22 July 2012

Resensi Buku-177: BAGAIMANA ORANG BERUBAH? (Prof. Timothy S. Lane, D.Min. dan Prof. Paul David Tripp, D.Min.)

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang terbatas dan berdosa. Karena keterbatasannya, maka otomatis manusia bisa mengalami perubahan dalam hidupnya. Namun, dunia memandang perubahan selalu dari sisi eksternal, yaitu perubahan sikap, lingkungan, dll. Perubahan seperti apa yang diajarkan Alkitab?

Temukan jawabannya dalam:
Buku
BAGAIMANA ORANG BERUBAH?

oleh:
Prof. Timothy S. Lane, D.Min. dan
Prof. Paul David Tripp, D.Min.

Penerbit: Momentum Christian Literature, Surabaya, 2011

Penerjemah: Chrisnah Ruston



Di dalam bab awal buku yang ditulis oleh Dr. Lane dan Dr. Tripp, mereka mengemukakan bahwa Injil sebenarnya yang harus menjadi dasar dan awal pengubah hidup anak-anak Tuhan. Perspektif Injil ini mengarahkan anak-anak Tuhan untuk menyusuri berbagai harapan palsu yang menggantikan Injil, misalnya: sosialisme, legalisme, pengalaman, dll. Perspektif Injil ini juga yang mengarahkan anak-anak Tuhan untuk peka melihat di mana Allah menempatkan mereka di tempat yang seharusnya dan sekaligus bersekutu (“menikah”) dengan Kristus untuk meneladani dan hidup erat dengan-Nya. Seluruh hal inilah yang membawa kita makin peka melihat inti problematika yang sedang kita hadapi (analogi: Panas Terik), respons kita (analogi: Semak Belukar), melihat sikap Kristus (analogi: Salib), dan akibat dari sikap kita yang meneladani sikap Kristus (analogi: Buah). Dengan kata lain, buku ini mengarahkan kita melihat hati dan Injil sebagai inti dari hidup Kristen yang berubah. Makin hidup kita menyerupai Injil, hidup kita akan berubah dan diubah oleh Roh Kudus. Konsep ini diaplikasikan dalam 2 contoh pengalaman di 2 bab terakhir di buku ini. Biarlah buku ini memimpin kita untuk terus-menerus melihat Injil Kristus sebagai pusat hidup kita.



Rekomendasi:
“Perubahan tidak terjadi secara otomatis, termasuk bagi orang Kristen. Ini merupakan perjalanan seumur hidup. Paul Tripp dan Tim Lane dengan sangat ahli membimbing kita di sepanjang jalan Alkitabiah yang membawa kita kepada salib dan gaya hidup iman dan pertobatan. Saya merekomendasikan buku ini kepada semua orang Kristen yang rindu untuk bertumbuh dalam relasi mereka dengan Allah.’”
Prof. Tremper Longman III, Ph.D.
(Profesor Robert H. Gundry untuk Studi-studi Biblikal di Westmont College, Santa Barbara, California, U.S.A. yang menyelesaikan studi: Bachelor of Arts—B.A. di Ohio Wesleyan University; Master of Divinity—M.Div. di Westminster Theological Seminary, U.S.A.; Master of Philosophy—M.Phil. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Yale University, U.S.A.)

“Buku ini adalah theologi terapan. Buku ini berbicara tentang kesulitan, salib, dan buah. Buku ini berbicara tentang anugerah. Dalam enam belas bab yang singkat namun terilustrasikan dengan baik, harapan yang kuat bagi perubahan ke arah yang lebih baik dihamparkan kepada pembaca. Kita dipanggil untuk mempertimbangkan keadaan-keadaan kita dan bagaimana kita meresponsnya, dan menggali lebih dalam daripada itu untuk memeriksa semua keinginan hati kita dan kembali berpaling kepada salib Kristus.”
Rev. Mark E. Dever, Ph.D.
(Pendeta senior di Capitol Hill Baptist Church, Washington, D.C., Direktur Eksekutif dari 9Marks Ministries {dahulu dikenal sebagai the Center for Church Reform}, anggota dari Alliance of Confessing Evangelicals, dan memimpin the Alliance Forum yang menyelesaikan studi: B.A. magna cum laude dari Duke University; M.Div. summa cum laude dari Gordon-Conwell Theological Seminary; Master of Theology—Th.M. dari The Southern Baptist Theological Seminary; dan Ph.D. dalam bidang Sejarah Gereja dari Cambridge University, U.K.)



Profil penulis:
Prof. Timothy S. Lane, M.Div., D.Min. adalah Presiden di the Christian Counseling and Educational Foundation (CCEF) dan associate professor dalam bidang Theologi Praktika di Westminster Theological Seminary, U.S.A. Beliau lulus dari the University of Georgia dalam bidang Bahasa Inggris dan Filsafat, kemudian menyelesaikan studi Master of Divinity (M.Div.) dan Doctor of Ministry (D.Min.) di Westminster Theological Seminary, U.S.A. Beliau menikah dengan Barbara dan dikaruniai 4 orang anak, yaitu: Hannah, Tim, Kathryn, dan Benjamin.

Rev. Prof. Paul David Tripp, M.Div., D.Min. yang lahir di Toledo, Ohio dari orangtua: Bob dan Fae Tripp pada tanggal 12 November 1950 adalah Presiden dari Paul Tripp Ministries. Beliau lulus dari Columbia Bible College (sekarang: Columbia International University) dalam bidang Alkitab dan pendidikan Kristen, kemudian meraih gelar Master of Divinity (M.Div.) dari Philadelphia Theological Seminary (dulu: Reformed Episcopal Seminary) dan gelar Doctor of Ministry (D.Min.) dalam bidang Biblical Counseling dari Westminster Theological Seminary. Beliau juga adalah seorang profesor Theologi Praktika (Konseling) di Westminster Theological Seminary dan pembicara seminar yang terkenal dan telah menulis banyak artikel untuk Journal of Biblical Counseling dan buku Age of Opportunity: A Biblical Guide to Parenting Teens (terjemahan Indonesia: Masa Penuh Kesempatan: Suatu Bimbingan Alkitabiah bagi Orangtua Para Remaja). Dr. Tripp dan istrinya, Luella tinggal di Philadelphia dan memiliki empat orang anak, yaitu: Justin, Ethan, Nicole dan Darnay.

No comments: