09 January 2008

Resensi Buku-37 : ALLAH DAN KEBUDAYAAN

...Dapatkan segera...
Buku
GOD AND CULTURE
(ALLAH DAN KEBUDAYAAN)

Editor :
Rev. Prof. Donald A. Carson, Ph.D. dan Prof. John D. Woodbridge, Ph.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2002

Penerjemah : Ir. Helda Siahaan, M.M. dan Irwan Tjulianto.

Penyunting : Ev. Hendry Ongkowidjojo, S.E., M.Div.





Apa kaitan Kristus dengan kebudayaan ? Jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan bagaimana kita melihat hubungan yang ada antara orang Kristen dengan kebudayaan dan hubungan antara kita dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar kita.

Buku ini merupakan kumpulan esai yang dipersembahkan kepada Carl F. H. Henry, seorang theolog Injili terkemuka masa kini, dalam rangka peringatan ulang tahunnya yang ke-80, oleh theolog-theolog terkenal dan juga para praktisi yang cukup diakui di bidang mereka masing-masing. Mereka menuliskan apa yang mereka pandang sebagai jawaban Alkitab bagi masing-masing bidang budaya yang telah mereka geluti selama bertahun-tahun.

Para penulis di dalam buku ini berpandangan bahwa karena Kristus tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan maka orang Kristen tidak boleh bersikap acuh tak acuh terhadap keadaan di sekelilingnya. Karena kepada kita diberikan bukan hanya mandat Injil tetapi juga mandat budaya.

Buku ini membahas belasan bidang budaya yang seharusnya menjadi perhatian kita, antara lain hermeneutika (penafsiran), psikologi, filsafat, sejarah, ekonomi, politik, literatur, media, sains, bioetika, pandangan Kristen terhadap seksualitas dan waktu senggang. Buku ini akan memberikan wawasan Kristen yang baik bagi kita yang ingin lebih terlibat di dalam budaya di mana Tuhan menempatkan kita.


Komentar pribadi dari Denny Teguh Sutandio :
Buku Allah dan Kebudayaan ini dapat dikatakan sebagai satu-satunya buku yang membahas kaitan yang cukup jelas antara iman Kristen dan ilmu (integrasi iman Kristen dan ilmu) yang membukakan mata hati dan pikiran orang Kristen tentang pentingnya signifikansi integrasi iman Kristen di dalam setiap ilmu untuk memimpin dan menghakimi setiap ilmu pengetahuan dari kacamata Alkitab dan kedaulatan Allah. Biarlah buku ini menjadi berkat yang mencelikkan mata rohani orang Kristen tentang panggilan mandat budaya di era postmodern yang me“mutlak”kan relativisme dan meniadakan Allah dengan konsep dualisme (memisahkan iman Kristen dan ilmu) ini.


Daftar Isi dan Para Penulis Esai dalam buku ini meliputi :
(1) Dunia Dipentaskan Dengan Baik ? Teologi, Kebudayaan, dan Hermeneutika (oleh : Prof. Kevin J. Vanhoozer, Ph.D. : Profesor Riset Theologia Sistematika di Trinity Evangelical Divinity School. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. dari Westmont College ; Master of Divinity—M.Div. dari Westminster Theological Seminary ; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari Cambridge University, England.)

(2) Kesaksian Kristen di Zaman Pluralisme (oleh : Rev. Prof. Donald A. Carson, Ph.D. : Profesor Riset Perjanjian Baru di Trinity Evangelical Divinity School, Deerfield, Illinois. Beliau meraih gelar Bachelor of Science—B.S. dalam bidang kimia dari McGill University, Master of Divinity—M.Div. dari Central Baptist Seminary in Toronto ; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dalam bidang Perjanjian Baru dari Cambridge University)

(3) Eskatologi : Makna dari Akhir (oleh : Prof. Geoffrey W. Bromiley, Ph.D., D.Litt., D.D. : Profesor Emeritus dalam bidang Sejarah Gereja dan Theologia Historika di Fuller Theological Seminary, USA. Beliau meraih gelar Master of Arts—M.A. dari University of Cambridge ; Doctor of Philosophy—Ph.D., Doctor of Letters—D. Litt., dan Doctor of Divinity—D.D. dari University of Edinburgh.)

(4) Antropologi Kebudayaan : Dosa dan Misionari (oleh : Prof. Robert J. Priest, Ph.D. : Profesor bidang Misi dan Studi Antar Budaya dan Direktur program Doctor of Philosophy dalam Program Studi Antar Budaya di Trinity Evangelical Divinity School. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. dari Columbia Bible College ; Master of Divinity—M.Div. dari Trinity Evangelical Divinity School ; Master of Arts—M.A. dalam ilmu sosial dari University of Chicago dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dalam antropologi dari University of California, Berkeley.)

(5) Psikologi yang Berorientasi Eskatologi : Paradigma Baru bagi Integrasi Psikologi dan KeKristenan (oleh : Prof. Warren J. Heard, Jr., Ph.D., Ed.D. {Cand.} : Asisten Profesor bidang Konseling Pastoral dan Psikologi di Trinity Evangelical Divinity School. Beliau meraih gelar Bachelor of Science—B.S. dari Southern Methodist University ; Diploma—Dip. dari Moody Bible Institute ; Master of Divinity—M.Div. dan Master of Theology—Th.M. dari Trinity Evangelical Divinity School ; Doctor of Philosophy—Ph.D. dari University of Aberdeen ; Doctor of Education Candidate—Ed.D. cand. dari Northern Illinois University.)

(6) Apakah Filsafat Kristen itu ? (oleh : Prof. George I. Mavrodes, Ph.D. : Profesor Filsafat di University of Michigan. Beliau meraih gelar Bachelor of Science—B.S. dari Oregon State College dan Master of Arts— M.A. dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dari University of Michigan.)

(7) Sejarawan dan Ia yang Lanjut Usianya (oleh : Prof. Dr. Lewis W. Spitz {1922-1999} : Profesor Universitas William R. Kenan, Profeseor bidang Sejarah di Stanford University, Profesor tamu di bebearpa institusi, antara lain : the Institute for European History di University of Mainz, Jerman ; Harvard University ; the Institute for Advanced Studies di Princeton University ; dan Columbia University. Beliau juga melayani sebagai presiden dari the American Society of Church History dan the American Society for Reformation Research. Beliau meraih gelar Master of Divinity—M.Div. dari Concordia Seminary dan meraih gelar doktor dari Harvard University. Beliau juga menerima gelar doktor kehormatan dari Concordia Theological Seminary di Fort Wayne, Ind., Valparaiso University, Wittenberg University, dan Concordia College in St. Paul, Minn.)

(8) Allah dan Ekonomi (oleh : Prof. Ian Smith, Ph.D. : Dosen bidang Ekonomi di St. Salvator’s College, University of St. Andrews. Beliau meraih gelar Master of Arts—M.A., Master of Philosophy—M.Phil., dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dalam bidang Ekonomi.)

(9) Jalan Buntu Modernisme dalam Hukum (oleh : Prof. Phillip E. Johnson, A.B., J.D. : Profesor bidang Hukum Jefferson A. Peyser di University of California—Berkeley. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—A.B. dari Harvard University (1961) ; J.D. dari University of Chicago (1965).)

(10) Orang Kristen dan Politik (oleh : Sir Frederick Catherwood : Anggota Parlemen Eropa wilayah Cambridge dan North Bedfordshire, dan Wakil Ketua Komite Hubungan Luar Negeri.)

(11) Karya Sastra dalam Perspektif Kristen (oleh : Prof. Leland Ryken, Ph.D. : Profesor bidang Bahasa Inggris di Wheaton College. Beliau juga menjadi pembicara di the Evangelical Theological Society dan melayani sebagai ahli literatur untuk Alkitab, English Standard Version. Beliau meraih gelar Doctor of Philosophy—Ph.D. dari University of Oregon.)

(12) Seni yang Hidup : Pengalaman Kristen dan Seni (oleh : Rev. Prof. Edmund F. Clowney, D.D. {1917-2005} : Profesor Emeritus bidang Theologia Praktika di Westminster Theological Seminary. Beliau ditahbiskan menjadi pendeta di Orthodox Presbyterian Church, dan melayani sebagai gembala sidang bagi gereja-gereja di Connecticut, Illinois, dan New Jersey dari 1942 sampai dengan 1946. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. dari Wheaton College pada tahun 1939, Bachelor of Theology—Th.B. dari Westminster Theological Seminary pada tahun 1942, Master of Sacred Theology—S.T.M. dari Yale Divinity School in 1944, dan Doctor of Divinity—D.D. dari Wheaton College pada tahun 1966.)

(13) Kristus dan Kultur : Orang Kristen dan Media (oleh : Larry W. Poland, Ph.D. : Presiden dan Pendiri Mastermedia International. Beliau meraih gelar Diploma dari Warsaw High School, Warsaw, Indiana pada tahun 1957 ; Bachelor of Arts—B.A. dalam bidang Ilmu Sosial dengan bidang utama dalam Sosiologi dari Wheaton (Illinois) College pada tahun 1961 ; Master of Divinity—M.Div. dari Grace Theological Seminary, Winona Lake, Indiana pada tahun 1966 ; Master of Science— M.S. dalam bidang Administrasi Pendidikan dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari Purdue University, West Lafayette, Indiana pada tahun 1966 ; dan Doctor of Philosophy—Ph.D. dalam Administrasi Pendidikan dalam Sosiologi dan Ilmu Politik dari Purdue University, West Lafayette, Indiana pada tahun 1967.)

(14) Dialog dengan “Prof” Tentang KeKristenan dan Ilmu Pengetahuan (oleh : Prof. Charles B. Taxton, Ph.D. : Presiden Konos Connection ; dosen bidang sejarah sains di Slovak Technical University di Bratislava, Cekoslowakia, dan Biomathematical Institute di Craiova, Rumania. Beliau juga anggota cendekiawan dari the Discovery Institute's Center for Science and Culture. Beliau meraih gelar Ph.D. dalam physical chemistry dari Iowa State University. Beliau melanjutkan studi program post-doctorate dalam bidang Sejarah Sains di Harvard University dan the molecular biology laboratories di Brandeis University.)

(15) Kegundahan Hati Nurani Umat Manusia : Menemukan kembali Ciptaan di dalam Gerakan “Lingkungan” (oleh : Prof. Loren E. Wilkinson, Ph.D. : Profesor bidang Studi Antar Disiplin Ilmu dan Filsafat di Regent College, Canada. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. dari Wheaton College ; Master of Arts—M.A. dari Johns Hopkins University ; M.A. dari Trinity Evangelical Divinity School ; dan Ph.D. dari Syracuse University.)

(16) Bioetika : Masa Senja Hippokratisme Kristen (oleh : Prof. Nigel M. De S. Cameron, Ph.D. : Asisten Dekan dan Profesor Riset bidang Bioetika di Chicago-Kent College of Law. Beliau juga menjabat sebagai Presiden dari the Institute on Biotechnology and the Human Future, dan Direktur dari the Center on Nanotechnology and Society. Beliau meraih gelar B.A. dan M.A. dari Emmanuel College, University of Cambridge; Bachelor of Divinity—B.D. dan Ph.D. dari New College, University of Edinburgh.)

(17) Seksualitas Manusia : Sebuah Perspektif Psikiatrik dan Alkitabiah (oleh : Prof. Armand M. Nicholi, Jr., M.D. : Profesor Muda bidang Psikiatri di Fakultas Kedokteran Harvard dan Clinical Associate bidang Psikiatri di Massachusettes General Hospital.)

(18) Waktu Luang dan Gaya Hidup : Waktu Luang, Kesenangan, dan Harta Karun (oleh : Prof. James I. Packer, Ph.D. : Profesor bidang Theologia Sistematika Sangwoo Youtong Chee di Regent College, Canada. Beliau juga melayani sebagai editor umum bagi English Standard Version, sebuah revisi Injili dari Alkitab Revised Standard Version. Beliau ditahbiskan menjadi diaken pada tahun 1952 dan pendeta pada tahun 1953 di Church of England. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. (1948), Master of Arts—M.A. (1952), dan Doctor of Philosophy—Ph.D. (1955) dari Oxford University.)

(19) Apresiasi kepada Carl Ferdinand Howard Henry (oleh : Prof. Kenneth S. Kantzer, Ph.D. : Dekan Emeritus dan Distinguished Professor bidang Theologia Alkitab dan Sistematik di Trinity Evangelical Divinity School. Beliau meraih gelar Ph.D. dalam Filsafat dan Agama dari Harvard University pada tahun 1950.)

(20) Carl F. H. Henry : Jurubicara bagi Kaum Injili Amerika (oleh : Prof. John D. Woodbridge, Ph.D. : Profesor bidang Sejarah Gereja dan Sejarah Pemikiran Kristen di Trinity Evangelical Divinity School. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts—B.A. dalam bidang Sejarah dari Wheaton College ; Master of Arts—M.A. dalam bidang Sejarah dari Michigan State University ; Master of Divinity—M.Div. dari Trinity Evangelical Divinity School ; Doctorat de Troisième Cycle dari the University of Toulouse, France, dan beliau telah menyelesaikan studi postdoctoral di the University of Paris, Prancis.)

No comments: