15 February 2009

Resensi Buku-67: KESUKAAN ALLAH (Rev. John Stephen Piper, D.Theol.)

...Dapatkan segera...
Buku
KESUKAAN ALLAH

oleh: Rev. John Stephen Piper, D.Theol.

Penerbit: Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2008

Penerjemah: Grace Purnamasari





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Zaman Postmodern adalah zaman di mana banyak orang pragmatis dalam hidup mereka. Pragmatis itu ditandai dengan kegemaran mereka melakukan apa yang mereka suka. Bagaimana dengan orang Kristen dewasa ini? Beberapa (atau banyak) orang Kristen mirip dengan orang postmodern yang lebih suka/gemar melakukan apa yang mereka suka, bahkan ada yang menambahkan bahwa apa yang mereka suka itu “baik.” Kalau mau ditelusuri, konsep “baik” menurut mereka adalah konsep “baik” menurut konsep manusia berdosa, bukan konsep Alkitab yang mengajarkan kebenaran. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh orang Kristen sejati? Sudah saatnya, anak-anak Tuhan TIDAK lagi menuruti apa yang dunia tawarkan dan ajarkan kepada kita, tetapi BERTOBAT! Pertobatan itu ditandai dengan mengubah hati dan pola pikir kita tentang apa yang disebut dengan kesukaan itu ditinjau dari sudut pandang kedaulatan Allah, lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kesukaan siapa yang harus menjadi kesukaan orang Kristen sejati? Kesukaan diri? Kesukaan orangtua? Kesukaan pacar? TIDAK! Yang terpenting: KESUKAAN ALLAH! Itulah inti dari buku Rev. Dr. John S. Piper ini. Kesukaan Allah berarti di dalam segala sesuatu yang Ia kerjakan, Ia gemar/suka melakukannya, bukan terpaksa. Setelah itu, kesukaan Allah ini mengakibatkan kita pun sebagai umat pilihan-Nya juga bersukacita di dalam kesukaan Allah. Mengapa sering kali kita tidak bersukacita di dalam kesukaan Allah? Karena kita masih memikirkan apa yang kita sukai terlepas dari apa yang Allah sukai. Sudah saatnya, orang Kristen sejati bertobat, utamakan kesukaan Allah dan bersukalah di dalam kesukaan-Nya itu, maka kita akan menemukan sukacita hidup sejati yang berbeda dari yang dunia tawarkan. Biarlah buku ini menjadi berkat bagi kita.




Pujian terhadap buku ini:
“Saya mendorong Anda untuk membaca Kesukaan Allah dua kali; sekali untuk melihat gambarannya secara menyeluruh, sekali lagi untuk sungguh-sungguh menikmati kesukaan yang amat besar karena mengasihi Allah yang begitu mempesona, begitu istimewa, begitu kudus.”
Rev. Erwin W. Lutzer, Ph.D., LL.D. (HC), D.D. (HC)
(Pendeta senior di The Moody Church, Chicago, U.S.A.; Bachelor of Theology—B.Th. dari Winnipeg Bible College; Master of Theology—Th.M. dari Dallas Theological Seminary, Dallas, Texas, U.S.A.; M.A. dalam bidang Filsafat dari Loyola University Chicago; Ph.D. di Loyola; menerima gelar kehormatan: Doctor of Laws—LL.D. dari Simon Greenleaf School of Law dan Doctor of Divinity—D.D. dari Western Conservative Baptist Seminary)

“Tidak banyak buku yang sungguh-sungguh mengubah kehidupan. Kesukaan Allah dari John Piper jelas merupakan salah satunya. Saya sering mengatakan, ‘Seandainya saya berada di sebuah pulau yang terpencil dan hanya bisa membaca tiga buku, selain Alkitab, saya akan memilih Mendambakan Allah (Desiring God) dan Kesukaan Allah dari John Piper.’”
Rev. Sam Storms, Ph.D.
(Associate Pastor di Metro Christian Fellowship, Grace Training Center, Kansas City, Missouri dan Pendiri Enjoying God Ministries; Th.M. dalam bidang Theologi Historika dari Dallas Theological Seminary dan Ph.D. dalam bidang Sejarah Intelektual dari University of Texas, Dallas)

“Setahu saya, tidak ada penulis kontemporer yang memahami dan mengartikulasikan kedalaman-kedalaman karakter Allah yang agung seperti John Piper. Buku yang istimewa ini tidak hanya akan membangkitkan kerinduan Anda kepada Allah, buku ini juga akan menolong Anda menaati perintah pemazmur: ‘Kecaplah dan lihatlah betapa baiknya TUHAN itu!’ (Mzm. 34:8) John telah mengecap dan di sini membagikan kecintaannya kepada supremasi Allah dalam segala sesuatu.
Ini adalah jenis theologi yang terbaik dan terdalam, yang meluap dari hati orang yang telah belajar untuk mengasihi Allah dengan menikmati Dia secara mendalam.”
(alm.) Rev. James Montgomery Boice, D.Theol., D.D. (HC)
(Pendeta Senior di Tenth Presbyterian Church, Philadelphia, U.S.A.; Bachelor of Arts—B.A. dari Harvard University; Bachelor of Divinity—B.D. dari Princeton Theological Seminary; Doctor of Theology—D.Theol. dari the University of Basel, Switzerland; dan Doctor of Divinity—D.D. {honorary} dari the Theological Seminary of the Reformed Episcopal Church).

“Generasi ‘Aku’ telah secara tragis mendorong gereja untuk beralih ke dalam. Hasil-hasilnya bersifat menghancurkan! John Piper menyampaikan kabar baik yang sangat penting untuk kita, yang saya doakan akan memunculkan suatu reformasi yang diperlukan dalam pemahaman dan ibadah kita kepada Allah.”
Rev. John H. Armstrong, D.Min.
(President Advancing the Christian Tradition in the 3rd Millennium {http://johnharmstrong.typepad.com/}; B.A. dalam bidang Sejarah dan M.A. dalam bidang Theologi dan Misi dari Wheaton College; studi di Trinity Evangelical Divinity School, Deerfield, Illinois, dan Northern Baptist Seminary, Lombard, Illinois; dan Doctor of Ministry—D.Min. dari Luther Rice Seminary, Atlanta, Georgia)

“Buku-buku memiliki potensi yang mendalam—khususnya buku yang sedang Anda pegang. John Piper sungguh-sungguh dipenuhi oleh Allah, dan hasratnya memenuhi halaman-halaman buku ini.”
Charles Joseph (C. J.) Mahaney
(President Sovereign Grace Ministries {http://www.sovereigngraceministries.org}—dulu bernama: People of Destiny International atau PDI)

“Kesukaan Allah adalah salah satu dari sepuluh buku favorit saya!”
Doug Nichols
(Mantan Pendiri dan Direktur International dari Action International Ministries; studi di Prairie Bible Institute, Alberta, Canada dalam bidang Biblical Studies in Missions—http://www.dougnichols.org)

“Sebuah sajian yang kaya bagi orang percaya yang serius untuk belajar.”
Rev. John F. MacArthur, Litt.D., D.D.
(Pendeta dan Guru di Grace Community Church, Sun Valley, California serta Presiden dari The Master’s College and Seminary; B.A. dari Los Angeles Pacific College; Master of Divinity—M.Div. dari Talbot Theological Seminary; Doctor of Letters—Litt.D. dari Grace Graduate School; dan D.D. dari Talbot Theological Seminary)

“Berlarilah, bukannya berjalan, untuk membeli buku yang mengagumkan ini.”
Joni Eareckson Tada dan Steven Estes
(Penulis buku “When God Weeps”)


“Buku ini sebuah karya yang unik dan berharga yang patut dibaca oleh setiap orang lebih dari sekali.”
Prof. J. I. Packer, D.Phil.
(Emerius Professor of Theology di Regent College, Canada; Master of Arts—M.A. dan Doctor of Philosophy—D.Phil. dari University of Oxford, U.K.)





Profil Rev. Dr. John S. Piper:
Rev. John Stephen Piper, D.Theol. adalah Pendeta Senior di Bethlehem Baptist Church dan seorang penulis yang sangat produktif dari perpektif Calvinis. Beliau menyelesaikan gelar Bachelor of Divinity (B.D.) di Fuller Theological Seminary di Pasadena, California pada tahun 1968-1971. John melakukan studi doktoralnya (D.Theol.) di dalam bidang Perjanjian Baru di University of Munich, Munich, Jerman Barat pada tahun 1971-1974). Disertasinya, Love Your Enemies, diterbitkan oleh Cambridge University Press dan Baker Book House.

No comments: