23 July 2010

Resensi Buku-100: APAKAH ALLAH BENAR-BENAR MEMEGANG KENDALI? (DR. JERRY BRIDGES)

...Dapatkan segera...
Buku
APAKAH ALLAH BENAR-BENAR MEMEGANG KENDALI?:
Mempercayai Allah Di Tengah Dunia yang Terluka


oleh: DR. JERRY BRIDGES

Penerbit: Pionir Jaya, 2009

Penerjemah: Ellen Hanafi





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Hidup manusia diwarnai oleh suka dan duka. Begitu juga halnya dengan orang Kristen. Ketika dukacita datang, manusia bersedih hati, tidak terkecuali orang Kristen di dalamnya. Banyak manusia mempertanyakan di manakah Allah ketika penderitaan datang. Bagaimana dengan orang Kristen? Apakah sebagai orang Kristen, kita juga berlaku seperti orang dunia yang mempersalahkan Allah? Melalui buku Apakah Allah Benar-benar Memegang Kendali?, Dr. Jerry T. Bridges mengajar kita bahwa di tengah penderitaan, orang Kristen harus mempercayai kedaulatan Allah. Dr. Bridges memulai tesisnya dengan mengemukakan bahwa di titik pertama, orang Kristen harus mempercayai Allah. Mempercayai Allah membutuhkan satu langkah lebih sulit ketimbang menaati Allah. Kemudian, Dr. Bridges membawa kita untuk mengerti bahwa Allah juga berdaulat atas alam. Setelah menguraikan panjang lebar mengenai kedaulatan Allah, Dr. Bridges juga mengajar kita pentingnya tanggung jawab manusia sebagai respons terhadap kedaulatan Allah. Tanggung jawab itu diwujudnyatakan dengan kita makin lama makin mengerti, mengenal, dan mengalami hikmat dan kasih Allah, sehingga kita bisa bertumbuh di dalam penderitaan itu. Dan akhirnya dengan tanggung jawab itu, kita makin mengerti maksud Allah dan terus mengucap syukur atas kasih dan kedaulatan-Nya yang memelihara hidup kita. Biarlah buku sederhana boleh mencerahkan hati dan pikiran kita dan tentunya menguatkan kita di tengah penderitaan yang mengancam hidup umat Tuhan.




Rekomendasi:
“Melalui berbagai tulisannya yang sangat bijak, Jerry Bridges telah menjadi pendeta bagi jiwa saya. Dengan kesederhanaannya yang luar biasa seperti biasanya, ia memberikan cara pandangnya yang teguh secara Alkitabiah berkenaan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit tentang penderitaan manusia dan kedaulatan Allah. Buku Apakah Allah Benar-benar Memegang Kendali? akan menghibur mereka yang berdukacita dan akan membantu orang-orang yang terluka untuk memahami jalan Allah.”
Rev. Philip Graham Ryken, D.Phil.
(Pendeta senior di Tenth Presbyterian Church, Philadelphia, U.S.A. dan anggota dari
Alliance of Confessing Evangelicals; Bachelor of Arts—B.A. dari Wheaton College, Illinois, U.S.A.; Master of Divinity—M.Div. dari Westminster Theological Seminary, Philadelphia, U.S.A.; dan Doctor of Philosophy—D.Phil. dalam bidang Theologi Historika dari University of Oxford, UK)

“Hikmat, realisme, kebenaran, dan integritas pribadi menjadi ciri khas seluruh tulisan Jerry Bridges. Kini ia membawa karakteristik tersebut untuk menunjang pertanyaan yang sulit tentang penderitaan. Jawaban yang biasa, enteng, dan pada akhirnya tidak berperasaan kerap bermunculan pada zaman sekarang. Sebaliknya, buku Apakah Allah Benar-benar Memegang Kendali? ini menyoroti berbagai masalah dengan cara yang sehat dan Alkitabiah. Pesan yang terkandung di dalamnya akan membantu membawa kestabilan dan kenyamanan rohani yang sangat dibutuhkan.”
Rev. Prof. Sinclair B. Ferguson, Ph.D., D.D.
(Pendeta di First Presbyterian Church, Columbia, South Carolina sejak 2006 dan Profesor Theologi Sistematika di Westminster Seminary, Dallas, Texas, U.S.A.; Master of Arts—M.A., Bachelor of Divinity—B.D., dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari University of Aberdeen, U.K. dan Doctor of Divinity—D.D. dari Erskine Seminary)

“Hanya sedikit penulis modern yang dapat membuat kebenaran Alkitabiah menjadi lebih muda dimengerti seperti Jerry Bridges. Dan beberapa kebenaran Alkitabiah menjadi lebih penting untuk dimengerti bagi kehidupan Kristiani daripada kebenaran yang tercakup di dalam buku yang terkenal ini. Saya tidak pernah tahu ada pengenalan yang lebih baik dari buku ini mengenai topik kedaulatan dan penderitaan.”
Rev. Charles Joseph (C. J.) Mahaney
(Pendiri Sovereign Grace Ministries dan melayani di:
Alliance of Confessing Evangelicals dan di The Council on Biblical Manhood and Womanhood)





Profil Dr. Jerry Bridges:
Dr. Jerry Bridges adalah anggota staf dari The Navigators. Beliau adalah penulis banyak buku laris, di antaranya: the Pursuit of Holiness (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia juga oleh Penerbit Pionir Jaya), the Gospel for Real Life, Trusting God, Transforming Grace, The Joy of Fearing God, dan the Discipline of Grace (sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia juga oleh Penerbit Pionir Jaya). Pada tahun 2005, beliau menerima gelar doktor kehormatan dari Westminster Theological Seminary, U.S.A. Beliau dan istrinya, Jane tinggal di Colorado Springs, Colorado, U.S.A. dan mereka dikaruniai 2 orang anak yang sudah dewasa dan 5 orang cucu.

No comments: