06 May 2008

Resensi Buku-55: MANUSIA: CIPTAAN MENURUT GAMBAR ALLAH (Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
CREATED IN GOD’S IMAGE
(Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah)


oleh: Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2003

Penerjemah: Irwan Tjulianto.





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Dr. John Calvin di dalam bukunya Institutes of the Christian Religion (2006) pada Buku I Bab 1.1. menegaskan, “Without knowledge of self there is no knowledge of God” [=Tanpa pengenalan akan diri tidak ada pengenalan akan Allah] (ed. John T. McNeill, hlm. 35) Dengan mengenal diri, kita mengenal Allah. Seorang filsuf Yunani, Socrates juga mengajar, “Kenanilah dirimu sendiri.” Bagaimana kita bisa mengenal diri kita sendiri? Psikologi mengajarkan tentang mengenal diri, sosiologi tidak ketinggalan juga, tetapi benarkah mereka sungguh-sungguh mengenali diri manusia sebenarnya? Tidak. Kita baru bisa mengenal diri manusia hanya dari Pencipta kita, yaitu Tuhan Allah sendiri di dalam Alkitab. Dalam buku ini, Dr. Hoekema memaparkan natur dan arah hidup manusia. Pada bagian awal, beliau memaparkan bahwa manusia itu adalah pribadi yang diciptakan Allah. Sebagai seorang pribadi, manusia memiliki pilihan yang “bebas”, di lain pihak, sebagai ciptaan Allah, dia tetap bergantung pada Allah sebagai Pencipta. Paradoksikal ini tidak boleh dihilangkan dalam iman Kristen, karena paradoksikal ini sangat penting dan berpengaruh pada doktrin Kristen lainnya dan juga kehidupan Kristen. Dengan teliti namun mudah diikuti, Dr. Hoekema menjelaskan doktrin ini (manusia: pribadi yang diciptakan Allah) dengan mengeksegese setiap bagian Alkitab dari Perjanjian Lama sampai dengan Perjanjian Baru. Selain itu, beliau juga memaparkan pandangan-pandangan dari para bapa gereja dan theolog tentang doktrin manusia ini. Lalu, dilanjutkan penguraian gambar dan rupa Allah di dalam diri manusia terdiri dari dua aspek: struktural dan fungsional serta mencakup hubungan-hubungan dengan Allah, sesama dan alam. Setelah itu, beliau juga memaparkan tentang empat fase manusia yaitu: gambar yang orisinal (asli/creation), gambar yang telah rusak (berdosa/fall), gambar yang dipulihkan/diperbarui (penebusan/redemption) dan gambar yang akan disempurnakan (penyempurnaan/consummation). Setelah membahas tentang doktrin manusia, beliau juga memaparkan realita dosa: asal usul dosa, penyebaran dosa, natur dosa dan pengekangan terhadap dosa. Lalu, di akhir bagian, beliau menguraikan tentang keutuhan manusia sebagai gambar dan rupa Allah (mengkritisi pandangan trikotomi dan dikotomi) dan juga menjawab pertanyaan mengenai kebebasan dengan menjelaskan tentang prinsip-prinsip kebebasan sejati yang tidak bertentangan dengan hukum, pelayanan dan kasih.

Secara keseluruhan, buku ini termasuk unik, karena buku ini membahas kaitan erat antara semua doktrin/theologi sistematika digabungkan dengan theologi Biblika, theologi historika dan theologi praktika. Selain berbicara tentang antropologi Kristen, dalam buku ini, Dr. Hoekema mengaitkannya dengan doktrin keselamatan (soteriologi), Kristus (Kristologi), gereja (ekklesiologi), dan akhir zaman (eskatologi). Bukan hanya itu saja, beliau juga menyajikan theologi historika berkenaan dengan antropologi Kristen, lalu disambung dengan penjelasan dan penguraian Biblika dengan mengeksegese secara teliti dan mudah diikuti setiap bagian Alkitab dari PL dan PB, lalu doktrin tersebut diimplikasikan di dalam kehidupan Kristen sehari-hari.

Biarlah melalui buku ini, kita sebagai orang Kristen boleh diarahkan iman dan kehidupannya untuk makin mencintai Tuhan lebih dari segalanya dan bersaksi bagi-Nya baik di dalam pemberitaan Injil maupun tindakan kasih di dalam perbuatan.





Profil Dr. Anthony A. Hoekema :
Prof. Anthony A. Hoekema, Th.D. (1913-1988) adalah seorang theolog Kristen yang melayani sebagai profesor Theologia Sistematika di Calvin Theological Seminary selama 21 tahun.
Hoekema lahir di Belanda tetapi berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1923. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Calvin College; Master of Arts (M.A.) dari University of Michigan; Bachelor of Theology (Th.B.) dari Calvin Theological Seminary; dan Doctor of Theology (Th.D.) dari Princeton Theological Seminary pada tahun 1953. Setelah menggembalakan beberapa gereja-gereja Kristen Reformed (1944-1956), beliau menjadi Associate Professor of Bible di Calvin College (1956-58). Dari tahun 1958 sampai dengan 1979, ketika pensiun, beliau adalah Profesor Theologia Sistematika di Calvin Theological Seminary di
Grand Rapids, Michigan.

Beliau menulis beberapa buku yang terkenal, antara lain :
· The Four Major Cults: Christian Science, Jehovah's Witnesses, Mormonism, Seventh-Day Adventism (1963)
· What about Tongue-Speaking? (1966)
· Holy Spirit Baptism (1972)
· The Bible and the Future (1979)

Di Indonesia, buku dari Dr. Hoekema yang telah diterjemahkan, antara lain : Alkitab dan Akhir Zaman ; Manusia : Ciptaan Menurut Gambar Allah (diterjemahkan dari Created in God’s Image) ; dan Diselamatkan Oleh Anugerah (diterjemahkan dari Saved by Grace)

No comments: