25 October 2009

Resensi Buku-81: WHO MADE GOD? (editor: Ravi Zacharias, D.D., LL.D. dan Prof. Norman L. Geisler, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
WHO MADE GOD?
(SIAPA YANG MENCIPTA ALLAH):
Jawaban-jawaban untuk Pertanyaan-pertanyaan Sulit tentang Iman


editor: Ravi Zacharias, D.D., LL.D. dan Prof. Norman L. Geisler, Ph.D.

Penerbit: Pionir Jaya, 2009

Penerjemah: Handy Hermanto





Deskripsi dari Denny Teguh Sutandio:
Iman adalah hal yang sangat esensial di dalam hidup manusia. Iman menentukan pola pikir, perasaan, perkataan, dan tingkah laku. Lalu, iman seperti apakah yang beres dan berkenan di hadapan-Nya? Di dunia postmodern yang kita hidupi ini, kita menjumpai beraneka ragam model iman. Tugas kita khususnya sebagai orang Kristen adalah memilih iman yang bertanggungjawab dan beres di hadapan-Nya. Lalu, kita wajib mempertahankan iman yang bertanggungjawab tersebut di tengah dunia. Nah, iman yang beres dan bertanggungjawab seharusnya adalah iman yang datang dari Allah si Pemberi iman. Iman apakah itu? Iman Kristen. Bagaimana kita tahu bahwa iman Kristen satu-satunya iman yang bertanggungjawab yang datang dari Allah? Di dalam bukunya Who Made God? di bagian pertama para kontributor (Prof. Norman L. Geisler, Ph.D.; Prof. Ronald Rhodes, Ph.D.; Prof. William Lane Craig, Ph.D., D.Theol.; dan Rev. Lee Strobel) memaparkan pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan keunikan dan finalitas iman Kristen: keberadaan Allah, Allah Tritunggal, Allah dan kejahatan, asal usul alam semesta, hari-hari Penciptaan di dalam kitab Kejadian, pribadi dan karya Tuhan Yesus, dan ketidakbersalahan Alkitab.

Lalu, bagaimana iman Kristen memandang iman kepercayaan lain? Di dalam bagian dua, melalui dua bab terakhir, L. T. Jeyachandran memaparkan beraneka ragam iman kepercayaan lain (yang mayoritas dari dunia Timur), seperti Hinduisme, Buddhisme, Meditasi Transendental, Yoga, Reinkarnasi, Mormonisme, Gerakan Zaman Baru, dll.






Profil Editor dan Para Kontributor:
Ravi Zacharias, D.D., LL.D. lahir di Madras, India tahun 1946. Beliau dikenal sebagai seorang apologetika Kristen dari Kanada, Amerika. Beliau dan keluarganya pindah ke Toronto, Kanada, ketika beliau masih sebagai seorang remaja, tetapi sekarang beliau berada di Atlanta, Georgia. Beliau terlahir dari keluarga pandita Hindu (kasta Nambudiri Brahmin), kemudian beliau bertobat kepada Tuhan Yesus dan menyerahkan diri menjadi hamba-Nya yang setia. Beliau pindah ke Kanada pada tahun 1966. Beliau mendapatkan gelar Master of Divinity (M.Div.) dari Trinity International University di Deerfield, Illinois. Beliau menguasai banyak disiplin ilmu, di antaranya perbandingan agama, aliran agama, dan filsafat, dan oleh karena itu beliau memimpin departemen Penginjilan dan Pemikiran Kontemporer di Alliance Theological Seminary selama 3,5 tahun. Beliau mendapatkan anugerah gelar Doctor of Divinity (D.D.) baik dari Houghton College, NY maupun dari Tyndale College and Seminary, Toronto. Beliau juga dianugerahi gelar Doctor of Laws (LL.D.) dari Asbury College di Kentucky. Beliau juga melakukan studi khusus mengenai para pujangga Inggris aliran Romantisme di Cambridge University, U.K. Beliau sekarang menjadi dosen tamu di Wycliffe Hall, Oxford University di Oxford, England.
Beliau juga menjadi pembicara utama pada the
National Day of Prayer di Washington, D.C. dan the Annual Prayer Breakfast for the United Nations di New York City. Beliau telah menulis beberapa buku tentang Kekristenan, di antaranya, Can Man Live Without God? (1994), The Lotus and the Cross: Jesus Talks with Buddha (2001), and Sense and Sensuality: Jesus Talks with Oscar Wilde (2002), Cries of the Heart, Recapture The Wonder, dan Deliver Us From Evil. Selain itu, beliau juga adalah Presiden Direktur dari Ravi Zacharias International Ministries yang berpusat di Norcross, Georgia. Pada tahun 2009 ini, pelayanan beliau telah mencapai lebih dari 36 tahun. Beliau telah berceramah lebih dari 50 negara, termasuk di universitas-universitas terkemuka, seperti: Harvard dan Princeton. Program mingguannya di radio Let My People Think disiarkan di lebih dari 550 stasiun radio di seluruh dunia.
Pada undangan dari Billy Graham, beliau menjadi pembicara pleno di dalam International Conference for Itinerant Evangelists di Amsterdam pada tahun 1983, 1986, dan 2000. Beliau bersama istri, Margie, memiliki tiga orang anak, yaitu; Sarah, yang menikah dengan Jeremy, Naomi, dan Nathan.

Prof. Norman L. Geisler, Ph.D. adalah Presiden dari Southern Evangelical Seminary. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) dan Master of Arts (M.A.) dari
Wheaton College; Bachelor of Theology (Th.B.) dari William Tyndale College; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam bidang filsafat dari Loyola University. Beliau adalah salah satu penandatangan 1978 Chicago Statement on Biblical Inerrancy. Beliau juga menulis banyak buku yang berkaitan dengan apologetika.

Prof. William Lane Craig, Ph.D., D.Theol. adalah Research Professor of Philosophy di Talbot School of Theology, La Mirada, California, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi B.A. di Wheaton College; M.A. di Trinity Evangelical Divinity School; Ph.D. di the University of Birmingham, England; dan Doctor of Theology (D.Theol.) di University of Munich, Germany. Beliau menulis dan menjadi editor lebih dari 30 buku, termasuk: he Kalam Cosmological Argument; Assessing the New Testament Evidence for the Historicity of the Resurrection of Jesus; dll.

Prof. Ronald Rhodes, Th.D. adalah Presiden dari Reasoning from the Scriptures Ministries (pelayanan non-profit) dan mengajar cult dan apologetics di Veritas Evangelical Seminary (Murrieta, California), Dallas Theological Seminary, Talbot Seminary, Biola University (La Mirada, California), dan seminari terkenal lainnya. Beliau menyelesaikan studi B.A. di Houston Baptist University; Master of Theology (Th.M.) dan Doctor of Theology (Th.D.) di Dallas Theological Seminary, U.S.A.

Lawrence Theodore Jeyachandran berasal dari Tamil Nadu, South India. Sejak Januari 2001, beliau menjabat sebagai Direktur Eksekutif dari Ravi Zacharias International Ministries (Asia-Pasifik). Beliau juga dosen di Oxford Center for Christian Apologetics. Beliau adalah alumni dari PSG College of Technology yang berafiliasi dengan University of Madras (Chennai) dan kemudian menyelesaikan studi Master of Technology dalam bidang Structural Engineering dari Indian Institute of Technology (IIT) di Chennai. Beliau pernah bekerja selama 28 tahun sebagai Senior Civil Engineer dengan Pemerintahan Pusat (Federal).

Rev. Lee Strobel adalah mantan atheis dan menyelesaikan studi Master of Studies in Law di Yale Law School. Saat ini beliau adalah teaching pastor di Saddleback Valley Community Church, Orange County, CA dan dewan pendiri dari the Willow Creek Association. Beliau telah menulis banyak buku, termasuk the Gold Medallion winners
The Case for Christ and The Case for Faith, God’s Outrageous Claims and What Jesus Would Say, Experiencing the Passion of Jesus: A Discussion Guide on History's Most Important Event, dll. Beliau juga menjadi pemandu acara Defining Moments, sebuah jurnal radio untuk para pemimpin Kristen.

No comments: