08 August 2009

Resensi Buku-75: SEPULUH PEMIKIRAN BESAR DARI SEJARAH GEREJA (Prof. Mark Shaw, Th.D.)

...Dapatkan segera...




Buku
SEPULUH PEMIKIRAN BESAR DARI SEJARAH GEREJA
(Panduan Pengambilan Keputusan yang Akan Menentukan Arah Gereja Anda)


oleh: Prof. Mark Shaw, Th.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature, 2009

Penerjemah: The Boen Giok





Deskripsi dari Denny Teguh Sutandio:
Sejarah sering kali menjadi suatu momok bagi manusia pada zaman kita. Mereka yang belajar dari sejarah sering dicap sebagai orang kuno (istilah gaulnya: jadul—jaman dulu). Padahal secara tidak sadar, mereka yang mengatakan hal tersebut sedang menciptakan sejarah bagi diri mereka sendiri di zaman ini dan kelak di zaman akan datang. Memang benar, tidak semua sejarah itu baik, tetapi adalah bijaksana untuk belajar dari sejarah, apalagi sejarah dari orang-orang yang dipakai Tuhan luar biasa. Sejarah para hamba Tuhan yang dipakai-Nya secara dahsyat menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi kita yang hidup di zaman sekarang supaya kita bisa hidup lebih mencintai Tuhan dan firman-Nya serta hidup berkenan di hadapan-Nya. Itulah tujuan yang ingin dicapai oleh Dr. Mark Shaw melalui bukunya Sepuluh Pemikiran Besar dari Sejarah Gereja. Melalui bukunya, Dr. Shaw memaparkan 10 pemikiran besar dari para theolog dan hamba Tuhan yang dipakai Tuhan luar biasa, yaitu:
1. Visi Mengenai Kebenaran dari Dr. Martin Luther
2. Visi Mengenai Kekudusan/Spiritualitas Kristen dari Dr. John Calvin
3. Visi Mengenai Persatuan (Unity) dari Jeremiah Burroughs
4. Visi Mengenai Jaminan dari William Perkins
5. Visi Mengenai Ibadah (Worship) dari Richard Baxter
6. Visi Mengenai Pembaharuan (Renewal) dari Rev. Jonathan Edwards, A.M.
7. Visi Mengenai Pertumbuhan (Growth) dari Rev. John Wesley
8. Visi Mengenai Misi dari William Carey
9. Visi Mengenai Keadilan dari William Wilberforce
10. Visi Mengenai Kebersamaan dari Dr. Dietrich Boenhoeffer

Kesepuluh pemikiran besar dari theolog dan hamba Tuhan ini dipaparkan dengan cara yang unik, yaitu dengan menjabarkan: presuposisi yang akan membawa pembaca masuk ke dalam masing-masing pemikiran tersebut, profil tokoh, pemikiran-pemikirannya, dan aplikasi praktis pemikiran-pemikiran tersebut di dalam gereja di mana kita beribadah. Lalu di bagian kesimpulan, Dr. Shaw memaparkan bahwa bagaimana menjalankan ke-10 visi tersebut ke dalam aksi gereja Kristen.

Biarlah buku ini menjadi berkat bagi kita di dalam meneladani para tokoh yang Tuhan telah bangkitkan di atas.



Pujian dari Prof. Mark A. Noll, Ph.D.:
Anda akan merasa surprised. Anda akan merasa tertantang. Anda akan mendapatkan pencerahan. Anda juga mungkin akan mengalami transformasi dalam kehidupan Kristen Anda.






Profil Dr. Mark Shaw:
Prof. Mark Shaw, M.T.S., Th.D. bersama istrinya, Lois dan kedua anak mereka bekerja sebagai misionaris bersama Africa Inland Mission. Beliau adalah Profesor Studi Historika dan Kepala Departemen di Nairobi Evangelical Graduate School of Theology (NEGST). Beliau menyelesaikan studi Diploma di Moody Bible Institute, Chicago, Illinois, U.S.A. pada tahun 1970; Bachelor of Arts (B.A.) di Gordon Conwell College, South Hamilton, MA pada tahun 1973; Master of Theological Studies (M.T.S.) di Gordon Conwell Seminary, South Hamilton, MA pada tahun 1976; dan Doctor of Theology (Th.D.) di Westminster Theological Seminary, Philadelphia, PA pada tahun 1981.

No comments: