01 March 2009

Resensi Buku-68: TUHAN MERANCANGNYA UNTUK KEBAIKAN (Rev. R. T. Kendall, D.Phil., D.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
TUHAN MERANCANGNYA UNTUK KEBAIKAN

oleh: Rev. R. T. Kendall, D.Phil., D.D.

Penerbit: Nafiri Gabriel dan SMART Center, 2005

Penerjemah: Meiliana Purnama.





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Hidup Kristen adalah hidup yang terus-menerus bertumbuh makin mengenal Allah dan kehendak-Nya. Pertumbuhan itu dapat terjadi ketika Allah Roh Kudus memimpin hidup kita setiap waktu. Ketika Allah memimpin hidup kita, ada banyak hal yang Tuhan ingin persiapkan bagi kebaikan kita demi kemuliaan-Nya sendiri. Tetapi kadang kala, apa yang Tuhan rancangkan itu terkadang susah dipahami secara nalar manusia. Sering kali manusia tidak menginginkan pembentukan Tuhan ini, karena bagi kita, itu tidak baik dan menyakitkan. Tetapi percayalah, setiap rancangan Tuhan bukanlah rancangan yang mencelakakan, tetapi rancangan yang penuh damai sejahtera bagi anak-anak-Nya dan terlebih lagi itu memuliakan Tuhan. Hal itulah yang dialami Yusuf. Yusuf adalah seorang yang dahulu manja, menerima segala yang baik dari ayahnya, Yakub, namun segala kelakuannya tidak disenangi oleh saudara-saudaranya. Karena Tuhan ingin memakainya, Yusuf yang dahulu manja ini harus mengalami pembentukan dari Tuhan yang begitu panjang, keras, dan lama, yang mengakibatkan di setiap momen hidupnya, ia terus belajar apa artinya mengerti dan mengenal kehendak Allah bukan hanya secara kognitif, tetapi secara realitas pengalaman hidup. Setelah mengalami pembentukan Tuhan dalam waktu yang panjang dan dengan cara yang keras (misalnya, difitnah, diperlakukan tidak adil, dll), akhirnya Tuhan menampilkan sosok Yusuf sebagai sosok pemenang yang membawa pengaruh dan berkat bagi lingkungan sekitar di mana ia hidup, mulai dari saudara-saudaranya, ayahnya (Yakub), bahkan sampai seluruh kerajaan Mesir di mana ia menjadi Perdana Menteri di sana. Kisah ini dibahas secara jelas dan mudah dimengerti di dalam buku Tuhan Merancangnya untuk Kebaikan yang ditulis oleh Rev. Dr. R. T. Kendall.

Secara pribadi, pada waktu dan setelah saya membaca buku ini, ada banyak berkat dan teguran yang Tuhan cerahkan di dalam hati dan pikiran saya, misalnya tentang: pimpinan Tuhan, pertobatan, pengampunan, kerendahan hati, memulai sesuatu yang baru di dalam Tuhan, dll. Saya menjadikan buku ini sebagai cermin hidup akan apa yang saya alami dari dahulu sampai sekarang. Biarlah buku ini juga menjadi pelajaran yang berharga bagi kita bukan hanya untuk makin mengerti Allah secara kognitif (theologi), tetapi juga mengalami-Nya di dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga nama Tuhan makin terus dipermuliakan selama-lamanya. Tuhan yang telah memakai Yusuf, biarlah Tuhan yang sama memakai kita demi kemuliaan-Nya saja. Biarlah hati dan hidup kita terbuka akan rancangan dan pimpinan-Nya yang indah itu.






Profil Rev. Dr. R. T. Kendall:
Rev. R. T. Kendall, D.Phil., D.D. lahir pada tanggal 13 Juli 1935 di Ashland, Kentucky, U.S.A. Beliau adalah Pendeta Senior di Westminster Chapel. Beliau menyelesaikan studi Bachelor of Arts (A.B.) di Trevecca Nazarene University of Nashville, Tennessee pada tahun 1970; Master of Divinity (M.Div.) di Southern Baptist Theological Seminary, Louisville, Kentucky, U.S.A. pada tahun 1972; Master of Arts (M.A.) di University of Louisville, Louisville, Kentucky, U.S.A. pada tahun 1973; Doctor of Philosophy (D.Phil.) di Oxford University, U.K. pada tahun 1977; dan Doctor of Divinity (D.D.) di Trevecca Nazarene University pada tahun 2008. Beliau menikah dengan Louise Wallis pada tanggal 28 Juni 1958 dan dikaruniai dua orang anak: putra: Robert Tillman II (TR), yang menikah dengan Annette, dan putri: Melissa Louise.

No comments: