENUH CANDA, seperti yang kalian sukai. Anak saya yang beranjak remaja ikut-ikutan membacanya dan senang.
Saya bisa katakan buku ini lebih dari sekadar tulisan mengenai gagasan Ev. Chang Khui Fa, tetapi juga merupakan kesaksian yang hidup dari kehidupannya. Kalian akan menemukan penyajian yang tulus, terbuka terhadap kebenaran, dan terbuka di dalam membagikannya up and down dari kehidupannya… APA ADANYA.”
Agung Purnomo
(Anggota Pimpinan Nasional Para Navigator, Indonesia)

“Pemuda remaja membutuhkan buku bacaan yang bukan hanya menambah pengetahuan, memberi pengertian, melainkan juga petunjuk-petunjuk PRAKTIS dalam penerapannya. Buku “GARAM DAN TERANG for YOUTH: ROAD TO TRANSFORMATION” berisikan kebenaran yang sangat penting bagi kehidupan pemuda remaja, disampaikan dengan gaya bahasa yang ringan, diselingi dengan contoh-contoh yang real dan menarik. Saya yakin buku ini akan menjadi BERKAT bagi Anda yang membacanya.”
Ev. Tjioe Yung Yung
(hamba Tuhan yang melayani di GII Hok Im Tong, Bandung)

“Buku ini sangat KOMPREHENSIF. Membantu setiap anak muda BERTUMBUH secara progresif ke arah KEKUDUSAN HIDUP yang Tuhan kehendaki. Masa muda Anda akan sangat menyenangkan jika mengenal kehendak-Nya dalam setiap tahap-tahap perjalanan seperti diurai dalam buku ini.”
Pdt. Julianto Simanjuntak, S.Th., M.Si., M.Div.
(Direktur Program Konseling STT Jaffray dan Ketua Layanan Konseling Keluarga dan Karir—LK3; Bachelor of Theology—B.Th. dari Institut Injil Indonesia—I3, Batu; S.Th. dan Magister Sains dalam bidang Sosiologi Agama dari Universitas Kristen Satya Wacana, Yogyakarta; dan Master of Divinity—M.Div. bidang Konseling dari Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia—STTRII, Jakarta)

“Masa muda adalah masa yang sangat menentukan dalam proses pembentukan pola pikir seseorang. Nilai-nilai hidup yang diserap pada masa ini umumnya sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidup selanjutnya. Buku ini menyodorkan NILAI-NILAI HIDUP yang penting berdasarkan firman Tuhan, namun disampaikan dengan BAHASA GAUL yang lincah dan ilustrasi-ilustrasi yang hidup.
Selain itu, rangkaian kesaksian pribadi yang dibagikan penulis menjadi penegasan bahwa prinsip-prinsip yang disampaikan adalah sesuatu yang mungkin untuk dijalani oleh kita semua, manusia biasa yang terdiri dari darah dan daging.”
Sutrisna
(Pemimpin Cabang Persekutuan Antar Universitas—Perkantas, Jawa Barat)







Profil Ev. Chang Khui Fa:
Ev. Chang Khui Fa, S.E., M.Div. lahir di Jakarta, 3 Juni 1972. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi (S.E.) di Institut Bisnis Nusantara, Jakarta. Beliau pernah menggeluti dunia Auditor beserta Financial Statement-nya di Kantor Akuntan Publik Internasional KPMG dan terakhir sebagai Senior Auditor. Beliau juga menjabat sebagai Finance and Accounting Manager di PT. German Centre Indonesia. Beliau menyelesaikan studi theologi Master of Divinity (M.Div.) di Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia (STTRII), Jakarta pada tahun 2003. Setelah itu melayani di Gereja Injili Indonesia (GII) Hok Im Tong, Bandung dan sejak awal tahun 2011 melayani penuh waktu di Gereja Kristen Abdiel (GKA) Gloria Galaxy, Surabaya. Beliau menikah dengan Liana pada tanggal 18 Mei 2000 dan dikaruniai 3 orang anak: Jostein Adams, Joylynne Adams, dan Joshen Adams. Beliau dapat dihubungi melalui e-mail: khuifa@gmail.com.

No comments: