30 March 2014

Resensi Buku-261: NOT A FAN (Rev. Kyle Idleman)


Apa arti “Kristen”? “Kristen” berarti “pengikut Kristus”. Pertanyaan lebih tajam lagi, bagi kita yang telah bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun menjadi Kristen, apakah kita benar-benar menjadi pengikut Kristus? Atau sebenarnya kita hanya menjadi penggemar-Nya? Bagaimana membedakannya?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
NOT A FAN
(BUKAN SEORANG PENGGEMAR):
MENJADI SEORANG PENGIKUT YESUS YANG BERKOMITMEN DENGAN SEPENUHNYA

oleh: Rev. Kyle Idleman

Penerbit: Literatur Perkantas Jatim, 2012

Penerjemah: Selviya H. Mannuputty



Di bagian kata pengantar, Rev. Kyle Idleman mengakui secara jujur bahwa dahulu ia adalah seorang pengkhotbah yang suka menyenangkan jemaat, namun setelah menyelidiki Injil, ia tersadar dan berusaha mengajar jemaat tentang makna sesungguhnya menjadi pengikut Kristus. Misi dan visi ini menuntun para pembaca menelusuri batu ujian untuk menguji apakah kita sebagai penggemar Kristus atau pengikut-Nya. Ada beberapa batu ujian yang dipakai Rev. Kyle, yaitu: apakah kita banyak mengetahui tentang-Nya atau berhasrat makin intim dengan-Nya?; apakah kita menganggap Kristus sebagai salah satu prioritas dalam hidup kita atau satu-satunya prioritas?; apakah kita mengikut Yesus atau mengikut aturan-aturan “Kristen”?; dan apakah kita lebih mengandalkan diri untuk berubah atau kita rindu dipenuhi Roh Kudus? Empat hal penguji ini mengarahkan kita untuk mempertegas hubungan kita dengan-Nya. Jika kita masih menjadi penggemar-Nya, maka Rev. Kyle mengajar kita kembali apa makna mengikut Kristus di bagian 2 dan 3. Di bagian 2 yang terdiri dari 4 bab, ia menguraikan Lukas 9:23 tentang prinsip mengikut Kristus yaitu: setiap orang diundang, untuk mengikut-Nya (mengejar-Nya), menyangkal diri (penyerahan total), dan memikul salib setiap hari (kematian setiap hari). Setelah kita tahu prinsip mengikut Kristus, maka sekarang saatnya kita mengaplikasikannya di bagian 3. Di bagian 3, Rev. Kyle mengarahkan kita untuk mengerti bahwa mengikut Kristus adalah mengikut-Nya ke mana pun, kapan pun, dan apa pun. Artinya, ketika kita mengikut Kristus, kita harus siap mengikut-Nya di mana pun Ia memimpin kita, kapan pun Ia mau (tidak menunggu waktu yang tepat menurut kita), dan apa pun yang Ia inginkan (bukan apa yang kita inginkan). Menariknya, setiap bab dalam buku ini diakhiri dengan kesaksian orang-orang yang bukan seorang penggemar, tetapi pengikut Kristus. Biarlah buku ini menyadarkan kita tentang makna mengikut Kristus sesungguhnya.



Rekomendasi:
“Kyle Idleman mengerti di mana posisi kita berada dan di mana keberadaan kita dalam pertolongan Allah. Tulisan Kyle begitu mendalam sekaligus praktis. Dia berkomitmen untuk menolong kita dalam melangkah di jalan yang benar. Jika Anda membutuhkan sebuah pertolongan dalam perjalanan Anda, dia akan mengarahkan Anda ke sosok Pribadi yang sangat tepat.”
Rev. Max Lucado, M.A.
Pendeta di Oak Hills Church dan penulis buku laris yang menyelesaikan studi gelar Bachelor of Arts (B.A.) dalam bidang Komunikasi Massa dari Abilene Christian University, Abilene, Texas, U.S.A. dan Master of Arts (M.A.) dalam bidang Biblical and Related Studies dari Abilene Christian University, Abilene, Texas, U.S.A.

“Yesus tidak pernah meminta kita untuk hanya duduk di sudut lapangan dan menyoraki apa yang sedang Dia kerjakan. Dalam Not a Fan, Kyle Idleman akan menantang Anda untuk bertumbuh dari seorang penonton biasa-biasa saja menadi seorang pengikut Kristus sepenuhnya.”
Rev. Craig Groeschel, M.Div.
Pendeta Senior di LifeChurch.tv yang menyelesaikan studi Master of Divinity (M.Div.) di Phillips Theological Seminary, U.S.A.

“Keluarkan stabilo Anda dan biarkan Kyle membawa Anda kembali ke inti daripada Kekristenan. Anda mungkin tidak akan menikmati ketika ditantang untuk lebih dari sekadar membaca sebuah buku yang sangat jelas, menarik, dan menawan ini.”
Rev. Lee Patrick Strobel, D.D. (HC)
Penulis buku laris versi New York Times, Pendeta pengajar di Saddleback Valley Community Church, Lake Forest, California, U.S.A., dan anggota dewan Willow Creek Association yang menyelesaikan studi Bachelor of Jurnalism (B.J.) di University of Missouri, U.S.A.; Master of Studies (M.S.) dalam bidang hukum di Yale Law School, U.S.A.; dan dianugerahi gelar Doctor of Divinity (D.D.) dari Southern Evangelical Seminary.

“Isi dari buku ini akan menggoncangkan dunia Anda … dan penulis dari buku ini menguraikannya dengan gamblang. Kyle adalah seorang pemimpin yang hebat dan pengikut Kristus. Pengajarannya mengenai topik “Not a Fan” menjadi sebuah momentum yang menentukan bagi lahirnya gerakan pembaruan dalam gereja kami … dan hal ini terus berlangsung hingga sekarang. Not a Fan dapat melakukan hal yang sama juga dalam hidup Anda.”
Rev. Dave Stone
Pendeta Senior di Gereja Southeast Christian



Profil Rev. Kyle Idleman:
Rev. Kyle Idleman adalah Pendeta di Gereja Southeast Christian di Louisville, Kentucky, yang merupakan gereja terbesar kelima di Amerika Serikat. Dia juga seorang penulis dan presenter dari seri kurikulum video yang memenangi penghargaan yaitu H2O: A Journey of Faith dan The Easter Experience.

No comments: