22 December 2008

Resensi Buku-59: Tafsiran Alkitab Untuk Awam: SURAT YAKOBUS (Ev. Yakub Tri Handoko, Th.M.)

...Dapatkan segera...
Buku
Tafsiran Alkitab Untuk Awam (TAUA): SURAT YAKOBUS

oleh: Ev. Yakub Tri Handoko, Th.M.

Penerbit: Sekolah Teologi Awam Reformed, 2008





Deskripsi singkat dari Denny Teguh Sutandio:
Surat Yakobus adalah salah satu surat di dalam Alkitab yang begitu banyak diperdebatkan, karena isinya seolah-olah mengajarkan sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Paulus, di mana Paulus mengajarkan dibenarkan melalui iman, maka Yakobus mengajarkan dibenarkan melalui perbuatan. Benarkah dua hal ini bertentangan? Atau sebenarnya kedua hal ini justru saling melengkapi?

Bukan hanya itu, Surat Yakobus juga sering dikutip ayat-ayatnya, misalnya jangan hanya menjadi pendengar saja, tetapi juga menjadi pelaku firman (Yak. 1:19-25). Selain itu, ada juga yang mengutip pengolesan minyak (Yak. 5:14), lalu mengajarkan bahwa minyak urapan itu “berkuasa.” Bagaimana kita mengerti kesemuanya itu dengan perspektif yang benar?

Melalui buku Tafsiran Alkitab Untuk Awam (TAUA): Surat Yakobus, Ev. Yakub Tri Handoko, Th.M. membukakan kepada kita pengertian yang sebenarnya tentang isi Surat Yakobus. Keunikan buku ini adalah buku tafsiran ini sangat teliti menguraikan satu demi satu ayat sambil melihat konteks, membandingkan terjemahan Alkitab yang lain (Inggris), dan kesesuaiannya dengan Perjanjian Lama (PL) dan Perjanjian Baru (PB). Selain itu, penulis juga meyelidiki sampai ke dalam bahasa Yunani, lalu membandingkan penggunaan kata Yunani tersebut di dalam seluruh PL dan PB. Kemudian, beliau juga mengutip beberapa pendapat dari beberapa penafsir akan suatu ayat dan sanggahan beliau terhadap beberapa pendapat tersebut jika pendapat penafsir tersebut tidak sesuai dengan konteksnya. Meskipun kelihatannya rumit, tetapi terus terang, ketika saya membaca buku ini, saya banyak mendapat berkat dan saya mengapresiasi kecerdasan dan alur logika yang kuat (bahkan ketika membantah suatu pendapat dari penafsir) dari Ev. Yakub Tri Handoko ketika menafsir ayat demi ayat. Diharapkan melalui buku ini, orang Kristen boleh mendapat banyak berkat ketika ingin mendalami Surat Yakobus dan mempergunakan metode-metode penafsiran yang sama ketika memahami kitab-kitab lain di dalam Alkitab sesuai dengan genre-nya.






Profil Ev. Yakub Tri Handoko:
Ev. Yakub Tri Handoko, M.A., Th.M., yang lahir di Semarang, 23 November 1974, adalah gembala sidang Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI) Exodus, Surabaya (www.gkri-exodus.org). Beliau juga menjadi dosen tamu di: Institut Theologi Abdiel Indonesia (ITHASIA) Pacet dan Sekolah Theologi Reformed Injili Surabaya (STRIS) Ngagel, dan dosen tetap di Sekolah Theologi Awam Reformed (STAR) dari GKRI Exodus, Surabaya. Beliau menyelesaikan studi Sarjana Theologi (S.Th.) di Sekolah Tinggi Alkitab Surabaya (STAS); Master of Arts (M.A.) in Theological Studies di International Center for Theological Studies (ICTS), Pacet–Mojokerto; dan Master of Theology (Th.M.) di International Theological Seminary, U.S.A. Mulai tahun 2007, beliau sedang mengambil program gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) part time di Evangelische Theologische Faculteit (ETF), Leuven–Belgia.

No comments: