03 June 2007

Ingin buku-buku rohani/theologia bermutu ? Jawabannya : MOMENTUM Christian Literature (Fine Book Selection)

MOMENTUM Christian Literature
Fine Book Selection


Pendiri : Pdt. DR. STEPHEN TONG
Direktur : Pdt. Sutjipto Subeno, M.Div.

Kantor Pusat :
Andhika Plaza C/5-7
Jl. Simpang Dukuh 38-40
Surabaya – Indonesia
Phone: +62-31-547.2422-3
Fax: +62-31-545.9275
E-mail:
momentum-cl@indo.net.id
Website : http://www.momentum.or.id

Kantor Cabang :
1. Jakarta :
* Jalan Tanah Abang III No. 1, Jakarta Pusat
Telepon : (021) 3810912 ; Fax. : (021) 3811021
* Jalan Matraman Raya No. 24
Telepon : (021) 8582020 ; Fax. : (021) 8580668

2. Malang :
Jalan Semeru No. 40, Malang
Telepon : (0341) 364699



Pengantar
Membaca adalah kewajiban bagi manusia yang berbijaksana. Tak terkecuali orang Kristen. Semakin seseorang mau menjadi Kristen yang sejati, semakin ia rindu untuk mengerti imannya dengan tepat dan baik.



Mengapa Memilih MOMENTUM ?
Affordable :
Sejak berdirinya hingga saat ini, oleh anugerah dan pimpinan Allah, Penerbit Momentum tetap eksis di dunia literatur Kristen untuk menjadi berkat bagi gereja-gereja di Indonesia.
Penerbit Momentum telah meluncurkan sejumlah program untuk memungkinkan terbitan Momentum dapat dijangkau oleh berbagai kalangan.
Reliable :
Setiap buku yang diterbitkan oleh Penerbit Momentum telah melalui pemilihan dan seleksi yang ketat berdasarkan kebenaran Firman Tuhan. Penerbit Momentum berkomitmen untuk menerbitkan hanya buku-buku Kristen pilihan terbaik yang memenuhi kriteria: doktrin Kristen yang benar, pengajaran yang berbobot, dan memupuk kerohanian Kristen secara sehat.
Holistic :
Penerbit Momentum menyediakan buku-buku yang mencakup segala aspek pertumbuhan rohani Anda secara lengkap.
Penerbit Momentum menyediakan buku untuk semua kalangan: dari buku untuk anak-anak hingga dewasa, jemaat umum dan rohaniwan, dari doktrin hingga kehidupan praktis.

Profil :
Sejarah Singkat (A Brief History)
MOMENTUM sebagai penerbit dimulai di Jakarta dengan menerbitkan majalah Momentum pada tahun 1988 oleh Pdt. Dr. Stephen Tong. Saat itu dipikirkan untuk menjadi sebuah penerbitan, karena melihat kebutuhan akan adanya buku-buku Kristen yang berteologi Reformed dalam bahasa Indonesia. Dimulai dengan transkrip Seminar Pembinaan Iman Kristen dan penerjemahan beberapa buku berbahasa Inggris, Penerbit MOMENTUM mulai berkiprah dan menjadi berkat bagi banyak orang. Sejak saat itu, Penerbit MOMENTUM semakin dikembangkan menerbitkan transkrip khotbah dan seminar Pdt. DR. STEPHEN TONG dan beberapa hamba Tuhan GRII lainnya, serta menerjemahkan cukup banyak buku dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
Jaringan Outlet dan Toko Buku MOMENTUM didirikan pertama kali di Surabaya oleh Bp. Leo Sutanto dan Bp. James Hartono Setio pada tahun 1989, yang terbeban melihat kebutuhan akan adanya literatur Kristen yang baik dan bisa menunjang pertumbuhan iman orang percaya. Di Jakarta, Outlet MOMENTUM dimulai oleh Pdt. Sutjipto Subeno pada tahun 1993 di Tanah Abang III. Pada tahun 1996, seluruh management Penerbit MOMENTUM dan Jaringan Toko Buku MOMENTUM disatukan di Andhika Plaza blok C/6-7, Surabaya. Sejak saat itu, MOMENTUM menjadi Pusat Literatur Kristen MOMENTUM. Saat ini Outlet MOMENTUM berkembang selain Jakarta dan Surabaya, tetapi juga di Malang, Yogyakarta, Batam dan akan berkembang ke berbagai negara seperti di Australia dan USA.

Visi
Kami melihat kurangnya literatur Kristen yang dibutuhkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dari segi Teologis maupun Praktis bagi pertumbuhan iman orang percaya di Indonesia. Berbagai penerbit Kristen hanya mengejar buku-buku yang laris dijual, tetapi seringkali tidak membangun teologi yang benar. Sebaliknya, buku-buku yang bermutu tinggi dan baik, tidak diterbitkan karena mungkin kurang sekali peminatnya.
Kami melihat bahwa orang-orang Kristen di Indonesia sangat kurang membaca dan bertumbuh melalui literatur. Orang Kristen di Indonesia masih puas dengan khotbah singkat setiap minggu di gereja. Semangat studi kritis dan kerinduan untuk mengerti lebih dalam masih belum tumbuh dengan baik dan belum menjadi budaya yang meluas. Dari sini Pusat Literatur Kristen MOMENTUM terpanggil untuk menggarap tugas yang berat namun agung ini.

Misi
Misi kami adalah memikirkan dan menggarap literatur Kristen yang baik. Mencoba menjalin kerjasama dan menggalang orang-orang yang terbeban untuk bersama-sama memikirkan dan mengerjakan panggilan ini. Dengan kekuatan manusia yang sangat terbatas, kami mencoba mulai memikirkan pola produksi dan penyebaran buku-buku Kristen yang baik. Baik dalam bentuk transkrip khotbah, maupun penerjemahan dari bahasa asing. Beberapa tahun sebelum Pusat Literatur Kristen MOMENTUM didirikan, beban ini sudah semakin kuat dan muncul di dalam hati Pdt. Dr. Stephen Tong, yang saat itu begitu banyak melakukan Kebaktian Kebangunan Rohani dan mengajar iman Kristen di berbagai gereja.

Aksi
Dan apa yang kami lakukan…? Pusat Literatur Kristen MOMENTUM mulai dengan menerbitkan beberapa buku, membangun jaringan toko buku yang seluruhnya dikerjakan dengan semangat non-profit. Pusat Literatur Kristen MOMENTUM sampai saat ini ditunjang penuh oleh GRII (Gereja Reformed Injili Indonesia) di dalam berbagai fasilitas maupun finansial. Tanpa dukungan ini, kami sulit untuk bertahan, karena buku-buku yang kami terbitkan bukanlah buku-buku yang populer, yang mudah dibaca, tetapi yang sungguh-sungguh dibutuhkan zaman, dibutuhkan oleh setiap orang percaya di Indonesia untuk mereka bisa bertumbuh secara kokoh di dalam imannya. Pusat Literatur Kristen MOMENTUM berusaha untuk memberikan fasilitas yang sebaik mungkin pada setiap anggotanya.
Kami berjuang supaya orang Kristen, khususnya para hamba Tuhan, yang menjadi anggota MOMENTUM bisa mendapatkan buku-buku yang baik, dengan seleksi yang ketat sekali dan dengan harga yang semurah mungkin. Dengan demikian, lebih banyak orang yang mampu membeli dan membaca buku-buku yang baik. Kami berharap, mereka yang mampu, bisa mendukung pelayanan ini untuk keberadaan MOMENTUM bisa semakin berkembang dan semakin mampu menjadi berkat bagi lebih banyak orang percaya lagi. Ada beberapa anak Tuhan yang begitu mencintai pelayanan Literatur yang menyisihkan dana mereka menjadi dana sponsor untuk penerbitan buku-buku MOMENTUM. Ada yang membantu di dalam menyebarkan di berbagai persekutuan, gereja, lembaga dan berbagai pelayanan Kristen. Dengan demikian keberadaan buku-buku yang baik ini bisa semakin menjadi berkat meluas. Semua kemuliaan kembali kepada Allah semesta alam.


Toko Buku MOMENTUM di Surabaya di bawah pengawasan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Andhika, Surabaya (http://www.grii-andhika.org)



Tambahan dari saya (Denny Teguh Sutandio) :
Toko Buku MOMENTUM di antaranya menerjemahkan dan mencetak buku-buku/buklet rohani bermutu (di bawah Penerbit Momentum) dalam bahasa Indonesia dari para penulis, pendeta, profesor, theolog, penginjil a.l. :
Pdt. DR. STEPHEN TONG (Pendiri/Ketua Sinode GRII ; buku-bukunya : Peta dan Teladan Allah, Allah Tritunggal, Arsitek Jiwa 1, Arsitek Jiwa 2, Siapakah Kristus, Iman dan Agama, dll) ; Pdt. Sutjipto Subeno, M.Div. (GRII Andhika) ; Pdt. Billy Kristanto, M.C.S. (MRII Jerman ; bukunya : Ajarlah Kami Bertumbuh) ; Prof. James I. Packer, M.A., Ph.D. ; Prof. DR. LOUIS BERKHOF (bukunya : Dasar-dasar Pendidikan Kristen dan Seri Teologi Sistematika 1-6) ; Rev. Prof. Cornelius Van Til, Ph.D. (bukunya : The Defense of the Faith dan Dasar-dasar Pendidikan Kristen) ; Prof. David F. Wells, Ph.D. (buku seri : No Place for Truth, God in the Wasteland dan Losing Our Virtue) ; Arthur W. Pink (bukunya : Kedaulatan Allah) ; Rev. Jonathan Edwards, A.M. (tokoh kebangunan rohani/Great Awakening di Amerika ; bukunya : Orang Berdosa di Tangan Allah yang Murka, dll) ; Matthew Henry (bukunya : Tafsiran Injil Markus) ; Prof. William Hendricksen, Th.D. (bukunya : More than Conquerors/Lebih dari Pemenang) ; Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D. (bukunya : The Bible and the Future/Alkitab dan Akhir Zaman, dll) ; Prof. J. Knox Chamblin, Th.D. ; Prof. Richard L. Pratt, Jr., Th.D. (bukunya : HE Gave Us Stories/Ia Berikan Kita Kisah-Nya) ; Prof. DR. Ds. ABRAHAM KUYPER (mantan Perdana Menteri Belanda ; bukunya : Lectures on Calvinism/Ceramah-ceramah Mengenai Calvinisme) ; Rev. DR. JOHN S. PIPER ; Rev. G. I. Williamson, B.D. (buku seri : Katekismus Singkat Westminster jilid 1 dan 2, Pengakuan Iman Westminster) ; Rev. Prof. Edwin H. Palmer, Th.D., D.D. (bukunya : Five Points of Calvinism/Lima Pokok Calvinisme) ; Prof. James C. Petty, D.Min. ; Prof. Paul David Tripp, D.Min. ; Prof. Edward T. Welsch, Ph.D. (bukunya : Blame it on the Brain ?/Apakah Otak yang Dipersalahkan?, dll) ; Prof. Paul C. Vitz, Ph.D. (bukunya : Psychology as Religion/Psikologi Sebagai Agama) ; Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div. (GRII Andhika ; buklet : Doktrin Allah dan Doktrin Manusia dan Dosa); Ev. Dra. Trivina Ambarsari S., S.Th. (buklet : Doktrin Alkitab dan Doktrin Kristus) ; dll


Selain itu, Toko Buku MOMENTUM juga menjual buku-buku rohani/theologia di luar Penerbit Momentum (baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris) yang ditulis oleh para penulis, pendeta, penginjil, profesor dan theolog a.l. :
Prof. Simon J. Kistemaker, Th.D. ; Rev. DR. JOHN R. W. STOTT ; Pdt. Yakub Susabda, Ph.D. (Rektor Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta) ; Rev. DR. BILLY GRAHAM ; DR. LOUIS PALAU ; Pdt. Stevri Indra Lumintang, D.Min., Th.D. (Cand.) ; Pdt. DR. ANDAR ISMAIL (bukunya : Seri Selamat) ; DR. RAVI ZACHARIAS (buku seri : Jesus Among Other gods {Yesus Di Antara allah-allah Lain}, The Lamb and the Fuhrer {Percakapan Yesus Dengan Hitler}, dan The Lotus and the Cross {Percakapan Yesus Dengan Buddha}); DR. JAMES DOBSON ; Prof. C. S. Lewis (bukunya : Mere Christianity/KeKristenan Asali); Pdt. Daniel Lucas Lukito, Th.D. (Rektor Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT Malang) ; Pdt. Yohan Candawasa, S.Th. (bukunya : Merupa Hidup dalam Rupa-Nya, dll) ; Ir. Herlianto, M.Th. (bukunya : Teologi Sukses : Antara Allah dan Mamon, dll) ; Prof. W. Stanley Heath, Ph.D., Th.D., D.D. (Rektor dan Pendiri Institut Alkitab Tiranus—IAT Bandung) ; dll

No comments: