28 January 2010

Resensi Buku-88: MENGAPA SAYA SEORANG KRISTEN? (Rev. DR. JOHN R. W. STOTT, CBE)

...Dapatkan segera...
Buku
WHY I AM A CHRISTIAN?
(MENGAPA SAYA SEORANG KRISTEN?)


oleh: Rev. DR. JOHN R. W. STOTT, CBE

Penerbit: Mitra Pustaka dan Pionir Jaya, Bandung, 2005

Penerjemah: Kelompok Peduli Literatur





Ajaran dunia kita sedang merayakan pentingnya pluralitas dan relativitas. Semua dianggap sama, bahkan yang bertolak belakang pun dianggap sama. Alhasil, agama pun dianggap sama, meskipun isinya ada yang tidak konsisten. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui kebenaran? Dunia kita tidak memiliki jawabannya. Namun Alkitab beribu tahun yang lalu telah memberikan jawabannya, yaitu Kebenaran (Truth) hanya ada di dalam Tuhan Yesus Kristus yang adalah Jalan dan Kebenaran dan Hidup (Yoh. 14:6). Apa saja yang bisa kita pelajari dari pribadi dan ajaran Kristus? Apakah keunikan Kristus dibandingkan yang lainnya? Melalui bukunya Why I am a Christian? (Mengapa Saya Seorang Kristen?), dengan tajam, Rev. Dr. John R. W. Stott, CBE. memaparkan 6 alasan mengapa seseorang menjadi Kristen, lalu ditutup di bab terakhir dengan undangan dari penulis bagi para pembaca untuk menyerahkan hidup-Nya bagi Kristus. Enam alasan tersebut dimulai dari alasan pertama sebagai presuposisinya, yaitu kita bisa menjadi Kristen bukan karena kita memilih Allah, namun karena Allah mengejar dan memburu kita. Istilah yang dipakai Dr. Stott adalah Allah seperti anjing pemburu dari Sorga. Kemudian, Dr. Stott secara berurutan menjelaskan alasan lainnya yaitu dimulai dari finalitas Kristus sebagai penyataan Allah, paradoks salib Kristus, paradoks manusia, kunci menuju kemerdekaan sejati tatkala kita menyerahkan hidup kita bagi Kristus, dan ditutup dengan menunjukkan bahwa hanya Kristuslah yang sanggup memenuhi aspirasi kita tentang transendensi, pencarian rasa berharga, dan pencarian kelompok yang berlandaskan kasih. Setelah memaparkan 6 alasan ini, Dr. Stott mengakhirinya dengan undangan bagi para pembaca untuk menyerahkan hidupnya bagi Kristus dan siap memikul salib demi kerajaan-Nya.







Profil Rev. DR. JOHN R. W. STOTT:
Rev. Dr. John Robert Walmsley Stott, CBE adalah seorang pemimpin Kristen dari Inggris dan pendeta gereja Anglikan yang tercatat sebagai seorang pemimpin dari gerakan Injili di seluruh dunia. Beliau terkenal sebagai salah seorang penulis terpenting dari the Lausanne Covenant pada tahun 1974. Beliau lahir di London pada tahun 1921 dari Sir Arnold dan Lady Stott. Stott belajar modern languages di Trinity College, Cambridge di mana beliau lulus dengan dua gelar dalam bidang bahasa Prancis dan Theologi. Di universitas, beliau aktif di the Cambridge inter-collegiate Christian Union (CICCU).
Setelah ini, beliau berpindah ke Ridley Hall Theological College (juga the University of Cambridge) sehingga beliau dapat ditahbiskan menjadi pendeta Anglikan pada tahun 1945 dan menjadi pembantu pendeta di the Church of All Souls, Langham Place (1945-1950) (website: www.allsouls.org) kemudian Pendeta (1950-1975). Beliau dipilih menjadi Pendeta bagi Ratu Inggris Elizabeth II (1959-1991) dan Pendeta luar biasa pada tahun 1991. Beliau menerima CBE pada tahun 2006 dan menerima sejumlah gelar doktor kehormatan dari sekolah-sekolah di Amerika, Inggris dan Kanada, salah satunya adalah Lambeth Doctorate of Divinity pada tahun 1983.

No comments: