19 February 2008

Resensi Buku-43: MEMBANGUN WAWASAN DUNIA KRISTEN (diedit oleh: Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D. dan Prof. Gary Scott Smith, Ph.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
BUILDING A CHRISTIAN WORLDVIEW
(MEMBANGUN WAWASAN DUNIA KRISTEN)


Editor :
Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D. dan
Prof. Gary Scott Smith, Ph.D.


Penerbit : Momentum Christian Literature, 2000

Penerjemah : Peter Suwadi Wong






Hidup kita adalah hidup yang merupakan anugerah Tuhan. Tetapi sayangnya banyak orang tidak mempergunakan hidup ini untuk memuliakan Allah. Caranya ? Dengan membangun pola pikir dan wawasan dunia yang menjadi dasar “iman” mereka. Dunia menawarkan beragam wawasan dunia dari sejak zaman filsafat Yunani, Plato, Aristoteles, dll. Tetapi sayangnya wawasan dunia yang mereka tawarkan berhenti di titik stagnan di mana mereka tidak mengerti siapa Allah, konsep manusia, dosa, dll, karena mereka tidak mendapatkan wahyu khusus dari Allah. Akibatnya, kehidupan mereka tidak menemui kedamaian sejati dan pengharapan sejati. Sebaliknya, di sisi lain, keKristenan menawarkan satu presuposisi wawasan dunia yang bersumber dari wahyu khusus Allah, yaitu Alkitab. Tetapi sayangnya ada beberapa orang “Kristen” yang berusaha mensintesiskan filsafat Yunani dengan Alkitab, dan akhirnya mereka bukan mengajarkan keKristenan yang bertanggungjawab, melainkan keKristenan yang berkompromi. Lalu, bagaimana kita sebagai orang Kristen sungguh-sungguh membangun wawasan dunia Kristen yang murni bersumber dari Alkitab ? Tidak ada jalan lain, hanya melalui theologia Reformed yang konsisten, kita dapat membangun wawasan dunia Kristen yang bertanggungjawab. Di dalam volume 1 ini, buku Membangun Wawasan Dunia Kristen membukakan kepada kita presuposisi wawasan dunia Kristen tentang Allah, manusia dan pengetahuan (epistemologi) yang melampaui semua wawasan dunia sekuler yang statis, mati dan menemui kehampaan. Biarlah buku ini menjadi berkat bagi para pembaca.

Isi Buku :
(1) Theologi dan Antropologi (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(2) Perjanjian Lama : Kovenan antara Allah dan Manusia (Rev. Prof. Robert P. Vande Kappelle, Ph.D. dan Prof. John D. Currid, Ph.D.)
(3) Humanisme Yunani Klasik (Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D. , Th.D., L.H.D.)
(4) Perjanjian Baru : Kovenan Penebusan dalam Yesus Kristus (Prof. Gregory K. Beale, Ph.D. dan Prof. James Bibza, Ph.D.)
(5) Munculnya Theologi Kristen : Konsili Nicea (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(6) Jeda Alkitabiah : Trinitarianisme Augustinus (Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D., Th.D., L.H.D.)
(7) Skolastisisme Abad Pertengahan : Sintesis Thomistis (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(8) Penemuan Kembali Akar Alkitabiah : Reformasi (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(9) Dari Renaisans ke Zaman Naturalisme (Prof. John D. Currid, Ph.D.)
(10) Humanisme Naturalistis (Prof. Gary Scott Smith, Ph.D.)
(11) Epistemologi : Pendahuluan (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(12) Epistemologi Alkitabiah : Penyataan (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D. dan Prof. Gregory K. Beale, Ph.D.)
(13) Epistemologi Yunani : Plato dan Aristoteles (Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D., Th.D., L.H.D. dan Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(14) Augustinus, Aquinas, dan Para Tokoh Reformasi (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)
(15) Rasionalisme dan Empirisisme (Prof. Vincent James Mannoia, Jr., Ph.D.)
(16) Revolusi Kopernikan Kant (Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D., Th.D., L.H.D.)
(17) Positivisme, Eksistensialisme, dan Pragmatisme (Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D., Th.D., L.H.D.)
(18) Epilog : Sebuah Tantangan bagi Generasi Kita (Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D.)







Profil para penulis :
(1) Prof. Gregory K. Beale, Ph.D. adalah Kenneth T. Wessner Chair of Biblical Studies, Profesor Perjanjian Baru di Wheaton College, USA. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) in Humanities dari Southern Methodist University in Dallas, Texas, U.S.A. (mengambil mata kuliah utama dalam Filsafat dan Sejarah) pada tahun 1971 ; gelar Master of Arts (M.A.) in History dari Southern Methodist University in Dallas, Texas, U.S.A. (khusus di dalam studi Augustinian and Reformasion) 1976 ; Master of Theology (Th.M.) dari Dallas Theological Seminary, Dallas, Texas, U.S.A. (khusus studi di bidang Yunani, Ibrani, Biblika dan theologia ; lulus dengan penghargaan-penghargaan dari Departemen Semitik dan Perjanjian Lama) pada tahun 1976. Kemudian, beliau menyelesaikan gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) in Divinity dari University of Cambridge di Cambridge, Inggris (khusus di dalam eksegesis Yunani dan Ibrani) tahun 1981.
(2) Prof. James Bibza, Ph.D. adalah Profesor Agama dan Filsafat di Grove City College, U.S.A. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari C.W. Post College ; Master of Divinity (M.Div.) dari Gordon-Conwell Theological Seminary ; dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) dari Princeton Theological Seminary.

(3) Prof. John D. Currid, Ph.D. adalah seorang Profesor Carl W. McMurray dalam bidang Perjanjian Lama di Reformed Theological Seminary, U.S.A. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Barrington College ; Master of Arts (M.A.) dari Gordon-Conwell Theological Seminary ; dan Ph.D. dari University of Chicago.

(4)Prof. W. Andrew Hoffecker, Ph.D. adalah Profesor Sejarah Gereja di Reformed Theological Seminary, U.S.A. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Dickinson College ; Master of Divinity (M.Div.) dari Gordon-Conwell Theological Seminary ; dan Ph.D. dari Brown University.

(5) Prof. Charles S. MacKenzie, Ph.D., Th.D., L.H.D. adalah Profesor Filsafat dan Theologia di Reformed Theological Seminary, USA. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Gordon College ; Master of Divinity (M.Div.) dan Ph.D. dari Princeton Theological Seminary ; Doctor of Theology (Th.D.) dari Princeton University ; dan gelar L.H.D. dari Grove City College, U.S.A.

(6) Prof. Vincent James Mannoia, Jr., Ph.D. adalah Presiden dari Greenville College, U.S.A. Beliau lulus dari pendidikan sekolah tinggi pada tahun 1967 di Escola Graduada de Sao Paulo, Brazil. Kemudian, beliau menyelesaikan studi Bachelor of Science (B.S.) in Physics pada tahun 1971 di Massachusetts Institute of Technology dengan tesis : "Observation of the Hanle Effect Using Intense Cadmium Ion Vapor Laser Systems" ; menyelesaikan studi Filsafat Sains pada tahun 1972 di St. Louis University ; dan pada tahun 1975, beliau menyelesaikan studi M.A. dan Ph.D. (dalam bidang Filsafat) di Washington University (St. Louis) dengan disertasi : “Whitehead's Ontological Principle: A Defense and Interpretation”

(7) Prof. Gary Scott Smith, Ph.D. adalah Kepala Departemen Sejarah dan koordinator the Humanities Core di Grove City College di mana beliau telah mengajar sejak tahun 1978. Beliau meraih gelar B.A. dalam bidang Psikologi di Grove City College ; Master of Divinity (M.Div.) dari Gordon-Conwell Theological Seminary, U.S.A. ; dan gelar M.A. dan Ph.D. dalam bidang sejarah Amerika dari Johns Hopkins University.

(8) Rev. Prof. Robert P. Vande Kappelle, Ph.D. adalah Ketua Departemen Agama dan Pendeta kampus di Washington and Jefferson College, U.S.A. (W&J), anggota dari the Committee on Preparation for Ministry of Washington Presbytery dan pendeta Presbyterian dan melayani sebagai seorang pendeta selama 2 tahun di New Jersey sebelum dia berpindah ke Pennsylvania untuk mengajar agama dan filsafat di Grove City College pada tahun 1975-1980. Beliau menyelesaikan studi M.A. dalam studi Amerika Latin. Kemudian, beliau melanjutkan dan menyelesaikan studi M.Div. dan Ph.D. dalam bidang studi Biblika di Princeton Theological Seminary.

No comments: