20 September 2007

Resensi Buku-22 : IMAN REFORMED (DR. LORAINE BOETTNER, D.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
REFORMED FAITH (IMAN REFORMED)

oleh : DR. LORAINE BOETTNER, D.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2000

Penerjemah : Ev. Hendry Ongkowidjojo, S.E., M.Div.





Di sepanjang sejarah Gereja, khususnya setelah Reformasi, Calvinisme merupakan arus pikir yang tidak dapat diabaikan pengaruh dan peranannya.

Namun dalam perkembangannya, banyak orang yang tidak mengerti secara tepat apa yang sebenarnya diungkapkan oleh theologia Calvinisme atau Reformed. Akibatnya sering muncul pemahaman atau prasangka-prasangka yang kurang tepat tentang pemikiran theologia ini.

Pembahasan ini mencoba untuk mengangkat dua macam fakta sistem keagamaan : agama yang berdasarkan pada iman (religion of faith) dan agama yang didasarkan pada perbuatan (religion of works), serta bagaimana posisi Calvinisme dalam menanggapi fakta mendasar yang sangat penting ini, khususnya dikaitkan dengan pemahamannya tentang keselamatan orang percaya.

Kiranya buku kecil ini bisa membawa kita pada pengertian yang tepat tentang ajaran Calvinisme dan menjadi berkat bagi banyak orang.
Soli Deo Gloria !






Profil Dr. Loraine Boettner :
DR. LORAINE BOETTNER, D.D. lahir di sebuah tanah pertanian di Linden, Missouri. Beliau adalah lulusan Princeton Theological Seminary dengan gelar Bachelor of Theology (Th.B.) pada tahun 1928 dan Master of Theology (Th.M.) pada tahun 1929, di mana beliau belajar Theologia Sistematika di bawah Dr. C. W. Hodge. Sebelumnya beliau telah lulus dari Tarkio College, Missouri, dan telah mengambil kuliah singkat dalam bidang Agrikultur di University of Missouri.
Beliau mengajar Alkitab selama 8 tahun di Pikeville College, Kentucky. Sewaktu di sana beliau menikah pada tahun 1932. Pada tahun 1933 beliau menerima gelar kehormatan Doctor of Divinity (D.D.) dan pada tahun 1957 gelar Doctor of Literature. Beliau adalah anggota gereja Orthodox Presbyterian Church di Amerika Serikat. Pada tahun 1937, beliau mulai bekerja di Library of Congress dan Bureau of Internal Revenue. Beliau menulis berapa buku termasuk : The Reformed Doctrine of Predestination, Roman Catholicism, Studies In Theology, Immortality, The Millennium and A Harmony of the Gospels.

No comments: