05 December 2007

Resensi Buku-33 : MENDAMBAKAN MAKNA DIRI (Rev. DR. R. C. SPROUL, L.H.D.)

...Dapatkan segera...
Buku
THE HUNGER FOR SIGNIFICANCE
(MENDAMBAKAN MAKNA DIRI)


oleh : Rev. DR. ROBERT CHARLES (R. C.) SPROUL, L.H.D.

Penerbit : Momentum Christian Literature (Fine Book Selection), 2005

Penerjemah : Lana Asali Sidharta.





“Manusia menurut naturnya adalah pemburu,” tulis Dr. R. C. Sproul dalam Pendahuluan buku ini. Sejarah kehidupan manusia diwarnai dengan perburuan dan pencarian, mulai dari pencarian yang eksotis akan ramuan ajaib, pencarian visioner alam dunia baru, sampai perburuan teroris modern. Namun Sproul memberikan argumentasi yang solid bahwa pencarian yang paling mendasar adalah pencarian kembali akan martabat manusia, apalagi pada zaman sekarang di mana institusi impersonal berkuasa, teknologi memegang peranan besar, dan manusia hanyalah menjadi alat.

Dr. Sproul membawa kita untuk melihat dalam berbagai bidang kehidupan kita : keluarga, sekolah, tempat kerja, rumah sakit, penjara, kancah politik, dan bahkan gereja, di mana martabat manusia telah semakin dilucuti, baik melalui perkataan sehari-hari maupun melalui tindakan yang sistematis ; dan tidak berhenti di sana, Dr. Sproul juga menawarkan solusi-solusi yang kuat dari Firman Allah untuk mengembalikan manusia kepada martabatnya, nilai diri yang sesungguhnya sebagai penyandang gambar dan rupa Allah.





Profil Rev. Dr. R. C. Sproul :
Rev. Robert Charles (R. C.) Sproul, Litt.D., L.H.D. adalah Profesor tamu dalam bidang Theologia Sistematika di Westminster Theological Seminary, California, USA sejak tahun 1996. Beliau meraih gelar Bachelor of Arts (B.A.) dari Westminster College, Bachelor of Divinity (B.D.) dari Pittsburgh Theological Seminary, Doktorandus (Drs.) dari Free University of Amsterdam, Doctor of Letters (Litt.D.) dari Geneva College, dan L.H.D. dari Grove City College.
Dr. Sproul adalah seorang pendeta di Presbyterian Church in America dan beliau dikenal secara internasional sebagai seorang pengajar, penulis, dan pengkhotbah yang memanggil gereja kepada ketakutan yang rendah hati akan kekudusan Allah dan kebenaran Injil yang diringkaskan dalam prinsip Sola dari Reformasi. Beliau telah mengajar di Gordon-Conwell Theological Seminary, Reformed Theological Seminary, dan Knox Theological Seminary. Sejak tahun 1971, beliau telah menjadi pendiri dan presiden dari Ligonier Ministries, dan kontributor bulanan pada majalah Ligonier’s TableTalk. Beliau telah melatih kepemimpinan di International Council on Biblical Inerrancy dan the New Geneva Study Bible (editor umum). Beberapa buku yang ditulis oleh beliau : Knowing Scripture, Classical Apologetics, The Holiness of God, Chosen by God, Lifeviews, One Holy Passion, Surprised by Suffering, The Hunger for Significance, Essential Truths of the Christian Faith, The Soul’s Quest for God, Faith Alone, The Invisible Hand, and Grace Unknown. Beliau dan istri, Vesta tinggal di Florida, USA.

No comments: