28 October 2012

Resensi Buku-191: DOKUMEN-DOKUMEN PERJANJIAN BARU (Prof. F. F. Bruce, D.D., F.B.A.)

Buku-buku sekuler seperti The Da Vinci Code, Misquoting Jesus, dll mencoba mendongkel Kristus dan kitab-kitab Perjanjian Baru dari fakta sejarah dengan mencoba mengarang sesuatu yang tidak berdasarkan data sejarah apa pun. Benarkah Kristus itu ada di dalam sejarah? Apakah Perjanjian Baru bisa diandalkan keakuratannya?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
DOKUMEN-DOKUMEN PERJANJIAN BARU

oleh: Prof. F. F. Bruce, D.D., F.B.A.

Penerjemah: Dr. R. Soedarmo

Penerbit: BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2006 (cetakan keenam)



Di dalam buku ini, Dr. F. F. Bruce memaparkan bahwa Perjanjian Baru yang dimiliki orang Kristen hari ini bisa diandalkan keakuratannya. Pembahasan beliau dimulai dari penjelasan tentang dokumen-dokumen Perjanjian Baru, waktu, dan kesaksian tentang dokumen-dokumen tersebut. Kemudian, beliau menjelaskan perihal kanon Perjanjian Baru secara historis. Tiga bab selanjutnya merupakan penjelasan beliau tentang dapat dipercayanya kitab-kitab Injil, mujizat-mujizat di dalamnya, dan pengakuan Paulus akan Injil. Setelah itu, Dr. Bruce memaparkan dapat dipercayanya catatan seorang sejarawan yang bernama dr. Lukas yang menulis Injil Lukas dan kitab Kisah Para Rasul. Tiga bab terakhir menjelaskan bukti arkeologi tentang dapat dipercayanya Perjanjian Baru baik dari penemuan para arkeolog, penulis Yahudi kuno (seperti Josephus), dan para penulis non-Yahudi (seperti: Tacitus, dll). Biarlah buku kecil dapat menguatkan iman kita bahwa Perjanjian Baru dapat diandalkan keakuratannya, meskipun harus menghadapi serangan dari orang-orang non-Kristen dewasa ini.



Profil Penulis:
Prof. Frederick Fyvie (F. F.) Bruce, D.D., F.B.A. dilahirkan tanggal 12 October 1910 di Elgin, Skotlandia, Inggris. Beliau menempuh studi dalam bidang Classics di University of Aberdeen dan Cambridge University, kemudian pindah ke University of Vienna untuk menempuh studi Doctor of Philosophy (Ph.D.). Namun di tengah studinya, beliau dipanggil menjadi asisten pengajar di Edinburgh University (1935-1938). Beliau menikah dengan Betty Davidson. Kemudian, beliau mengajar bahasa Yunani di Leeds University (1938-1947). Setelah itu, beliau dipilih menjadi ketua dalam bidang studi Biblika di Sheffield University (1947-1959) dan kemudian Rylands Professor of Biblical Criticism and Exegesis di Manchester (1959-1978). Pada tahun 1957, beliau menerima gelar Doctor of Divinity (D.D.) dari the University of Aberdeen. Beliau menulis beberapa buku, antara lain: Paul: Apostle of the Heart Set Free (terbitan Amerika), The Books and the Parchments, Biblical Exegesis in the Qumran Texts, Israel and the Nations, Paul and his Converts, Biblical Exegesis in the Qumran Texts, dll. Beliau juga melayani sebagai editor pada The Evangelical Quarterly dan the Palestine Exploration Quarterly. Beliau terpilih sebagai: Fellow of the British Academy (F.B.A.) dan juga menjabat Presiden dari the Society for Old Testament Study dan juga Presiden dari the Society for New Testament Study. Beliau juga menulis beberapa buku tafsiran atas surat: Roma, Kisah Para Rasul, 1 & 2 Korintus, Galatia, Injil dan Surat Yohanes, dan Surat Ibrani. Beliau meninggal tanggal 11 September 1990.

No comments: