09 March 2014

Resensi Buku-258: PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TUHAN YESUS (Prof. Simon J. Kistemaker, Th.D.)


Ketika kita membaca Injil, kita menemukan beragam jenis sastra, misalnya cerita sejarah, perumpamaan, pengajaran, dll. Di antara beragam jenis sastra, jenis perumpamaan yang mungkin membingungkan kita sebagai pembaca di abad XXI ini. Mengapa? Karena perumpamaan tersebut diberitakan dan dimengerti oleh orang-orang di zaman Kristus hidup dan pembaca Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Lalu, bagaimana kita dapat mengerti perumpamaan-perumpamaan yang Kristus ajarkan di dalam Injil?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN YESUS

oleh: Prof. Simon J. Kistemaker, Th.D.

Penerbit: Literatur SAAT Malang, 2010 (cetakan keempat)

Penerjemah: Esther Sri Astuti, Rahmiati Tanudjaja, Wardani Mumpuni



Di dalam buku ini, salah satu pakar Perjanjian Baru, Dr. Simon J. Kistemaker pertama-tama menjelaskan apa itu perumpamaan di dalam kitab Injil dan apa bedanya dengan alegori, lalu bagaimana kita menafsirkan perumpamaan, dll. Pendahuluan singkat ini mengarahkan kita untuk menyimak penjelasan Dr. Kistemaker tentang 40 macam perumpamaan Tuhan Yesus di dalam Injil. Dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jelas, Dr. Kistemaker memimpin kita berselancar di zaman ketika Kristus hidup dan memberitakan perumpamaan-perumpamaan tersebut sambil tetap mengarahkan kita yang hidup di zaman sekarang untuk mengerti dan menjalankan maksud dari perumpamaan-perumpamaan tersebut. Biarlah buku ini dapat memimpin kita untuk mempelajari perumpamaan-perumpamaan Tuhan Yesus sesuai konteks historis, sehingga kita dapat menafsirkannya dengan bertanggung jawab.



Profil Dr. Simon J. Kistemaker:
Prof. Simon J. Kistemaker, Th.D. adalah Profesor Emeritus bidang Perjanjian Baru di Reformed Theological Seminary, Orlando, U.S.A. dan mantan presiden dari the Evangelical Theological Society. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (A.B.) di Calvin College; Bachelor of Divinity (B.D.) di Calvin Theological Seminary, U.S.A.; dan Doctor of Theology (Th.D.) di Free University of Amsterdam. Selain buku ini, beliau juga menulis buku lain, yaitu The Gospels in Current Study. Beliau juga menulis 4 dari 7 seri New Testament Commentary yang pertama kali dimulai oleh Dr. William Hendricksen. 4 seri ini mendapat the Gold Medallion Evangelical Book of the Year Award. Beliau juga menjadi kontributor di New Geneva Study Bible.

No comments: