02 March 2010

Resensi Buku-92: BERITAKAN KEBENARAN (Will Metzger)

...Dapatkan segera...
Buku
BERITAKAN KEBENARAN:
Injil yang Seutuhnya bagi Pribadi yang Seutuhnya oleh Pribadi-pribadi yang Seutuhnya


oleh: Will Metzger

Penerbit: Momentum Christian Literature, 2005

Penerjemah: Lana Asali Sidharta





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Tuhan Yesus di dalam Matius 28:19-20 bersabda, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."” Amanat agung ini mengajar kita pentingnya penginjilan dan pemuridan. Namun dewasa ini, mandat penginjilan dan pemuridan sudah mulai pudar di dalam Kekristenan arus utama. Mereka sibuk dengan beragam organisasi yang lama-kelamaan menjauhkan mereka dari Injil dan pemberitaan firman yang beres. Di sisi lain, gerakan Injili yang seharusnya berkobar-kobar memberitakan Injil ternyata mengalami deviasi. Injil yang diberitakan hampir tidak ada bedanya dengan berita psikologi humanis yang hanya menghibur manusia. Bagaimana seharusnya kita memberitakan Injil? Injil seperti apa yang kita beritakan? Bagaimana kita dapat memberitakan Injil? Kesemuanya itu dibahas oleh Will Metzger di dalam bukunya Beritakan Kebenaran. Dalam awal bukunya ini, Metzger membahas mengenai perbedaan kesaksian dengan Injil, Injil yang dikurangi, dan Injil yang dipulihkan. Kemudian, beliau membahas pribadi orang Kristen sebagai para penginjil yang harus mengerti totalitas makna Injil dan anugerah Allah. Setelah itu, Metzger baru menguraikan inti Injil yang berdasarkan Alkitab dan kemudian di bagian terakhir, beliau menguraikan metode-metode penginjilan yang menggugah umat Tuhan untuk memberitakan Injil dengan hikmat dan kuasa Roh Kudus.




Apresiasi:
“Buku yang penuh dengan semangat penginjilan yang didorong oleh supremasi dan kebenaran Allah. Kiranya Allah mengunakan Beritakan Kebenaran untuk menggerakkan banyak orang untuk memberitakan Kristus kepada orang-orang yang sedang menuju kebinasaan.”
Rev. John S. Piper, B.D., D.Theol.
(gembala sidang senior di Betlehem Baptist Church, Minneapolis, U.S.A. dan penulis buku best-seller: Desiring God {terj. Indonesia: Mendambakan Allah}, God’s Passion for His Glory {terj. Indonesia: Gairah Allah Bagi Kemuliaan-Nya), dll; Bachelor of Divinity—B.D. dari Fuller Theological Seminary, U.S.A. dan Doctor of Theology—D.Theol. dari University of Munich, Jerman)

“Will Metzger menulis Beritakan Kebenaran untuk mereformasi penginjilan pribadi. Dia meratapi penginjilan yang hanya mendorong orang bertingkah laku lebih baik kepada sesamanya, dengan harapan itu akan diperkenan Allah. Buku ini memberikan kunci bagi penginjilan di dalam kuasa anugerah, anugerah Injil yang berdaulat.”
Rev. Prof. Edmund Prosper Clowney, S.T.M., D.D.
(Mantan Presiden Pertama dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.; Bachelor of Arts—B.A. dari Wheaton College, U.S.A.; Bachelor of Theology—Th.B. dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.; Master of Sacred Theology—S.T.M. dari Yale Divinity School, U.S.A.; dan Doctor of Divinity—D.D. dari Wheaton College, U.S.A.)

“Beritakan Kebenaran… adalah buku bacaan wajib dalam mata kuliah penginjilan yang saya berikan. Metzger menunjukkan banyak kebingungan theologis yang mengelilingi penginjilan dan berita Injil, dan memberikan hikmat yang Alkitabiah namun juga praktis dengan cara yang mudah dipahami.”
Prof. Timothy K. Beougher, Th.M., Ph.D.
(Billy Graham Professor of Evangelism and Church Growth dan Associate Dean di Billy Graham School of Missions and Evangelism di Southern Baptist Theological Seminary, U.S.A.; Bachelor of Science—B.S. dari Kansas State University, U.S.A.; M.Div. dari Southwestern Baptist Theological Seminary, U.S.A.; Master of Theology—Th.M. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Trinity Evangelical Divinity School, U.S.A.)

“Beritakan Kebenaran adalah salah satu buku terbaik dan paling bermanfaat mengenai penginjilan. Beritakan Kebenaran akan menolong Anda untuk belajar mengembangkan cara hidup yang memberitakan Injil. Daripada mengandalkan metode-metode yang manipulatif dan terpusat pada manusia, Metzger menjelaskan bagaimana membawa orang kepada Kristus dengan cara yang memuliakan Allah.”
Rev. Philip Graham Ryken, M.Div., D.Phil.
(gembala sidang senior di Tenth Presbyterian Church, Philadelphia, U.S.A.; Bachelor of Arts—B.A. dari Wheaton College, U.S.A.; Master of Divinity—M.Div. dari Westminster Theological Seminary, U.S.A.; dan Doctor of Philosophy—D.Phil. dari University of Oxford, U.K.)

“Kekristenan adalah untuk dibagikan, dan orang-orang Kristen yang mengasihi sesamanya ingin melakukannya secara persuasif… Buku pegangan karya Metzger ini adalah buku kelas wahid untuk menolong kita memperhatikan kebenaran dan menghadapi kebenaran tentang Kristus.”
Prof. James Innell (J. I.) Packer, M.A., D.Phil.
(Board of Governors Professor of Theology di Regent College, Vancouver, British Columbia; B.A.; Master of Arts—M.A.; dan Doctor of Philosophy­—D.Phil. dari Corpus Christi College, Oxford University, U.K.)





Profil Will Metzger:
Will Metzger adalah staf IVCF (InterVarsity Christian Fellowship—Persekutuan Antar Universitas/Perkantas) bagi pelayanan olahraga di University of Delaware dan Christian InterAction. Pelayanan penginjilannya telah membawanya mengunjungi setiap benua untuk bersaksi kepada orang-orang dari berbagai bangsa. Dia dan istrinya, Suzanne (seorang artis dan ibu rumah tangga) memiliki dua putra yang telah berkeluarga.

No comments: