05 January 2008

Sekolah Theologia Reformed Injili Surabaya (STRIS) Andhika, Kertajaya dan Sidoarjo Term 028/I/2007

Sekolah Theologia Reformed Injili Surabaya (STRIS) :
Andhika, Kertajaya dan Sidoarjo

di bawah naungan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) Andhika, Surabaya, Mimbar Reformed Injili Indonesia (MRII) Kertajaya, Surabaya dan MRII Sidoarjo

terbuka untuk umum (semua orang Kristen dari berbagai denominasi gereja)


Pembinaan Iman dan Pelatihan Pelayanan Bagi Orang Kristen Awam

TERM 028/I/2008 (21 Januari - 18 April 2007)


Pendiri STRIS : Pdt. DR. STEPHEN TONG

Direktur STRIS Andhika : Pdt. Sutjipto Subeno, S.Th., M.Div.




Who Needs Theology ?
(Siapa yang membutuhkan theologia ?)

Sejarah membuktikan bahwa di setiap zaman manusia diperhadapkan dengan berbagai kesulitan, tantangan dan cobaan di berbagai bidang kehidupan. Dan sementara itu banyak orang Kristen yang kurang atau bahkan tidak diperlengkapi untuk memahami isi Alkitab dengan baik dan menyeluruh.
STRIS-ANDHIKA dirancang untuk memperlengkapi orang Kristen dengan pemahaman iman Kristen yang mendalam, akurat, menyeluruh dan bertanggung- jawab. Didasarkan pada tekad menegakkan kemurnian Injil Yesus Kristus, di dalam semangat Reformasi, berupaya mengintegrasikan iman Kristen dalam setiap aspek kehidupan manusia.



Deskripsi Matakuliah :

PL-204—KITAB NABI-NABI KECIL

Dosen : Ev. Linawaty Tjandra, S.Th.
(istri Ev. Warsoma Kanta dan hamba Tuhan di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dari Sekolah Tinggi Theologia IMAN—STT IMAN, Jakarta)

Senin, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Kertajaya

Deskripsi :
Pada masa-masa pembuangan bangsa Israel, muncul banyak nabi di mana mereka menjadi mediator antara Allah dan umat-Nya. Mengapa Allah membangkitkan para nabi bagi umat pilihan-Nya ? Mengapa disebut nabi-nabi kecil ? Bagaimana kondisi dari umat Allah pada masa para nabi hidup ? Apakah nubuatan para nabi memiliki unsur messianic ? Bagaimana relevansinya bagi kita saat ini dari mata kuliah ini ?
Adapun pembahasan dari mata kuliah ini adalah :
· Pendahuluan
· Nabi Yoel
· Nabi Yunus
· Nabi Amos
· Nabi Hosea
· Nabi Nahum
· Nabi Obaja
· Nabi Mikha
· Nabi Zefanya
· Nabi Habakuk
· Nabi Hagai
· Nabi Zakharia




TS 500—SOLA SCRIPTURA : DOKTRIN ALKITAB

Dosen : Ev. Solomon Yo, S.Th., M.Div.
(hamba Tuhan di GRII Andhika, Surabaya dan Manajer Produksi Toko Buku Momentum yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Senin, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Sola Scriptura, Alkitab adalah landasan satu-satunya dan yang tertinggi bagi iman dan kehidupan Kristen ; karena itu, seyogyanya setiap orang Kristen berusaha mengenal baik-baik Kitab Suci yang menjadi patokan bagi hidupnya. Melalui studi ini, kita akan mempelajari tentang wahyu ilahi, inspirasi ilahi, otoritas Alkitab dan kanonisasi Alkitab.

Materi Perkuliahan :
1. Wahyu Ilahi
2. Inspirasi Ilahi dan Alkitab
3. Otoritas Alkitab
4. Ineransi dan Infalibilitas
5. Kanonisasi Alkitab




TS 507—DOKTRIN GEREJA (EKKLESIOLOGI)

Dosen : Ev. Ir. Baju Widjotomo

(gembala sidang MRII Sidoarjo yang sedang menempuh pendidikan Master of Arts—M.A. in theology di Sekolah Tinggi Theologia Injili Abdi Allah—STTIAA, Pacet)

Selasa, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRI Sidoarjo

Deskripsi :
Gereja telah menghadapi tantangan di sepanjang zaman, baik dari dalam maupun dari luar. Dan gereja sejati pasti menang dan dijamin kemenangan-Nya sampai akhir zaman oleh Kristus sendiri sebagai kepala gereja. Pada abad XVI, Johannes Calvin dengan teliti menegakkan dan menegaskan Doktrin Gereja kembali sesuai dengan Kitab Suci setelah diselewengkan oleh Katolik. Maka warisan Doktrin Gereja dipandang dari sudut theologia Reformed harus dipelajari oleh setiap orang Kristen, sehingga dengan memiliki pemahaman yang tepat tentang gereja, maka kita dapat menjalankan panggilan kita untuk melayani Tuhan dengan cara yang tepat dan mulia di dalam gereja-Nya.

Melalui mata kuliah ini, kita akan mempelajari :
1. Definisi Gereja dan Posisi Ekklesiologi dalam Doktrin Kristen
2. Natur Gereja : Esensi Gereja dan Karakteristik Gereja
3. Teori-teori Pemerintahan Gereja
4. Jabatan Gereja
5. Kuasa Gereja
6. Sarana Anugerah : Firman dan Sakramen
7. Sakramen Baptisan
8. Perjamuan Kudus
9. Gereja dan Misi




TS 508—HERMENEUTIKA

Dosen : Ev. Ir. Baju Widjotomo

(gembala sidang MRII Sidoarjo yang sedang menempuh pendidikan Master of Arts—M.A. in theology di Sekolah Tinggi Theologia Injili Abdi Allah—STTIAA, Pacet)

Rabu, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Pada waktu kita membaca Alkitab maka pastilah kita menafsir. Masalahnya adalah, pertama, apakah tafsiran itu benar ? Kedua, bagaimana saya tahu bahwa tafsiran saya benar ? Mata kuliah ini akan mempelajari prinsip-prinsip hermeneutika (penafsiran Alkitab) dari sudut pandang theologia Reformed untuk menolong kita dalam mempelajari kebenaran-kebenaran Alkitab dan menafsirkannya dengan tepat sehingga kita tidak jatuh dalam kesesatan ajaran dan mampu mempertahankan doktrin yang benar.

Materi Kuliah :
1. Signifikansi Hermeneutika
2. Lectio Divina (Pembacaan Alkitab)
3. Analisa Isi Alkitab
4. Analisa Sejarah dan Latar Belakang
5. Analisa Bentuk Sastra (genre)
6. Analisa Teks
7. Analisa Konteks
8. Analisa Studi Arti Kata
9. Analisa Tata Bahasa
10. Integrasi




PL 706—KITAB HAKIM-HAKIM

Dosen : Pdt. Drs. Thomy Job Matakupan, S.Th., M.Div.
(Pendeta di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Rabu, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Kitab ini mengisahkan kehidupan bangsa Israel setelah Kanaan ditaklukkan. Inilah masa yang paling gelap bangsa ini. “Pada jaman itu tidak ada raja di antara orang Israel ; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pemandangannya ssendiri” (21:25), nampaknya menjadi jiwa konteks saat itu. Dosa begitu merajalela dan menyebabkan kerusakan moral yang sangat parah. Memang bangsa ini menunjukkan penyesalan dan Allah membangkitkan para hakim untuk memerintah dan membawa mereka keluar dari situasi. Tetapi kisah kejahatan itu terjadi berulang kali.
Kitab ini mencatat campur tangan Allah untuk mencegah sesuatu yang sudah buruk menjadi lebih buruk ; bahwa keistimewaan atau kebebasan bukanlah keleluasaan untuk berbuat dosa. Allah tetap pada prinsip yang ditetapkan-Nya.
Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari kitab ini, misalnya bagaimana sikap Allah terhadap bangsa pilihan-Nya ini ketika mereka berdosa. Bagaimana memahami penderitaan dan hukuman Allah bagi anak-anak-Nya. Apakah artinya tunduk kepada Allah dan pemerintahan-Nya ? Janji Allah dan kaitannya dengan penghukuman Allah, dsb. Dengan kata lain, kitab ini mengajarkan dinamika hidup orang percaya itu seharusnya seperti apa.




PP 301—PENDIDIKAN ANAK

Dosen : Ev. Tjwa Ie Mee Sieny, S.Th.
(Pengurus Remaja dan Tim Penginjilan di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia—S.Th. dari Seminari Alkitab Asia Tenggara—SAAT, Malang)

Kamis, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Andhika

Deskripsi :
Masa anak-anak adalah masa yang paling penting dalam diri seorang manusia dalam penanaman nilai-nilai dan pembentukan karakter. Kita harus ingat bahwa seorang anak berbeda dari orang dewasa, karena itu pendidikan kepada anak-anak tidak dapat disamakan dengan pendidikan bagi orang dewasa. Kelas ini akan mempelajari bagaimana pendidikan terbaik bagi anak-anak bersumber dan berlandaskan pada Firman Tuhan dapat dilakukan.
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi para orangtua, pendidik anak, guru sekolah minggu, dan pihak-pihak yang memiliki perhatian terhadap perkembangan dan pendidikan anak.

Materi Kuliah :
1. Tantangan dan Kebutuhan Anak
2. Mengenal Dunia Anak : Bermain dan Belajar
3. Hal-hal Khusus yang Perlu Diperhatikan Dalam Pendidikan Anak : Mendisiplin Anak, Multiple Intelligences, Character Building, Mengenali dan Menangani Stres Pada Anak




KK 800—CALVIN : INSTITUTE OF THE CHRISTIAN RELIGION 2


Dosen : Ev. Warsoma Kanta, S.Psi., S.Th., M.Div.
(Pembina Kelompok Tumbuh Bersama—KTB di GRII Andhika, Surabaya yang meraih gelar Sarjana Theologia dan Master of Divinity dari Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia—STTRII Jakarta)

Kamis, Pkl. 18.30-21.00 WIB
di STRIS Kertajaya

Deskripsi :
Tidak dapat dipungkiri bahwa Institute of the Christian Religion yang dibuat John Calvin merupakan 1 dari 10 buku yang mempengaruhi dunia. Karya Calvin yang terus menerus dikembangkan sehingga menjadi 4 buku (dikumpulkan oleh John T. McNeill menjadi dua volume) ini perlu dipelajari oleh setiap penganut theologia Reformed agar kita memahami tulang punggung theologi yang telah teruji berabad-abad ini. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari Buku II yang berisi Pengenalan akan Allah sebagai Penebus yang terdiri dari 17 Bab.

Materi Kuliah :
Kejatuhan Manusia Dalam Dosa
Karya Allah dan Kehendak Bebas
Karya Penebusan Kristus dan Hukum Taurat
Eksposisi 10 Hukum Allah
Persamaan dan Perbedaan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
Kristus : Sebagai Mediator dan Manusia
Dwi Natur Kristus Dalam Rencana Keselamatan Allah
Jabatan Kristus : Imam, Raja dan Nabi
Karya Penebusan yang Digenapi Kristus
Anugerah Allah dan Keselamatan Umat Pilihan






Tempat Kuliah :
STRIS Andhika : Andhika Plaza C/5-7, Simpang Dukuh 38-40, Surabaya (Telp. 031-5472422)
STRIS Kertajaya : Kertajaya Indah II/3 (F-628), Surabaya (Telp. 031-5924466)
STRIS Sidoarjo : Ruko Taman Tiara Regency 11-12, Pagerwojo, Sidoarjo (Telp. 031-8067259)



Biaya :
PROGRAM REGULER :
1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000,-
2. Biaya Pendaftaran : Rp 60.000,-
3. Biaya tiap Matakuliah : Rp 55.000,-
4. Biaya Perpustakaan : Rp 15.000,- / tahun

PROGRAM PENDENGAR :
1. Formulir Pendaftaran : Rp 10.000,-
2. Biaya tiap Matakuliah : Rp 75.000,-



Sekretariat :
Andhika Plaza C/5-7, Jln. Simpang Dukuh 38-40, Surabaya 60275
Telp. : (031) 5472422 ; Fax. : (031) 5459275
E-mail : strisa@grii-andhika.org
Situs : http://www.grii-andhika.org/strisa.htm
Pendaftaran setiap hari kerja Pkl. 09.00-17.00 WIB (Senin s/d Jumat)




NB :
Yang menjadi mahasiswa/i STRIS Andhika berasal dari berbagai denominasi gereja, misalnya : Katolik, Karismatik (GBI), Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Kristen Abdiel (GKA) Gloria, dll. Apakah Anda juga ingin diperlengkapi dan dikuatkan imannya melalui studi theologia dan Alkitab secara ketat di STRIS Andhika ini ?

No comments: