05 October 2010

Resensi Buku-103: SEX IS NOT THE PROBLEM (LUST IS) (Rev. Joshua Eugene Harris)

...Dapatkan segera...
Buku
SEX IS NOT THE PROBLEM (LUST IS)
Seks Bukan Masalahnya (Hawa Nafsu Masalahnya):
Kemurnian Seksual di Tengah Dunia yang Dipenuhi Hawa Nafsu


oleh: Rev. Joshua Eugene Harris

Penerbit: Pionir Jaya, 2006

Penerjemah: Handy Hermanto





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Dunia yang kita hidupi saat ini sarat dengan relativisme yang anti konsep, anti kemutlakan, dan dan anti otoritas. Manusia hidup sesuka hati mereka. Khususnya para generasi muda hidup semau mereka sendiri, mulai dari seks bebas, mengonsumsi narkoba, dll. Menyoroti masalah seks bebas, mengapa mereka bisa melakukan seks bebas? Apakah seks itu jahat? Rev. Joshua E. Harris di dalam bukunya ini memaparkan bahwa seks tidaklah jahat dan sebenarnya bukan seks yang menjadi inti permasalahannya, tetapi yang menjadi permasalahannya adalah hawa nafsu. Hawa nafsu mengakibatkan seseorang tergoda dan melakukan hal-hal yang dilarang sebelum waktunya. Hawa nafsu itu muncul melalui berbagai sarana, baik: media cetak maupun elektronik. Rev. Joshua E. Harris mencontohkan hal ini dari realitas pengalamannya sendiri maupun pengalaman pemuda/i lainnya. Lalu, bagaimana keluar dari jeratan hawa nafsu? Rev. Harris mencontohkan solusi konyol dari beberapa anak muda yang religius dan dia pada zaman dahulu di dalam kelompok gereja, yaitu dengan menetapkan sejumlah aturan dan hukuman bagi yang melanggarnya. Tetapi beliau mengemukakan bahwa solusi itu tidak menyelesaikan. Oleh karena itu, beliau memberikan solusi yang tidak legalis, yaitu jika kita ingin keluar dari jeratan hawa nafsu, kita harus kembali kepada anugerah Allah dan pengorbanan Kristus yang membebaskan kita dari dosa. Kemudian, kita harus bergantung terus-menerus kepada Roh Kudus untuk menyucikan hati dan pikiran kita. Setelah itu, di bab terakhir, beliau baru mengemukakan tujuh tips dalam memerangi pornografi melalui internet. Di bagian lampiran, beliau memasukkan artikel jejak pertobatan yang ditulis oleh Rev. John Loftness. Biarlah melalui buku ini, hati dan pikiran kita dicerahkan tentang bahayanya hawa nafsu yang mengikat kita dan kita bertekad dengan bantuan Roh Kudus untuk mengatakan TIDAK kepada dosa hawa nafsu.





Rekomendasi:
“Penuh dengan pemikiran-pemikiran praktis yang bijaksana, buku ini menawarkan pertolongan dan harapan – bukan hanya bagi mereka yang sedang bergumul dengan hawa nafsu seksual, tetapi bagi siapa saja yang terkurung oleh pencobaan atau sedang memerangi berbagai macam dosa yang merongrong.”
Nancy Leigh DeMoss
(Penulis dan Pembawa Acara Program Radio Revive Our Hearts)

“Kita tidak dapat membuang waktu bermain petak umpat dengan hawa nafsu dan konsekuensi-konsekuensinya. Joshua Harris telah memenangkan rasa percaya kita dengan berbicara terus terang dan mengajar dari firman Allah. Kebijaksanaannya terhadap natur hawa nafsu yang sebenarnya tidak hanya akan memberikan informasi, tetapi menantang setiap orang Kristen.”
Prof. R. Albert Mohler, Jr., Ph.D.
(Presiden kesembilan dan Profesor Theologi Kristen dari Southern Baptist Theological Seminary, Louisville, Kentucky, U.S.A. dan anggota dewan dari: Focus on the Family dari James Dobson dan Council on Biblical Manhood and Womanhood; Bachelor of Arts—B.A. dari Samford University; Master of Divinity—M.Div. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dalam bidang Theologi Sistematika dan Historika The Southern Baptist Theological Seminary)

“Saya sangat disemangati bahwa teman lama saya Joshua Harris telah menulis sebuah buku mengenai hawa nafsu, berbicara mengenai tempat di mana kompromi itu bermula – pikiran. Biarlah Allah menggunakan buku ini untuk menjaga banyak orang agar tidak memberikan pikiran-pikiran mereka untuk menjadi ‘tempat bermain iblis’.”
Rebecca St. James
(Penyanyi/Penulis Lagu)

“Joshua Harris telah melakukannya lagi. Anda sedang memegang kebenaran Alkitab yang murni di tangan Anda tentang sebuah topik yang sangat vital, disajikan secara jujur dan rendah hati. Saya belum pernah mendengar buku lainnya yang mirip dengan buku ini.”
Rev. Charles Joseph (C. J.) Mahaney
(Pendiri Sovereign Grace Ministries dan penulis dari The Cross Centered Life)

“Wow! Buku ini merupakan jalinan antara keberanian dan anugerah. Sex is Not the Problem (Lust Is) adalah sebuah karya yang penting baik bagi pria dan wanita. Generasi kita berada dalam keadaan yang benar-benar membutuhkan pesan ini.”
Eric dan Leslie Ludy
(Penulis dari When God Writes Your Love Story)

“Sebuah perpaduan yang indah dari anugerah dan kebenaran. Teman saya Joshua Harris mengangkat standar kekudusan yang tinggi sambil dengan hati-hati menghindari legalisme. Kejujuran, Alkitabiah, praktis – Saya sangat merekomendasikannya.”
Rev. Dr. Randy Alcorn
(Pendiri dan Direktur dari Eternal Perspective Ministries—EPM dan dosen paruh waktu di Western Seminary dan Multnomah University, di Portland, Oregon, U.S.A.)

“Isu utama hawa nafsu adalah bahwa ia membuat kita mundur dari melihat dan menikmati kemuliaan Kristus. Nafsu menyakiti kita dan ia tidak menghormati-Nya. Jadi, demi kebahagiaan Anda dan kehormatan Kristus, saya merekomendasikan buku ini untuk Anda. Buku yang realistik, praktis, dan memberikan pengharapan karena anugerah yang tidak berkompromi. Orang yang murni hatinya akan melihat Allah. Jika Anda menginginkan penglihatan itu, biarlah Josh Harris membantu Anda memperjuangkannya.”
Rev. John Stephen Piper, D.Theol.
(Pendeta Pengkhotbah dan Visi di Betlehem Baptist Church, Minneapolis, Minnesota, U.S.A. dan Pendiri sekaligus Presiden dari Desiring God Ministries {website: www.desiringgod.org}; B.A. dari Wheaton College, U.S.A.; Bachelor of Divinity—B.D. dari Fuller Theological Seminary, Pasadena, California, U.S.A.; dan Doctor of Theologie—D.Theol. dari University of Munich, Munich, Jerman Barat)

“Tegas, jujur, dan meyakinkan. Joshua Harris telah menulis sebuah buku tentang kemurnian seksual yang dapat dibaca dan diterapkan baik pria maupun wanita. Ia menunjukkan kepada kita cara yang praktis dan spesifik bagaimana kita dapat bertumbuh menuju standar Allah – kemurnian absolut dalam pikiran dan tubuh.”
Dr. Jerry Bridges
(Staf senior di The Navigators dan penulis dari The Pursuit of Holiness, Discipline of Grace, dll; menerima anugerah gelar doktor kehormatan dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.)

“Saya mungkin belum mengatakan kissed dating goodbye (selamat tinggal berkencan), tetapi Sex Is Not the Problem (Lust Is) merupakan salah satu buku yang paling berpengaruh yang pernah saya baca. Josh menulis secara jujur dan transparan, memberikan bimbingan praktis dalam memerangi hawa nafsu. Ini adalah buku yang harus dibaca bagi siapa saja yang serius untuk hidup benar.”
Rev. Jeramy Clark, M.Div.
(Penulis dari I Gave Dating A Chance dan Pastor of Life Design di Emmanuel Faith Community Church; alumni The Master’s College dalam bidang Eksposisi Alkitab; M.Div. dari Talbot School of Theology dan sedang studi Doctor of Ministry—D.Min.)





Profil Rev. Joshua E. Harris:
Rev. Joshua Eugene Harris lahir pada tahun 1974 di Dayton, Ohio, U.S.A. dari orangtua: Gregg dan Sono Harris. Sejak tahun 2004, beliau menjadi Senior Pastor di Covenant Life Church (www.covlife.org), Gaithersburg, Maryland, U.S.A. Beliau juga adalah anggota dari Council on Biblical Manhood and Womanhood (CBMW) bersama Rev. John S. Piper, D.Theol., dkk. Beliau juga anggota dari the council of The Gospel Coalition. Pada tahun 1998, beliau menikah dengan Shannon dan dikaruniai 3 orang anak. Untuk memperoleh informasi tentang pekerjaan pelayanan Joshua, khotbah online, dan kisah-kisah dari para pembaca, kunjungilah website: www.joshharris.com.

1 comment:

Anonymous said...

how are you!This was a really outstanding theme!
I come from roma, I was fortunate to search your blog in digg
Also I get a lot in your theme really thanks very much i will come again