08 March 2012

Bagian 13: Karunia Administrasi (1Kor. 12:28)

MENGENAL KARUNIA-KARUNIA ROH KUDUS

Bagian 13: Karunia Administrasi (1Kor. 12:28)

oleh: Denny Teguh Sutandio

Selain karunia bantuan-bantuan, Paulus mendaftarkan karunia administrasi atau dalam terjemahan LAI: “karunia memimpin.” Teks Yunaninya adalah κυβερνσεις (kybernēseis) merupakan kata benda yang berfungsi sebagai objek langsung (akusatif), feminin, dan jamak dari kata κυβρνησις (kybernēsis) yang artinya guidance (pimpinan) atau leadership (kepemimpinan) atau administration (administrasi/pengelolaan).[1] Prof. Gordon D. Fee, Ph.D., D.D. mengaitkan kata ini dengan kata Yunani di Kisah Para Rasul 27:11[2] dan Wahyu 18:17[3] yang berarti pengemudi kapal atau pilot. Beliau juga mengatakan bahwa kata ini juga dipakai dalam LXX (Septuaginta), yaitu di: Amsal 1:5[4]; 11:14[5]; 24:6[6].[7]

Jika demikian, apa arti karunia administrasi? Sesuai dengan studi kata di atas, maka jelaslah karunia administrasi berarti karunia untuk memimpin jemaat. Hal ini dijelaskan oleh Prof. David E. Garland, Ph.D. sebagai, “the gift of setting the direction and guiding a community, not just employing “administrative skills.”[8] (karunia mengatur arah dan memimpin komunitas, bukan sekadar memakai “kemampuan administratif”.)



[1] Horst Balz dan Gerhard Schneider, ed., Exegetical Dictionary of the New Testament (Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans, 1990), hlm. 326; bdk. James Swanson, A Dictionary of Biblical Languages: Greek New Testament, Logos Research Systems, Inc.

[2] Teks Yunaninya: κυβερντ (kybernētē); LAI: “jurumudi.”

[3] Teks Yunaninya: κυβερντης (kybernētēs); LAI: “nahkoda.”

[4] Teks Ibraninya: taHbūlôt yang berarti steering, shrewd guidance (kemudi, bimbingan yang tepat); YLT: “counsels” (nasihat-nasihat/saran/saran); LAI: “bahan pertimbangan.”

[5] Teks Ibrani dan YLT sama dengan teks Ibrani dan terjemahan YLT di Amsal 1:5, namun LAI menerjemahkan Amsal 11:14, “pimpinan.”

[6] Teks Ibrani dan YLT sama dengan teks Ibrani dan terjemahan YLT di Amsal 1:5 dan 11:14, namun LAI menerjemahkan Amsal 24:6, “perencanaan.”

[7] Ibid.

[8] David E. Garland, 1 Corinthians, hlm. 599.

No comments: