09 November 2007

Resensi Buku-29: ANAK-ANAK ALLAH YANG HIDUP (Prof. Sinclair B. Ferguson, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
CHILDREN OF THE LIVING GOD
(ANAK-ANAK ALLAH YANG HIDUP)


oleh : Prof. Sinclair B. Ferguson, Ph.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2003

Penerjemah : Yulvita Hadi Yarti.





“Saudara tidak dapat membuka halaman Perjanjian Baru tanpa menyadari bahwa satu hal yang membuatnya “Baru” adalah fakta bahwa di dalamnya, orang percaya memanggil Allah dengan sebutan Bapa !” (Sinclair Ferguson)

Yesus Kristus mengajar murid-murid-Nya untuk memanggil Allah sebagai “Bapa,” dan hidup sebagai anggota keluarga-Nya. Meskipun pengajaran ini kelihatan tidak sulit untuk dimengerti oleh setiap orang Kristen, namun hal ini begitu mendalam sehingga diperlukan waktu seumur hidup bagi kita untuk dapat menggali implikasinya secara penuh.

Namun demikian, menurut Prof. Sinclair, kebenaran bahwa kita adalah “anak-anak Allah” seolah-olah berada di bawah bayang-bayang kebenaran mengenal keselamatan oleh iman. Kita banyak mendengar tentang apa artinya diselamatkan oleh iman, tetapi kita mungkin tidak terlalu mengerti bagaimana kita bisa menjadi anak-anak Allah, apa artinya menjadi anak-anak Allah, kemerdekaan apa yang kita nikmati sebagai anak-anak Allah, dan disiplin khusus apakah yang kita terima sebagai anak-anak Allah.

Penyusunan buku Anak-anak Allah yang Hidup ini bertitik tolak dari pertanyaan bijak kuno yang berbunyi, “Jika kasih bapa tidak dapat membuat seorang anak bersukacita, maka apa lagi yang dapat membuatnya bersukacita ?”






Profil Dr. Sinclair B. Ferguson :
Prof. Sinclair B. Ferguson, Ph.D. yang lahir tahun 1948 adalah theolog
Scottish terkenal di dalam lingkungan Kristen Reformed karena pengajaran, tulisan dan karya editorialnya. Beliau meraih gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari University of Aberdeen dan telah melayani di Church of Scotland pada tahun 1971-2005. Beliau telah melayani sebagai editor bersama the Banner of Truth Trust dan bekerja sebagai seorang pelayan Tuhan di St George's-Tron Church, Glasgow.
Ferguson adalah Pendeta senior di First Presbyterian Church di Columbia, South Carolina. Beliau adalah Profesor tamu terkenal dalam bidang Theologia Sistematika di
Westminster Theological Seminary, Dallas, kampus Texas, sebelumnya beliau memegang jabatan ketua Charles Krahe Chair dalam bidang Theologia Sistematika di kampus Philadelphia. Beliau juga adalah anggota dewan dari Alliance of Confessing Evangelicals.
Ferguson adalah teman dari Dr.
R. C. Sproul dan telah menjadi pembicara pada beberapa Sproul's Ligonier Conferences. Buku-buku yang telah ditulis, diedit atau disumbangkan oleh beliau antara lain :
· John Owen: The Man and His Theology (2003), kontributor tentang
John Owen
· The Preacher's Commentary - Vol. 21 - Daniel (2002)
· The Big Book of Questions & Answers about Jesus (2000)
· The Grace of Repentance (Today's Issues) (2000)
· Reformed Confessions Harmonized (1999), editor bersama Joel Beeke
· Let's Study Mark (1999)
· Let's Study Philippians (1998)
· Big Book of Questions and Answers (1997)
· The Holy Spirit (1997)
· Heart for God (1996)
· The Christian Life (1996)
· Discovering God's Will (1996)
· Sermon on the Mount (1996)
· The Pundit's Folly (1996)
· Grow in Grace (1989)
· Children of the Living God (1989)
· New Dictionary of Theology (Master Reference Collection) (1988), editor bersama
David Wright and J. I. Packer
· Daniel (Mastering the Old Testament, Vol 19) (1988)
· John Owen on the Christian Life (1987)
Buku-buku beliau yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Momentum adalah : Bertumbuh Dalam Anugerah, Khotbah Di Bukit, Menemukan Kehendak Allah, Hati yang Dipersembahkan Kepada Allah, dan Kehidupan Kristen.

No comments: