03 January 2008

Resensi Buku-36 : TEOLOGI SISTEMATIKA-1 : DOKTRIN ALLAH (Prof. DR. LOUIS BERKHOF)

...Dapatkan segera...
Buku
TEOLOGI SISTEMATIKA-1 : DOKTRIN ALLAH

oleh : Prof. DR. LOUIS BERKHOF

Penerbit : Momentum Christian Literature, Lembaga Reformed Injili Indonesia (LRII), 1993

Penerjemah : Ev. Drs. Yudha Thianto.

Prakata : Pdt. DR. STEPHEN TONG





Pengantar dari Denny Teguh Sutandio :
Di dalam buku ini, DR. LOUIS BERKHOF memaparkan secara jelas tentang doktrin Allah di dalam prinsip theologia Reformed yang meliputi keberadaan Allah, kemungkinan pengenalan akan Allah, atribut Allah (dikomunikasikan kepada manusia/communicable attributes dan tidak dikomunikasikan kepada manusia/incommunicable attributes), nama Allah, Allah Tritunggal, ketetapan Allah, Predestinasi (ditetapkan dari semula), doktrin Penciptaan (secara umum dan dunia spiritual) dan Providensia (pemeliharaan Allah). Buku TEOLOGI SISTEMATIKA dari DR. LOUIS BERKHOF yang telah dipakai di banyak seminari-seminari theologia di Amerika Serikat kiranya boleh mendidik dan membina iman Kristen berkaitan dengan doktrin Allah secara bertanggungjawab.





Profil DR. LOUIS BERKHOF :
Prof. DR. LOUIS BERKHOF lahir di Emmen, Drenthe, the Netherlands dan beliau kemudian beremigrasi dengan keluarganya ke Grand Rapids, Michigan pada tahun 1882. Beliau lulus dari Calvin Theological Seminary pada tahun 1900 dan menerima panggilan untuk menjadi seorang pendeta di Allendale, Michigan First Christian Reformed Church. Pada tahun 1902, beliau menempuh pendidikan di Princeton University selama 2 tahun mendapatkan gelar Bachelor of Divinity (B.D.). Kemudian beliau menerima jabatan pendeta di Oakdale Park Church di Grand Rapids.
Pada tahun 1906, beliau ditunjuk menjadi staf pengajar di Calvin Theological Seminary. Beliau adalah seorang guru yang berbakat dan penulis yang rajin, di antara keduapuluhdua bukunya adalah Theologia Sistematika, yang telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Pada tahun 1900, Berkhof menikah dengan Reka Dijkhuis (meninggal tahun 1928) dan memiliki empat orang anak, yaitu : Grace Meyer, William, Jean Stuk, dan John. Kemudian, beliau menikah dengan Dena Heyns-Joldersma (meninggal tahun 1984), yang mempunyai 2 orang anak perempuan, Joanne Heyns De Jong dan Wilma Heyns Brouwer.

1 comment:

Anonymous said...

ini buku dijual dmn ya?
aku dapat pinjam di perpustakaan kampus..
aku mau beli, tapi ga nemu di toko2 buku, baik toko buku rohani maupun toko buku umum..
tolong kasih tau aku..