12 December 2007

Resensi Buku-34 : KEPASTIAN JAMINAN KRISTEN (John Owen, M.A.)

...Dapatkan segera...
Buku
CHRISTIANS ARE FOREVER
(KEPASTIAN JAMINAN KRISTEN)


oleh : John Owen, M.A.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2005

Penerjemah : Yvonne Potalangi.





Jaminan Keselamatan Kristen adalah ringkasan dalam bahasa yang mudah dimengerti dari karya besar John Owen, The Doctrine of the Saints’ Perseverance : Explained and Confirmed, yang diterbitkan tahun 1654 untuk menyanggah ajaran sesat yang menolak ajaran Alkitab mengenai jaminan keselamatan Kristen. Owen menulis, “...tujuan utama buku ini adalah untuk menyajikan penegasan Alkitab sendiri tentang kebenaran doktrin jaminan keselamatan orang percaya... dengan demikian saya berharap sidang pembaca yang saleh, dengan anugerah Allah, bisa mendapatkan kebenaran yang menghibur.”

Doktrin jaminan keselamatan orang percaya atau ketekunan orang-orang kudus (perseverance of the saints) merupakan salah satu doktrin utama theologia Calvinis atau Reformed. Sejarah pemikiran gereja, terutama sejak Reformasi, diwarnai dengan perdebatan sengit tentang jaminan keselamatan : Apakah orang percaya bisa kembali binasa ? Bukankah jaminan keselamatan membuat orang hidup semaunya ? Dalam buku ini, John Owen memberikan jawaban Alkitab kepada kita.






Profil John Owen :
John Owen, M.A. (1616-1683) adalah salah seorang theolog Inggris yang paling berpengaruh. Beliau memasuki Oxford University pada usia 12 tahun, meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) pada usia 16 tahun dan Master of Arts (M.A.) pada usia 19 tahun. Sepanjang hidupnya beliau telah menghasilkan 24 buku theologies yang sangat penting bagi keKristenan. Beberapa tulisannya dalam bentuk yang telah disederhanakan diterbitkan oleh Penerbit Momentum, antara lain : Berpola Pikir Rohani, Kemuliaan Kristus, dan Kematian yang Menghidupkan.

No comments: