24 May 2010

Fakultas Musik Gerejawi di Institut Reformed, Jakarta

Fakultas Musik Gerejawi
INSTITUT REFORMED JAKARTA


membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru. Batas pendaftaran untuk gelombang kedua: 25 Juni 2010.



Deklarasi Visi dan Misi
oleh: Pdt. Dr. Stephen Tong

Sejak inkarnasi Anak Allah ke dunia ini, manusia menikmati penyertaan Tuhan di dalam hidupnya. Masyarakat mengalami perubahan yang dahsyat. Perdamaian, kasih dan pengharapan kekal telah mengubah seluruh arah perjalanan sejarah. Sepanjang dua ribu tahun di mana Injil diberitakan gereja pun didirikan. Di situlah manusia yang menerima kebenaran dan keselamatan dari Tuhan tak berdaya lagi menahan dirinya untuk tidak memuji kebesaran, kebenaran dan keselamatan dari Tuhan. Gereja menjadi wadah dan pusat yang menghasilkan musik paling bermutu dalam sejarah. Karya-karya vokal teragung bermunculan bagaikan air yang tak berhenti mengalir. Penggubah-penggubah musik tersohor terus-menerus dihasilkan di dalam Gereja yang kudus dan am. Harta karun karya musik yang diturunkan kepada kita selama dua ribu tahun sungguh tak ternilai harganya. Peranan musik gerejawi telah menjadi sumber inspirasi yang membuahkan musik-musik yang teragung di dunia. Mulai dari Eropa terus mempengaruhi seluruh dunia. Ini adalah fakta yang tak dapat terbantahkan. Alkitab menyatakan bahwa Tuhan bertahta di atas puji-pujian umat-Nya.

Demi melestarikan tradisi musik gereja yang demikian indah dan kaya itu, Institut Reformed mendirikan Fakultas Musik Gerejawi mulai tahun 2002. Tujuannya adalah untuk mengembalikan segala kemuliaan kepada Tuhan melalui musik-musik yang terbaik. Dengan melatih anak-anak Tuhan yang terbeban untuk memuji Tuhan, memainkan alat-alat musik, kita memuliakan Tuhan di tempat yang mahatinggi. Kiranya di bumi kita bersatu padu dengan para serafim yang mengelilingi tahta Tuhan yang Mahatinggi sambil berseru, “Suci, Suci, Suci.”

Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya.




Program Jenjang Gelar
Fakultas Musik Gerejawi Institut Reformed menyelenggarakan program jenjang gelar yaitu:
Sarjana Musik Gerejawi (S.Mus.G)

Program Sarjana Musik Gerejawi terbagi dalam beberapa jurusan:
· Piano
· Organ Pipa
· Biola
· Vokal
· Dirigen



Program Paruh Waktu
Program paruh waktu (part time) dibuka:
1. Bagi kaum awam dewasa dan anak-anak yang diarahkan untuk melayani dalam musik gerejawi
2. Bagi para aktivis/pelayan gereja yang melayani di bidang musik

Pelajaran berlangsung di dalam kelas baik melalui program intensif dan regular, yang diadakan pada malam hari. Jam untuk kelas praktek akan dibicarakan lebih lanjut.









Prosedur Pendaftaran
Mengisi Formulir Pendaftaran
1. Memperoleh tiga rekomendasi dari Akademisi, Rohaniawan, Keluarga atau Rekan Pelayanan
2. Memenuhi persyaratan administrasi berupa:
o Satu lembar fotokopi KTP terbaru, Kartu Keluarga, Akte Baptisan Kudus/Sidi, Ijazah, Raport, dan sertifikat lain yang mendukung
o Pas Foto terbaru (ukuran 2x3 dan 3x4 masing-masing dua lembar)
o TOEFL (Internasional/Institusional): 450
3. Memenuhi pemeriksaan kesehatan rutin
4. Mengikuti wawancara dan ujian masuk yang mencakup:
o Teori Musik Dasar dan Pendengaran
o Pengetahuan Musik Dasar
o Pengetahuan Alkitab dan Umum
o Mempersiapkan sebuah karya klasik (dari zaman Barok, Klasik, Romantik atau Modern) dan sebuah hymne sesuai dengan jurusan yang diambil
5. Menulis empat buah kesaksian masing-masing tentang pertobatan, pelayanan, panggilan dan kehidupan di masyarakat.




Tuntutan Perkuliahan

Perkuliahan program Sarjana Musik Gerejawi terdiri dari 160 SKS dan menempuh resital junior dan senior, serta praktek pelayanan selama satu tahun.




Pola Studi
Institut Reformed mengarahkan setiap mahasiswa untuk mengembangkan studi baik di dalam kelas, perpustakaan, laboratorium komputer, kehidupan asrama, maupun dalam tutorial.

Keragaman aspek studi dan kehidupan dipadukan untuk menjawab panggilan Tuhan sebagaimana yang dinyatakan dalam Deklarasi Visi dan Misi.

Para dosen terdiri dari beragam latar belakang pendidikan, pengalaman, dan minat studi. Keragaman ini dipadukan dalam komitmen akan ketuhanan Kristus, pengakuan iman Reformed Injili, dan kerinduan membangun dan mengarahkan segala aspek kehidupan bagi kemuliaan Allah Tritunggal.




Pola Kehidupan
Institut Reformed berada di tengah-tengah kota Jakarta yang memungkinkan terjadinya interaksi aktif antara mahasiswa dan pengajar dengan dinamika barometer kota metropolitan dan masyarakat urban.

Kesempatan ini menantang mahasiswa untuk membangun wawasan Kristen yang relevan dan berguna bagi bangsa dan negara serta menuntut komitmen belajar dan integritas kehidupan rohani. Untuk itu setiap mahasiswa dibimbing dan dituntut untuk menggumuli secara khusus beban panggilannya melalui interaksinya dengan para pengajar dan ladang pelayanan.




Pengurus Institut Reformed, Jakarta

Pendiri dan Rektor:
Pdt. Stephen Tong, B.Th., D.L.C.E. (HC), D.D. (HC)
Pendiri dan Ketua Sinode Gereja Reformed Injili Indonesia (1989), pendiri Jakarta Oratorio Society (1986), Stephen Tong Evangelistic Ministries International (1979), STEMI Institut (1996) dan Christianity and 21st Century Institute (mulai tahun 1996) di USA. Beliau memperoleh Bachelor of Theology (B.Th.) dari Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT) Malang di mana beliau juga pernah menjabat sebagai dosen theologi dan filsafat selama 25 tahun (1964-1988). Tahun 1985, beliau dianugerahi gelar doctor kehormatan dari La Madrid International Academy of Leadership di Manila dan tahun 2008 beliau kembali menerima gelar kehormatan Doctor of Divinity (D.D.) dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.

Dekan Fakultas Musik Gerejawi:
Pdt. Billy Kristanto, Dipl.Mus., M.C.S., Ph.D.
Musikus Gereja di GRII Singapura. Studi musik di Hochschule der Künste (sekarang Universität der Künste) Berlin jurusan Cembalo (harpsichord) di bawah Prof. Mitzi Meyerson kemudian melanjutkan post-graduate study di Koninklijk Conservatorium di Den Haag di bawah Prof. Dr. Ton Koopman dan fortepiano di bawah Prof. Stanley Hoogland. Studi theologi di Institut Reformed Jakarta dan lulus pada tahun 2002. Akhir tahun 2009 telah menyelesaikan studi doktoral di bidang musikologi di Universitas Heidelberg di bawah Prof. Dr. Silke Leopold.


Dosen dan Staff Pengajar:
Stephen Cahyadi
adalah solois piano, accompanist JOS, dan pianis di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Kemayoran, Jakarta

Jusniaty Chitra
Solois piano, pianis GRII Kemayoran, Jakarta. Studi musik di Hochschule der Künste (sekarang Universität der Künste) Berlin jurusan piano performance di bawah Prof. Elena Lapitzkaja.

Indah Lestari Hertanto, B.M., M.M.
adalah solois piano, accompanist PS GRII, Jakarta Oratorio Society (JOS), dan JOS Youth Choir. Studi Piano Performance di Towson University (TU) at Maryland, USA di bawah bimbingan Prof. Reynaldo Reyes. Memperoleh gelar Bachelor of Music (B.M.) in Piano Performance dari Towson University, Maryland, U.S.A. pada tahun 2004 dan Master of Music (M.M.) in Piano Performance pada tahun 2006. Pada tahun 2007, Indah memutuskan untuk meneruskan studi di Manhattan School of Music dalam Vocal Accompanying di bawah bimbingan Kenneth Merrill. Dia pun menerima Professional Studies Certificate pada tahun 2008.

Pdt. Billy Kristanto, Dipl.Mus., M.C.S., Ph.D.
adalah musikus Gereja di GRII Singapura dan gembala sidang GRII Jerman. Studi musik di Hochschule der Künste (sekarang Universität der Künste) Berlin jurusan Cembalo (harpsichord) di bawah Prof. Mitzi Meyerson kemudian melanjutkan post-graduate study di Koninklijk Conservatorium di Den Haag di bawah Prof. Dr. Ton Koopman dan fortepiano di bawah Prof. Stanley Hoogland. Studi theologi di Institut Reformed Jakarta dan lulus pada tahun 2002. Akhir tahun 2009 telah menyelesaikan studi doktoral di bidang musikologi di Universitas Heidelberg di bawah Prof. Dr. Silke Leopold.

Renata Liem, Dipl.Mus.
adalah Pembantu Dekan dan Ketua Jurusan Vokal, Solois soprano, pendiri Paduan Suara Eliata dan bersama Stephen Tong membidani berdirinya JOS. Tahun 1973 studi vokal di Hochschule der Künste, Berlin (sekarang Universität der Künste) di bawah bimbingan Prof. Dr. Herbert Brauer dan Prof. Ingrid Figur. Ia juga mengikuti interpret Course di Italia di bawah bimbingan Prof. Iris Coradetti pada tahun 1981.

Ev. Ester L. G. Nasrani, M.A., M.M.
adalah Chorus Master, pengajar musik, solois soprano. Pada tahun 2002-2004 menjabat sebagai ketua liturgi dan departemen musik dalam Persekutuan Gereja-gereja Baptis di Indonesia. Beliau menyelesaikan studi Master of Music (M.M.) di Biola University, U.S.A.

Ev. Elsa Veralien Pardosi, S.S., B.C.M.
adalah dosen vokal, solois alto, dan chorus master Jakarta Oratorio Society (JOS) Children Choir. Beliau yang juga adalah dosen di Sekolah Tinggi Theologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) Jakarta menyelesaikan studi Sarjana Sastra (S.S.) di Universitas St. Thomas, Medan dan Bachelor of Church Music (B.C.M.) dalam bidang vokal di Singapore Bible College di bawah asuhan Dr. Samuel Cheung dan Peter Cheung sebagai kelas major dan piano di bawah asuhan Chiu Ng Yi Ping sebagai kelas minor. Belajar conducting di bawah baton Rev. Lee Chong Min. Selama studi, beliau adalah anggota SBC Chorale dan SBC Singers.

Lina Runtuwene
Organis Gereja Reformed Injili Indonesia di Kemayoran, Jakarta. Belajar orgel pipa pertama kali di bawah bimbingan Harry van Dop di Gereja Immanuel Jakarta, kemudian meneruskan belajar orgel pipa di Nederlands Instituut voor Kerkmuziek di Utrecht, Belanda selama lima tahun di bawah bimbingan Prof. Willem Tanke.

Ev. Eunice Tong Holden, B.A., M.Mus.
Chorus Master Paduan Suara GRII, JOS Youth Chorale dan Jakarta Oratorio Society (JOS). Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (B.A.) dalam Piano Performance di bawah bimbingan Hyesook Kim dari Calvin College, U.S.A. dan Master of Music (M.Mus.) dalam bidang Conducting dari Westminster Choir College of Rider University, New Jersey pada Mei 2006. Di sana ia mendapat kehormatan untuk belajar di bawah bimbingan Joseph Flummerfelt, Tim Brown, Andrew Megill, Sun Min Lee, dan James Jordan.

Rebecca Tong, B.A.
adalah asisten conductor Jakarta Simfonia Orchestra. Beliau menyelesaikan studi B.A. dalam History of Music Music dengan konsentrasi pada Orchestra performance di bawah Robert Nordling di Calvin College. Belajar conducting di bawah Tiffany Engle dan choral conducting di bawah Joel Navarro. Sejak tahun pertamanya di perguruan tinggi, Rebecca telah ditunjuk sebagai asisten conductor Calvin College Orchestra. Selama studinya, Rebecca telah menerima beasiswa untuk belajar di bawah Dr. David Reimer dan menjadi pemain biola untuk string kuartet Cantabile Quartetto.





Keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di:
Sekretariat Institut Reformed Jakarta
Jln. Danau Sunter Utara
Kompleks Ruko Prima Sunter Blok B - C
Jakarta Utara 14350
Telp.: (021) 6513815; Faks.: (021) 6513463
Website: www.musik-ir.org; e-mail: institut.reformed@gmail.com




Institutio Reformata semper reformanda est

No comments: