12 January 2014

Resensi Buku-250: DOSA-DOSA SPEKTAKULER DAN TUJUAN GLOBALNYA BAGI KEMULIAAN KRISTUS (Rev. John S. Piper, D.Theol.)


Allah adalah Allah yang berdaulat atas segala sesuatu termasuk dosa. Allah yang berdaulat atas dosa tidak berarti Allah menciptakan dosa, tetapi Allah yang menetapkan dosa yang bertujuan akhir untuk memuliakan Anak Tunggal-Nya yaitu Tuhan Yesus Kristus. Bagaimana kita mengerti kebenaran yang rumit ini?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
DOSA-DOSA SPEKTAKULER 
DAN TUJUAN GLOBALNYA BAGI KEMULIAAN KRISTUS

oleh: Rev. John S. Piper, D.Theol.

Penerbit: Momentum Christian Literature, Surabaya, 2012

Penerjemah: Rosdiana Siregar



Di awal buku ini, Dr. John S. Piper mengatakan bahwa maksud buku ini ditulis adalah untuk menguatkan orang Kristen bahwa Allah adalah Allah yang berdaulat atas segala sesuatu termasuk kejahatan dan memaksudkan kejahatan itu demi menggenapkan kehendak-Nya yang mulia yaitu memuliakan Anak-Nya, Kristus. Di bab 1 dan 2, beliau menjelaskan maksudnya ini dengan mengaitkan kedaulatan Allah dan dosa. Kemudian di bab 3, beliau menjelaskan siapakah iblis dan apa kaitan Allah yang berdaulat dengan diizinkan iblis untuk hidup. Tujuan buku ini yaitu Allah yang berdaulat memakai dosa-dosa dan kejahatan untuk memuliakan Kristus diuraikan secara mendalam namun sederhana mulai bab 4 s/d 8 di mana melalui kisah-kisah Alkitab dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru, Dr. Piper membukakan hati dan pikiran kita betapa tokoh-tokoh Alkitab yaitu Adam, kecongkakan orang-orang yang melawan Allah dengan membangun menara Babel, Yusuf dijual, Daud, dan Yudas Iskariot yang melakukan dosa-dosa spektakuler atau/dan mengalami kejahatan dari orang lain ternyata membawa kemuliaan bagi Kristus. Biarlah melalui buku kecil ini, kita makin mengerti bahwa Allah adalah Allah yang berdaulat bahkan atas dosa dan penderitaan yang kita tanggung sambil tetap menyadari bahwa kita harus mengalahkan kejahatan dan dosa dengan iman kepada Kristus.



Rekomendasi:
“Ketika menyangkut holocaust dan kengerian-kengerian lainnya, kebanyakan dari kita berasumsi bahwa Allah tidak berdaya. Kita membayangkan Iblis melakukan pengrusakan ketika Allah tidak memperhatikan; kita merasionalisasi ‘kekeliruan-kekeliruan’ Allah, membayangkan bahwa Ia melepaskan tangan-Nya dari kemudi ketika tragedi-tragedi terjadi. Tetapi dari halaman-halaman Kitab Suci, John Piper melukiskan satu gambar yang berbeda yang akan menguatkan hati Anda, mendorong iman Anda, dan memperdalam pemahaman Anda akan ‘luasnya’ kedaulatan Allah.”
Joni Eareckson Tada
Joni and Friends International Disability Center

“Saya telah membaca buku ini dua kali. Kebenaran-kebenaran yang berbobot mengenai hikmat dan kuasa Allah yang berdaulat yang diuraikan di dalam halaman-halaman ini menciptakan di dalam diri saya perasaan bersyukur dan rasa aman yang ultimat. Diingatkan akan kuasa-Nya atas segala sesuatu sungguh merupakan hal yang tidak ternilai, dan saya pikir saya tidak akan pernah berkhotbah dengan cara yang sama lagi.”
Rev. Matt Chandler
Pendeta di The Village Church, Highland Village, Texas yang menyelesaikan studi Bachelor dalam bidang Alkitab di Hardin-Simmons University di Abilene, Texas.

“‘Wawasan dunia yang lembek menciptakan orang-orang Kristen yang lembek’ – demikian refrein dari buku ini. Tetapi wawasan dunia yang diberikan Dosa-dosa Spektakuler sama sekali tidak lembek. Wawasan dunia buku ini berani menanyakan – dan menjawab – pertanyaan yang paling sulit bagi orang Kristen: ‘Mengapa dosa, penderitaan, dan kejahatan eksis di dalam dunia di mana Allah berdaulat?” Dr. Piper telah memberikan theodise yang jujur, alkitabiah, dan pastoral bagi generasi kita. Halaman-halaman buku ini memberi terang di dalam ruang tergelap theologi Kristen.”
Rev. Rick Holland, D.Min.
Pendeta Senior di Mission Road Bible Church dan Pendiri the Resolved Conference (pelayanan yang memanggil generasi baru untuk menghidupi hidup dengan devosi yang serius kepada Yesus Kristus) yang menyelesaikan studi Bachelor of Science (B.S.) di the University of Tennessee, Chattanooga; Master of Divinity (M.Div.) di The Master’s Seminary; dan Doctor of Ministry (D.Min.) di The Southern Baptist Theological Seminary, U.S.A.

“Mustahil untuk benar-benar memahami dahsyatnya penghiburan dari kedaulatan Allah sebelum kita terlebih dahulu memikirkan kedaulatan tersebut di dalam terang sengsara, penderitaan, kejahatan, dan dosa. Di dalam buku kecil ini, John Piper memberikan hadiah yang berharga bagi gereja dengan menunjukkan bagaimana keterjatuhan dunia ini telah dirancang bagi kebaikan ultimat kita dan kemuliaan ultimat Allah. Buku ini adalah seruan yang Alkitabiah dan meyakinkan bagi generasi ini untuk memperhatikan dunia Allah di dalam terang firman Allah. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!”
Prof. Miles V. Van Pelt, Ph.D.
Alan Belcher Professor of Old Testament and Biblical Languages dan Dekan Akademis di Reformed Theological Seminary, Jackson, U.S.A. yang menyelesaikan studi B.A. di Azusa Pacific University; Master of Arts (M.A.) di Gordon-Conwell Theological Seminary; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) di The Southern Baptist Theological Seminary, U.S.A.



Profil Rev. Dr. John Piper:
Rev. John Stephen Piper, B.A., B.D., D.Theol. adalah Pendeta Pengkhotbah dan Visi di Betlehem Baptist Church, Minneapolis, U.S.A. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) dari Wheaton College, U.S.A.; Bachelor of Divinity (B.D.) dari Fuller Theological Seminary, U.S.A.; dan Doctor of Theologie (D.Theol.) dari University of Munich, Munich, Jerman Barat. Disertasinya, Love Your Enemies, diterbitkan oleh Cambridge University Press dan Baker Book House.

No comments: